Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 09/12/18 ~ Sorot Sumatera

Kasad : Jangan Pernah Berhenti Menempa Diri Jadi Prajurit Profesional

Tantangan yang dihadapi TNI AD ke depan semakin kompleks, seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta perkembangan lingkungan strategis yang berpengaruh terhadap kondisi ekonomi, politik, budaya dan pertahanan keamanan negara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad)  Jenderal TNI Mulyono dihadapan para prajurit Kodam XIII/Merdeka pada pengarahannya di Gorontalo, Rabu (12/9/2018).

Jenderal TNI Mulyono  menekankan kepada para  prajuritnya untuk selalu meningkatkan profesionalisme prajurit.

"Jangan pernah berhenti menempa diri menjadi prajurit-prajurit profesional yang jago perang, jago tembak, jago beladiri, serta memiliki fisik yang prima", tegas Kasad.

Disampaikannya, Komandan satuan (Dansat)  harus serius dan konsisten dalam menjabarkan visi ini dengan menyusun program latihan yang efektif dan melibatkan seluruh anggotanya.


"Manfaatkan secara maksimal fasilitas latihan yang ada dan berdayakan pelatih-pelatih terbaik yang ada di jajaran Kodam XIII/Merdeka untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal. Pedomani prosedur dalam latihan guna menghindari kecelakaan yang menyebabkan kerugian personel dan materiil satuan," imbuh Kasad.

Selain menekankan kemampuan dan profesionalitas prajuritnya, Kasad juga menekankan untuk menjaga soliditas antara TNI, Polri, Pemda dan seluruh komponen masyarakat.

" Tingkatkan sinergi antara TNI, Polri dan Pemda guna menjamin stabilitas keamanan di wilayah Gorontalo, terutama menghadapi Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 mendatang," tegasnya.


Dalam pengarahannya Kasad mengapresiasi para Babinsa yang telah melaksanakan tugasnya melebihi  panggilan tugas. Telah banyak Babinsa yang memberikan kontribusi nyata yang positif terhadap permasalahan masyarakat maupun Babinsa yang berprestasi atas dedikasinya dalam menjalankan tugasnya. 

Kasad juga berharap kepada kepada seluruh prajuritnya untuk  menjalin komunikasi yang erat dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan segenap komponen bangsa di daerah guna memelihara toleransi dan menciptakan suasana yang kondusif di wilayah tanggung jawab satuan.
Share:

Pangdam : Babinsa Harus Jaga Kesatuan dan Persatuan

Pematangsiantar. Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah berharap agar Babinsa yang akan di sebarkan di wilayah Kodam I/BB harus menjaga kesatuan dan persatuan di wilayah masing masing Babinsa. 

Menjadi Bintara pembina desa yang merupakan bagian solusi di desa, serta mampu mengangkat kearifan lokal dan bersinergi dengan perangkat desa untuk membangun desa . 

Hal itu diutarakan Pangdam I/BB dalam amanat yang dibacakan Komandan Resimen Induk Militer ( Rindam ) I/BB pada upacara Penutupan Pendidikan khusus Babinsa TA 2018 , di Lapangan Sisingamangaraja Rindam, Rabu (12/9).  

Pada upacara itu , Inspektur Upacara ( Irup ) dipimpin Komandan Resimen Induk Militer ( Rindam ) Kolonel ( Inf ) Zainuddin , Komandan Upacara Letkol Denny selaku komandan Secaba, diikuti 385 prajurit Babinsa TNI AD, disaksikan Para Kabag Dan Asisten Rindam . 

Amanat Pangdam I/BB yang dibacakan Danrindam Kolonel (Inf ) Zainuddin mengatakan bahwa Program pendidikan ini merupakan atensi Komandan atas untuk meningkatkan sumber daya prajurit guna keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Babinsa. 

" Tanpa dilandasi professionalisme dalam pelaksanaan tugas niscaya keberhasilan akan sulit dicapai. Sehingga nantinya kalian dapat melaksanakan tugas sebagai Babinsa secara profesional untuk mendapatkan hasil yang optimal," Ujar Danrindam. 

Dirinya berharap agar Babinsa melakukan revolusi secara cermat dan menyeluruh untuk mengetahui berbagai kendala yang dihadapi selama pendidikan berlangsung serta laksanakan improvisasi dan inovasi dalam penyelenggaraan program pendidikan sehingga diperoleh hasil pendidikan yang membanggakan. 

 " Tegakkan dan mantapkan loyalitas serta kekompakan dengan atasan bawahan maupun dengan rekan kerja. Sehingga tercipta jiwa korsa dan soliditas satuan yang tinggi," ungkap nya. 

Dirinya juga mengharapkan agar Babinsa lebih Meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap perkembangan situasi guna mengantisipasi segala kemungkinan dan hindari sikap Arogan dalam bergaul dengan masyarakat dan tingkatkan kemanunggalan TNI rakyat.

" Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan yang dapat merusak Citra TNI Angkatan Darat. " Ungkapnya. 

Jelasnya bahwa Babinsa yang di sebarkan di seluruh wilayah Kodam I/ Bukit Barisan diharapkan menjadi Bintara Pembina Desa bagian dari pada solusi di desa itu menjaga persatuan dan kesatuan mampu mengangkat kearifan lokal dan bersinergi dengan perangkat desa untuk membangun desa tersebut. 

" Babinsa harus menjaga hubungan baik dengan masyarakat kemudian menjadi contoh dari lingkungannya dan harus mampu mengangkat kesulitan di daerah itu," terang nya.

Share:

Kokohkan Sinergitas Babinsa Kodim 0311/Pessel dan Bhabinkamtibmas Bangun Rumah Warga Tidak Layak Huni

Membantu kesulitan rakyat sekelilingnya dari doktrin  itulah yang membuat Serka Safril Azalin Babinsa koramil 01/Pc.Soal Kodim 0311/Pessel  bersama anggota Polsek pancung soal dan perangkat nagari tigo sungai lakukan bedah rumah warganya yang tidak layak huni.

Seperti yang tengah dilakukan di kampung sungai aksa nagari tigo sungai dirumah milik bapak mhuktarudin,pada Rabu  (12/9).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Wali nagari tigo sungai Suherdi dan kapolsek pancung soal Iptu Andra Nova, S.H, M.H ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dana anggaran yang di miliki oleh pemerintah nagari.

Hal ini lah yang disampaikan oleh bapak  Suherdi selaku wali nagari tigo sungai yang juga merupakan seorang bintara pensiunan TNI-AD( Kodim 0311/Pessel) saat di jumpai dilokasi pembuatan bedah rumah.

Sementara itu,Serka Safril Azalin menyebutkan,kegiatan ini selain untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat,juga sebagai bentuk kepedulian TNI-AD kepada masyarakat,terlebih kepada yang sangat membutuhkan.

"Dengan tujuan terjalinya kemanunggalan TNI denga rakyat dapat terus terjalin,kerna sejatinya ttenyara berasal dari rakyat dan akan kembali kepada rakyat,"tutupnya".(ry)

Sumber : Kodim 0311/Pessel
Share:

Sub Panda Padang Gelar Parade Calon Secaba PK 2018



Danrem 032/Wbr Brigjen TNI H. Mirza Agus. S.IP., selaku ketua panitia Subpanda Padang penerimaan Prajurit Secaba PK tahun 2018 pimpin pelaksanaan Parade untuk menentukan peserta seleksi yang berhak mengikuti Seleksi tingkat Pusat, kegiatan berlangsung di Gedung Sapta Marga Makorem 032/Wbr Jln. Sudirman Padang, Rabu (12/9).

Mengawali kegiatan Parade ini,  Danrem 032/Wbr Brigjen TNI H. Mirza Agus. S.IP kepada segenap panitia seleksi Subpanda Padang menyampaikan penekanannya, " 

"Keberadaan panitia pemilihan memiliki tanggung jawab yang berat karena tugas ini adalah merupakan amanah dan kehormatan yang harus dapat dipertanggungjawabkan baik kepada TNI AD selaku institusi maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa". Ungkapnya Danrem

Danrem juga berharap kepada seluruh Panitia agar melaksanakan tugas dan kehormatan ini secara profesional dan proporsional dengan dilandasi niat yang tulus dan ikhlas.

"Selain itu, kita harus mempunyai komitmen yang sama untuk mengedepankan kepentingan organisasi dari pada kepentingan pribadi, jangan terpengaruh dengan muatan-muatan tertentu sehingga mempengaruhi dalam pelaksanaan seleksi, faktor objektifitas harus dijunjung tinggi demi mewujudkan TNI AD kedepan yang lebih baik melalui penentuan awal proses rekruitmen Personil ini".Harapnya Jendral Bintang satu ini

Lebih lanjut dikatakan, " Dari animo Pemuda Sumatera Barat sebanyak 625 orang untuk mengikuti seleksi Secaba PK tahun 2018, sebanyak 217 orang dinyatakan lolos dalam tahapan seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya dan berhak untuk mengikuti Parade".

"Dari  217 peserta Calon Secaba Pk tahun 2018 sub panda Padang yang mengikuti Tes Sidang Parade, yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes tingkat Pusat  sebanyak 54 orang, hal ini sesuai dengan alokasi yang ditetapkan dari Komando atas untuk Subpanda Padang" Tuturnya


Peserta seleksi yang dinyatakan lolos dalam Parade ini akan diberangkatkan menuju Rindam I/BB Pematang Siantar pada tanggal 15 September 2018 selanjutnya mulai tanggal 17 September s/d 27 september 2018 mengikuti seleksi tingkat Pusat.

Setelah peserta mengikuti seluruh tahapan dan rangkaian seleksi tingkat Pusat sesuai rencana pada tanggal 01 Oktober 2018 akan di buka Pendidikan Secaba PK tahun 2018 di Rindam I/BB. (ry)

Sumber : Penrem 032/Wbr
Share:

217 Pemuda ikuti Sidang Parade Caba Pk TNI AD 2018


Sorotsumatera.com , Padang -Sebanyak 217 orang pemuda mengikuti sidang parade seleksi penerimaan calon Bintara Prajurit Karier (PK) TNI AD Tahun Anggaran 2018 Sub Panda Padang Korem 032/Wbr di Gedung Sapta Marga Korem 032/Wbr. Rabu (12/9)

Sebelumnya sebanyak 625 orang amino yang mendaftar  para peserta tes telah mengikuti seleksi Administrasi, Postur dan Kesehatan di Ajenrem 032/Wbr.

Dari 625 orang yang memenuhi syarat 385 orang melanjutkan tes  Katangkasan Jasmani (Garjas)yang meliputi Kesamaptaan, postur serta ketangkasan renang. dari 385 memenuhi syarat 217 orang dan melanjutkan tes Parade.

Sidang parade digelar guna menentukan lanjut atau tidaknya peserta untuk mengikuti seleksi ke tingkat pusat. Sidang parade dipimpin oleh Danrem 032/Wbr Brigjed TNI H. Mirza Agus. S.IP.

Danrem menerangkan sidang parade merupakan penentuan awal untuk memilih calon prajurit berkualitas yang berasal dari masyarakat umum, lantas melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

“Bagi peserta yang lulus di sidang parade tingkat Sub Panda Padang sesuai standar kelulusan akan mengikuti seleksi tingkat Panda dan tingkat pusat di Rindam 1/BB Pematang Siantar,” terangnya.

Di Rindam I/BB para calon Bintara yang dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan dasar militer (diksarmil). Mereka akan dilatih tentang pengetahuan militer umum dan dasar, serta ilmu keterampilan militer lainnya oleh para pelatih dan guru militer handal dan ditempa menjadi prajurit tangguh, disiplin, bertanggungjawab dan menjaga keutuhan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Danrem menambahkan selama seleksi penerimaan prajurit tidak dipungut biaya apapun. Danrem berpesan agar masyarakat tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan bantuan kelulusan melalui imbalan tertentu.

“Jangan ada oknum anggota yang bermain atau mengambil keuntungan. Ini agar proses seleksi berjalan baik, jujur dan transparan guna mendapatkan prajurit masa depan yang handal,” tukasnya.

Sampai berita ini di tayangkan, Kegiatan sidang Parade sedang berlangsung. (ry)

Sumber : Penrem 032/Wbr
Share:

Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kota Padang Terhadap Ranperda

Padang- Salah satu tantangan terbesar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah penetapan APBD secara tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. Proses penetapan Peraturan Daerah (Perda) APBD secara tepat waktu pun menjadi sangat penting guna mempercepat realisasi belanja daerah.

Hal itu disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya usai mendengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Kota Padang terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan APBD Kota Padang Tahun Anggaran (TA) 2018 di Gedung Bundar Sawahan, Senin (10/9).

Dijelaskannya, sesuai dengan Peraturan Mendagri No.33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD TA 2018, bahwa persetujuan bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD TA 2018 ditetapkan paling lambat akhir September.

“Memperhatikan ketentuan tersebut maka kita harus mengupayakan menyusun dan menetapkan Perubahan APBD Kota Padang TA 2018 secara tepat waktu. Alhamdulillah, kita di Kota Padang dapat menyelesaikan Ranperda Perubahan APBD TA 2018 secara baik dan tepat waktu. Dan pada hari ini telah kita sepakati bersama,” ungkap Mahyeldi lagi.


Atas nama Pemerintah Kota Padang Walikota Mahyeldi pun menyampaikan terima kasih kepada DPRD Kota Padang yang telah bekerja keras bersama eksekutif dalam menetapkan Perubahan APBD TA 2018 sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Menurutnya, penghargaan yang setinggi-tingginya patut diberikan kepada pimpinan dan para Anggota DPRD Kota Padang melalui penyampaian 9 fraksi yang telah memberikan persetujuan terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD TA 2018.

“Semoga keharmonisan antara eksekutif dan DPRD ini senantiasa terpelihara dengan baik dalam bekerjasama sehingga sasaran pembangunan dapat kita capai. Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas masukan dan saran yang disampaikan baik ketika pembahasan pada Pansus-Pansus sampai pendapat akhir yang telah disampaikan oleh masing-masing fraksi,” ucapnya.

Oleh karena itu, tambah wako lagi, tentunya pandangan, saran dan kritikan yang diberikan akan menjadi perhatian Pemko Padang sekaligus menunjukkan kesungguhan dan keseriusan, serta dukungan pimpinan dan seluruh anggota dewan dalam penetapan Ranperda tentang Perubahan APBD tahun 2018 ini.

“Kami juga memohon maaf apabila selama pembahasan Perubahan APBD tahun 2018 masih ada hal-hal yang belum maksimal dilakukan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Untuk itu kepada seluruh pimpinan SKPD agar dapat memperhatikan dan menindaklanjuti saran-saran dan masukan yang masukan yang telah diberikan oleh seluruh anggota fraksi sebagaimana yang disampaikan pada pendapat akhir fraksi-fraksi tadi,” tukas wako mengakhiri.

Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti ini diikuti Wakil Ketua DPRD Padang Muhidi, Wahyu Iramana Putra dan Asrizal. Selanjutnya Sekretaris DPRD Syahrul, para Anggota DPRD, Unsur Forkopimda dan seluruh pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang. (***)
Share:

Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti, Bank Nagari Memiliki Fungsi Yang Signifikan

Padang- Sebagai salah satu Bank yang ada pada sistem Perbankan nasional, PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat (Bank Nagari) memiliki fungsi dan peran yang signifikan dalam  konteks pembangunan ekonomi regional. Hal ini karena mampu membuka jaringan pelayanan di daerah-daerah dimana secara ekonomis  tentunya menjangkau lapisan masyarakat bawah.

Keberadaan lembaga keuangan ini semenjak berdiri pada 12 Maret 1962 sampai saat ini sudah dirasakan masyarakat umumnya pelaku usaha khususnya. Baik dalam bentuk permodalan, kredit atau produk perbankan lainnya. Sementara dalam pemenuhan kebutuhan tersebut Bank Nagari membutuhkan suntikan dana dalam memperkuat modal, salah satunya melalui penyertaan modal oleh pemerintah daerah.

Layanan produk-produk Bank Nagari dalam meningkatkan usaha atau pendanaan yang bersifat konsumtif,” tuturnya dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti
"Untuk itu, perlu senantiasa kita perkuat dari segi permodalan, sehingga Bank Nagari akan mampu bertahan dan tetap memberikan kontribusi kepada daerah di samping 'deviden' yang diterima pemerintah daerah dari hasil penyertaan modal pemerintah daerah," imbuh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah sewaktu membacakan nota penjelasan tentang penyampaian secara resmi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemko Padang tentang penyertaan modal Pemko Padang kepada Bank Nagari dalam Rapat Paripurna bersama DPRD Kota Padang di Gedung Bundar Sawahan, Senin (10/9) lalu.

Menurut Mahyeldi, hal ini sejalan dengan upaya dalam mencari sumber pendapatan daerah di samping pajak dan retribusi daerah. Sampai saat ini modal Pemko Padang yang telah ditanamkan pada Bank Nagari tahun 2016 sebesar Rp69 miliar lebih. Dan dalam lima tahun ke depan dari tahun 2019-2024 akan menambah penyertaan modal sebesar Rp75 miliar. Sehingga keseluruhan modal yang ditanamkan menjadi Rp144.720.000.000.

"Hal ini menandakan komitmen Pemko Padang untuk membesarkan Bank Nagari dengan harapan agar pembiayaan yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat akan dapat terpenuhi dalam meningkatkan perekonomian Kota Padang. Sementara bagi aparatur sipil negara (ASN) Pemko Padang, tentunya juga akan mampu memanfaatkan kemudahan dari layanan produk-produk Bank Nagari dalam meningkatkan usaha atau pendanaan yang bersifat konsumtif,” tuturnya dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti itu.

"Dengan penyertaan modal ini ratio permodalan Bank Nagari tentunya diharapkan akan semakin meningkat. Sehingga akan menambah kepercayaan publik untuk tetap eksis dan berkembang sesuai yang diharapkan." tukas Walikota mengakhiri.(*)
Share:

Pergantian Tahun Hijriah Disambut Semarak di IV Koto

Dharmasraya- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama masyarakat Nagari IV Koto Kecamatan Pulau Punjung menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, di Pasar Lama Pulau Punjung, Senin (10/09) malam. Penyambutan tahun baru Islam yang diisi dengan berbagai kegiatan yakni dzikir dan do'a bersama, tabligh akbar, makan bersama dan kemudian berlanjut dengan pawai obor tersebut tampak begitu semarak.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam kesempatan itu mengaku bangga melihat antusias dan semangat masyarakat setempat dalam menyambut pergantian tahun Islam tersebut.

"Karena melihat semangat yang luar biasa inilah Pemkab Dharmasraya memilih untuk berkolaborasi dengan masyarakat Nagari IV Koto untuk menyambut tahun baru hijriah bersama," ujar bupati.

Melalui momen tahun baru hijriah ini, bupati mengajak segenap masyarakat untuk dapat memaknai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

"Semoga kita semua bisa hijrah menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya," ujar bupati.

Selain itu, melalui momen ini juga bupati mengajak masyarakat untuk memupuk kebersamaan dalam menghadapi berbagai hal. Sehingga perbedaan yang ada bisa menambah kita lebih kuat dalam menghadapi rintangan.

"Dan juga, mari selalu bahu membahu dalam mensukseskan program pembangunan yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Ada banyak program pembangunan yang diluncurkan untuk Kabupaten Dharmasraya, baik itu dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah Kabupaten Dharmasraya sendiri. Dan itu perlu kita dukung secara bersama," pungkas bupati.(hms/tbs)
Share:

Bupati Dharmasraya Dorong Petani Terapkan Mina Padi

Dharmasraya- Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mendorong petani Dharmasraya untuk menerapkan program Mina Padi. Sebab, Mina Padi yang merupakan bentuk integrasi antara pertanian dan perikanan yang dikembangkan dalam satu lahan tersebut dinilai akan sangat menguntungkan bagi petani.

"Dengan menerapkan pola ini, selain bisa panen padi, petani juga bisa menghasilkan ikan dari budidaya yang dilakukan pada satu hamparan sawah yang sama, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani," ujar bupati dalam kegiatan sosialisasi Mina Padi di Bukit Mindawa Nagari Sikabau, Senin (10/09).

Saat ini, sebut bupati, dengan dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya tengah melakukan uji coba program Mina Padi untuk 10 hektar lahan sawah yang ada di Kanagarian Sikabau. Melalui program ini, pemerintah ingin mendorong masyarakat agar lebih kreatif dalam pemanfaatan lahan, terutama para petani.

"Petani jangan khawatir, pemerintah daerah akan mendampingi pelaksanaan program ini. Kita punya penyuluh, baik dari pertanian maupun dari perikanan, yang akan mengontrol. Yang penting petani semangat, punya kemauan yang tinggi serta optimis pola Mina Padi ini bisa berhasil. Jika berhasil, nanti akan kita kembangkan lebih luas lagi," tukuk bupati.

Untuk program ini, imbuh bupati lagi, petani akan dibantu benih ikan 200 ribu ekor untuk setiap hektarnya. Kemudian juga ada bantuan pakan 1 ton perhektar.(hms/tbs)
Share:

KUA PPAS Perubahan APBD 2018 Disepakati

Dharmasraya- Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Penetapan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 Kabupaten Dharmasraya resmi ditetapkan. Ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dengan DPRD, dalam Rapat Pleno Penetapan KUA PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 , di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Dharmasraya, Senin (10/09).

Dari hasil penetapan KUA PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 ini diketahui terjadi kenaikan pendapatan perubahan anggaran dari Rp 896.502.300.652 menjadi Rp 925.890.973.583. Kemudian, pada belanja daerah juga terjadi kenaikan dari Rp 929.502.300.652 menjadi Rp 957.538.398.452.

Sementara dari segi pembiayaan, terjadi penurunan target penerimaan pembiayaan, yaitu SiLPA tahun anggaran 2017 sebesar Rp 34.000.000.000, yang setelah dilakukan audit oleh BPK RI terhadap LKPD Tahun 2017, SiLPA tahun 2017 hanya diperoleh sebesar Rp 31.647.424.869. Atau lebih rendah sekitar Rp 2.352.575.131 dibandingkan dengan kondisi APBD awal Tahun Anggaran 2018.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam kesempatan rapat tersebut juga menyampaikan adanya perubahan kebijakan untuk pembangunan Islamic Centre yang semula direncanakan akan dimulai pada tahun 2018 dengan pendanaan Rp 60 milyar. Namun karena satu dan lain hal, pembangunan Islamic Centre ini akan digeser ke tahun anggaran 2019 melalui pendanaan multiyears.

Bupati menjelaskan, pergeseran dana Islamic Centre digunakan antara lain untuk pengembalian defisit awal APBD Tahun Anggaran 2018 sebesar lebih kurang Rp 32 milyar, penganggaran sertifikasi guru 2017 sebesar lebih kurang Rp 12,6 milyar, tambahan penghasilan pegawai disebabkan adanya perubahan komponen perhitungan gaji ke 13 dan gaji ke 14 sebesar lebih kurang Rp 9,6 milyar, tambahan kekurangan gaji Tenaga Harian Lepas sebesar lebih kurang Rp 1,2 milyar, penganggaran tambahan sertifikasi guru daerah tahun 2018 sebesar lebih kurang Rp 2,3 milyar dan kekurangan penganggaran pada belanja BPJS/JKK/JKN sebesar lebih kurang Rp 2,6 milyar.

"Memang kami akui penundaan ini membawa dampak yang cukup besar terhadap pergeseran struktur APBD tahun 2018. Namun sesuai dengan kebijakan pusat, dalam pembayaran gaji ke 13 dan 14 maupun pengalokasian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di belanja tidak langsung juga sudah menyerap anggaran yang kita sepakati sebelumnya untuk APBD perubahan tahun anggaran 2018," papar bupati.

Bupati berharap, setelah penandatanganan nota kesepakatan ini segera ditindaklanjuti oleh TAPD dengan menyiapkan surat edaran bupati tentang pedoman penyusunan RKA Perubahan SKPD sebagai acuan Kepala Perangkat Daerah dalam menyusun RKA Perubahan SKPD.(hms/tbs)
Share:

Bupati Serahkan Bantuan Pangan untuk Anak-anak Rawan Gizi

Dharmasraya- Sedikitnya 50 orang anak yang memiliki status rawan gizi, Senin (11/9) kemarin menerima bantuan makanan dari Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Pemberian tersebut dilakukan secara simbolis di Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung. Makanan tambahan dari Bupati Sutan Riska itu berupa telur ayam ras, biskuit dan beras. Diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat yang mengalami rawan gizi ini untuk mengkonsumsimakanan yang mengandung nilai gizi sesuai kebutuhan.

Bupati Sutan Riska yang didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Welfiadril, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Akrial dan Walinagari Sikabau Abdul Razak, berpesan agar makanan tambahan yang dia serahkan itu benar-benar untuk kebutuhan putra dan putrinya yang mengalami rawan gizi. "Untuk anaknya ya Bu, jangan untuk bapaknya," pesan bupati yang disambut tawa malu dari kaum ibu yang menerima bantuan.

Secara rutin, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melakukan pemantauan masyarakat yang rawan kekurangan gizi, baik yang disebabkan oleh faktor kemiskinan, budaya maupun ketidahtahuan orang tuanya. Hasil pemantauan tersebut menjadi bahan untuk penyaluran bantuan pangan bergizi.

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Pangan dan Perikanan, Dodi Sandra, S.Pt., M.Si mengatakan, pada periode ini berdasarkan hasil pemetaan didapat angka 50 anak rawan kekurangan gizi. Selanjutnya Dinas Pangan dan Perikanan menyediakan aneka jenis makanan yang akan diserahkan kepada keluarga dimana anaknya mengalami status rawan kekurangan gizi.(hms/tbs)
Share:

Polda Sumbar menggelar Lomba PKS, Juara 1 Peserta dari Polres Pesisir Selatan



Sorotsumatera.com - Dalam rangka HUT Lalu Lintas Ke – 63 Tahun 2018, Polda Sumbar mengadakan perlombaan Patroli Keselamatan Sekolah (PKS) dan Musisi Jalanan, Senin (10/9/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM ini dilaksanakan di gedung Kaharuddin DT. Rangkayo Basa Padang.

Untuk peserta sebanyak 600 orang, yang terdiri dari lomba PKS sebanyak 18 Polres sejajaran Polda Sumbar kecuali Polres Kep. Mentawai, dan peserta lomba musisi jalanan yang terdiri dari perwakilan 19 Polres.
Dalam perlombaan PKS  tersebut  muncul sebagai Juara 1 dari Polres Pesisir Selatan mendapat piala bergilir Kapolda Sumbar dan uang tunai  Rp. 4.000.000 serta sertifikat/piagam, Juara 2 dari Polres Pasaman Barat mendapat piala bergilir Bapak Kapolda Sumbar dan uang tunai Rp. 3.000.000 serta sertifikat/piagam, dan Juara 3 Polres Sijunjung mendapat piala bergilir Bapak Kapolda Sumbar dan uang tunai Rp. 2.000.000 serta sertifikat/piagam.

Untuk Finalis harapan 1 dari Polresta Padang dan Finalis harapan 2 oleh Polres Dharmasraya, masing-masing berhak mendapat uang tunai Rp. 500.000, piala dan sertifikat/piagam.

Sedangkan Juara dalam kategori lomba Musisi Jalanan berupa Juara 1 dari Polres Pesisir Selatan mendapat piala bergilir Bapak Kapolda Sumbar dan uang tunai Rp. 4.000.000 serta sertifikat/piagam, Juala 2 dari Polres Payakumbuh mendapat piala bergilir Bapak Kapolda Sumbar dan uang tunai  Rp.  3.000.000 serta sertifikat/piagam, Juara 3 dari Polres Pasaman Barat mendapat piala bergilir Bapak Kapolda Sumbar dan uang tunai  Rp. 2.000.000 serta sertifikat/piagam.

Untuk Juara harapan 1 jatuh kepada Polres Sijunjung, Juara harapan 2 Polres Tanah Datar dan Juara harapan 3 Polres Dharmasraya, masing-masing mendapat piala bergilir Bapak Kapolda Sumbar dan uang tunai Rp. 500.000 serta sertifikat/piagam

Sumber : HUMAS POLDA SUMBAR.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.