Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 05/21/18 ~ Sorot Sumatera

Polres Dharmasraya melarang Peredaran Petasan

Dhamasraya, - Polres Dharmasraya, Sumatera Barat melarang peredaran petasan selama ramadhan.  Selain berbahaya, petasan juga menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat yang sedang melaksanakan salat tarawih.

Polres Dhamasraya menghimbau pedagang petasan dan kembang api agar tidak menjual benda-benda yang bisa meledak tersebut.

"Kami imbau para pedagang kembang api dan masyarakat tidak memproduksi atau menjual petasan karena membahayakan diri sendiri dan orang lain," kata Kapolres Dharmasraya, AKBP Rudy Yulianto, di Pulau Punjung, Senin 21/5

Menurut dia penggunaan petasan sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan kecelakaan fatal. Sehingga diharapkan kepada masyarakat agar tidak lagi menjual petasan selama ramadhan.

"Untuk itu, kami berharap tidak ada peredaran bahan peledak tersebut agar masyarakat aman dan nyaman selama menjalankan ibadah puasa," katanya.

Untuk menjaga keamanan personal Satuan Sabhara terus memantau dengan melakukan patroli diberbagai tempat yang sering dijadikan tempat berjualan petasan.
"Personel Satuan Sabhara terus kami gerakkan untuk melakukan patroli sekaligus sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Selain upaya pencegahan peredaran dan penggunaan petasan, katanya personel juga melakukan patroli pada malam hari untuk mencegah tindak kriminal.
Share:

Pembangunan jembatan Pulai Memasuki Proses Lelang

Dhamasraya, - Pembangunan Jempatan Pulai di Kabupaten dhamasraya akan dimulai selepas lebaran 2018. Proyek tersebut mendapat bantuan Dana sebesar Rp. 55 miliar yang dianggarkan melalui APBD daerah Kabupaten Dhamasraya.

Jembatan Pulai membentang sepanjang 200 meter di Sungai Batang Hari ini juga menjadi akses alternatif menuju Kabupaten Kuantan Singingi sehingga perbaikan jembatan segera dituntaskan. Jembatan pulai juga menjadi penghubung dua kecamatan dengan kecamatan lain di Kabupaten Dharmasraya.

Selain itu jembatan Pulai memiliki peran penting untuk kelancaran akses transportasi. Namun dengan kerusakan diberbagai titik badan jembatan membuat sering timbul kecalakaan dan seringkali terjadi pengalihan jalur transportasi sehingga berdampak pada kegiatan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dhamasraya, Junaidi Yunus mengatakan bahwa Jembatan Pulai harus segera dituntaskan dalam 2 tahun ke depan.

"Pekerjaan proyek ini akan dikerjakan dengan sistem tahun jamak, direncanakan pekerjaan jembatan baru akan rampung dua tahun ke depan," Ucapnya menambahkan

Kerusakan jembatan Pulai di Jorong Pulai, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, menimbulkan dampak luar biasa terhadap akses lalu lintas masyarakat, kata dia.

"Itulah sebabnya tahun ini pemerintah pusat mengucurkan dana untuk memperbaiki jembatan pulai yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia berharap pembangunan jembatan dapat dimulai bulan tahun ini dengan ketentuan proses lelang berjalan sesuai rencana.

Ia menambahkan pembagunan jembatan baru rangka baja diharapkan pengerjaannya berjalan sesuai rencana dan mendapat dukungan dari masyarakat.
Share:

Serentak, Tim Safari Ramadhan Kunjungi Masjid dan Mushala di Dhamasraya

Dharmasraya, - Sebanyak 13 Tim Safari Ramadhan yang telah dibentuk Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada Ramadhan 1439 Hijriah ini, Senin (21/05) mulai turun secara serentak menyambangi masjid dan musholla yang tersebar di 52 nagari dan 11 kecamatan yang ada.

Sesuai instruksi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kunjungan Tim Safari Ramadhan ini adalah untuk menyampaikan informasi-informasi pembangunan, baik yang sudah dilaksanakan, yang sedang dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan, kepada masyarakat.

Tidak itu saja, selain juga menjadi momen membangun silaturahmi dengan masyarakat, safari Ramadhan juga menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk menampung aspirasi, serta masukan dan saran dari masyarakat terkait pembangunan daerah, yang kemudian menjadi catatan dan bahan evaluasi bagi pemerintah daerah dalam pembangunan Dharmasraya ke depan.

Dalam Kunjungan safari Ramadhan ini, setiap tim juga membawa sejumlah bantuan berupa uang 10 juta rupiah, dua karpet sholat dan dua Al Qur'an terjemahan, untuk masing-masing masjid/musholla yang dikunjungi.

Dijadwalkan, masing-masing Tim Safari Ramadhan Kabupaten Dharmasraya akan turun ke empat masjid/musholla selama Ramadhan ini. Itu artinya, dengan 13 tim yang ada, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyambangi 52 masjid/musholla di bulan Ramadhan ini.
Share:

Takjil Menjadi Perhatian DPRD Kota Padang Bersama BPOM

PADANG-Takjil menjadi perhatian DPRD kota Padang. Pasalnya makanan berbuka puasa itu sangat mudah sekali dicurangi pedagang.  Bersama BPOM kota Padang DPRD Kota Padang tingkatkan pengawasan terhadap takjil yang dijual masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Padang, Gustin Pramona meminta Pemko Padang bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan serta pihak terkait lainnya agar meningkatkan pengawasan.

Diharapkan harus lebih teliti lagi dalam memantau makanan-makanan siap saji yang di jualan di bulan ramadhan ini dengan melakukan sidak Supaya tidak ada Takjil yang mengandung zat berbahaya.  Jika nanti ditemukan, kepada penjual Takjil diberi teguran tegas.

Begitu juga untuk antisipasi terhadap produk produk yang sudah kadaluwarsa. Jika ditemukan di super market, minimarket-minimarket, toko segera dilakukan penyitaan agar tidak di perdagangkan lagi.

"Kita hanya ingin memastikan produk yang dijual tidak mengandung zat yang berbahaya, sebab jika dikonsumsi akan berdampak pada kesehatan  masyarakat," tegasnya, Minggu (20/5).

DPRD juga menghimbau Camat untuk lebih memperhatikan makanan-makanan yang dijual oleh para pedagang Takjil di kawasan nya. Jangan sampai makanan dan minuman yang mengandung zat berbahaya, mengandung formalin tetap dijual dan di konsumsi oleh masyarakat.

untuk lebih terjaganya kualitas makanan yang higenis dan sehat, Dinas Perdangan sudah melakukan kerja sama  dengan Balai Pemeriksaan Obat dan Makannan (BPOM). tujuannya untuk menghindari makanan berbahan pengawet serta bahan perwarna yang tidak ada izinnya.

"Kita sangat yakin sekali kepada  pedagang  makanan  dipasar  pabukoan pasar raya, untuk lebih mengutamakan kebersihan,  kita selalu mengingatkan kepada pedagang makan dan minuman  setiap hari untuk lebih menjaga kualitas  makannya," terang Endrizal. (*)
Share:

Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti, Pesantren Ramadhan Merupakan Program Unggulan Kota Padang

Pesantren Ramadhan selalu menjadi agenda setiap tahun di kota Padang. Kegiatan Pesantren dilakukan untuk menanamkan nilai nilai agama kepada anak-anak.

Ketua DPRD Kota Padang ikut dalam pembukaan pesantren di Kota Padang di Masjid syuhada kelurahan Koto baru Nan XX didampingi Rosail Akhyari selaku camat Lubuk Begalung. Pada kesempatan dalam sambutan pembukaan pesantren ia menjelaskan betapa penting peran dan dukungan orang tua

PADANG-Pesantren Ramadhan berperan memaksimalkan perilaku generasi muda, iman yang kokoh. “Kombinasi harmonis antara pemerintah, instansi terkait, masyarakat serta orang tua menjadi sangat penting dalam menyukseskan program yang telah dirancang sedemikian rupa,” ujarnya.

Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti, SE. Akt. mengatakan pesantren ramadhan merupakan program unggulan Kota Padang.

 “Dengan pesantren ramadhan ini akan memberikan pahala yang besar bagi kita,” ujarnya.
Sementara Elly Thrisyanti saat membuka Pesantren Ramadhan mengaku mendapat nikmat Allah karena saat ini bisa bertemu muka dengan masyarakat Koto Baru. “Insya Allah kita mendapat keberkahan dari Allah SWT,” ujarnya.

Menurutnya, Pesantren Ramadhan tidak terlepas dari orang tua dan semua lapisan masyarakat. Tanpa dukungan dan dorongan orang tua, maka Pesantren Ramadhan tidak akan berjalan secara sempurna.

“Bangunkan anak kita dan antarkan mereka ke masjid atau musholla untuk melaksanakan shalat subuh dan mengikuti pesantren ramadhan,” ujarnya.

Elly Thrisyanti juga menyinggung kejadian di beberapa daerah. Dia minta agar masyarakat Kota Padang tetap menjaga kenyamanan. Dengan membangun silaturahim dengan seksama. “Semoga kita selalu dilindungi Allah,” ujarnya
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.