Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 11/01/18 ~ Sorot Sumatera

Laju Industri Sepeda Motor Kian ‘Ngacir’


sorotsumatera.com 

Jakarta- Indonesia tidak hanya sebagai negara ketiga terbesar di dunia setelah China dan India untuk potensi pasar sepeda motor, tetapi juga menjadi salah satu basis produksi bagi produsen otomotif kelas dunia. Hal ini mendorong pemerintah untuk fokus memprioritaskan pengembangan industri kendaraan sesuai dengan implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Disaat Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan, sepeda motor justru memberikan kontribusi yang signifikan dengan total nilai ekspor dari CBU, CKD dan komponen sebesar USD1,2 miliar pada tahun 2017,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pembukaan Indonesia Motor Show 2018 di Jakarta, Rabu (31/10).

Sementara, ekspor sepeda motor hingga bulan September 2018 mencapai 450 ribu unit. “Untuk terus mendorong peningkatan ekspor, industri otomotif kita harus melakukan reorientasi dalam menjadikan pasar domestik sebagai base load untuk ekspor,” tegas Menperin.

Ditargetkan ekspor sepeda motor bisa mencapai 10 persen dari total produksi. Ini sesuai dengan sasaran dari pelaksanaan Making Indonesia 4.0 yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Jadi, setidaknya ekspor akan mencapai 600 ribu unit untuk tahun ini.

Daya saing industri sepeda motor di Indonesia juga dinilai cukup kompetitif, dengan didukung total produksi yang sudah tembus hingga 6 juta unit pada tahun 2017. Selain itu, sektor ini ditopang sebanyak 1,5 juta orang yang terdistribusi pada berbagai lapangan kerja mulai dari industri perakitan, industri komponen lapis I, II dan III, sampai tenaga kerja di tingkat bengkel resmi, sales, service dan spare parts.

“Industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang dipilih menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri 4.0. Implementasi ini memberikan peluang positif untuk menjadikan industri otomotif nasional berdaya saing global,” papar Airlangga.

Guna meraih sasaran tersebut, pemerintah telah menyiapkan fasilitas insentif yang dapat dimanfaatkan para pelaku industri otomotif di Indonesia, antara lain melalui tax holiday, tax allowance, Bea Masuk DItanggung Pemerintah (BMDTP), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), serta kemudahan untuk mendapatkan bahan baku dan komponen dari impor dengan menggunakan skema perjanjian kerja sama dagang baiktingkat bilateral, regional maupun multilateral.

“Dalam waktu dekat, akan dikeluarkan insentif super tax deduction untuk perusahaan yang melakukankegiatan vokasi dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM dan untuk industri yang melaksanakankegiatan RD&D (research, development, and design),” ungkap Airlangga.

Sementara itu, Ketua umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman selaku penyelenggara IMOS 2018 mengaku optimistis bahwa penjualan domestik dapat mencapai 6,3 juta unit sampai akhir tahun 2018.

“Tahun ini akan berakhir dengan pencapaian lebih baik dari tahun lalu. Penjualan pada periode Januari-September 2018 sudah sampai 4,7 juta unit atau naik 8,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," ungkapnya.


Pengembangan LCEV

Di sisi lain, dalam upaya mengikuti tren dunia dan perluasan pasar eskpor, Kemenperin juga mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat merealisasikan pengembangan kendaraan rendah emisi atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Implementasi program tersebut telah disusun melalui peta jalan yang diinisiasi oleh Kemenperin, termasuk pengembangan kendaraan berbasis energi listrik.

”Kami menyiapkan program LCEV ini guna mendorong diversifikasi energi bahan bakar kendaraan bermotor ke arah penggunaan teknologi penggerak yang rendah atau tanpa emisi karbon, yang kami golongkan ke dalam electrified vehicleseperti hybrid, Plug In hybrid, full battery hingga fuel cell,” sebut Menperin. Pada tahun 2025, ditargetkan sekitar 20 persen dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah produk LCEV.

“Selanjutnya, dalam upaya mendukung program LCEV, kami telah menyelesaikan aturan hukum untuk kendaraan listrik yang sedang dikoordinasikan di tingkat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk mendapat persetujuan dari Bapak Presiden,” imbuhnya.

Isi dari regulasi tersebut, antara lain mengatur tentang litbang dan inovasi, pengembangan industri, serta percepatan penggunaan kendaraan bermotor listrik di jalan raya. Selain itu, mengatur tentang pemberian fasilitas fiskal seperti Bea Masuk Ditanggung Pemerintah serta pembiayaan ekspor dan bantuan kredit modal kerja untuk pengadaan battery swap.

“Sementara yang terkait dengan sisi fasilitas nonfiskal, di antaranya penyediaan parkir khusus, keringananbiaya pengisian listrik di SPLU dan bantuan promosi,” lanjut Airlangga. Bahkan, Kemenperin jugatengah melakukan kerja sama dan studi bersama dengan New Energy and Industrial TechnologyDevelopment (NEDO) yang meliputi aspek consumer convenience, business model, social impact danregulasi.

Studi tersebut dibarengi dengan demo project yang akan dilakukan di beberapa kota di Jawa Barat dan Bali yang akan dimulai awal 2019sampai Desember 2020 dengan melibatkan instansi litbang lokal dan beberapa universitas sehingga dapat menghasilkan masukan bagi pemerintah untuk dapat menerapkan kebijakan yang tepat terkait dengan kendaraan listrik.(*)
Share:

Dengan Sigap Sertu M. Yunus mengobati Yudi yang terjatuh

Jiwa satria Tentara Nasional Indonesia (TNI) memang harus selalu tumbuh dan dibuktikan dimanapun dan kapanpun untuk mengabdi kepada rakyat Indonesia.

Hal tersebut yang terlihat dalam pelaksanaan TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel yang dilaksanakan di Kampung Koto Lamu  Nagari Lakitan Tengah.

Pada saat melihat ada anak anak warga Koto lamu yang terjatuh saat bermain kejar  kejaran (Yudi 5 th) Cucu ibu Ros Kampung Koto Lamu Nagari Lakitan Tengah mengakibatkan Kepada nya luka Mengenai batu saat terjatuh.

Anggota Satuan tugas dari kesehatan TMMD Kodim 0311/Pessel Sertu M. Yunus dan  dari Penerangan Sertu Budi Kurniawan yang pada saat tersebut sedang berada di lokasi dan menyaksikan kejadian tersebut langsung memberikan pertolongan pertama Yudi Cucu Ibu Ros yang kepalanya terluka Karna Jatuh.

“Dia bermain kejar kejaran bersama teman seumuran, lalu secara tiba-tiba jatuh, Kami lihat Kepalanya mengeluarkan Darah, saat itu saya sedang ada di lokasi'” ucap Sertu M.Yunus menjelaskan kronologis kejadian pada waktu itu.

Tidak hanya memberikan pertolongan pertama, kedua orang anggota TNI tersebut juga melakukan melakukan pengobatan kepada si anak.

Sertu M.Yunus Anggota Tim Kesehatan dari Denkesyah Padang yang bergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0311/Pessel.

" Lukanya tidah parah, memang darahnya banyak yang keluar. Itu karna luka di kepala memang banyak darahnya, jangan panik, ini luka ringan". Yunus menjelaskan kapada Ibu Ros Neneknya Yudi

Setelah diberikan obat, Sertu M. Yunus menyarankan Yudi untuk beristirahat dulu.

Ibu Ros mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak TNI karena sudah menolong dan mengobati  cucunya.


Share:

Penyerahan Bibit Pala dan Coklat kepada Warga TMMD ke 103 Kodim 0311/Pesse

Komandan Kodim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi,SH.,  mengajak masyarakat warga Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam pohon.

Hal ini disampaikan dalam acara penyerahan bibit Pala dan Coklat kepada Masyarakat Nagari Lakitan di Depan Posko TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel Kampung Air Kalam. Kamis (01/11)


Sebanyak 3.500 bibit Pala dan 3.000 Coklat diserahkan kepada Masyarakat Nagari Lakitan Tengah.

Pemberian bibit pohon Pala dan Coklat ini adalah bentuk apresiasi Kodim 0311/Pessel untuk masyarakat yang telah merelakan sebagian tanahnya dihibahkan untuk pembangunan jalan Kampung Air Kalam Ke AirTerjun - Kampung Tampunyik Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan juga Masyarakat sudah bekerja sama dalam manunggal TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel.
Share:

TNI Cinta Kami, Kami Cinta TNI, NKRI kita lindungi, begitulah kata Guru SMP N 5 Lengayang

SMP N 5 LENGAYANG kembali mendapat Tamu Kehormatan dari Dandim 0311/ Pesisir Selatan Letkol Arh Wahyu Akhadi, SH.,  Kamis (01/11).

Armida Guru Kesenian SMP N 5 Lengayang mengatakan Kedatangan Dansatgas TMMD ke 103 Yaitu Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi, SH., dalam rangka mengecek pengerjaan Penimbunan Lapangan SMP N 5 Lengayang.

" Dandim 0311/Pessel mengecek pengerjaan Penimbunan lapangan Sekolah, di samping itu beliau menyempatkan diri masuk ke Kelas Siswa, beliau memberi Motivasi kepada Siswa Siswa kami".

" Setelah memberi motivasi kepada siswa, Dandim menyalami siswa kami satu persatu, Mulia Sekali Hatimu Pak Dandim".Ungkapnya Armida dengan nada haru meneteskan Air Mata.

" Semoga bpk akan selalu di Beri Kemulian oleh ALLAH SWT sebagaimana bapak telah memulia kan siswa siswi kami SMPN 5 Lengayang". Tuturnya

Dalam akun fb Armida menuliskan kata kata
" Alhamdulillah Ya Allah, Alhamdulillah Ya Allah Hari ini Kamis tgl 1 Nopember 2018 Lapangan Sekolah kami di perbaiki oleh bpk bpk ABRI MANUNGGAL...
Terima Kasih  Bpk DANDIM 0311/ PESISIR SELATAN Bpk Wahyu Akhadi dengan Tulus Ikhlas memberikan Motivasi dan Semangat Pantang Menyerah dalam Meraih Cita Cita"  seperti itu ungkapan Ibu Armida Guru kesenian  SMP N 5 Lengayang di akun Fb miliknya.

Lanjut Armida menuliskan, " Berbagi  Pengalaman Hidup dan Pengalaman Karir dari Bpk DANDIM kepada Siswa Siswi SMPN 5 LENGAYANG telah Merupakan Jalan yang terbentang luas serta Obor Semangat bagi Sekolah Kecil ini dan Bagi siswa siswa kami ini."

" Semoga siswa SMP N 5 LENGAYANG ada yang akan menjadi Cikal Bakal sebagai Penerus Tongkat Estafet dari Bapak bapak TNI untuk Masa yg akan datang" Ungkapnya Armida di akun fb

Ida mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0311/Pessel atas motivasi untuk anak anak didiknya

" Terimah kasih Bapak Wahyu atas segala Cerita Motivasi  bapak untuk kami,
Terima Kasih bapak bapak TNI MANUNGGAL untuk Desa Kecil kami Air Kalam yang akan menjadi Air Terang bagi Sekolah kami.

Armida berharap penimbunan lapangan SMP N 5 Lengayang cepat Selesai, " Semoga hari senin depan In Shaa Allah tgl 5 Nopember 2018 kami sudah bisa Upacara Bendera karena lapangan sekolah kami telah di perbaiki oleh bpk bpk TNI ,TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel ini,
TNI CINTA KAMI
KAMI CINTA TNI
NKRI KITA LINDUNGI".begitulah ungkapan Armida dengan bangga nya terhadap TNI.

Share:

Kedatangan TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel membuat SMP N 5 Lengayang banyak Peminat

Dandim 0311/Pessel bersama anggota Satgas TMMD ke 103 melaksakan peningkatan atau penimbunan lapangan SMP Negeri 5  Lengayang di Kampung Air Kalam Nagari Lakitan Tengah. Kamis (01/11)

Dandim 0311/Pessel mengatakan Kegiatan Penimbunan Lapangan SMP N 5 Lengayang ini di luar Program TMMD ke 103 Kodim 0311Pessel.

" Kegiatan ini di luar Program TMMD ke 103. Selasa (30/10) kemaren Kami Satgas TMMD bersama Tim Wasev mengunjungi SMP N 5 Lengayang, kami melihat lapangan SMP N 5 Lengayang yang di pergunakan untuk Upacara bendera dan berolah raga Tidak lah layak dan sangat memprihatinkan, apabila hari hujan, lapangan banjir dan berlumpur".

" Ya kami merasa terpanggil untuk memperbaiki lapangan SMP N 5 Lengayang, minimil kalau sudah di perbaiki, para siswa bisa memanfaatkan untuk upacara bendera serta berolah raga untuk membina Fisik tampa genangan Air dan lumpur lagi".Katanya Dandim

Lebih lanjut dandim mengatakan " ada rasa haru dan bangga, melihat siswa siswa sangat berpotonsial dan mempunyai segudang prestasi, di balik Prestasi mereka raih, ternyata sekolah mereka banyak memiliki keterbatasan".

" Saya bangga semangat mereka tidak pernah Kendor, siswa SMP N 5 Lengayang ini tetap bersemangat untuk meraih prestasi". tuturnya Dandim

" Siswa siswa inilah nantinya pemimpin masa Depan Negara kita, Untuk meraih prestasi itu memang tidak mengenal dari mana sekolahnya, Mau dari Desa ataupun Kota. Saya yakin dengan Didikan Guru guru yang hebat lah yang membuat SMP N 5 ini berprestasi". Jelasnya Letkol Arh Wahyu Akhadi.

Niat baik Dandim 0311/Pessel disambut baik oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMP N 5 Lengayang, para guru, murid dan juga masyarakat disekitar sekolah tersebut.

Kepsek SMP N 5 Lengayang mengatakan pelaksanaan penimbunan lapangan sekolah sedang di laksanakan, Diharapkan Cepat selesai.

“Kita sangat berterima kasih kepada bapak Dandim 0311/Pessel yang telah memperhatikan sekolah kami ini. Karena dengan peningkatan dan penimbunan halaman sekolah dapat para murid sekolah untuk upacara serta berolahraga di lapangan sekolah,”tutur kepala sekolah SMP N 5 Lengayang ketika di temui di lapangan saat Para TNI sedang Bekerja.

Kodim 0311/Pessel

Share:

SMP N 5 Lengayang Mendapat Sosialisasi Pengekrutan TNI dari Dan Satgas TMMD Kodim 0311/Pessel.

Dansatgas TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi.SH., memberikan sosialisasi Kepada 35 orang siswa-siswi unggulan kelas IX dari SMP Negeri 5 Lengayang tentang pengekrutan TNI Calon Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil)  di Ruang Kelas IX B SMP N 5 Lengayang. Kamis (01/11)

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI manunggal membangun Desa (TMMD) Ke 103 Kodim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi,SH., mengatakan Penerimaan Taruna Akademi Militer merupakan salah satu program TNI AD untuk merekrut pemuda-pemudi warga Indonesia untuk di jadikan pemimpin dalam pembangunan TNI AD untuk memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD.

" yang menjadi faktor-faktor untuk menjadi Calon Taruna Akmil harus sehat Jasmani dan Rohani, sebab dengan memiliki kesehatan Jasmani dan Rohani yang seperti itu, telah menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh TNI AD ”Katanya Dansatgas

Lebih lanjut dikatakan " Siswa harus mempunyai Cita cita, bina dari sekarang, Rajinlah belajar, hindari pergaulan yang merugikan siswa sekalian, masa depan Kalian masih Panjang"

"Siswa adalah penerus bangsa masa depan, Saya Yakin dengan Cita cita yang dilakukan dengan  Sungguh sungguh Insya Allah tercapai". Tuturnya Letkol Arh Wahyu Akhadi,SH.

Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Lengayang Rinaldi S.Pd., dan pihaknya sangat berterimakasih kepada  Dansatgas TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel  yang memberikan Sosialisasi untukb menggerakkan siswa -sisw i SMP Negeri 5 Lengayang.

" Saya selaku Kepala Sekolah  atas nama pribadi dan pihak sekolah mengucapkan banyak terima kasih, dengan Sosialisasi Bapak Dandim 0311/Pessel, siswa siswa kami tambah bersemangat belajar". Katanya Kapsek.
Share:

Making Indonesia 4.0 Merevitalisasi Industri Manufaktur Lebih Ekspansif


sorotsumatera.com

Jakarta- Implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 diyakini dapat merevitalisasi sektor industri manufaktur agar lebih berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sasaran besarnya adalah menjadikan Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara dengan perekonomian terkuat di dunia tahun 2030.

“Dalam merespons perkembangan global saat ini, Kementerian Perindustrian beserta sektor swasta sedang menyiapkan program strategis. Tujuannya untuk semakin meningkatkan produktivitas dan efisiensi di sektor manufaktur dalam menghadapi era revolusi indutri 4.0,” kata Staf Khusus Kemenperin Zakir Machmud di Jakarta, Rabu (31/10).

Di samping itu, lanjut Zakir, program yang ada di peta jalan itu juga akan mendongkrak kompetensi tenaga kerja industri. Apalagi, Indonesia akan memasuki masa bonus demografi dengan mayoritas penduduk berusia produktif.

“Oleh karenanya, perlu ada langkah sinergi antara pemerintah dan swasta. Jadi, ini mutlak dilakukan, karena sektor industri merupakan tulang punggung bagi perekonomian kita. Dan, industri nasional harus berdaya saing global,” paparnya.

Terkait hal itu, Kemenperin telah meluncurkan program pendidikan vokasi yang link and match dengan industri di beberapa wilayah di Indonesia. Sebanyak 609 industri dan 1.753 Sekolah Menengah Kejuruan ikut terlibat dan pelaksanaan program ini akan terus digulirkan.

Di dalam Making Indonesia 4.0, telah ditetapkan lima sektor manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia dan elektronika. “Lima sektor ini yang akan difokuskan untuk menjadi motor ekonomi ke depan, karena telah siap memasuki era digital,” jelas Zakir.

Lebih lanjut, menurutnya, Kemenperin sedang memperhitungkan besarnya dampak dari lima sektor industri tersebut kepada peningkatan nilai ekspor, pembentukan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi. Zakir optimistis, daya saing lima sektor tersebut akan semakin kuat seiring dengan kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan, antara lain kemudahan investasi melalui Online Single Submission (OSS), pengawasan dan pengamanan Devisa Hasil Ekspor (DHE), perluasan pasar ekspor, pemberian insentif daya saing ekspor, serta peningkatkan Pusat Logistik Berikat sebagai media konsolidasi ekspor.

Sejalan upaya tersebut, pemerintah juga telah berkomitmen untuk mengimplementasikan program B20 mandatory untuk menekan defisit sektor migas, kenaikan tarif PPh impor barang konsumsi untuk 1.147 pos tarif, pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk proyek tenaga listrik dan migas, serta kemudahan layanan e-commerce dan asesmen impor barang kiriman.

Kebijakan tersebut dinilai mampu membangkitkan geliat industri manufaktur nasional. Berdasarkan data Prompt Manufacturing Index (PMI) yang dirilis oleh Bank Indonesia, sektor industri pengolahan di Tanah Air dinilai tetap ekspansif sepanjang kuartal III/2018, dengan ditopang oleh performa positif dari volume produksi yang terus berlanjut.

Merujuk indeks itu, kinerja sektor industri pengolahan pada Juli-September 2018 berada pada level 52,02%. Peringkat di atas 50% menunjukkan industri sedang ekspansi. Fase ekspansif ini telah dimulai sejak kuartal I/2018 (50,14%) dan berlanjut ke kuartal II/2018 (52,40%).

BI memproyeksi pertumbuhan PMI yang ekspansif ini akan terefleksi dalam pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2018 dengan berada di atas 5%. Bahkan, fase ekspansi di sektor industri pengolahan juga aka masih terus berlanjut pada kuartal IV/2018.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani meyakini tren positif di sektor industri manufaktur masih akan bertahan hingga akhir tahun ini, sejalan dengan permintaan dometik yang terus meningkat. Namun demikian, guna memacu kinerja industri, pemerintah perlu terus memperhatikan segala kebutuhan sektor manufaktur, terutama mengenai pasokan bahan baku.(**)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.