Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 09/10/18 ~ Sorot Sumatera

Dharmasraya Juara I Lomba Desain Busana Muslimah Tingkat Sumbar

Dharmasraya- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dharmasraya yang berada di bawah komando Ny. Dewi Sutan Riska, menunjukkan keberhasilan dalam membina dan menggali potensi kerajinan di Kabupaten Dharmasraya. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Kabupaten Dharmasraya meraih Juara I dalam Lomba Desain Busana Muslimah yang diselenggarakan oleh Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, di Hotel Axana Padang, Jum'at (07/09).

Atas prestasi ini, Kabupaten Dharmasraya berhak atas hadiah berupa trophy dan uang senilai Rp 10 juta. Hadiah ini diterima oleh Kepala Bidang Industri Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskumperdag), Elsy Oktavia.

Adapun, lomba yang diselenggarakan dalam rangka upaya pelestarian dan pengembangan produk kerajinan berbasis budaya lokal dan daerah ini diikuti oleh perwakilan 18 kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

Ny. Dewi Sutan Riska, selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Dharmasraya mengucap syukur atas prestasi yang diraih Kabupaten Dharmasraya dalam lomba ini. Dewi berharap, hal ini dapat memacu pengembangan produk kerajinan Kabupaten Dharmasraya kedepannya.(hms/tbs)
Share:

Bupati Lantik 11 Pejabat Administrator dan Pengawas

Dharmasraya- 11 orang pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bertempat di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Jum'at (07/09).

Dalam sambutannya, Bupati menyebutkan, bahwa proses mutasi dan rotasi dalam jajaran pemerintahan merupakan hal biasa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

Kepada pejabat yang baru saja dilantik, Bupati meminta untuk dapat selalu menjaga kedisiplinan dan menjadi contoh tauladan di lingkungan masing-masing, serta menjadi motor penggerak pembaharuan ke arah yang lebih baik.

"Selamat bekerja mengemban tugas baru yang dipercayakan. Penuhi kompetensi jabatan yang diamanahkan, serta pelajari tugas pokok saudara dengan baik," tegas bupati.

Acara pelantikan ini juga turut dihadiri oleh Sekda, Adlisman, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.(hms/tbs)
Share:

26 Kolam Pembibitan Ikan Sudah Dibangun di Broodstock Centre

Dharmasraya- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya di bawah kepemimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan (SUKA-AMAN), benar-benar serius menggarap sektor perikanan untuk pengembangan ekonomi lokal. Keseriusan ini salah satunya ditunjukkan dengan mendukung program pembangunan Broodstock Centre (Balai Induk) Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang berlokasi di Nagari SungaiDareh.

Setelah sempat terhenti beberapa tahun, pembangunan Broodstock Centre yang merupakan satu-satunya di wilayah Sumatera Tengah ini kembali dilanjutkan oleh pemerintahan SUKA-AMAN. Setidaknya, Pemkab Dharmasraya sudah menyediakan 30 hektar lahan untuk pembangunannya.

Saat ini, proses pembangunan Broodstock Centre tersebut sedang berjalan. 26 kolam pembibitan ikan sudah dibangun di lokasi itu, dari 60-70 kolam yang direncanakan.

"Keberadaan Broodstock Centre ini, selain untuk mengembangkan sektor perikanan, juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya, Welfiadril, saat meninjau lokasi Broodstock Centre tersebut, Jum'at (07/09).

Direncanakan, pekan depan akan dilakukan percobaan pertama di Broodstock Centre ini dengan memasukkan indukan ikan sebelum dimulainya program secara reguler.(hms/tbs)
Share:

Wabup Hadiri Ziarah Amanah Silek Pangian Rantau Batanghari ke 118

Dharmasraya- Wakil Bupati Dahrmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan menghadiri Ziarah Amanah Silek Pangian Rantau Batanghari ke 118 di Balai-balai Laman Tuo, Nagari Sungai Dareh, Kamis (06/09).

Acara Ziarah Amanah Silek Pangian ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh pengurus sebagai ajang silaturrahim antara sesama anggota perguruan yang berasal dari berbagai daerah yang dipimpin oleh Guru Surang di Rantau yang merupakan generasi ketiga. Selain itu, acara ini juga sekaligus dalam rangka berziarah ke makam Guru Besar Silek Pangian yang berada di Sungai Dareh.

Wabup dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang rutin dilaksanakan saban tahun ini.

Menurut Wabup, keberadaan Silek Pangian adalah sebagai salah satu Silek Tuo di Minangkabau yang sudah terkenal dan banyak tersebar di berbagai wilayah, baik di Minangkabau maupun di luar Minangkabau.

"Silek Tuo ini, perlu terus dipertahankan dan dilestarikan," ujar Wabup.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pun, sebut Wabup, sangat mendukung kegiatan ini. Karena dapat mengembangkan serta melestarikan nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai salah satu sektor pariwisata di Kabupaten Dharmasraya dalam rangka peningkatan perekonomian daerah.

"Budaya dan sejarah akan menjadi prioritas dalam pengembangan wisata di Kabupaten Dharmasraya. Untuk itu seluruh potensi yang ada harus mampu kita gali dan lestarikan, salah satunya Silek Pangian Rantau Batanghari ini," ujar Wabup.

Wabup juga berharap, acara ini dapat dikemas menjadi suatu destinasi wisata budaya yang dapat menarik wisatawan. "Sehingga, selain untuk mengembangkan dan melestarikan keberadaan Silek Pangian, acara ini juga dapat menjadi salah satu sektor pemasukan daerah untuk mengangkat perekonomian masyarakat," tandas Wabup.(hms/tbs)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.