Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 08/21/18 ~ Sorot Sumatera

Upacara Peringatan HUT KEMRI ke 73 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat

Dharmasraya- Upacara detik-detik proklamasi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 Tingkat Kabupaten Dharmasraya, di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Jum'at (17/08), berlangsung khidmat.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bertindak sebagai Inspektur dalam upacara yang turut disaksikan ratusan masyarakat tersebut. Sementara yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Danramil Koto Baru, Kapten Inf. Haryono, dan Danramil Pulau Punjung Mayor Inf Irwan Basukiono mengisi posisi sebagai perwira upacara.

Menjelang detik-detik proklamasi, derap langkah Paskibraka menuju lapangan upacara menjadi momen yang paling ditunggu. Inspektur upacara pun menyerahkan duplikat Sang Saka Merah Putih kepada Paskibraka untuk dikibarkan.

Pantauan di lapangan, proses pengibaran duplikat Sang Saka Merah Putih berlangsung sempurna, seiring dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Selain jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, upacara ini juga tampak dihadiri oleh Forkopimda, jajaran DPRD dan sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Dharmasraya.(hms/tbs)
Share:

Fatwa MUI: Vaksin MR Boleh Digunakan Meski Mengandung Babi

Dharmasraya- Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa Nomor 33 Tahun 2018 tentang penggunaan vaksin measless dan rubella untuk imunisasi. MUI menyatakan, pada dasarnya vaksin yang diimpor dari Serum Institute of India itu haram karena mengandung babi. Namun, penggunaannya saat ini dibolehkan karena keterpaksaan. "Penggunaan vaksin MR produk dari Serum Institute of India (SII) hukumnya haram karena dalam proses produksinya menggunakan bahan yang berasal dari babi," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin malam. "Penggunaan vaksin MR produk dari Serum Institute of India, pada saat ini, dibolehkan (mubah)," ucapnya.

Ada tiga alasan kenapa MUI untuk sementara ini membolehkan penggunaan vaksin MR. Pertama, adanya kondisi keterpaksaan (darurat syar'iyyah). Kedua, belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci. Ketiga, ada keterangan dari ahli yang kompeten dan dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak diimunisasi vaksin MR. "Kebolehan penggunaan vaksin MR sebagaimana dimaksud pada angka 3 tidak berlaku jika ditemukan adanya vaksin yang halal dan suci," ucap.

 Hasanuddin. MUI pun merekomendasikan pemerintah wajib menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat. Produsen vaksin juga wajib mengupayakan produksi vaksin yang halal dan menyertifikasi halal produk vaksin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

MUI juga mendorong pemerintah harus menjadikan pertimbangan keagamaan sebagai panduan dalam imunisasi dan pengobatan.Selain itu, MUI menyarankan pemerintah hendaknya mengupayakan secara maksimal, serta melalui WHO dan negara-negara berpenduduk Muslim, agar memperhatikan kepentingan umat Islam dalam hal kebutuhan akan obat-obatan dan vaksin yang suci dan halal. Fatwa MUI ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Jika di kemudian hari ternyata fatwa ini membutuhkan perbaikan, maka MUI akan memperbaiki dan menyempurnakan sebagaimana mestinya. 

"Agar setiap Muslim dan pihak-pihak yang memerlukan dapat mengetahuinya, mengimbau semua pihak untuk menyebarluaskan fatwa ini,"(hms/tbs)
Share:

Gunakan Motor Trail, Bupati Sambangi Timpeh

Dharmasraya- Menggunakan sepeda motor trail, BupatiDharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan didampingi sejumlah Kepala SKPD melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Timpeh, Senin (20/08).

Timpeh ini merupakan satu dari tiga daerah di KabupatenDharmasrayayang menjadi fokus pembangunan pemerintahan SUKA-AMAN (Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Amrizal Dt Rajo Medan), disamping Kecamatan Asam Jujuhan dan Kecamatan Sembilan Koto.

Untuk sampai ke wilayah Timpeh ini, rombongan melintasi jalan baru Pulau Punjung yang tembus langsung ke Kecamatan Timpeh. Jalan penghubung dua kecamatan ini sebelumnya sempat terbengkalai pembangunannya. Namun kembali dilanjutkan oleh pemerintahan SUKA-AMAN, sebagai wujud nyata atas komitmen membangunDharmasrayadari pinggiran. Keberadaan jalan ini sekarang mampu memangkas waktu akses masyarakat Timpeh menuju ibu kota kabupaten, sehingga terasa lebih dekat.

Ada beberapa agenda yang dilakukan bupati dan rombongan saat kunjungan kerja ke Timpeh ini. Diantaranya adalah menyerahkan Kartu Indonesia Pintar untuk pelajar, menyerahkan biskuit untuk balita dan ibu hamil, memberikan bantuan sembako, menyerahkan bantuan program bedah rumah dan juga menebarkan bantuan bibit ikan guna mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Dan tidak hanya itu, kunjungan ini tentu saja juga adalah dalam rangka menjemput aspirasi dan melihat langsung kondisi riil masyarakat.(hms/tbs)
Share:

Bupati Puji Pawai Budaya di Sungai Duo Spektakuler

Dharmasraya- Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Nagari Sungai Duo, Ahad (19/08), berlangsung semarak dan sangat meriah. Ramainya masyarakat yang ikut dan menyaksikan acara tersebut, membuat Nagari Sungai Duo terlihat seperti lautan massa.

BupatiDharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang hadir langsung menyaksikan kegiatan itu, mengaku terkagum-kagum melihat antusiasme masyarakat dalam acara tersebut.

"Luar biasa. Dari sejumlah daerah yang saya kunjungi dalam peringatan hari kemerdekaan beberapa hari ini, Nagari Sungai Duo yang paling ramai, paling spektakuler," ujar bupati memuji.

Bupati mengaku bangga melihat semangat, kebersamaan dan antusias masyarakat Nagari Sungai Duo dalam memperingati hari kemerdekaan.

"Terimakasih dan saya sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini, terutama sekali pemerintah Nagari Sungai Duo dan segenap unsur lainnya," tukas bupati.

Menurut bupati, ini adalah bentuk penghargaan yang sangat tinggi bagi perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

"Hari ini kita bisa menikmati kemerdekaan karena perjuangan yang luar biasa dari para pendahulu kita. Maka sudah selayaknya kita mengisi hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif, dengan karya dan dengan semangat kebersamaan membangun bangsa," pungkas bupati.

Adapun, dalam kegiatan pawai ini, setiap peserta menampilkan berbagai seni dan budaya yang ada di Nusantara, yang menunjukkan wajah keberagaman di Indonesia.(hms/tbs)
Share:

Wabup Jalan Santai Bersama Warga Sungai Kambuik

Dharmasraya- Ribuan masyarakat Nagari Sungai Kambuik Kecamatan Pulau Punjung turun ke jalan untuk mengikuti Jalan Santai yang diselenggarakan pemerintah nagari setempat, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Ahad (19/08) pagi.

Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo melepas sekaligus turut ikut dalam kegiatan jalan santai yang mengambil start di depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Silago dan finish di depan SPBU Rika tersebut.

Tidak hanya masyarakat umum, kegiatan ini juga tampak diikuti oleh Anggota DPRD Sumbar, Anggota DPRD Dharmasraya, Kepala SKPD, Ketua KONI, Ketua GOW dan juga para pelajar.

Kegiatan tampak semakin meriah ketika para peserta sampai di lokasi finish. Karena di lokasi finish, pihak panitia juga menyediakan hiburan dan hadiah doorprize.

Wabup dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, serta kepada seluruh masyarakat yang juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

"Selain berolahraga untuk menyehatkan badan, mari manfaatkan juga momen ini untuk bersilaturrahim dan memperkuat rasa kebersamaan," ajak wabup.(hms/tbs)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.