Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 06/28/18 ~ Sorot Sumatera

Nagari Koto Salak Sambut Lebaran dengan Pertunjukan Adat

Dharmasraya, - Nagari Koto Salak punya cara tersendiri dalam merayakan Idul Fitri. Di daerah ini, kemeriahan Hari Raya Idul Fitri ditandai dengan acara Manjalang Pangulu dan Panjek Batang Pinang. Ini merupakan tradisi dalam puncak perayaan Idul Fitri yang terus dipertahankan masyarakat setempat hingga sekarang.

Selain memeriahkan Idul Fitri, acara ini juga menjadi cara masyarakat dalam menjaga persatuan, kesatuan serta kekeluargaan antara ninik mamak, kemenakan, serta masyarakat di Nagari Koto Salak.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang turut diundang dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Nagari Koto Salak yang terus mempertahankan tradisi ini hingga sekarang. Apalagi, acara ini juga dimeriahkan dengan beragam pertunjukan tradisi adat nagari.

"Saya bangga dengan masyarakat Koto Salak, yang terus menjaga dan melestarikan adat dan tradisi di nagarinya. Memang harus begitu. Meskipun zaman semakin modern, tetapi adat, tradisi dan budaya daerah kita jangan sampai kita lupakan. Terus lestarikan dan wariskan kepada generasi muda," ujar bupati.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungannya, bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada panitia penyelenggara demi suksesnya acara tersebut.
Share:

Peletakan Batu Pertama Tanda Dimulainya Pembangunan Sentra IKM Logam

Dharmasraya, Bupati Dharmasraya melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya Pembangunan Sentra IKM Logam di Kabupaten Dharmasraya. Lokasi pembangunan tersebut terletak di Nagari Gunung Medan (depan Pasar Ternak)
 
Sentra IKM Logam ini dibangun dengan Dana Alokasi Khusus Kementerian Perindustrian tahun 2018 senilai Rp 20,8 milyar. Tujuan pembangunan Sentra IKM Logam ini adalah sebagai pusat pengembangan desain dan teknologi alsintan serta peralatan logam lainnya.

"Sehingga untuk perbaikan dan pembuatan logam lainnya nanti dapat dilakukan disini. Dan ini juga dapat menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi operator mesin atau tempat magang bagi siswa SMK perbengkelan," ujar bupati.

Pada kesempatan itu turut pula mendampingi Pj. Sekda Dharmasraya, Adlisman, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, Asben Hendri, Kasubid Perencanaan Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Wilayah II Kementerian Perindustrian RI, Syahresmita, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskumperdag) Kabupaten Dharmasraya, Zubrizal dan sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bagian di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.
 
Pembangunan Sentra IKM Logam ini memerlukan biaya lebih kurang Rp 48,8 milyar. Sementara dana yang tersedia baru Rp 20,8 milyar. Maka dari itu bupati berharap, pihak Kementerian Perindustrian dapat kembali mengucurkan dana DAK tahun 2019 untuk kelanjutan pembangunan Sentra IKM Logam ini nantinya.
 
"Dan kepada camat, wali nagari dan juga masyarakat sekitar, mari kita dukung bersama pembangunan Sentra IKM Logam ini agar berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan," pungkas bupati.
Share:

Bupati dan Jajaran Hadiri Halal Bi Halal di Nagari Sitiung

Dharmasraya,- Acara halal bihalal yang dihadiri Bupati Dharmasraya dan Jajaran berlangsung lancar dan khidmat. Halal bihalal dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Nagari Sitiung. Selain para Pejabat acara tersebut juga dihadiri beberapa anggota masyarakat.

Pada kesempatan itu, Sutan Riska Tuanku Kerajaan  menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat, khususnya Nagari Sitiung yang sudah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Dharmasraya.

"Selamat Idul Fitri. Atas nama pribadi, keluarga besar dan juga pemerintahan, saya mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat," ujar bupati membuka sambutannya dalam kesempatan itu.

Setelah merayakan Idul Fitri, sambung bupati, mari membuka diri dengan hati yang lapang untuk saling memberi dan menerima maaf, agar terbebas dari dosa kepada sesama manusia.

"Dengan saling memaafkan, semoga silaturrahim dan rasa kebersamaan diantara kita terjalin semakin kuat. Mari selalu bergandengan tangan, bersama-sama menjalankan fungsi dan peran kita untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan di daerah yang kita cintai ini," Ujar bupati.
Share:

Bupati Bangun Pasar Sitiung dengan DAK

Dharmasraya,- Rencana pembangunan 18 Kios dan 1 Los di Dharmasraya akan segera dimula.  Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melakukan peletakan batu pertama pembangunan prasarana Pasar Sitiung di Kecamatan Sitiung, Kamis (28/06). 

pembangunan Kios dan Los akan menggunakan Anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus Tahun  2018. Bupati  menyampaikan, pembangunan kios dan Los diharapkan dapat menjawab kebutuhan pengembangan Pasar Sitiung untuk menjadi lebih baik lagi

"Dengan ditambahnya pembangunan fasilitas pasar berupa kios dan los di Pasar Sitiung, kita harap interaksi jual beli antara pedagang dan pembeli dapat berlangsung lebih nyaman. Image buruk yang melekat, seperti pasar rakyat yang kumuh, bau, sembraut, kita harap itu tidak ada lagi, dengan adanya pembangunan dan perbaikan fasilitas pasar yang dilakukan," ujar bupati.

Kepada camat, wali nagari, pengurus pasar serta masyarakat sekitar, bupati juga berpesan agar mendukung pelaksanaan pembangunan pasar tersebut dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kontraktor pelaksana dalam melaksanakan pekerjaannya.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.