Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 08/30/18 ~ Sorot Sumatera

Pekan Inklusi Dharmasraya Dibuka,Usung Dialog Gerakan Nasional Revolusi Mental

Dharmasraya- Pekan Inklusi Dharmasraya, Rabu (29/8), secara resmi dibuka oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, M Yusuf.

Dalam sambutannya, M. Yusuf menyambut baik kegiatan pekan Inklusi yang digelar di Dharmasraya. Menurutnya, dengan adanya pekan Inklusi Dharmasraya ditambah dengan adanya dialog gerakan nasional revolusi mental akan lahir kader kader penggerak revolusi mental di tingkat pemerintah dan masyarakat untuk mendorong kebijakan pembangunan inklusif. Serta mensinergikan upaya dan praktek baik yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat dalam pembangunan inklusif, meningkatkan kapasitas kader penggerak revolusi mental ditingkat pemerintahan dan masyarakat untuk memfasilitasi gerakan perubahan pada tingkat komunitas, nagari dan pemerintah daerah.

"Saya berharap dari pelaksanaan dialog gerakan nasional revolusi mental ini, dapat meningkatkan pemahaman kita semua tentang revolusi mental yang bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam menjalankan perannya sebagai aparatur pemerintah. Serta dapat menciptakan individu yang berpotensi menjadi penggerak dalam mengimplementasikan revolusi mental diintansi saudara masing-masing," tegasnya.

Ditambahkan M Yusuf, kegiatan ini juga dilaksanakan secara paralel dengan pagelaran festival budaya komunitas SAD yang dilaksanakan Kamis 30 Agustus 2018.

"Ini merupakan kesempatan untuk mempertemukan komunitas SAD dan para kader penggiat Inklusi sosial yang berada di Lintas Tengah Sumatera dengan mengangkat tema kegiatan yakni pekan Inklusi Dharmasraya," tandasnya.(hms/tbs)
Share:

Wabup Buka Muscab ke IV BPC Gapensi Dharmasraya

Dharmasraya- Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke IV BPC Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Dharmasraya, Senin (27/08). Muscab yang dilaksanakan di Hotel Sakato Jaya ini turut dihadiri oleh Ketua Gapensi Provinsi Sumatera Barat, para Kepala Perangkat Daerah serta para pengusaha jasa konstruksi se Dharmasraya.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan, Gapensi sebagai wadah dunia usaha, sekaligus sebagai pelaku yang bergerak di bidang jasa konstruksi dalam kiprahnya, diharapkan dapat berperan untuk menciptakan dunia usaha yang profesional dan kompetitif.

Melihat peran strategis sektor konstruksi ke depan, menurut wabup, perlu pembinaan yang serius terhadap sektor jasa konstruksi. Baik dalam bentuk pengaturan, pemberdayaan, maupun pengawasan penyelenggaraan konstruksi oleh seluruh instansi/lembaga terkait dan dengan para kontraktor. Sehingga, diharapkan nantinya akan ada embrio badan-badan usaha kontraktor yang profesional, handal dan berkualitas.

"Semoga dengan digelarnya Muscab ini, ke depan akan lahir kontraktor-kontraktor berskala nasional. Sehingga nantinya masyarakat merasakan manfaat dari hasil kerja konstruksi seperti gedung, jalan, irigasi dan lain-lain yang berkualitas, aman dan nyaman," tandas wabup.(hms/tbs)
Share:

KENDARAAN DIANAS KODIM 0304/AGAM DI DATA TIM DARI KODAM I/BB

Tim Kuat Log Kodam I/BB sedang mengecek Kendaraan Dinas Kodim 0304/Agam
Bukittinggi, Dalam rangka pendataan Kuat Logistik tahap II Tahun 2018 kesatuan di bawah jajaran Kodam I/BB khususnya wilayah jajaran Korem 032/Wbr.Tim pendata Kekuatan Logistik dari Kodam I/BB, melakukan pengecekan ke Markas Kodim 0304/Agam, pengecekan termasuk juga kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat di halaman Mako Kodim 0304/Agam, Selasa(28/8/18)

Kedatangan rombongan yang beranggotakan lima personil dipimpin lansung oleh Letkol Cba. Maifuzer dari Pabandya Bekang Slogdam I/BB, disambut lansung oleh Mayor Inf Masrizal (PJS Kasdim 0304/Agam)

Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara,SH, SE melalui PJS Kasdim Mayor inf Masrizal mengatakan, dalam kunjungan ini, tim juga melalukan pengecek kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat, dan juga pengecekan Data materiil Alpal, Alkes, perbekalan dan Alhub yang nyata sesuai TOP dan DSPP, serta Data iron stock gudang, Khususnya materil seperti senjata, Munisi, kendaraan dan Alhub serta Data Sisfodata Log dan rekap TOP/DSPP dan non TOP/DSPP.

Dalam Kegiatan tersebut, PJS Kasdim 0304/Agam juga mengatakan, Tim melakukan pemeriksa secara detail kondisi seluruh kendaraan beserta kelengkapan surat suratnya dengan tujuan untuk mencegah atau meminimalisir timbulnya kerugian baik kerugian personil maupun material, serta kesiapan fisik dari Prajurit itu sendiri kepada Prajurit yang menggunakan kendaraan dinas. 

Ditempat terpisah Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara menyampaikan, agar setiap Prajurit di jajaran Kodim 0304/Agam yang menggunakan kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat agar selalu dirawat dengan baik, supaya bisa memperpanjang usia pakai kendaraan operasional tersebut

“Kendaraan ini di beli dari uang rakyat, jadi kita harus mempertanggungjawabkan kepada rakyat salah satunya dengan melakukan perawatan dengan baik dan benar agar siap digunakan untuk membantu kepantingan masyarakat,” ungkap Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara.

Dandim juga mengatakan, Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk pendataan Kekuatan Logistik tahap II Tahun. 2018 diseluruh kesatuan sejajaran Kodam I/BB khususnya di wilayah jajaran Korem 032/Wbr, juga untuk menekan dan mengurangi serta mencegah terjadinya kerugian baik personel maupun materil dan kepada prajurit yang memakai kendaraan dinas untuk selalu waspada dan berhati hati dalam berkendara serta agar memetuhi terhadap aturan berlalu lintas.

“Selalu berhati hati dalam berkendaraan dan patuhi aturan lalu lintas, ingat anak istri menanti di rumah,”pungkas Lerkol Kav Salim Kurniawan Dewantara mengakhiri pembicaraan

Share:

KASREM 032/WBR PAPARKAN SITUASI WILAYAH KEPADA SSDN PPRA LVIII LEMHANAS TAHUN 2018


Kasrem, Kol. Arh. Sonny Septiono menerima plakat cinderamata dari Wagub Lemhanas, Marsdya TNI Bagus Puruhito yang memimpin kunjungan SSDDN PPRA LVIII Lemhanas Tahun 2018 (Erizon)
Peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) PPRA LVIII Lemhanas Tahun 2018 kunjungi Korem 032/Wirabraja, yang menjadi fokus pertanyaan peserta tentang Sumbar rawan bencana dan rentan terhadap masalah radikalisme serta terorisme. Mereka mempertanyakan bentuk koordinasi dan penanganan dari masalah-masalah tersebut kepada Kepala Staf Korem (Kasrem) 032/Wbr, Kolonel. Arh. Sonny Septiono yang menerima rombongan di Gedung Saptamarga Makorem 032/Wbr jalan Jend. Sudirman No. 29 Padang. Selasa (28/8)

Kasrem memaparkan memaparkan tentang tugas pokok dan fungsi Korem 032/Wirabraja yang wilayah tugasnya melingkup seluruh Sumatera Barat, termasuk kekuatan personel yang ada di sana.

Sumbar dirincinya memiliki luas 42.297,30 Km persegi dengan 302 pulau, yang 180 diantaranya memiliki nama dan 122 tidak bernama. “Masalah yang dihadapi diantaranya, mengalami gempa. Pada 2017 terjadi 42 kali gempa dan 2018 sudah 130 kali gempa,” sebutnya.
Foto bersama dengan Peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) PPRA LVIII Lemhanas Tahun 2018

Kondisi sosial masyarakat di Sumbar ditegaskannya relatif kondusif, meski pun ada beberapa masalah yang ditemui, seperti adanya indikasi radikalisme dan terorisme, dimana pada 13 Agustus 2018 lalu, Densus 88 telah menangkap terduga teroris di Padang, Payakumbuh, dan Bukittinggi.

Indikasi lain adanya terorisme adalah adanya sel-sel tidur terorisme, yaitu dengan kasus pembakaran Polres Dharmasraya pada 12 November 2017.

“Untuk pelaku pembakaran ini kami tambahkan bukanlah orang Sumatera Barat,” tegas Kasrem lagi.

Setelah pemaparan yang sangat rinci dan gamblang oleh Kasrem, diantaranya peserta Lemhanas yang mengajukan pertanyaan Justin Matthew Thurston Roocke, salah seorang siswa Lemhanas dari Australia dan Pastor Silvanus Musmulyadi Mongkon, tentang pertanyaan seputar paparan yang disungguhkan. Rombongan ini dipimpin langsung Wakil Gubernur (Wagub), Marsdya TNI Bagus Puruhito.

Kerawanan lainnya disebutkan adalah kegiatan illegal mining dan illegal logging, sengketa tanah, lahan perkebunan dan lahan pertambangan di Padang, Pasaman Barat, dan Pasaman. Sedangkan konflik sosial, yakni penolakan pembangunan pembangkit geothermal atau panas bumi.

Terkait upaya menangkis paham radikalisme dan terorisme di Sumbar disampaikan Kasrem, terus dilakukan sosialisasi dan pembinaan kepada generasi muda.

Terkait bencana gempa dan tsunami terus dilakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Hal ini dibenarkan Danlanud Sutan Sjahrir, Kol. Pnb. Purwanto Adi Nugroho. Untuk mengantisipasi kerawanan dari sisi bencana, pihaknya dan jajaran terkait selalu melakukan latihan terpusat dan kewilayahan.

Sebelumnya, Marsda TNI Baskoro Alrianto yang memandu jalannya pertemuan membeberkan tujuan kehadiran mereka di sana. SSDN disampaikannya, bagian dari studi para peserta untuk melihat kondisi wilayah yang dikunjungi, diantaranya mengunjungi objek strategis Sumbar, termasuk Korem 032/Wbr, Lanal, dan Lanud sebagai bagian dari aspek pertahanan.

Dia juga merinci, siswa Lemhanas yang hadir pada SSDN tersebut berjumlah 25 orang yang terdiri dari 23 peserta dalam negeri dan dua peserta luar negeri. Selain Justin dari Australia, juga ada Syed Zaighum Abbas Nagvi dari Pakistan. Keduanya berasal dari Tentara Angkatan Darat di negaranya

Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.