• Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai Bantu Distribusikan Bios 44 Untuk Warga Petani

    sorotsumatera.com.  Mentawai - Satuan Petugas (Satgas) TMMD ke 104 di Mentawai membagikan Bios 44 kepada masyarakat untuk meningkatkan produktivitas budidaya kolam ikan, maupun hasil panen pertanian/ perkebunan sebagai upaya membangun ketahanan pangan di Bumi Sikerei.

    "Kita sudah mendistribusikan sebanyak 2 ton Bios 44 dan 2 ton lagi dalam proses pembiakan. Sebelum membagikan kepada warga, kita sudah melakukan sosialisasi terlebih dahulu," ujar Kopda Johan munthe Babinsa di desa Bukit Pamewa, kamis (21/3/2019).

    Kopda Johan mengatakan bahwa Bios 44 tersebut dibagikan kepada kelompok tani budidaya ikan Tunas Maju desa Bukit Pamewa kecamatan Sipora Utara dan kepada petani di setiap kecamatan melalui Babinsa koramil wilayah kodim 0319 Mentawai.

    Lebih lanjut Kopda Johan menyatakan alasan menggunakan BIOS 44 karena selain alami, proses pembuatan bahannya juga mudah.

    "Bios 44 ini mampu memperbaiki kualitas air sehingga kolam ikan lebih produktif dan mampu mengembalikan tekstur tanah secara alami, seperti lahan bekas galian tambang yang gersang dan tandus jika disiramkan Bios 44 lahannya bisa ditanami dan tumbuh kembali," papar Kopda Johan.

    Bahan pembiakan Bios 44 ini diantaranya air, ragi, susu bubuk, cornet beef, dan gula pasir.

    "Bahannya untuk sementara didukung dari Korem 032/Wbr berupa biang Bios 44. Bahannya tinggal ditambah gula dan sejenis ragi dan biang dari Korem," tuturnya.

    Ia mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias menggunakan Bios 44 ini bahkan bersama Babinsa menjemput bahannya langsung dari Pos pembiakan Bios 44 di Kodim 0319 Mentawai.

    Selanjutnya, Kopda Johan mengatakan jika Bios 44 ini benar-benar memberikan dampak signifikan di Mentawai, tidak menutup kemungkinan adanya swakelola bersama masyarakat.

    "Ke depan bisa saja masyarakat sendiri yang akan membuat bios itu. Kita hanya mempromosikan dan mengawasi bahkan bisa juga kita masukkan ke UKM," tutupnya.

    Diketahui, Bios 44 ini merupakan temuan Garuda Dempo Army Team of Research (Gator) yang diketuai oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo yang saat ini menjabat sebagai Brigjen TNI Danrem 032/Wbr .

    Tidak ada komentar