Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 09/05/18 ~ Sorot Sumatera

Presiden lantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur

Jakarta, sorotsumatera.com
Presiden Joko Widodo pagi ini secara resmi melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada serentak 2018. Pelantikan berlangsung di Istana Negara pada Rabu, 5 September 2018.

Mereka yang dilantik pada hari ini ialah:
1. Gubernur Sulawesi Selatan terpilih Nurdin Abdullah dan wakilnya Andi Sudirman Sulaiman;
2. Gubernur Sumatra Utara terpilih Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah;
3. Gubernur Jawa Barat terpilih Mochamad Ridwan Kamil dan wakilnya Uu Ruzhanul Ulum;
4. Gubernur Kalimantan Barat terpilih Sutarmidji dan wakilnya Ria Norsan;
5. Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin;
6. Gubernur Bali terpilih Wayan Koster dan wakilnya Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati;
7. Gubernur Sulawesi Tenggara terpilih Ali Mazi dan wakilnya Lukman Abunawas;
8. Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe dan wakilnya Klemen Tinal;
9. Gubernur Nusa Tenggara Timur terpilih Victor Bungtilu Laiskodat dan wakilnya Josef Nae Soi.

Kesembilan pasangan tersebut selanjutnya akan mengemban amanah sebagai gubernur dan wakil gubernur masing-masing daerah dengan masa jabatan tahun 2018 sampai dengan 2023.

Sebelum diambil sumpahnya, petikan Surat Keputusan Presiden diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada para calon gubernur dan calon wakil gubernur di Ruang Kredensial Istana Merdeka. Prosesi kirab kemudian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama dengan calon gubernur dan calon wakil gubernur tersebut menuju Istana Negara.

Setibanya di Istana Negara, mereka diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 152/P Tahun 2018 hingga Nomor 154/P Tahun 2018, Nomor 156/P tahun 2018, serta Nomor 158/P Tahun 2018 hingga Nomor 162/P Tahun 2018.

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Presiden diikuti pejabat yang dilantik.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla serta Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir. (ry)

Share:

Adanya Kampanye Germas, diharapkan merobah pola hidup masyarakat

Simpang Empat, Sorotsumatera.com 
-Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0305/Pasaman Mayor Inf Dekki Sujatmiko, hadiri kegiatan Penggerakan Massa dan Pameran dalam rangka Kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang digelar di Lapangan bola kaki Jorong Sidodadi Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Rabu (05/9)

Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat dalam hal ini sebagai sebagai penanggungjawab kegiatan yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat Haryunidra.SKM dan diikuti kurang lebih 1.000 orang.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Bupati Pasaman Barat Drs.H.Syahiran.MM, Ketua DPRD Pasbar H.Daliyus.MM, Kepala SKPD se Pasbar, Pabung Kodim 0305/Pasaman Mayor Inf Dekki. S, Danramil 02 Pasaman Kapten Inf Lilik. S, Kapolsek Kinali diwakili oleh Ipda. Arisman, Camat Kinali Bakarudin.SH, Kanit binmas Sek Kinali, unsur muspika kinali serta turut hadir Komunitas sepeda ontel, Itaki dan PSHT dan Peserta Germas.

Bupati Pasaman Barat Drs.H.Syahiran.MM mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam upaya memotivasi, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat akan arti pentingnya perilaku hidup sehat, sekaligus dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Pasaman Barat. 

Oleh karena itu, Ia menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan kesehatan adalah investasi utama bagi pembangunan sumber daya manusia. untuk itu menurutnya, pembangunan kesehatan pada dasarnya sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan setiap individu untuk dapat berperilaku hidup yang sehat. 

Hal tersebut tentunya sejalan dengan tujuan GERMAS yaitu agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak kepada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, produktivitas masyarakat meningkat serta biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat berkurang.

Menanggapi kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat Pabung Kodim 0305/Pasaman Mayor Inf Deki Sujatmiko sangat mendukung dan mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat. 

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat akan arti pentingnya perilaku hidup sehat sehingga tumbuh menjadi sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas." tuturnya Dekki. (ry)
Share:

Pasiter Korem 032/Wbr memberi Wasbang kepada Maba ITP 2018

Pasi Ter Korem 032/Wbr Mayor lnf Yondri nova memberikan pembekalan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) kepada Mahasiswa  baru lnstitut Teknologi Padang (ITP) Bertempat di Kompi A Yonif 133/Yudha Sakti Jln Jhoni Anwar Lapai, Rabu (5/8/18).


Wasbang dan Out bond yang dilaksanakan di Kompi A Yonif 133/Yudha Sakti tersebut diikuti 460 orang Mahasiswa dan Mahasiswi PKKMB.Program Pengenalan Kehidupan Bagi Mahasiswa Baru.

Mewakili Danrem 032/Wirabraja, Mayor lnf Yondri nova menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan, yaitu anti radikalisme.

"Untuk menangkal bahaya radikalisme, maka generasi bangsa saat ini sangat penting untuk diberikan pembekalan Empat Pilar Kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika", tegasnya.

Pasi ter juga menegaskan, bahwa Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang sangat kuat.

"Karena esensi yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila yaitu tentang Ketuhanan, Kemanusian, Persatuan dan Kerakyatan, serta Keadilan, "Pungkasnya".

Tujuan diadakan wawasan kebangsaan ini untuk membina sikap,prilaku dan kedisiplinan secara kebersamaan dari mahasiswa dan mahasiswi yang baru.

Dengan adanya kegiatan ini mereka bisa menyadari apa-apa saja tugas negara, bagai mana mereka bisa loyalitas sesama teman,atasan dan bawahan. Disitulah semua kita munculkan dalam kegiatan wasbang tersebut."Tegas Yondri".

Selain itu juga Rektor Kampus lTP yang diwakili Andi M.Nur putra, sebagai ketua panitia Pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru, (PKKMB) bahwa kegitan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru, yang mana dari kampus di alokasikan selama empat hari, dengan materi penanaman karakter pentingnya bela negara, disiplin dan pembentukan karakter bagi mahasiswa dan mahasiswi baru,

Untuk kegiatan ini dengan Korem 032/Wbr sudah dua kali kita laksanakan, yang sekarang sudah tahun ke dua.ditahun kedua juga tempat yang sama.

Tujuan dalam kegiatan wasbang ini adalah dalam pengembangan karakter bagi mahasiswa baru dan membentuk kesadaran mahasiswa itu sendiri dan memnentuk akan pentingnya Bela Negara dan penanaman ideologi negara pancasila dan undang-undang dasar 1945 dan Bhineka tunggal ika."Ujar andi".
Share:

Kasad memberi penghargaan kepada 8 Prajurit yang berprestasi



Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada 3 (tiga) atlet TNI AD yang berlaga pada Asian Games 2018 dan 5 (lima) Bintara Pembina Desa (Babinsa) berprestasi yang pengabdiannya melebihi panggilan tugas.

Pemberian penghargaan kepada prajurit TNI AD yang berprestasi tersebut dilaksanakan dalam apel luar biasa di Mabesad, Jakarta Pusat, Selasa (4/9/2018).

Tiga prajurit TNI yang berprestasi pada Asian Games ke 18 adalah Serda Rifky Ardiansyah, Bintara Jasdam V/Brawijaya yang meraih medali emas cabang olahraga karate, Serda Andi Agus Mulyana, Dodik belanegara Ridam III/Siliwangi yang meraih medali perak cabang olahraga dayung 1000 meter dan medali perunggu dayung 500 meter.

Penghargaan juga diberikan kepada Serda (K) Huswatun Hasanah, Bintara Ditpalad yang meraih medali perunggu cabang olahraga tinju kelas 60 kg putri. Prestasi ini juga menjadi catatan sejarah baru karena merupakan capaian terbaik yang pernah diraih oleh Tinju Putri Indonesia sejak bergulirnya ajang Asian Games.

Adapun 5 prajurit TNI AD yang melakukan tindakan heroik pada rangkaian peringatan ke-73 HUT RI adalah Babinsa Koramil 0723-20/Cawas Kodim 0723/Klaten Serma Timbul Prawoto Irawan melakukan tindakan heroik saat upacara pengibaran bendera Merah Putih, di Desa Barepan Kec. Cawas Kab. Klaten, kait bendera yang terpasang kurang kuat, dengan spontanitas berlari menuju tiang bendera, melepaskan sepatu dan memanjat tiang bendera dengan masih menggunakan baju PDU I, pada saat itu lagu Indonesia Raya masih berkumandang.

Serka Ratno Timur, Babinsa Koramil 0809-05/Grogol Kodim 0809/Kediri, pada upacara pengibaran bendera terjadi angin kencang yang mengakibatkan saat bendera dinaikkan, tarikan ke empat pengait bendera patah dan lepas ke tiang atas. Melihat kejadian tersebut, dirinya melepaskan sepatu berlari memanjat tiang bendera untuk mengambil kembali kait di tiang atas kemudian memasangkan kembali ke bendera sehingga bendera dapat berkibar dengan sempurna.

Serka Yonatan F Duil, Babinsa Koramil 1602- 04/Maurole Kodim 1602/Ende, upacara penurunan bendera mengalami masalah, bendera tersangkut di tiang bagian atas sehingga bendera tidak bisa ditarik untuk diturunkan. Karena tidak ada yang bereaksi, dirinya berlari menuju tiang bendera, melepas sepatu dan memanjat tiang bendera untuk memperbaiki bendera yang tersangkut.

Kemudian Sertu Rudik Siswanto, Baton Taikam Denma Brigif 16/WY Kodam V/Brw, saat upacara bendera di Kota Kediri, terjadi angin kencang yang mengakibatkan bendera terlilit sampai empat kali lilitan di tiang bendera, sehingga bendera tidak dapat ditarik sama sekali karena bendera tidak dapat mengembang, dengan spontanitas melepas sepatu, berlari dan memanjat tiang bendera untuk memperbaiki bendera yang terlilit sampai bendera tersebut dapat diturunkan oleh pasukan Paskibraka.

Selanjutnya Sertu Kristianus Sina, Bintara Sub Unit 1.2 Unit Intel Kodim 1603/Sikka Kota Batu, Kec. Alok, pada upacara penurunan bendera pasukan Paskibraka mendapatkan kendala yaitu bendera terjepit di katrol tiang atas. Melihat hal tersebut dirinya secara spontanitas berlari menuju tiang bendera dan langsung memanjat tiang bendera. Tiang bendera yang dipanjat memiliki ketinggian 17 meter dan pada jarak 15 meter. Sertu Kristianus Sina menjepit tiang bendera dengan kakinya dan melakukan penghormatan kepada bendera terlebih dahulu sebelum memperbaiki kaitan bendera yang terjepit di katrol atas tiang bendera.

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud komitmen TNI AD dalam Pembinaan Personel melalui pemberian reward and punishment. “Prestasi-prestasi prajurit baik dalam penugasan operasi, tugas-tugas khusus, termasuk sebagai atlet yang mengharumkan nama bangsa merupakan suatu pencapaian luar biasa yang patut diapresiasi dan dicontoh oleh seluruh prajurit dan PNS TNI AD,”ujarnya.

“Atas tindakan dan keberanian tersebut kelima Bintara ini, saya berikan penghargaan dan hadiah berupa sepeda motor. Semoga penghargaan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kinerja serta prestasi untuk terus berbuat yang terbaik,”sambung Kasad..

Sementara itu, kepada ketiga atlet TNI AD yang berprestasi dalam Asian Games ini, Kasad memberikan penghargaan dan uang pembinaan. “Semoga penghargaan ini dapat menginspirasi serta terus memompa semangat berlatih dan berprestasi di masa yang akan datang,”tuturnya.

Pada Asian Games 2018, TNI AD menerjunkan 55 orang Atlet dari berbagai Cabang Olahraga.

Khusus buat Atlet Asian Games, selain mendapatkan uang pembinaan, para peraih medali ini mendapatkan penghargaan berupa Kenaikan Pangkat Reguguler Percepatan (KPRP), sehingga Serda Rifki akan naik pangkat menjadi Sersan Satu (Sertu) pada 1 Oktober 2018, Serda Andri 1 April 2019 dan Serda (K) Huswatun Hasanah pada 1 Oktober 2109. (ry)
Sumber : Penrem 032/Wbr
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.