Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 09/14/18 ~ Sorot Sumatera

Dharmasraya, Bupati Tebar 18 Ribu Benih Ikan di Sikabau

Dharmasraya- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan meresmikan Lubuk Larangan Sungai Batang Mimpi di Jorong Barangan Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung, Senin (10/09). Peresmian Lubuk Larangan ini ditandai dengan penebaran ribuan benih ikan di sungai tersebut oleh bupati, didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya, Welfiadril.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan apresiasi terhadap PemerintahNagari Sikabau beserta masyarakat setempat, terutama yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), karena sudah ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan pada aliran Sungai Batang Mimpi melalui program Lubuk Larangan ini.

"Menjaga kelestarian lingkungan memang sudah menjadi tanggungjawab kita bersama. Tidak hanya demi kelangsungan hidup kita hari ini, namun juga bagi generasi kita nanti," ujar bupati.

Bupati berpesan, agar segenap komponen masyarakat setempat dapat bersama-sama menjaga Lubuk Larangan dan benih ikan yang sudah ditebar tersebut dengan baik. Sehingga, disamping menjaga kelestarian sungai, program ini juga dapat mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat nantinya.

"Keberadaan Sungai Batang Mimpi di Sikabau ini adalah rahmat Allah yang patut kita syukuri. Untuk itu, mari kita jaga dan kita manfaatkan potensi sungai ini untuk mencapai kesejahteraan bersama," tandas bupati.

Usai meresmikan Lubuk Larangan Sungai Batang Mimpi, bupati juga menebar benih ikan pada kegiatan sosialisasi minapadi di Bukit Mindawa Nagari Sikabau. Menurut bupati, setidaknya ada 18 ribu benih ikan yang ditebar di Nagari Sikabau tersebut.(hms/tbs)
Share:

Tim Futsal Dharmasraya Melenggang ke Final Liga Futsal Nusantara Sumbar

Dharmasraya- Membanggakan, tim Futsal Dharmasraya yang beberapa hari lalu dilepas oleh Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan untuk berlaga di Liga Futsal Nusantara Zona Sumatera Barat, berhasil lolos hingga ke babak final, setelah berhasil mengalahkan Tim Futsal Kota Pariaman dengan skor 3-1, pada semi final yang dilaksanakan di lapangan Rafhely Futsal, By Pass Padang, Kamis (13/09).

Pada babak final yang akan diselenggarakan Jum'at (14/09), pukul 16.00 WIB, Tim Futsal Dharmasraya akan berhadapan dengan Tim Futsal asal Kabupaten Padang Pariaman di lapangan Rafhely Futsal, By Pass, Padang.

Manager Tim Futsal Dharmasraya, Junaidi, mengaku, keberhasilan tim futsal Dharmasraya melenggang ke babak final adalah buah kerja keras semua pihak. Terutama sekali para pemain, yang dengan semangat tinggi dan penuh kegigihan mempersembahkan yangterbaiksejak awal pertandingan.

"Untuk itu, kami juga mohon do'a dan dukungan dari segenap masyarakat Dharmasraya agar tim futsal kita bisa kembali memenangkan pertandingan di babak final besok, dan terpilih mewakili Sumatera Barat di Liga Futsal Nusantara Regional Sumatera, yang akan dilaksanakan di Lampung," pungkas Junaidi.(hms/tbs)
Share:

Pemkab Dharmasraya Bangun Puskesmas Baru di Koto Gadang

Dharmasraya- Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya tahun ini kembali membangun Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) baru, yang berlokasi di Nagari Koto Gadang Kecamatan Koto Besar.

Pembangunan Puskesmas tersebut sudah resmi dimulai, yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kamis (13/09). Ini merupakan Puskesmaske 15 yang akan dimiliki oleh Kabupaten Dharmasraya.

Bupati dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah Nagari Koto Gadang dan juga masyarakat setempat yang sudah bersedia menyediakan lahan untuk mendukung pembangunan Puskesmas tersebut.

Bupati berharap, dengan bertambahnya fasilitas kesehatan di Kabupaten Dharmasaya, khususnya di Kecamatan Koto Besar, pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat berjalan lebih maksimal.

"Kami juga meminta dukungan dan do'a dari masyarakat, agar pembangunan Puskesmas ini berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, agar dapat segera dimanfaatkan untuk masyarakat," tandas bupati.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan 10 ribu benih ikan untuk Nagari Koto Gadang, yang dalam hal ini diterima langsung oleh wali Nagari Koto Gadang.(hms/tbs)
Share:

Pemkab Dharmasraya Kampanyekan GERMAS di Sungai Limau

Dharmasraya- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya gencar melakukan kampanye program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Sejak resmi dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Kesehatan terus aktif melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dalam keseharian.

Kamis (13/09) pagi, kegiatan penggerakan masyarakat sebagai implementasi Kampanye GERMAS kembali dilaksanakan, yang kali ini menyasar wilayah ujung Dharmasraya, yakni Nagari Sungai Limau Kecamatan Asam Jujuhan. Acara yang juga dipadukan dengan kegiatan Bhakti Pertanian oleh Dinas Pertanian ini, dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Bahkan, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kegiatan ini, bupati sudah berada di lokasi sehari sebelum acara dan menyempatkan diri untuk temu ramah dengan masyarakat setempat.

Bupati dalam kesempatan itu menjelaskan, GERMAS merupakan upaya untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat yang berdampak pada menurunnya beban biaya sehat pada masyarakat.

Demi suksesnya program ini, bupati juga menghimbau seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan GERMAS.

"Sosialisasi terhadap semua lapisan masyarakat melalui Lintas Program, Lintas Sektor dan Mitra Kerja Organisasi Pemerintah Daerah, serta peran Forum Koordinasi Pelaksanaan GERMAS di daerah dalam hal ini sangat diperlukan," imbuh bupati.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama bupati juga mengajak para generasi muda untuk melaksanakan aktivitas yang positif, agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan Kabupaten Dharmasraya.

Adapun, kegiatan GERMAS untuk menciptakan Kabupaten Dharmasraya Sehat dilaksanakan melalui beberapa hal, diantaranya peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.(hms/tbs)
Share:

Kompetensi Camat Tingkat Sumbar, Syarbaini Masuk Nominasi Enam Besar

Dharmasraya- Setelah terpilih sebagai Juara I Camat Berkompetensi tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2018, Camat Koto Salak, Syarbaini ditetapkan menjadi perwakilan Kabupaten Dharmasraya dalam kompetisi serupa di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pasca mengikuti penilaian tahap pertama di tingkat Provinsi Sumatera Barat, Syarbaini rupanya juga berhasil masuk nominasi enam besar. Sehingga hari ini, Kamis (13/08), tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat berkunjung langsung ke Kecamatan Koto Salak untuk melakukan penilaian tahap II.

Kedatangan rombongan tim penilai ke Kecamatan Koto Salak ini turut didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman.

Sekda dalam kesempatan itu menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan juga masyarakat, khususnya Kecamatan Koto Salak, merasa bangga karena Camat Koto Salak berhasil masuk nominasi enam besar dalam penilaian ini.

"Mari kita sama-sama berdo'a Semoga Camat Koto Salak memperoleh peringkat Terbaik I di tingkat Sumatera Barat," ujar Adlisman.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, lanjut Adlisman, sangat menyambut baik penilaian Kompetensi Camat tersebut, yang bertujuan untuk menilai dan mengevaluasi perkembangan pemerintahan, pelayanan masyarakat serta pembangunan di kecamatan. Sekaligus sebagai bahan motivasi dan evaluasi kinerja para camat.

Adlisman berharap, kegiatan penilaian yang dilakukan ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan sehingga kesejahteraan masyarakat akan tercapai.(hms/tbs)
Share:

Pengurus Mabicab dan Kwarcab 018 Gerakan Pramuka Dharmasraya Dikukuhkan

Dharmasraya- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan, dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Dharmasraya untuk masa bhakti 2018-2023, oleh Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Nasrul Abit, bertempat di Auditorium Dharmasraya, Rabu (12/09).

Usai dilantik dan dikukuhkan, bupati selaku Ka Mabicab juga lanjut melantik dan mengukuhkan pengurus Kwartir Cabang 018 Gerakan Kabupaten Dharmasraya yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman.

Adlisman dalam sambutannya menyampaikan, dirinya selaku Ka Kwarcab akan berusaha semaksimal mungkin membawa gerakan pramuka di Kabupaten Dharmasaya tumbuh dan berkembang lebih baik lagi kedepannya.

"Namun, hal ini tentu membutuhkan dukungan dari segenap pihak, terutama seluruh pengurus dan anggota. Mari bersama kita laksanakan amanah ini, kita mulai untuk menyusun langkah kerja dalam upaya mengaplikasikan program selama lima tahun masa bhakti," ujar Adlisman.

Selain itu, guna menggelorakan Gerakan Pramuka di Kabupaten Dharmasraya, Adlisman menyampaikan usulan kepada Bupati Dharmasraya untuk menjadikan satu hari dalam sepekan sebagai hari gerakan pramuka.

"Jika bupati berkenan, mari kita jadikan satu hari dalam sepekan sebagai hari Gerakan Pramuka, dengan memakai baju Pramuka di hari tertentu," imbuh Adlisman.

Sementara itu, Bupati dalam kesempatan yang sama mengatakan, tantangan gerakan pramuka cukup berat dan beragam. Di era globalisasi saat ini, sebut bupati, telah terjadi pergeseran dimana generasi muda mulai meninggalkan gerakan Pramuka dan lebih tertarik pada kegiatan-kegiatan lain. Bahkan tidak jarang melakukan hal yang kurang bermanfaat.

"Mengembalikan kejayaan gerakan Pramuka memang bukan pekerjaan ringan. Namun tantangan tersebut semestinya justru memacu dan menumbuhkan semangat kita untuk berupaya semaksimal mungkin guna memajukan gerakan pramuka di Dharmasraya ," tukas bupati.

Selaku bupati dan Ka Mabicab, sebut bupati, dirinya siap mendukung penuh kegiatan kepramukaan di Kabupaten Dharmasraya.

"Untuk tahun 2019, saya sudah memberikan instruksi untuk pengalokasian anggaran guna mendukung kegiatan kepramukaan di Kabupaten Dharmasraya. Selaku bupati dan Ka Mabicab, saya siap mensuport seribu persen, apapun kegiatan Pramuka di Kabupaten Dharmasraya," imbuh bupati.

Maka dari itu, kepada pengurus yang baru saja dilantik, bupati meminta untuk segera menyusun program kerja. "Mari bersama kita kembalikan kejayaan pramuka, khususnya di Kabupaten Dharmasraya," pungkas bupati.

Sementara itu juga, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, selaku Ka Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, pada kesempatan itu berharap, pelantikan dan pengukuhan yang dilaksanakan hari ini dapat menjadi langkah maju bagi gerakan pramuka di Kabupaten Dharmasraya ke depan.

Maju mundurnya gerakan pramuka, menurut Nasrul Abit, tergantung pada Ka Mabicab dan Kwarcab. Wagub meyakini, Bupati Sutan Riska selaku Ka Mabicab bisa membawa gerakan pramuka Dharmasraya untuk lebih maju kedepannya. Terutama sekali dalam membentuk karakter generasi muda.

"Kepada pengurus yang baru saja dilantik, selamat bekerja. Semoga Gerakan Pramuka Dharmasraya mampu menjadi yangterbaikdi Sumatera Barat," tandas lanjut Nasrul Abit.(hms/tbs)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.