Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 03/26/18 ~ Sorot Sumatera

Pemkab Dharmasraya bentuk kelompok informasi masyarakat


Pulau Punjung,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan membentuk lima Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di lima kecamatan daerah itu pada 2018.

"Pembentukan ini guna memudahkan akses informasi tentang pembangunan di daerah," kata Sekretaris Diskominfo setempat, Hendri di Pulau Punjung, Jumat.

Ia mengatakan pembentukan KIM merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya. Dimana tahun ini akan ditentukan nagari (desa adat) yang siap secara sumber daya manusia dan fasilitas jaringan internet di masing-masing kecamatan.

Lima Kecamatan yang akan dibentuk itu adalah Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Padang Laweh, Kecamatan IX Koto, Kecamatan Asam Jujuhan, dan Kecamatan Tiumang.

"Tahun ini ditargetkan seluruh kecamatan ini sudah terbentuk KIM-nya, tahun sebelumnya telah terbentuk kelompok informasi masyarakat di enam kecamatan dari 11 kecamatan di Dharmasraya," katanya.

Pemerintah setempat juga menargetkan dalam jangka panjang 52 nagari di Dharmasraya terbentuk KIM, dan sebagai tahap awal satu nagari di setiap kecamatan sudah memiliki KIM.

Ia menjelaskan KIM sebagai komunitas yang tumbuh di tengah masyarakat diyakini mampu menyediakan informasi yang akurat.

Dengan terbentuknya KIM dapat memberikan transparansi, keterbukaan dan penjelasan yang lebih terperinci kepada masyarakat terkait segala kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah.

Masyarakat yang tergabung dalam KIM, katanya berkewajiban menerima dan mencari informasi terkait perkembangan pembangunan di daerah mereka sendiri, tambah dia.

"Kami optimistis jika sudah terbentuk manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat di sekitarnya, kelompok-kelompok lain akan tumbuh dengan sendirinya," katanya. (*)
Share:

Kalangan legistator DPRD Agam diminta untuk menjalin silaturrahmi dengan seluruh elemen masyarakat


 

Agam— Kalangan legistator DPRD Agam diminta untuk menjalin silaturrahmi dengan seluruh elemen masyarakat karena hal itu penting dalam upaya mendorong optimalnya tuigas dan tanggungjawab DPRD Agam sebagai pembawa aspirasi masyarakat dalam kemajuan daerah.
Hal itu disebutkan ketua DPRD Agam Marga Indra Putra kepada wartawan termasuk kaba12.com, saat coffee morning bersama para wartawan yang bertugas di kabupaten Agam, Senin,(26/3).
Marga Indra Putra menegaskan, bahwa silaturrahmi dengan masyarakat adalah kunci sukses bagi kalangan DPRD Agam dalam menjabarkan tugas pokok dan fungsi anggota dewan, tidak hanya dalam konteks sebagai wakil rakyat, tapi juga dalam menjabarkan aspirasi pembangunan yang menjadi tanggungjawab anggota dewan.
Apalagi saat ini, menjelang memasuki tahun politik, pemilu legislayif 2019 mendatang, silaturrahmi dan menjalin kebersamaan dengan seluruh masyarakat, khususnya konstituen menjadi kunci penting dalam proses pemilihan itu sendiri, sehingga bisa kembali dipilih dan diberi amanah kembali oleh masyarakat.
“ Jika tidak bersilaturrahmi dan berkomunikasi dengan baik bersama masyarakat yang memberi amanah, tugas yang diemban takkan berhasil, bahkan masyarakat yang semakin cerdas saat ini, akan secara tegas tidak akan menjatuhkan pilihannya kembali, tidak para anggota dewan yang sebelumnya dipilih, jika tidak bisa sehati dan bisa berkomunikasi dengan masyarakat,” tegas ketua DPRD Agam itu.
Marga Indra Putra menyebutkan, bahwa media dan moment yang bisa dimanfaatkan para anggota dewan untuk bisa langsung berkomunikasi dan bersilaturrahmi dengan para pemilihnya, tidak hanya membaur dengan ragam aktivitas masyarakat secara langsung, jika moment reses perseorangan di daerah pemilihan masing-masing bisa menjadi kesempatan untuk memperkokoh silaturrahmi.
“Pertemuan seperti reses perseorangan itu untuk menjemput aspirasi dari masyarakat  baik pembangunan jalan, jembatan, sarana ibadah, masalah sosial dan kesejahteraan masyarakat yang harus diperjuangkan di APBD, hal itu sangat penting, tidak hanya dalam lancarnya akses ekonomi warga jika berbagai sarana pembangunan memadai, tapi juga, akses transportasi masyarakat menjadi normal untuk membawa hasil pertanian, perkebunan dan lainnya, anggota dewan harus berpihak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,”tegas ketua DPRD Agam itu lagi.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.