Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 10/31/18 ~ Sorot Sumatera

Wujud Kebersamaan, Satgas TMMD Kodim 0311/Pessel Bersama Warga Mandi di Sungai

Personel Satgas TMMD ke -103 Kodim 0311/Pessel bersama Pemuda Kampung Pulai Nagari Lakitan tengah menuju sungai untuk membersihkan badan (mandi) di Sungai Kampung Pulai kecamatan Lengayang. Rabu (31/10)

Selain pengerjaan fisik, Personel Satgas TMMD ke -103 Kodim 0311/Pessel bersama warga Kampung Pulai mandi bersama disungai yang ada di Kampung Pulai.

Satu diantara warga Kampung Pulai, Rido mengatakan, Dalam kehidupan sehari-hari warga Kampung Pulai menggunakan sungai sebagai tempat untuk membersihkan badan/mandi.

“Semenjak ada TMMD, bapak TNI ikut mandi di sungai tersebut. Saya selaku warga sangat senang terhadap bapak TNI yang mau ikut mandi di sungai sehingga suasana kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa disaat berjalan menuju sungai, ” katanya.

Disamping itu Anggota Satgas TMMD Serda Afin Wardana mengungkapkan TNI tidak akan canggung merasakan apa yang dirasakan oleh rakyat, karena TNI lahir dari rakyat, dibesarkan oleh rakyat.

“Oleh karena itu personel Satgas TMMD tidak akan canggung untuk menciptakan kebersamaan seperti yang telah dilakukan selama ini contohnya tidur di rumah masyarakat, makan bersama-sama dan sekarang untuk pembersihan bersama-sama ke sungai, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan afin "TNI dan Rakyat tidak dapat dipisahkan, itulah wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Tuturnya


Share:

Efek Hilirisasi Industri: 78 Persen Ekspor CPO Bernilai Tambah Tinggi


sorotsumatera.com 

Jakarta- Kementerian Perindustrian terus memacu program hilirisasi di sektor industri minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) guna mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Program peningkatan nilai tambah bahan baku dalam negeri tersebut, telah menghasilkan kinerja gemilang yang terlihat dari indikator rasio ekspor produk hulu dengan produk hilir yang semula 60%:40% pada tahun 2010 bergeser menjadi 22%:78% di 2017.

“Industri pengolahan sawit selama ini mampu menyumbang signifikan bagi Indonesia karena sebagai produsen dan eksportir terbesar dunia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (30/10). Kemarin, Menperin mendampingi Presiden Joko Widodo pada pembukaan Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2018 & 2019 Price Outlook di Nusa Dua, Bali.

Kemenperin mencatat, komoditas kelapa sawit, CPO dan produk turunannya menjadi kontributor utama terhadap kinerja ekspor nasional dengan nilai sebesar USD22,97 miliar pada tahun 2017 (tidak termasuk oleochemical dan biodiesel). Capaian ini membuat Indonesia mampu menguasai 52 persen pasar ekspor minyak sawit di dunia.

“Ekspor produk berbasis kelapa sawit yang didominasi oleh produk hilir bernilai tambah tinggi ini menjadi salah satu penopang perolehan devisa negara dan berkontribusi penting dalam menjaga penguatan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing,” papar Airlangga.

Bahkan, dengan menghasilkan 42 juta ton minyak sawit per tahun, Indonesia berkontribusi hingga 48 persen dari produksi CPO dunia. Selain itu, sektor ini juga menyerap tenaga kerja sebanyak 21 juta orang baik secara langsung maupun tidak langsung. Saat ini, anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) lebih dari 644 perusahaan yang tersebar merata di provinsi penghasil kelapa sawit, seperti Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

“Indonesia berpeluang menjadi pusat industri pengolahan sawit global untuk keperluan pangan, nonpangan, dan bahan bakar terbarukan,” ujar Menperin. Selain pengembangan produk hulu seperti CPO dan crude palm kernel oil (CPKO), ada tiga jalur hilirisasi industri CPO di dalam negeri yang masih potensial untuk terus dikembangkan.

Pertama, hilirisasi oleopangan (oleofood complex), yaitu industri-industri yang mengolah produk industri refinery untuk menghasilkan produk antara oleopangan (intermediate oleofood) sampai pada produk jadi oleopangan (oleofood product).Berbagai produk hilir oleopangan yang telah dihasilkan di Indonesia, antara lain minyak goreng sawit, margarin, vitamin A, vitamin E, shortening, ice cream, creamer, cocoa butter atau specialty-fat.

Kedua, hilirisasi oleokimia (oleochemical complex), yaitu industri-industri yang mengolah produk industri refinery untuk menghasilkan produk-produk antara oleokimia, oleokimia dasar, sampai pada produk jadi seperti produk biosurfaktan (seperti produk detergen, sabun, dan shampoo), biolubrikan (biopelumas) dan biomaterial (contohnya bioplastik).

Selanjutnya, ketiga, hilirisasi biofuel (biofuel complex), yaitu industri-industri yang mengolah produk industri refinery untuk menghasilkan produk-produk antara biofuel sampai pada produk jadi biofuel seperti biodiesel, biogas, biopremium, bioavtur, dan lain-lain.Terkait dengan hilirisasi biofuel, saat ini pemerintah tengah serius untuk menerapkan program biodiesel 20% (B20) secara penuh di Indonesia, dan memperluas penggunaan B20 di semua kendaraan bermotor.

Menperin menambahkan, pihaknya bersama pelaku usaha industri biodiesel di bawah pembinaannya,  mendukung kebijakan perluasan mandatory B20 untuk sektor public service obligation(PSO) dan non-PSO melalui partisipasi dan kinerja produksi Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU-BBN) dalam menyediakan pasokan Biodiesel FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sebagai pencampur BBM diesel dengan kualitas sesuai spesifikasi SNI.

Kemudian, Kemenperin terus mendukung upaya pengembangan industri greenfuel atau bahan bakar terbarukan ramah lingkungan dari minyak sawit.Produk tersebut,meliputi green diesel, green avtur, dan green gasoline, khususnya yang berbasis teknologi proses dalam negeri. “Kami telah memasukkan sektor usaha industri greenfuelini ke dalam cakupan produk industri yang berhak mendapatkan tax holiday,” terang Airlangga.(*)
Share:

Tim Wasev TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel Anak anak ku orang hebat, titip anak anak ku SMP N 5 Lengayang.

Brigjen TNI Agus Yuniarto. Disela kunjungan kerja Tim Wasev TMMD, SMP SMP N 5 Lengayang dan melihat Kondisi Sekolah, dari paparan Armida Salah Satu Guru, bahwa SMP N 5 Lengayang memiliki segudang Ptestasi Brigjen TNI Agus Yuniarto, memberikan Apresiasi kepada Siswa Siswa SMP N Lengayang yang berbakat dengan penuh semangat.

"Saya berkeinginan dengan Sekolah ini, dengan banyak keterbatasan Siswa di sini memiliki Segudang Prestasi, anak-anak memiliki bakat, Hebat anak anak ku ".

" Saya titip anak anak SMP N 5 Lengayang, saya titip sama guru guru, sama Kapsek, Wali Nagari, Camat, Danramil dan Ibu DPR yang mengunjungi juga hadir. Jaga Kesehatan mereka mereka dengan berolah raga, sekarang sudah datang Waktu, Mereka Sudah Siap, kami Daftar kan mereka Jadi TNI. Saya berharap kemudian dari SMP N 5 Lengayang ini Lahir Taruna Akmil dan Jenderal yang hebat yang membuat kita semua bangga "Tuturnya Jendral Bintang Satu ini dengan semangat memberi Motivasi.

Dengan Motivasi agar ter bina Kesehatan dan Jasmani Anak anak SMP N 5 Lengayang, Ketua Tim Wasev TMMD Kodim 0311 / Pessel akan Membangun Lapangan Tenis dan memberikan Santunan kepada anak-anak yatim piatu disekolah dengan siswa SMP N 5 Lengayang jadi Ter motivasi.

Armida guru olah raga dan kesenian menyatakan terima kasih kepada Ketua tim Wassev Dandim dan Rombongan yang telah menyempatkan mengunjungai SMP N 5 Lengayang.

"Terimakasi ini merupakan penghargaan bagi sekolah-sekolah kami, siswa kami akan termotivasi, yang selama ini belum memiliki pengalaman untuk berolah raga, dengan hadirnya Bapak Wasev TMMD, bidang yang selama ini adalah sekolah kami impian akan terwujud" .tuturnya Armida(
Share:

Tmmd ke 103 Kodim 0311/Pessel, Saat nya Pasang Kloset

Pelaksanaan pengerjaan sejumlah sasaran fisik pada program TMMD Reg 103 Kodim 0311/Pessel masih berlanjut, dan salah satunya adalah  program RLTH sekaligus jambanisasi bagi keluarga kurang mampu yang belum memiliki jamban.

Kegiatan jambanisasi ini dilaksanakan dalam  rangka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir   kegiatan BAB di sungai sehingga sungai menjadi bersih dan sehat.

Salah satu yang dapat bantuan RLTH dan jambanisasi adalah Mak Upiak Anyam Warga Kampung Pulai Nagari Lakitan Tengah.

Anggota Satgas TMMD bersama warga bahu membahu mengerjakan pembangunan jamban, dan sampai saat ini sudah dalam tahap pemasangan kloset.

Serka Jonson Kaneri melaksanakan pemasangan kloset dengan teliti dan hati-hati.

Serka Jonson Kaneri mengatakan, "keterlibatan kami dalam pelaksanaan program ini adalah wujud kepedulian dan kepekaan prajurit TNI terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat sekelilingnya khususnya masalah kesehatan, dan hal ini dilakukan karena semata-mata untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat yang sudah terjalin," ungkap Jonson.

Dengan adanya program RTLH dan  jambanisasi ini masyarakat lebih paham tentang arti hidup sehat

Sri Cucu mak Upiak Anyam mengucapkan terima kasih ke pada Anggota Satgas TMMD Kodim 0311/Pessel

" Saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah meluangkan waktu  untuk membantu kami ,"ujar Sri.

Share:

Kujungan Wasev TMMD Kodim 0311/Pessel

Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) kegiatan TMMD dari Mabes TNI yakni Brigjen TNI Agus Yuniarto mengunjungi lokasi TMMD ke 103 Tahun 2018 Kodim 0311/Pessel  pada selasa (30/10/2018).

Seperti diketahui, lokasi TMMD ke 103 tahun 2018 Kodim  0311/Pessel berada di Kampung Air Kalam Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Kedatangan tim Wasev TMMD ke-103 dari Mabesad adalah dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0311/Pessel yang saat ini tengah dilaksanakan kegiatan TMMD berupa sasaran Fisik dan Non Fisik.

Brigjen TNI Agus Yuniarto menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat yang telah membantu terlaksana dan suksesnya pelaksanaan TMMD di wilayah Nagari Lakitan Tengah ini.

Brigjen TNI Agus Yuniarto mengatakan, bahwa masyarakat adalah ibu kandung dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta masyarakat harus mencintai dan bangga dengan TNI yang terlahir dari rakyat dan untuk rakyat serta berjuang bersama-sama rakyat dalam membangun bangsa untuk semakin maju.

Kami berharap, kegiatan TMMD oleh Kodim 0311/Pessel ini dapat bermanfaat nantinya bagi masyarakat sekitar Kampung Air Kalam Lakitan Tengah". ujar Brigjen TNI Agus Yuniarto.


Disela kunjungan kerja Tim Wasev TMMD, rombongan meninjau SMP N 5 Lengayang dan melihat Kondisi Sekolah, dari paparan Armida Salah Satu Guru , Bahwa SMP N 5 Lengayang mempunyai segudang Ptestasi.

Brigjen TNI Agus Yuniarto, memberikan Apresiasi kepada Siswa Siswa SMP N Lengayang yang berbakat dengan penuh semangat.

" Saya bangga dengan Sekolah ini,  dengan banyak keterbatasan Siswa di sini mempunyai Segudang Prestasi, anak anak mempunyai bakat, Hebat anak anak ku".

" Saya titip anak anak SMP N 5 Lengayang, saya titip sama guru guru, sama Kapsek, Wali Nagari, Camat, Danramil serta Ibu DPR yang kebetulan juga hadir. Jaga Kesehatan mereka bina mereka dengan berolah raga, nanti sudah datang Waktu nya, Mereka Sudah Siap, kita Daftar kan mereka Jadi TNI. Saya berharap nanti dari SMP N 5 Lengayang ini Lahir Taruna Akmil dan Jenderal yang hebat yang membuat bangga kita semua bangga" Tuturnya Jendral Bintang Satu ini dengan semangat memberi Motivasi.

Dengan Motivasi agar ter bina Kesehatan dan Jasmani Anak anak SMP N 5 Lengayang, Ketua Tim Wasev TMMD Kodim 0311/Pessel akan Membangun Lapangan Tenis dan memberikan Santunan kepada anak yatim piatu disekolah dengan harapan Siswa SMP N 5 Lengayang jadi Ter motivasi.

Armida guru olah raga dan kesenian  mengucapkan terima kasih kepada Ketua tim Wassev Dandim serta Rombongan yang telah menyempatkan mengunjungai SMP N 5 Lengayang.

" Terimakasi ini merupakan kehormatan bagi sekolah kami, siswa kami akan termotivasi,  yang selama ini belum mempunyai lapangan untuk berolah raga, dengan hadirnya Bapak Wasev TMMD, Lapangan yang selama ini sekolah kami impiankan  akan terwujud".tuturnya Armida



Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.