Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 10/23/18 ~ Sorot Sumatera

Jalan menuju rumah bapak Piwi akan di bangun Satgas TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel, tidak bergelut dengan lumpur lagi

Satuan Tugas TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel bersama masyarakat Kampung Air Kalam Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan membuat jalan setapak akses dari depan rumah pak Piwi dengan jalan besar.selasa(23/10)

Rumah pak piwi yang termasuk program TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel RTLH lagi di bangun sebentar lagi akan segara rampung, tetapi akses jalan dari rumah nya tidak ada.

Selama ini pak Piwi dan keluarga nya jalan menuju rumahnya melalui pematang sawah yang berlumpur,  dimana sebelumnya terutama saat hujan turun jalan tersebut becek dan licin.

Hal tersebut sangat mengganggu terutama anak-anaknya sekolah yang harus rela bergelut dengan lumpur tanah agar bisa menuju ke sekolah.

Dengan Inisiatif Dan Satgas Letkol Arh Wahyi Akhadi,SH., Jalan akses dari rumah Pak Piwi akan dibuat dengan menghubungkan dengan jalan besar.

Pengerjaan dilaksanakan oleh para personel Satgas bersama-sama dengan masyarakat setempat dari mulai perataan jalan, pengerasan Sirtu hingga diperkirakan 2 minggu kedepan jalan tersebut sudah dapat dipergunakan oleh Piwi dan keluarga serta tetangga nya.

Kodim 0311/Pessel
Share:

TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel, Tingkatkan Keimanan dan ketaqwaan

Bekerja dan beribadah haruslah seimbang, oleh karena itu anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa/N (TMMD/N) ke-103 Kodim 0311/Pessel melaksanakan Sholat subuh berjamaah bersama dirumah orang tua angkatnya warga Kampung Air Kalam Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (23/10).

Tidak hanya melaksanakan pekerjaan saja tetapi juga melaksanakan kegiatan ibadah Sholat subuh berjamaah bersama orang tua angkat menjadi rutinitas anggota Satgas setiap harinya, agar dalam pelaksanaan kegiatan TMMD/N ke-103 ini diberikan kesehatan, kelancaran, kesuksesan dan keselamatan.

Kegiatan Sholat subuh berjamaah ini disamping meningkatkan iman dan ketaqwaan juga sebagai sarana untuk lebih dekat dengan keluarga angkat, dengan begitu kita bisa mewujudkan kegiatan TMMD/N ke-103  Kodim 0311/Pessel.

Sertu Dwi Yonif 133/Ys mengatakan Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan suatu tugas salah satunya adalah faktor spiritual.

" Seperti pada TMMD/N ini, untuk lebih menenangkan diri karena tidak pulang kerumah, yang rindu anak dan isteri Kami bersama keluar angkat melaksanakan sholat Subuh berjemaah.

" Ini adalah kegiatan untuk menjaga rasa keimanan sehingga terjaga rasa keiklasan, serta untuk menghindarkan diri dari perbuatan yang membawa buruk nama satuan selama pelaksanaan TMMD/N di Air Kalam ini". Katanya Sertu Dwi

TMMD/N bagi anggota Satgas merupakan ibadah, ibadah dengan meninggalkan keluarga hampir 1 bulan lamanya.

“Dengan terjaganya keimanan rasa ikhlas pasti akan tercipta, sehingga semangat dalam perampungan pekerjaan juga akan terjaga". Tuturnya Sertu Dwi.



Share:

Kemenperin Pacu Peran Industri Perkapalan Topang Sektor Migas


sorotsumatera.com 

Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong industri perkapalan nasional dapat berkontribusi dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk dengan mendukung operasional di sektor migas. Untuk itu, diperlukan peningkatan investasi di sektor industri perkapalan guna semakin menguatkan kemampuan sarana dan prasarana pendukung sektor migas tersebut.

“Perekonomian Indonesia akan tumbuh dengan adanya investasi yang berguna untuk menggantikan impor dan menghemat devisa. Upaya strategis inilah yang terus didukung Bapak Presiden Jokowi,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada peresmian Kapal Seapup 3 milik PT. Swadaya Sarana Berlian di kawasan pelabuhan Marunda, Jakarta, Senin (22/10).

Menurut Menperin, Indonesia mempunyai kepentingan untuk memajukan industri perkapalan nasional yang secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan, terutama di pasar domestik. Di samping itu, aktivitas industri perkapalan dinilai memberikan efek berantai yang luas sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian di sektor lainnya.

“Apabila kita melihat karakteristik wilayah Indonesia, potensi migas yang harus dikelola sebagian besar berada di wilayah lautan. Oleh sebab itu, kemampuan untuk memenuhi kebutuhan armada kapal maupun sarana lain dalam mendukung kegiatan sektor migas tersebut sangat diperlukan,” paparnya.

Langkah ini penting dilakukan agar kinerja dan produktivitas migas semakin meningkat, mengingat sektor tersebut punya nilai strategis bagi perekonomian nasional. Berdasarkan capaian pada semester I tahun 2018, penerimaan negara dari hulu migas sebesar USD8,5 milliar atau telah mencapai 71 persen dari target APBN 2018 sebesar USD11,9 milliar. Sedangkan dari segi investasi, sektor migas telah mencapai USD3,9 miliar.

Apalagi, industri perkapalan nasional sebagai salah satu sektor strategis juga telah mencapai beberapa kemajuan, di antaranya peningkatan jumlah galangan kapal lebih dari 250 perusahaan dengan kapasitas produksi mencapai sekitar 1 juta DWT per tahun untuk pembuatan kapal baru dan sekitar 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal.

“Kami mengapresiasi PT. Swadaya Sarana Berlian atas kontribusinya terhadap pengembangan industri perkapalan di Indonesia, semoga banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Misalnya, kapal Seapup 3 ini yang pengoperasiannya 100 persen dilakukan oleh tenaga kerja Indonesia,” imbuhnya.

Airlangga memandang pembuatan kapal ini merupakan salah satu state of the art dalam dunia perkapalan. Maka itu, diharapkan pengembangan Kapal Seapup 3 dapat menerapkan teknologi terbaru, terkait industri 4.0, khususnya dalam sektor migas.

Berdasarkan kajian dari World Economic Forum, terdapat potensi sebesar USD1,6 triliun yang dapat diraih dengan impelementasi IoT, Big Data dan Machine learning. Hal ini juga akan ditambah dengan industri migas yang makin “hijau” bagi lingkungan.

“Tentu selanjutnya, kami memacu industri perkapalan nasional lebih berkembang lagi ke depannya. Kapasitas produksi untuk bangunan baru maupun reparasi kapal dapat terus ditingkatkan termasuk kemampuan dalam membangun fasilitas untuk mendukung kegiatan disektor migas,” lanjutnya.(**)
Share:

TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel, Letda Inf Emjunaidi Komsos dengan Masyarakat

TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel Danramil 04 Lengayang Letda Inf Emjunaidi Komsos dengan masyarakat di Lokasi TMMD/N Kampung Air Kalam Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (23/10).

Pelaksanaan TMMD/N ke-103 di Nagari Lakitan Tengah Besan membawa angin segar bagi masyarakat. Nagari yang kesehariannya sepi kali ini diramaikan oleh Satgas TMMD/N dimana para anggota Satgas berbaur dengan masyarakat baik saat bekerja membangun akses jalan juga pada saat istirahat selalu berkumpul berkenalan dan berkomunikasi dengan masyarakat di rumah warga setempat.

Kegiatan Komsos dilakukan oleh Danramil 04 Lengayang dengan tujuan lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

TMMD/N bukan saja mengerjakan sasaran pisik tetapi lebih dari itu bagaimana masyarakat mengenal Anggota TNI lebih dekat lagi.

Komunikasi dengan masyarakat  sangat penting dalam setiap pelaksanaan TNI menunggal membangun Desa/Nagari, karana komunikasi untuk menciptakan kedekatan atau kemangunggalan adalah merupakan rohnya kegiatan TMMD/N

Pengerjaan sasaran saat melanjutkan pembukaan jalan baru dan mengangkut material keatas  dengan cara bergotong royong dengan Masyarakat Nagari Lakitan Tengah

Wali Nagari Lakitan Tengah mengatakan mengingat wilayah kami sering hujan sehingga waktu yang ada masyarakat kami himbauan agar manfaatkan dengan baik saat cerah. Babinsa dan Anggota Satgas TMMD/N sangat semangat berkomunikasi terus dengan tokoh masyarakat sehingga kegiatan TMMD/N kali ini berjalan sukses.

Kodim 0311/Pessel

Share:

TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel menciptakan generasi yang agamis

Painan,--- TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel tidak hanya menyasar sasaran fisik sebagai target utama dalam pelaksanaanya

Berbagai sasaran non fisik juga tak luput sebagai sasarannya Non Fisik di antaranya seperti penanaman nilai kebangsaan, wawasan kebangsaan, bela negara, kamtibmas, penyuluhan hukum, dan yang tidak kalah pentingnya pendidikan agama kepada masyarakat setempat.

Seperti yang sedang dilakukan oleh Prajurit Kepala Kastrialdi anggota satgas TMMD/N Ke-103 Kodim 0311/Pessel dari Yonif 133/YS mengajari anak-anak Kampung Air Kalam Mengaji dari Iqro sampai membaca Al-Quran sebagai salah satu langkah pendekatan TNI kepada masyarakat. Senin Malam (22/10).

Kegiatan pembelajaran mengaji yang berlangsung di mushola Nurul Iman kampung air kalam ini merupakan upaya dalam mencapai tujuan pelaksanaan TMMD/N ke-103 yang akan  dilaksanakan selama satu bulan ini.

Sosok prajurit yang dikenal religius itu juga mengatakan  bahwa ini juga merupakan sebagai implementasi dari pengamalan pancasila.

"Sebagai wujud implementasi dari sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa” serta juga bertujuan untuk memberantas buta Al Quran bagi anak-anak diwilayah kampung air kalam ini"Katanya.

Lebih lanjut di katakan Kastrialdi " dalam mengajar anak-anak mengaji saya lakukan selepas Sholat Mahgrib berjamaah, karna di siang hari anak anak di Sibukkan bersekolah".

"Selepas sholat mahgrib berjamaah, sambil menunggu Sholat Isya, tidak salah kalo kita menyempatkan diri untuk mengajari anak-anak membaca Alquran, sehingga akan tercipta anak-anak yang agamais sebagai pemimpin dimasa depan,"tuturnya"

Salah seorang anak Kampung Air Kalam Rian (9) Siswa SDN No 11 Air Kalam sangat antusias dan merasa senang dengan adanya seorang Abang Tentara yang berbaju loreng mau mengajarkan baca tulis alquran.

" Awak sanang nian samu abang tentra (Saya Sangat senang sekali sama abang Tentara) abang tentra ko pandai prang  pandai lo mangaji baco Al quran (Abang tentara selain jago perang tetapi juga jago dalam baca alquran) Awak bisuak alah gadang nio jadi tentra mode abang ko ( Nanti kalau sudah besar, saya mau jadi Tentara seperti  abang ini)". katanya Rian dengan Polos

(Pendim 0311/Pessel)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.