Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 08/13/18 ~ Sorot Sumatera

Turnamen Bola Voli Atlantic Cup I Resmi Ditutup

Dharmasraya- Turnamen Bola Voli Atlantic Cup I resmi ditutup oleh Wakil Bupati Dharmasraya, H.Amrizal Dt Rajo Medan, di Lapangan Voli Sungai Kambuik, Sabtu (11/08). Tim voli Jaya Kusuma Koto Salak keluar sebagai pemenang, setelah berhasil mengalahkan tim Atlantic Sungai Kambuik di babak final.

Wabup dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada pihak panitia pelaksana yang sudah menggagas terlaksananya acara ini. Juga kepada seluruh masyarakat setempat yang telah ikut mendukung sehingga acara ini berjalan dengan baik dan lancar.

Pemerintah daerah, sebut wabup, sangat mendukung acara ini dan berharap ke depan kegiatan positif seperti ini dapat terus dilaksanakan.

"Selamat kepada tim pemenang, dan jangan cepat berpuas diri. Jadikan kemenangan ini sebagai cambukan semangat untuk terus lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang. Dan kepada tim yang kalah, jangan pula kecewa. Teruslah berlatih, semoga juga menjadi pemenang di kompetisi berikutnya," pungkas wabup memotivasi.

Pada kesempatan itu, wabup juga menyerahkan hadiah kepada pemenang beruma trophy dan uang pembinaan yang telah disediakan oleh panitia.(hms/tbs)
Share:

Wabup Buka Kejurnas Grasstrack dan Motocross

Dharmasraya- Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan membuka secara resmi Kejuaraan Nasional Grasstrack dan Motocross Regional 1A Sumatera Putaran V Sumatera Barat Tahun 2018, di Sirkuit X-Dareh, Pulau Punjung, Sabtu (11/08). Kejuaraan ini diikuti lebih dari 70 crosser yang berasal dari sejumlah provinsi di Sumatera.

Wabup pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi generasi muda yang mempunyai hobi grasstrack untuk menyalurkannya dengan cara yang positif.

"Kalau mau unjuk kebolehan, disinilah tempatnya. Bukan kebut-kebutan liar di jalan yang dapat membahayakan dan mengganggu kenyamanan orang lain," ujar wabup.

Pemerintah daerah, imbuh wabup, sangat mendukung kegiatan yang bernilai positif ini. Karena selain untuk menyalurkan hobi, kegiatan ini juga dapat menjadi wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan prestasi.

"Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas," tandas wabup.

Turut pula hadir dalam kesempatan itu Kapolres Dharmasraya, AKBP Roedy Yoelianto, Ketua KONI, Muhammad Dhani, sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan sejumlah tamu undangan lainnya.(hms/tbs)
Share:

Bupati Canangkan BBGRM dan HKG PKK KB Kes di Nagari Sungai Duo

Dharmasraya- Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2018 resmi dicanangkan di Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Jum'at (10/08). Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan.

BBGRM yang juga dirangkaikan dengan Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes ini turut dihadiri oleh Pj. Sekda, Adlisman, para Asisten, staf ahli bupati, kepala SKPD, camat, tokoh masyarakat, Wali Nagari dan kader PKK se Kabupaten Dharmasraya.

Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang telah memberikan suport dan dukungan penuh bagi terlaksananya kegiatan-kegiatan PKK, terkhusus hari ini pada pencanangan KKG PKK KB Kes yang juga disinergikan dengan BBGRM.

KKG PKK KB Kes, sebut Dewi, merupakan momentum untuk mengintegrasikan kegiatan yang terkait dengan kependudukan dan keluarga berencana serta kegiatan-kegiatan yang terkait di bidang kesehatan melalui kegiatan 10 program pokok PKK di setiap tingkatan.

PKK, lanjut Dewi, dalam berbagai tingkatan siap mendukung dan mensukseskan program yang dilaksanakan oleh instansi terkait dalam upaya peningkatan derajat kesehatan, pengintegrasian layanan dasar posyandu, mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga, menciptakan lingkungan bersih sehat, maupun upaya mewujudkan keluarga berkualitas melalui slogan "Dua Anak Cukup".

"Dan melalui Kesatuan Gerak PKK KB Kes tahun ini, diharapkan bisa menjadi langkah nyata dalam penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi, angka kematian balita serta kesertaan ber KB yang dilakukan secara terpadu dengan lintas sektor terkait melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan harapan, semoga terjadi pengendalian pertumbuhan penduduk dengan memaksimalkan program KB," tukas Dewi.

Sementara itu, bupati dalam sambutannya menyampaikan, pencanangan BBGRM yang dilaksanakan saban tahun merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan nilai-nilai dan budaya gotong-royong di masyarakat. Hal ini bertujuan agar budaya gotong royong mendarah daging serta melekat dalam diri setiap generasi penerus bangsa.

"Berbagai program pembangunan telah terbukti berhasil dengan baik berkat menggunakan pendekatan partisipatif masyarakat atau filosofi gotong royong. Oleh karena itu, gotong royong hendaknya selalu dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujar bupati.

Kemudian, sekaitan dengan juga dilaksanakannya pencanangan HKG PKK KB Kes, bupati berharap, melalui 10 program pokok PKK, seluruh Pengurus dan kader TP PKK baik di kabupaten, kecamatan dan Nagari untuk terus berkontribusi positif untuk mampu mempercepat terwujudnya keluarga yang berkarakter dan bahagia. Sebagai salah satu sumbangsih dalam mewujudkan Indonesia sejahtera, khususnya Kabupaten Dharmasraya yang Mandiri dan Berbudaya.

"Seluruh stakeholder harus saling bersinergi. Terus berikan kontribusi nyata melalui program KB. Lebih fokus pada kegiatan yang bersifat implementasi bukan seremonial semata. Dengan demikian, selain kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hasilnya juga akan dapat meningkatkan capaian program KB di Kabupaten Dharmasraya," imbuh bupati menekankan.

Kemudian juga, kepada para bidan yang menjadi ujung tombak dalam mensukseskan program KB, bupati juga meminta untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, agar jumlah akseptor KB semakin meningkat.

"Dengan kerja keras serta semangat revolusi mental berbasis keluarga, mari samakan langkah untuk mewujudkan masyarakat Dharmasraya yang sejahtera, mandiri dan berbudaya," tandas bupati menutup sambutannya.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan antara OPD terkait, camat, Ketua TP PKK kecamatan dan kepala puskesmas untuk selanjutnya melakukan pencanangan HKG PKK KB Kes secara berjenjang.

Kemudian juga dilanjutkan dengan penyerahan perlengkapan gotong royong secara simbolis dari Wabul kepada Wali Nagari Sungai Duo, sebagai tanda dimulainya bhakti gotong royong di seluruh wilayah di Dharmasraya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu bupati dan wabup juga menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba Camat Berkompetensi tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2018. Yakni kepada Camat Koto Salak, Syarbaini, sebagai juara I, Camat Timpeh, Zulkifli sebagai juara II, dan Camat Koto Baru, Berlian sebagai juara III.

Kemudian juga penyerahan hadiah kepada TP PKK Nagari Sungai Duo yang meraih prestasi Administrasi TP PKK terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Serta Penyerahan hadiah kepada Nagari Terbaik tahun 2018, yakni Nagari Sungai Duo sebagai Terbaik I, Nagari Sopan Jaya sebagai Terbaik II.(hms/tbs)
Share:

Bupati Beri Motivasi Anggota Paskibraka

Dharmasraya- Di sela-sela kesibukannya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyempatkan diri menyambangi anggota Paskibraka Kabupaten Dharmasraya tahun 2018 yang sedang mengikuti kegiatan latihan di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Kamis (09/08) sore.

Pada kesempatan itu, Bupati terlihat memberikan motivasi kepada seluruh anggota Paskibraka. "Teruslah semangat mengikuti latihan, serta selalu jaga disiplin dan kekompakan. Kesuksesan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Dharmasraya, ada di tangan adik-adik," ujar bupati.

Terpilih menjadi orang yang dipercaya untuk terlibat dalam pengibaran Sang Saka Merah Putih di hari bersejarah Indonesia, imbuh bupati, adalah sesuatu yang luar biasa.

"Adik-adik harus bangga, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini. Maka dari itu, berlatihlah dengan baik dan maksimal. Agar nanti adik-adik dapat maksimal pula dalam mengemban tugas sebagai Paskibraka di tanggal 17 Agustus nanti," pungkas bupati kembali memotivasi.(hms/tbs)
Share:

Posyandu Beringin Indah Wakili Dharmasraya di Tingkat Sumatera Barat

Dharmasraya- Kader Posyandu Beringan Indah Nagari Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh atas nama Dwi Astuti mewakili Kabupaten Dharmasraya dalam lomba Kader Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Sekaitan dengan itu, Kamis (09/08), tim penilai yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevy Irwan Prayitno, berkunjung ke Nagari Sopan Jaya untuk melakukan penilaian lapangan.

Kedatangan rombongan tim penilai yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska ini disambut oleh jajaran pemerintah nagari, kader PKK nagari dan segenap komponen masyarakat setempat, di Gedung Posyandu Nagari Sopan Jaya. Turut pula hadir pada kesempatan itu sejumlah Kepala OPD, Camat dan wali nagari se Kecamatan Padang Laweh.

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevy Irwan Prayitno, dalam sambutannya menyampaikan, kunjungan lapangan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari hasil Temu Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada Mei lalu.

Melalui kunjungan lapangan ini, sebut Nevy, tim penilai ingin melihat langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyandu. Kemudian bagaimana pula dukungan dan partisipasi instansi yang tergabung dalam Pokjanal Posyandu dalam membina posyandu yang ada di wilayahnya. Serta ingin mengetahui bagaimana pula dukungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya dalam pengelolaan posyandu.

"Kalau untuk juara, Kader Posyandu Beringin Indah sebenarnya sudah menjadi juara untuk kategori kabupaten, karena sudah masuk nominasi. Hanya saja, penilaian lapangan ini adalah untuk menentukan siapa yang akan menjadi Juara I, II dan III nya," terang Nevy.

Ada beberapa aspek yang dinilai dalam penentuan juara ini, kata Nevy. Diantaranya, aspek Pokjanal dan Pokja Posyandu, aspek kesehatan, aspek BKB, aspek PKK, aspek partisipasi masyarakat, aspek penerimaan masyarakat, aspek kelengkapan administrasi dan aspek kegiatan kader posyandu.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska pada kesempatan itu berharap, Dwi Astuti dapat meraih hasil terbaik dan mewakili Dharmasraya hingga ke tingkat nasional.

"Dan yang terpenting adalah, adanya penilaian ini hendaknya menjadi cambukan semangat bagi kita untuk terus lebih baik dalam penyelenggaraan pelayanan posyandu," pungkas Dewi.(hms/tbs)
Share:

Sepeda Santai Meriahkan Peringatan HUT KEMRI ke 73 di Dharmasraya

Dharmasraya- Ratusan penggemar olahraga sepeda ikut memeriahkan kegiatan Sepeda Santai dalam rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Kamis (09/08).

Kegiatan sepeda santai yang dilepas secara resmi oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan itu mengambil start di depan Mapolres Dharmasraya dan finishdi Lapangan Koto Agung Nagari Sungai Duo. Kegiatan ini juga diikuti oleh Forkopimda, jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Intansi Vertikal, Intansi Perbankan, Organisasi Masyarakat, pelajar dan juga masyarakat umum.

"Semoga dengan diselenggarakannya sepeda santai ini, dapat membangkitkan semangat kita dalam memaknai hari kemerdekaan," ujar bupati.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menunjang kebugaran, membangun kebersamaan dan sinergi antar semua unsur dalam membangun Dharmasraya yang lebih baik.

Sesampainya di lokasi finish, acara juga dimeriahkan dengan bagi-bagi doorprize.(hms/tbs)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.