Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 07/31/18 ~ Sorot Sumatera

DPRD Kota Padang Bahas KUA - PPAS Tahun 2019

padang- Sembilan fraksi di DPRD Kota Padang akhirnya dapat menyetujui KUA - PPAS Tahun 2019. Menurut UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemda dan UU No 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah serta PP Nomor 58 Tahun 2005 dibahas dan disepakati bersamacantara Pemda dan DPRD dan dituangkan dalam suatu Nota Kesepakatan Bersama.

Demikian penyampaian Koordinator ketiga pansus DPRD Kota Padang, Asrizal dihadapan peserta rapat paripurna DPRD Kota Padang yang dihadiri secara fisik sebanyak 30 orang dari 45 anggota dewan dengan acara tentang LKPD Tahun 2017 dan KUA - PPAS Tahun 2019, Senin (30/7).

Berdasarkan pointers hasil pembahasan dan rekomendasi terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 oleh panitia khusus I (Pendapatan dan Pembiayaan), panitia khusus II (Belanja Langsung ) dan panitia khusus III (Belanja Tidak Langsung) DPRD Kota Padang telah dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mekanisme peraturan tata tertib DPRD Kota Padang.

Menurut Asrizal, laporan LKPD disusun dan disampaikan untuk mendeskripsikan kegiatan pembahasannya oleh Pansus DPRD Kota Padang sesuai bidang tugas dan wewenangnya. Berdasarkan hasil rapat internal, rapat kerja dan dengan mempertimbangkan hasil kunjungan kerja atau konsultasi serta rapat gabungan pansus.

Tujuannya, kata wakil rakyat dari PAN ini sebagai rekomendasi kepada Pemerintah Kota Padang guna perbaikan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah ke depannya dan instrumen LKPD akuntabilitas bahwa pansus DPRD telah melaksanakan kegiatan pembahasan LKPD Tahun 2017 dengan baik.

Berdasarkan laporan gabungan pansus yang dibacakan Ilham Maulana, pansus I tentang pendapatan dan pembiayaan merekomendasikan bahwa baru dua OPD yang mencapai target dari sebelas OPD penghasil PAD.

Kedua OPD dimaksud yaitu Bapenda dan Dinas Lingkungan Hidup. Secara keseluruhan PAD Kota Padang ditargetkan sebesar Rp.800 Miliar atau naik sekitar 37,11 % bila dibandingkan dengan APBD Kota Padang Tahun 2018 sebesar Rp.601,248 miliar.

Sementara untuk belanja daerah terkait belanja tidak langsung terdapat peningkatan dibanding APBD Tahun 2018. Disisi lain, realisasi belanja tidak langsung pada APBD Tahun 2017 terjadi penurunan yang disebabkan adanya ASN yang memasuki masa pensiun.

Belanja langsung ada peningkatan sekitar 6,42 %, bila dibandingkan dengan tahun 2018, diharapkan belanja langsung ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.
Sebelumnya pada rapat paripurna DPRD Kota Padang hari Senin, 2 Juli 2018 disampaikan Nota Penyampaian LKPD Tahun 2017 sekaligus ditetapkan 3 pansus berdasarkan Keputusan DPRD Kota Padang Nomor 25 Tahun 2018.

Mahyeldi menyebutkan, ada lima poin yang dilaporkan ke BPK RI Perwakilan Sumbar.  Lima poin itu adalah Laporan keuangan pemerintah daerah Kota Padang itu meliputi, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

Poin selanjutnya, hasil akhir review LKPD oleh Inspektorat, pernyataan tanggung jawab kepada daerah atas LKPD, rancangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Padang tahun 2017.

“LKPD ini juga dilengkapi dengan rancangan penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017,” sebut Mahyeldi.

Mahyeldi menyatakan siap menunggu kedatangan tim BPK RI Provinsi Sumbar untuk melakukan pemeriksaan LKPD tahun 2017. “Terima kasih, kami siap menunggu,” kata Mahyeldi.(*)
Share:

Anggota DPRD Padang, Helmi Moesim Dikenal Dengan Masyarakat

Padang-Sosok Helmi Moesim politisi yang akrab disapa Ai, sangat dikenal dikalangan masyarakat merupakan sosok yang low profile dan mudah bergaul ditengah masyarakat.

Selain itu, dikalangan partai politik, Ia juga dikenal orang yang kritis terhadap pemerintah apabila melihat ketimpangan-ketimpangan yang terjadi ditengah masyarakat.

Sesuai dengan bidangnya di komisi III DPRD Kota Padang, Ia dapat membuktikannya dengan sering melakukan tinjau lapangan menjaring aspirasi masyarakat terutama dalam hal pembangunan Kota Padang.

Dan dikalangan rekan-rekan media, Ia juga selalu meluangkan waktu menerima sekecil apapun informasi dengan langsung turun kelapangan.

"Sebagai orang yang dipercaya mewakili kepentingan masyarakat di DPRD Padang, Ia siap pasang badan dan menyuarakan apapun bentuk ketimpangan yang terjadi oleh kebijakan Pemerintah Kota Padang,".

Tentunya, sesuai dengan kewenangan dan tugasnya di DPRD Padang, ucap Helmi Moesim saat diskusi santai bersama rekan-rekan Ikatan Kekeluargaan Wartawan (IKW) di kawasan Gor Haji Agus Salim beberapa saat lalu.

Terlepas dari stigma positif terhadap dirinya ditengah masyarakat, Helmi Moesim hanya menjawab, bahwa apa yang diperbuatnya bukanlah semata-mata untuk pencitraan dan kepentingan partai atau dirinya. Tetapi hanya semata, "untuk kepentingan masyarakat dan kebaikan pembangunan Kota Padang,".

Sebagai kader partai yang dipercaya mewakili suara masyarakat, Ia berharap mudah-mudahan Allah selalu memberikan rahmat kesehatan dan kekuatan kepada dirinya untuk selalu berbuat dan bisa memperjungan kepentingan masyarakat, harapnya.(*)
Share:

Bupati Kunjungi JCH Asal Dharmasraya di Asrama Haji Padang

Dharmasraya- Dalam kesempatan agenda kerja di Kota Padang, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyempatkan diri mengunjungi Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya di Asrama Haji Padang, Ahad (30/07) malam. Para jamaah ini akan segera bertolak ke tanah suci bersama jamaah asal Pariaman dalam kelompok terbang 13.

Pada kesempatan itu, bupati juga menemui beberapa jamaah calon haji yang sedang sakit. Bupati tampak memberikan semangat dan motivasi kepada para jamaah untuk lekas sembuh dan tetap menjaga kesehatan selama berada di tanah suci nantinya. Sehingga dapat melaksanakan setiap rangkaian ibadah dengan khusuk.

Selain itu, bupati juga berpesan kepada para jamaah untuk tetap menjaga kekompakan dan saling membantu selama pelaksanaan ibadah haji.

"Selamatjalan danselamatmenunaikan ibadah haji bapak dan ibu. Semogaselamathingga kembali lagi ke tanah air dan mendapatkan haji yang mabrur," pungkas bupati.(hms/tbs)
Share:

Wabup Buka Acara Advokasi dan Sosialisasi Kampanye MR

Dharmasraya- Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan membuka acara Advokasi dan Sosialisasi Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Dharmasraya, Senin (30/07). Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Dharmasraya itu diikuti oleh lintas sektor diantaranya dari kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Diskominfo, Dinsos P3APPKB, Kemenag, TP PKK, Forum Kabupaten Dharmasraya Sehat, pihak RSUD, Camat, dan Kepala Puskesmas se Dharmasraya.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan langkah positif dalam upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang vaksin MR.

"Dari pertemuan ini, diharapkan kampanye MR yang menjadi program pemerintah ini betul-betul sampai ke masyarakat. Untuk itu, kepada semua peserta saya minta untuk mengikuti dengan baik kegiatan ini. Mari bersama-sama kita sukseskan kampanye MR ini intuk melindungi masyarakat Dharmasraya dari bahaya campak dan Rubella," ujar wabup.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Kesra Sekretariat Daerah, Syafruddin, dalam sambutannya menjelaskan, kampanye MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.

"Dari pertemuan ini kita berharap semua peserta dapat memahami tentang kebijakan dan situasi program imunisasi di Kabupaten Dharmasraya. Serta memahami tentang pelaksanaan Kampanye MR dan bagaimana pula pandangan Islam terhadap program imunisasi," ujar Syafrudin.

Adapun, ada beberapa materi yang disampaikan dalam acara ini. Diantaranya Kebijakan Program Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan, Rahmadian, Pentingnya Imunisasi dan Permasalahan KIPI oleh Dokter Spesialis Anak, Testimoni tentang Kejadian CRS, Pandangan Islam tentang Program Imunisasi dan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.(hms/tbs)
Share:

Peringatan HAN di Dharmasraya Berlangsung Meriah dan Semarak

Dharmasraya-  Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Dharmasraya berlangsung meriah dan semarak, di Auditorium Kabupaten Dharmasraya, Senin (30/07). Beragam kreativitas anak dan berbagai lomba antar siswa ditampilkan dalam acara yang mengusung tema Anak Indonesia Anak GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat) tersebut. Acara yang akan berlangsung selama dua hari itu juga tampak semakin ramai dengan diselenggarakannya Jambore PAUD tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, saat membuka secara resmi acara itu menyampaikan, peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas.

"Momentum peringatan HAN ini diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak," ujar wabup.

Kepada setiap siswa yang hadir, mulai dari PAUD hingga SMA, Wabup juga berpesan untuk rajin belajar, baik ilmu pengetahuan umum maupun ilmu agama. Sebab akan banyak sekali tantangan yang akan dihadapi pada zaman now ini.

"Kalian adalah generasi emas kami. Kalian akan menggantikan kami dalam mengisi pembangunan bangsa ini. Kalian harus jadi generasi yang GENIUS. Ananda harus tangguh melawan berbagai godaan negatif yang akan merusak cita-cita kalian. Jauhi narkoba, pergaulan bebas dan bahaya laten penggunaan gadget," pesan wabup.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah menggagas dan mendukung terselenggaranya acara ini.

"Hari ini kita memperingati hari anak yg ke 33. Tapi Dharmasraya, mungkin baru kali ini memperingati hari anak. Mudah-mudahan ke depan acara ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, dan anak-anak Dharmasraya dapat ikut memperingati hari anak dengan gembira dan berbahagia," harap Dewi.

Adapun, tema Anak Indonesia Anak GENIUS yang diusung dalam acara ini menurut Dewi cukup menarik dan sangat inspiratif. Tema ini juga sejalan dengan visi PAUD yakni "mewujudkan anak usia dini yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, jujur, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri dan cinta tanah air menuju terbentuknya insan Indonesia yang cerdas komprehensif."

Tema dan visi ini menurut Dewi, dapat dicapai melalui sinergitas lima komponen yang sangat berperan dalam pendidikan anak usia dini. Yaitu peserta didik, guru, orangtua, Satuan PAUD, serta mitra dan masyarakat.

"Kelima komponen ini bertanggung jawab terhadap pemenuhan hak-hak anak sebagaimana mestinya. Antara lain mendidik anak dengan baik, memberikan pelajaran budi pekerti yang mulia, mengajarkan kepada anak segala sesuatu yang memberi manfaat kepada agamanya, tanah airnya dan sumber penghidupannya," tutur Dewi.

Kemudian, sambung Dewi, aspek pendidikan, kesehatan dan gizi sangat menentukan tingkat intelektualitas, kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Untuk itu, Dewi juga menghimbau para orang tua untuk dapat memperhatikan gizi makanan anak. Terapkan pola makan yang sehat, bergizi dan berimbang demi terwujudnya kualitas pendidikan anak-anak kita ke depan.

Dan tidak kalah pentingnya, lanjut Dewi, para orang tua juga diharapkan lebih ekstra mengawasi dan juga membatasi anak dalam penggunaan gadget.

"Selamat Hari Anak Nasional, mari kita wujudkan Anak Dharmasraya Anak GENIUS (gesit, empati, berani, unggul dan sehat," tutup Bunda PAUD.

Turut hadir dalam kesempatan itu jajaran Pemkab Dharmasraya, jajaran Dinas Pendidikan, Ketua GOW Kabupaten Dharmasraya, Ny. Feby Amrizal, dewan pendidikan, kepala sekolah, Pengurus Himpaudi, Wali Murid dan sejumlah tamu undangan lainnya. (hms/tbs)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.