Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 05/04/18 ~ Sorot Sumatera

IDI Dharmasraya: Penuhi Hak Disabilitas Secara Proporsional

Dhamasraya, - Emal Suhedi Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, berharap pemerintah penuhi hak penyadang disabilitas secara proposional. Menurut dia, instansi terkait harus lebih proaktif menggelar kegiatan bersifat edukatif bagi anak berkebutuhan khusus secara berkelanjutan dalam segi kesehatan.

"Banyak yang dapat dilakukan, seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan serta kegiatan sosial lainnya, belakangan hal ini saya lihat masih kurang dilaksanakan," katanya.
Ia mengungkapkan IDI Dharmasraya telah menyepakati kerjasama dengan tiga sekolah luar biasa (SLB) dalam edukasi kesehatan, salah satu poin kerjasama itu membina pembentukan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

IDI juga mendorong penyandang disabilitas ikut dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), kata dia supaya hak kesehatan mereka terjamin secara keseluruhan.

"Penyandang disabilitas harus memperoleh porsi berbeda dalam hal pelayan kesehatan, khusus BPJS harus ada kartu tersendiri bagi mereka, tentu juga harus ada regulasi yang mengatur itu," ujarnya.

IDI Dharmasraya menggelar pemeriksaan kesehatan 107 anak penyandang disabilitas, dalam rangka memperingati Hair Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-110, sebut dia.

"Kagiatan hari ini merupakan bentuk peduli kami organisasi dokter terhadap anak-anak berkebutuhan khusus," ujarnya.
Share:

Dhamasraya Anggarkan Rp 3.4 M Untuk Infrastruktur Sekolah

Dhamasraya, - kepedulian pemerintah kabupaten dhamsaraya terhadap sekolah sangat patut diacungi jempol pasalnya pemerintah Dharmasraya akan memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah itu.

Pemerintah kabupaten dhamasraya telah mengalokasikan Rp. 3.4 miliar untuk membenahi infrastruktur sekolah. Dana itu nanti akan dipergunakan untuk membangun dan memperbaiki sekolah serta biaya biaya operasional lainnya yang berkaitan dengan pembangunan dan perbaikan sekolah sekolah sekabupaten Dhamasraya. 

"Secara keseluruhan ada 25 paket pekerjaan yang dilakukan tahun ini berhubungan dengan pembenahan fisik sekolah," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya, Reno Lazuardi melalui Kepala Seksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana, Husnul Afra di Pulau Punjung, Jumat.

Pengerjaan dan pembenahan kelas dan sekolah akan dimulai setelah lebaran tahun 2018. Ada beberapa kategori yang akan dibenahi seperti pembuatan pagar, dinding sekolah, pembangunan kelas baru serta rehabilitasi dan relokasi

Ia menerangkan kegiatan itu dibagi dalam pembuatan pagar 10 Sekolah Dasar (SD) dengan total anggaran Rp630 juta, yang jumlah nilai kontrak antara Rp50 sampai Rp100 juta.

Kemudian, pembangunan kelas baru di dua Sekolah Menengah Pertana (SMP) dengan anggaran sebesar Rp325 juta, masing-masing nilai kontrak Rp150 juta dan Rp175 juta satu sekolah.
 
Lalu, rehabilitasi dan relokasi lima SD dengan anggaran Rp1,8 miliar, pembangunan ruang kelas baru SD Rp425 juta, dan pengadaan mobiler SD sebesar Rp160 juta.

"Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan mendasar, ini menyangkut pembangunan sumber daya manusia ke depan," katanya.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.