Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 04/09/18 ~ Sorot Sumatera

Kantor Bank Nagari Cabang Pembantu (Capem) Sungai Rumbai Diresmikan Bupati Dharmasraya

Dharmasraya, - Kantor Bank Nagari Cabang Pembantu (Capem) Sungai Rumbai resmi beroperasi. Resminya beroperasi Kantor Capem Bank Nagari ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh bupati bersama Anggota DPR RI, Elviana, dalam acara Grand Opening Kantor Bank Nagari Cabang Pembantu Sungai Rumbai, Senin (09/04). Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Dharmasraya, Masrul Ma'as beserta anggota, Plt Sekda, Leli Arni dan Direktur Keuangan Bank Nagari Pusat, Muhammad Irsyad.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah dirinya menyampaikan terimakasih kepada Bank Nagari yang sudah menempatkan Kantor Cabang Pembantu di Sungai Rumbai.

"Keberadaan gedung baru Bank Nagari Cabang Sungai Rumbai yang representatif ini tentunya akan menumbuhkan kebanggaan tersendiri pada segenap masyarakat Dharmasraya, seiring dengan kiranya perekonomian masyarakat di Kabupaten Dharmasraya juga akan lebih baik," ujar bupati.

Penguatan ekonomi masyarakat Dharmasraya, sebut bupati, menjadi target utama pemerintah daerah. Serta akan menjadi entry point dalam pengambilan kebijakan strategis yang bermanfaat secara optimal dalam mengeksplorasi berbagai potensi daerah.

"Untuk itu kami berharap peran Bank Nagari ataupun perbankan lainnya di Dharmasraya harus proaktif dalam mendukung aktivitas ekonomi masyarakat," pungkas bupati.
Share:

Adzan Pertama Resmi Berkumandang Di Musholla At Taufiq Kantor Bupati Dharmasraya

Dharmasraya, - Adzan pertama resmi berkumandang dari Musholla Kantor Bupati Dharmasraya, di waktu Ashar, Senin (09/04). Ya, hari ini, setelah 14 tahun Kabupaten Dharmasraya berdiri, tiga periode kepemimpinan terlalui, Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya akhirnya resmi memiliki tempat ibadah yang representatif.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Bupati Dharmasraya, H.Amrizal Dt Rajo Medan, dengan rasa penuh bahagia meresmikan musholla kantor bupati yang diberi nama At-Tauhid, itu. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus pengguntingan pita oleh bupati dan wakil bupati. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman empat batang pohon kurma di lingkungan masjid, dan sholat Ashar berjamaah dengan jajaran ASN.

"Semoga musholla ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pegawai dan juga warga sekitar. Semoga juga, dengan adanya musholla ini pegawai bisa lebih nyaman dalam beribadah, dan tidak sholat di sudut-sudut Kantor lagi," ujar bupati.

Tidak lupa, bupati juga mendoakan agar pegawai pemerintah semakin semangat beribadah dan selalu dalam lindungan Allah.

"Serta senantisa ikhlas bekerja untuk kepentingan masyarakat Dharmasraya," pungkas bupati.
Share:

Dharmasraya Dinilai Tim Penilai Provinsi Dalam Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik

Dharmasraya, - Puskesmas Kecamatan Koto Besar mewakili Kabupaten Dharmasraya dalam penilaian Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018. Senin (09/04), tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin oleh Danil Aswat, berkunjung ke Puskesmas Koto Besar untuk melakukan penilaian lapangan. Kedatangan tim yang berjumlah 8 orang itu disambut oleh Plt Sekda, Leli Arni, Asisten III, Martoni, Kepala OPD terkait dan segenap jajaran Puskesmas Koto Besar.

Plt Sekda, dalam sambutannya memaparkan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah melakukan beberapa terobosan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pada Suku Anak Dalam. Beberapa diantaranya, sebut Leli, di bidang kesehatan, dengan memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, penjaringan penyakit tidak menular serta penyuluhan kesehatan.

Juga di bidang pertanian, sambung Leli, pemerintah daerah telah melakukan penyuluhan dan bantuan bibit tanaman perkebunan kepada suku anak dalam.

"Selain itu, kita juga sudah melakukan pendataan serta memberikan kepada mereka kartu Kepala Keluarga sehingga mereka mempunyai NIK yang tetap sebagai warga negara Republik Indonesia," papar Leli Arni.

Leli berharap, dari terobosan-terobosan yang dilakukan, dapat menempatkan Dharmasraya sebagai yang terbaik pada kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tahun ini.

"Sebelumnya Dharmasraya pernah mendapat Harapan II. Semoga sekarang ini jauh lebih baik," harap Leli.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Danil Aswat, mengatakan, terobosan yang dilakukan Dharmasraya dalam memberikan pelayanan kepada suku anak merupakan sesuatu hal yang menarik.

"Semangat untuk Dharmasraya. Mudah-mudahan mendapatkan yang terbaik," tukasnya.
Share:

Bupati Sampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ)

Dharmasraya,- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) atas pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun anggaran 2017 dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dharmasraya, Senin (09/04).

Paripurna yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Sekretariat DPRD itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Masrul Ma'as. Tampak hadir dalam kesempatan para anggota DPRD dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, penyampaian LKPJ ini merupakan pemenuhan amanah undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. LKPJ ini merupakan laporan pertanggungjawaban dari penyelenggaraan berbagai urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah serta wewenang yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan pada APBD Kabupaten Dharmasraya Tahun Anggaran 2017.

LKPJ yang disampaikan, sebut bupati, tentunya memuat tengang kemajuan dan kekurangan, serta permasalahan yang dihadapi selama penyelenggaraan urusan pemerintahan di tahun 2017 Sehingga dapat dievaluasi secara bersama guna melahirkan kebijakan yang lebih tepat untuk tahun-tahun selanjutnya.

"Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Dharmasraya. Untuk itu, kami berharap pandangan dan evaluasi dari pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, untuk kami jadikan sebagai bahan kajian di masa datang," pungkas bupati.
Share:

Sekretariat Komisi IV DPRD Kota Padang, Buka Posko Pengaduan

Suara Parlemen-Posko Pengaduan dan Penelantaran Jamaah Umroh di DPRD Kota Padang hingga saat ini masih terbuka bagi para korban jamaah umroh dugaan penipuan Travel Umroh PT Bumi Minang Pratiwi (BMP) Haji dan Travel beberapa waktu lalu.

Posko pengaduan yang telah dibuka pada Senin (9/4) lalu oleh Komisi IV DPRD Kota Padang melalui Sekretariat Komisi IV DPRD Kota Padang, dari pantauan media ini,  Rabu (18/4) didepan pagar Gedung DPRD Kota Padang Jalan Sawahan No.50 Kecamatan Padang Timur masih terlihat terbentang spanduk panjang sekitar empat meter bertuliskan Posko Pengaduan dan Penelantaran Jamaah Umroh. 

Sekretariat Komisi IV DPRD Padang Alfanedi mengatakan, hingga hari ini sudah ada belasan korban dari jamaah umroh yang memasukkan laporan ke sekretariat Komisi IV DPRD Padang. Sampai kapan Posko pengaduan ini ditutup saya belum tahu pasti, namun yang pastinya kami tetap masih menerima pengaduan dari masyarakat. 

"Kapan ditutupnya posko pengaduan ini kita menunggu komfirmasi dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang. Bagi  korban jamaah umroh yang ingin melapor posko pengaduan di Sekretariat Komisi IV DPRD Kota masih terbuka, " ungkapnya. 

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang H. Maidestal Hari Mahesa menyampaikan alasan membuka posko pengaduan karena kami banyak menerima pengaduan dari masyarakat melalui Short Message Service (SMS), telepon, WhatsApp, dan media sosial lainnya. Banyak yang menyampaikan ke kita, mereka menjadi korban atau sanak familinya yang menjadi korban dugaan penipuan berkedok umroh tersebut," ujarnya.

Dari pada masyarakat mengadu satu-satu melalui SMS, telepon, WhatsApp, dan lainnya, sebaiknya langsung mengadu ke DPRD melalui posko pengaduan yang telah kita buka sekarang ini. Walau sudah banyak yang buka posko pengaduan, seperti pada pihak kepolisian dan Gebu Minang, namun bagi masyarakat yang ingin mengadu ke DPRD, ya kita fasilitasi juga. Masyarakat jangan takut-takut melaporkan," tegas anggota dewan tiga periode yang akrab disapa Esa ini.

Tujuannya, jelas Esa, agar Komisi IV DPRD Kota Padang dapat menghimpun secara keseluruhan data-data korban dugaan penipuan travel umroh dan haji PT BMP dan PT Rindu Baitullah ini. 

Lebihlanjut kata Esa, setelah menerima pengaduan masyarakat dengan data yang jelas, kami akan mengundang Kementerian Agama, dan bagian Perizinan Kota Padang untuk menindaklanjutinya agar tidak menjadi permasalahan lagi di kemudian hari. "Pasalnya kasus serupa juga pernah terjadi di Kota Padang yang melibatkan travel umroh dan haji Al Haram, " sebutnya. 

"Kita tidak ingin kasus ini terulang lagi. Kasihan jamaah yang telah susah payah mengumpulkan uang untuk melepas rindu ke rumah Allah. Mereka menabung dan menyisihkan penghasilan sehari-hari yang tak seberapa, dengan berlinang air mata karena rindu ke Mekkah, tapi malah dikhianati. Ini kan biadab namanya," ujarnya.

Selain itu Esa juga mengatakan walau PT Rindu Baitullah yang dipimpin Epi Santoso, Ketua Baznas Kota Padang sudah melaporkan PT BMP ke polisi,  namun bukan berarti tanggungjawabnya hilang dengan  melempar tanggungjawab dengan melaporkan PT BMP ke polisi. 

"Walau Epi Santoso sudah melaporkan PT BMP ke polisi, namun tanggungjawabnya ke jamaah umroh tidak bisa dilempar begitu saja ke PT BMP. Ia harus bertanggungjawab penuh karena sebagian jamaah itu tidak langsung berurusan dengan PT BMP, tetapi dengan PT Rindu Baitullah," tegasnya.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.