Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 10/22/18 ~ Sorot Sumatera

Industri Otomotif Semakin Kencang Dobrak Pasar Ekspor


Sorotsumatera.com 

Jakarta- Industri otomotif di Indonesia semakin menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi dan mampu mengikuti selera konsumen global. Hal ini mendorong produsen di dalam negeri untuk terus melakukan ekspor, salah satunya PT Suzuki Indomobil Motor (SIM).

“Ini sejalan dengan upaya pemerintah saat ini, yaitu mendorong peningkatan investasi dan ekspor. Hal ini sebagai kunci pertumbuhan bagi perekonomian nasional,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peresmian Pabrik PT SIM serta Ekspor Perdana All New Ertiga dan New Scooter Nex II di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/10).

Pada momen ini, PT SIM mengapalkan sebanyak 12.000 unit untuk All New Ertiga ke 22 negara tujuan ekspor yang tersebar di Asia, Amerika Latin, Afrika hingga Oseania. Sedangkan, Nex II dikirim ke Filipina dalam bentuk CBU. Sejak Agustus 2018, telah diekspor sebanyak 4.456 unit. Ke depannya, ekspor Nex II ditargetkan menembus 18.660 unit, termasuk ke Kamboja dalam bentuk CKD.

Menurut Menperin, industri otomotif di Indonesia kini telah berkembang pesat, dengan menjadi basis produksi kendaraan jenis MPV, truk, dan pikap. Pengembangan kendaraan tersebut juga diarahkan untuk meningkatkan ekspor ke pasar global. “Ke depannya, target besarnya, yakni menjadi pemasok kendaraan jenis sedan dan SUV,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen menciptakan iklim usaha yang kondusif sehingga mendorong penambahan investasi baru maupun ekspansi. Langkah strategis ini juga diharapkan dapat mengadopsi atau terjadinya transfer teknologi terkini. “Sehingga realisasi target produksi 1,5 juta unit pada tahun 2020 bisa tercapai,” ungkap Airlangga.

Merujuk data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), penanaman modal dalam negeri (PMDN) sektor industri alat angkutan dan transportasi lain pada semester I tahun 2018 mencapai Rp926,4 miliar. Sedangkan untuk penanaman modal asing (PMA) sebesar USD343,6 juta.

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri otomotif merupakan satu dari lima sektor prioritas yang siap memasuki revolusi industri keempat. “Sektor ini juga menjadi andalan karena berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” tegas Menperin. Ini tercermin darisumbangsihnya kepada PDB yang mencapai 10,16 persen pada tahun 2017serta mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 350 ribuorang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

Bahkan, Kementerian Perindustrian mencatat, kinerja industri otomotif di Indonesia semakin melesat, terlihat pula dari jumlah ekspor dalam bentuk komponen kendaraan yang naik hingga 13 kali lipat, dari 6,2 juta pieces pada tahun 2016 menjadi 81 juta pieces tahun 2017. Bahkan, di pasar Asean saat ini, permintaan dalam bentuk keadaan terpisah atau completely knock down (CKD) kian meningkat.

Lonjakan pun terjadi pada angka produksi kendaraan bermotor roda empat, dari 1,177 juta unit tahun 2016 menjadi 1,216 juta unit di 2017. Jumlah tersebut diperkuat dengan peningkatan ekspor kendaraan dalam bentuk CBU sebanyak 231 ribu unit tahun 2017 dibanding tahun 2016 sekitar 194 ribu unit.

Langkah selanjutnya, pemerintah telah menyiapkan berbagai insentif fiskal yang dapat dimanfaatkan oleh industri otomotif di Tanah Air dalam pengembangan produk yang berdaya saing global. Fasilitas perpajakan itu antara lain tax holiday, tax allowance, Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), serta kemudahan importasi menggunakan skema CKD dan IKD.

“Dalam waktu dekat, akan dikeluarkan insentif super tax deduction untuk perusahaan yang melakukankegiatan vokasi dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM dan untuk industri yang melaksanakankegiatan RD&D (research, development, and design),” papar Airlangga.

Dalam upaya mengikuti tren dunia dan perluasan pasar eskpor, Kemenperin juga mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat merealisasikan pengembangan kendaraan rendah emisi atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Implementasi program tersebut telah disusun melalui peta jalan yang diinisiasi oleh Kemenperin, termasuk pengembangan kendaraan berbasis energi listrik.

Pada tahun 2025, ditargetkan sekitar 20 persen dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah produk LCEV. “Maka itu, kami berharap kepada Suzuki dapat berperan aktif dalam pengembangan program LCEV di Indonesia dengan menghadirkan teknologi hybrid dan harga terjangkau sehingga layak untuk diproduksi di dalam negeri seperti halnya yang telah dilakukan Suzuki di India,” imbuhnya.

Capaian gemilang

Pada kesempatan yang sama, Menteri Airlangga menyampaikan apresiasinya kepada PT. SIMyang ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia. Sejak tahun 1976, perusahaan ini sudah memproduksi sebanyak 2,5 juta unit kendaraan roda empat dan sejak 1993 telah melakukan ekspor dalam bentuk CBU dan CKD sebanyak 478.351 unit.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua,PT SIM memulai produksipada tahun 1970 dengan total lebih dari 11 juta unit dan tahun 2012 telah melakukan ekspor CBU dan CKD sebanyak 699.481 unit. “Kami juga apresiasi terhadap komitmen PT SIM untuk terus meningkatkan investasinya, baik itu dalam bidang SDM maupun manufacturing. Sementara ekspornya semakin digenjot, dengan melakukan pembaruan model dan segmentasi kendaraan,” ujarnya.

Hal tersebut tercemin dari tren ekspor PT. SIM yang terus meningkat dari tahun ke tahun baik dari segi jumlah maupun nilai, dengan rasio ekspor terhadap total produksi lebih dari 30 persen dan rata-rata pertumbuhan mencapai 19 persen setiap tahunnya. “Pemerintah tengah menjalin free trade agreement antara Indonesia dan Pakistan, kami berharap ekspor Suzuki ke Pakistan juga meningkat,” imbuhnya.

Kendaraan CBU merek Suzuki yang diproduksi di PT SIM baik roda empat maupun roda dua telah dieskpor ke lebih dari 97 negara maju dan berkembang seperti di Asia, Eropa, Afrika, Amerika Latin dan Oseania, dengan nilai ekspor pada tahun2017 mencapai Rp7,8 triliun rupiah dan ditargetkan menembus hingga Rp11,3 triliun tahun 2022. “Selain dalam bentuk CBU, PT SIM juga melakukan ekspor kendaraan bermotor dalam bentuk CKD dan komponen,” ungkap Airlangga.

Berbagai keberhasilan tersebut merupakan hasil dari rangkaian komitmen investasi Suzuki di Indonesia. Tahun 2014,PT SIM menambah investasi dengan membangun pabrik yang mengintegrasikan sistem teknologi manufaktur terkini di Cikarang.

Saat ini, PT SIM memiliki lima pabrik dengan total kapasitas produksi sebesar 214 ribu unit per tahun untuk mobil dan 320 ribu unit per tahun untuk motor. Jumlah penyerapan tenaga kerjanya sebanyak6.300 orang. Hingga total investasi PT SIM telah menembus Rp18,4 triliun.

Pencapaian gemilangtersebutmenjadikan Indonesia sebagai pabrik terbesar ketiga Suzuki di dunia setelah India dan Jepang,bahkan menjadi world mother plant untuk mobil APV dan Ertigaserta motor GSX 125, GSX 150, Address dan NEX II. “Ini tentunya merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi industri otomotif nasional maupun kita semua karena produk Indonesia bisa diterima dengan baik di negara tujuan utama di kancah global,” tegas Menperin.(**)
Share:

TMMD/N ke 103 Kodim 0311 Pessel: Bercanda Gurau sambil Istrahat

Pelaksanaan pengerjaan seluruh sasaran fisik yang dilaksanakan anggota Satgas TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel saling bahu-membahu bersama warga masyarakat.

Disaat memasuki jam istirahat dan usai melaksanakan pekerjaan anggota Satgas TMMD/N dan warga melaksanakan istirahat dilokasi pekerjaan TMMD/N.

Saat tiba waktu istirahat, para Prajurit TNI mengajak warga istirahat sejenak untuk menikmati Sneck  yang disiapkan Satgas TMMD/N.

Sambil beristirahat terlihat raut wajah yang dipenuhi dengan butiran keringat, namun bukan menjadi penghalang untuk warga tetap tersenyum.


Sembari menikmati Sneck, warga bersenda gurau dengan aksi canda tawa terus bersambut sampai tidak terasa Sneck yang dipegang juga sudah habis.

“Kami sudah mengerti bagaimana cara menghilangkan lelah saat istirahat, yakni dengan bersenda gurau dan tertawa bersama, disamping senda gurau dapat menghilangkan lelah, itu juga merupakan hal yang dapat memererat tali persaudaraan diantara kami”, ucap salah satu Prajurit TNI.

Kodim 0311/Pessel

Share:

Letkol Arh Wahyu Akhadi,SH., angkat batu bersama masyarakat dalam TMMD/N ke 103

Puluhan masyarakat Nagari Lakitan Tengah tumpah ruah ke lokasi TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) TMMD/N Kodim 0311/Pessel.Senin (22/10/2018).


Dalam kegiatan tersebut melibatkan Warga Kampung kampung di Nagari Lakitan Tengah. Wali Nagari Lakitan Tengah, Bpk. Iwan mengatakan terkait TMMD/N ke 103, ia sudah mensosialisasikan kepada 4 kampung ( Pulai, Kota Lamo, Koto Durian, Dan Air Kalam) yang ada di Nagari Lakitan Tengah untuk membantu bergotong royong guna mempercepat proses penyelesaian TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel.

" Dukungan dari masyarakat kami begitu antusias untuk melakukan gotong royong di kegiatan TMM/N ini," ucap Iwan.

Menurut Iwan, masyarakat sangat mendukung program TMMD/N dan siap ikut bergotong royong membantu pembuatan jalan baru yang menghubungkan Kampung Air Kalam ke Tampunyik. Disamping sudah diatur setiap harinya masyarakatnya sudah bekerja sama dengan TNI.

"Masyarakat sangat antusias bekerja bakti membantu TNI dalam pembuatan jalan hingga selesai, seperti yang kita lihat ini," ucap Iwan

Sementara itu, Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi,SH., sebagai Dansatgas TMMD/N  sangat mengapresiasi antusias masyarakat Nagari Lakitan Tengayang telah melakukan bergotong royong di kegiatan program TMMD bersama TNI.

Letkol Arh Wahyu Akhadu, SH., langsung bergabung dan mengangkat batu bersama sama warga, di sana kelihatan Seorang Komandan yang manunggal dan dekat dengan Masyarakat.

"Dengan merakyatnya jajaran TNI di daerah ini merupakan wujud dari keberhasilan program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari," ucap Wahyu

Letkol Arh Wahyu Akhadi, SH.,berharap, program TMMD/N  ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat, sesuai harapan yang diinginkan khususnya masyarakat Lakitan Tengah.

"Kehadiran masyarakat Lakitan Tengah saat ini tak lain merupakan wujud sinergitas TNI dengan masyarakat disini sudah terwujud,” bebernya Dansatgas.


Share:

Dandim 0311/Pessel mengadakan Briefing kepada kepala bangunan tiap tiap bagian

Dandim 0311/Pessel mengadakan Briefing kepada kepala bangunan tiap tiap bagian

Sebelum melaksanakan kegiatan kegiatan yang tertua tiap tiap Bagian melaksanakan briefing bersama Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi, SH., Senin (22/10)

Dalam briefing tersebut Dandim 0311/Pessel memberi arahan sebelum bekerja di lokasi.

Dandim mengatakan setiap ada kendala di lapangan segera laporkan ke Posko, supaya pekerjaan tidak ada hambatan dan berjalan dengan lancar dan tepat Waktu.

"Dalam pelaksanan bekerja jaga faktor keaman dan yang lebih penting lagi tetep kompak" ujarnya Letkol Arh Wahyu Akhadi, SH.
Share:

Puluhan Warga Kampung Air Kalam Apel Pagi bersama Anggota Satgas TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel

Sebelum melaksanakan tugas, Anggota TNI Menunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-103 di Nagari Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan bersama Masyarakat Sekitar melaksanakan Apel Pagi di Depan Posko TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel. Senin (22/10).


Seluruh anggota TMMD/N bersama puluhan masyarakat Kampung Air Kalam serta dukungan para kepala bangunan mengikuti apel bersama guna menentukan target capaian untuk menyelesaikan Pembukaan Jalan sepajang 4,5 Km yang menghubungkan Kampung Air Kalam menuju Kampung Tampunyik, pembuatan Gorong gorong, RLTH serta Pembuatan MCK.


Pasiter Kidim 0311/Pessel Kapten Inf Rudy Saragih Mengatakan Bahwa Kerja sama ini merupakan untuk membangkitkan Jiwa Kegontong Royongan Kampung Air Kalam.

" TMMD/N, kita bekerja bersama sama antara TNI dan Masyarakat, kita bangkitkan Lagi semangat dan Jiwa kegontong royongan Masyarakat Kampung kita ini".Katanya Pasiter


Roni, Wali Kampung Air Kalam berkata, dengan adanya program TMMD, masyarakat kampung sangat terbantu.

" Kampung kami sangat terbantu, dengan kehadiran Bapak TNI, di samping itu Selama ini mungkin jiwa gontong royong kampung kami mulai pudar, sekarang dengan semangat dan manunggal nya TNI dengan Warga Kami, Jiwa Gontong Royong warga kami timbul lagi dengan penuh Warna Baru". Katanya Wali kampung dengan Bangga.
Share:

Masyarakat Air Kalam Antusias Manfaatkan Posko Kesehatan Satgas TMMD/N Ke-103 Kodim 0311/Pessel

Painan,--- Kehadiran posko kesehatan dalam pelaksanaan TMMD/N Ke-103 dikampung Air Kalam kenagarian Lakitan Tengah dalam mencapai sasaran fisik dan non fisik  memang tidak dapat di pandang sebelah mata.

Sebagai bagian yang tergabung kedalam satgas TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel juga turut andil dalam mencapai sasaran tersebut.

Lihat saja Sertu M.Yunus yang dengan ramah melayani ibu-ibu warga Kampung Air Kalam yang berobat karna kakinya yang mengalami luka karna tertusuk paku. Minggu (21/10).


Sertu M. Yunus mengatakan apa yang tengah ia lakukan tidak lain untuk mewujudkan tercapainya sasaran yang telah ditantukan dalam satgas TMMD/N ini.

" Ini merupakan upaya kita Tim Kes dalam mencapai tujuan sasaran TMMD/N Ke 103 Kodim 0311/Pessel dalam mewujudkan kemanunghalan TNI dengan rakyat, baik itu secara fisik maupun non fisik". ungkapnya.

Sertu M. Yunus menghimbau kepada masyarakat Kampung Air Kalam dan sekitarnya untuk tidak segan-segan datang berobat ke posko kesehatan  satgas TMMD/N ke-103 air kalam ini.

"Kepada masyarakat Air Kalam dan sekitarnya jangan segan-segan datang berobat ke posko ini, baik itu disiang hari maupun dimalam hari, kami akan tetap melayani dengan sepenuh hati,"sebutnya".

Sementara itu, Ibu Ida (44) sangat bersyukur dengan adanya tim kesehatan Satgas TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel yang selalu melayani masyarakat yang ingin berobat dengan ramah.

" Kami Sangat merasa bersyukur dengan adanya posko kesehatan ini, kami tidak perlu pergi jauh-jauh ke Puskesmas untuk berobat apa bila kami sakit, apalagi jarak puskesmas juga lumayan jauh". Tuturnya ida.

(Pendim 0311/Pessel)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.