Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 02/24/18 ~ Sorot Sumatera

Wabup Hadiri Wisuda Tahfizh Angkatan ke III Rumah Tahfizh Al Fatihah


Wabup Hadiri Wisuda Tahfizh Angkatan ke III Rumah Tahfizh Al Fatihah

Dharmasraya - Wakil Bupati Dharmasraya,Amrizal Dt Rajo Medan, menghadiri acara Wisuda Tahfizh Angkatan ke III Rumah Tahfizh Al Fatihah Dharmasraya, di Jorong Lambau Pulau Punjung, Sabtu (24/02). Wisuda ini diikuti oleh 49 santri penghafal qur'an dari berbagai tingkatan.
Dalam kesempatan itu, wabup menyampaikan apresiasinya kepada Rumah Tahfizh Al Fatihah Dharmasraya yang sudah menunjukkan eksistensiya dalam mencetak generasi penghafal qur'an di Dharmasraya.
Menurut wabup, pengaruh globalisasi saat ini telah menyebabkan terjadinya kemerosotan moral generasi. Itulah kenapa, sambungnya, anak-anak perlu dididik dengan landasan keimanan yang kuat. Salah satunya dengan cara mendekatkan anak-anak dengan al qur'an.
"Saya bangga, Rumah Tahfizh Al Fatihah Dharmasraya punya semangat yang kuat untuk mencetak generasi-generasi pencinta qur'an di Dharmasraya. Mudah-mudahan ke depan, Rumah Tahfizh Al Fatihah Dharmasraya semakin maju dan berkembang, dan mencetak lebih banyak lagi generasi penghafal qur'an di Dharmasraya," ujar wabup.
Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda Tahfizh Angkata ke III Rumah Tahfizh Al Fatihah, Irfan Rahman, dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati yang sudah berkenan hadir dalam acara Wisuda Tahfizh Angkatan ke III Rumah Tahfizh AL Fatihah Dharmasraya untuk ke dua kalinya.
Adapun, sambungnya, wisuda tahfizh kali ini mengusung tema "Bersama Rumah Tahfizh Alfatihah Dharmasraya Kita Tumbuhkan Generasi Pencinta Al Qur'an".
"Untuk mewujudkan hal ini, kami berharap ke depan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mempunyai program untuk membesarkan rumah-rumah tahfidz, agar semakin banyak lahir generasi penghafal qur'an di Dharmasraya," pugkasnya.(***)
Share:

Bank Nagari,Gelar Gerakan 2000 Hafizh Quran di Sumatera Barat

PARIWARA BANK NAGARI

Padang,sorotsumatera.com-Bank Pembangunan daerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari menggelar Press Conference Gerakan 2000 Hafizh Quran di Sumatera Barat, dengan menggandeng duta Al QuranIndonesia (DQI), dan Transmar Padang meluncurkan gerakan itu di kantor pusat jalan Pemuda no 21 Padang.

Kegiatan ini didukung dan menghadirkan Chairul Tanjung, Sandiaga Uno, Irwan Prayitno, Mahyeldi Ansharullah, Sekdaprov, ACT, Sutjahja Nugroho (FIF Astra), Darwisman (OJK), Bank Indonesia, Satria (GM Carefour), Ahmad Permana (dirut Bank Muamalat) dan undangan lainnya.

Tujuan Gerakan Hafizh 2000 Quran adalah untuk mencetak generasi muda yang Qurani dan berkualitas. Kegiatan awal dimulainya gerakan 2000 Tahfiz Quran di Sumatera Barat, adalah untuk menciptakan generani muda yang Qurani. Program ini terselenggara atas kerjasama Bank Nagari dengan Duta Quran Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama Bank Nagari  Dedy Ihsan, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Hendri. Juga hadir Ustad Farrel M. Rizky dari Duta Quran Indonesia  bersama Penasehat DQI  Sandiaga Uno yang juga Wakil dari Walikota Jakarta  serta Satria Hamid dari Transmar, Dalam hal ini Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari  merupakan pelaksana  program.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno
sangat mengapresiasi diadakannya gerakan 2000 Hafiz Quran 2018 yang diselenggarakan oleh Bank Nagari dan Yayasan Duta Quran Indonesia di Kota Padang, Sabtu, (20/1/2018)

"Kami sangat mengapresiasi gerakan 2000 hafizh di Kota Padang, Provinsi Sumbar mempunyai visi Sumbar sejahtera dan madani, sedangkan madani adalah penjelasan dari masyarakat yang beradab dari nilai-nilai Quran," ungkap Irwan.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan bahwa anjuran membaca Quran bagi masyarakat Sumbar yang mayoritas beragama Islam terkadang dinilai oleh sebagian pihak tidak demokrasi, begitu juga dengan pemberlakuan Perda Syariah yang dianggap intoleran.

"Bahkan Sumbar untuk Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) masuk kategori buruk, namun kita harus menyadarinya bahwa indikator demokrasi tergantung kepada masyarakat kalau masyarakat suka dengan anjuran membaca Quran dan Perda Syariah itu bukan berarti Sumbar tidak demokrasi malahan yang tidak demokrasi tersebut ketika ada penolakan-penolakan dari daerah,"ujarnya.

Direktur Utama Bank Nagar, Dedi Ihsan  gerakan ini adalah pengembangan  dari program 100 Hafizh Quran di Tanah Datar  yang digagas UUS Bank Nagari tahun 2016 . Kami berfikir bagaimana kalau program hafizh yang tadinya hanya terkosentrasi pada daerah Tanah Datar lebih luas lagi untuk kop Sumatera Barat. 

Direktur Utama Bank Nagar, Dedi Ihsan menyebutkan bahwa Bank Nagari akan menerima guru tahfiz tanpa tes untuk ditempatkan di Sekolah Tahfizh nantinya. Dengan menghafal Alquran, lanjutnya manusia akan dijaga dari fitnah dan lebih semangat serta lebih bersyukur menjalani kehidupan.

"Kalau mau bahagia ya kita semua harus ramai-ramai baca Alquran karena Alquran menawarkan solusi atas semua masalah," ujar Irwan.

Kemudian ia menyebutkan pada 2017, gerakan seperti ini juga sudah dimulai dan menghasilkan 1.000 hafiz Alquran. Tahun lalu kegiatan ini kita laksanakan di Kabupaten Tanah Datar, katanya.

Untuk pendanaannya, ujar dia akan diatur oleh Bank Nagari dan juga Duta Quran Indonesia, kemudian juga PT Trans Retail Indonesia turut ambil bagain dalam pendanaan ini.

Direktur Utama Bank Nagari, Dedi Ikhsan mengatakan saat ini pihaknya telah membuka sebanyak 2.000 rekening untuk hafiz tersebut semua bantuan akan masuk ke rekening tersebut. Ada rekening penampungan dan akan dikoordinasi dengan pihak Duta Quran Indonesia bagaimana metode pengirimannya, ujarnya.

"Saya di rumah juga membantu masyarakat untuk menghafal Quran dengan mendirikan rumah tahfizh bagi masyarakat setempat," katanya. (***)

Share:

Rombongan DPRD Kampar Silahturahmi ke DPRD Agam


Lubukbasung — Wakil Ketua DPRD Kampar, Ir. H. Sahidin bersama rombongan mengunjungi DPRD Agam, Jum’at (23/02).
Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan sekaligus berbagi informasi terkait dengan pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD pasca diterapkannya e-planning.
Rombongan Wakil Ketua DPRD Kampar diterima oleh Kabag Umum Sekretariat DPRD Agam Boy Vetris, Kabag Hukum dan Persidangan Desnawati dan Kabag Anggaran Nasrial, di ruang Kabag Umum, serta turut hadir Humas DPRD Agam.
Pada kesempatan itu, Kabag Umum Sekretariat DPRD Agam, Boy Vetris menyampaikan permintaan maaf dari pimpinan DPRD Agam karena pada waktu yang sama sedang melaksanakan tugas diluar kantor, begitu juga Sekretaris Dprd Agam pada hari juga sedang tidak ditempat karena ada acara Bintek bersama kepala OPD lainnya.
Sementara itu, Kabag Hukum dan Persidangan DPRD Agam, Desnawati, menjelaskan tentang pelaksanaan pokir melalui e-planning yang merujuk kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 tahun 2017.
“Di kabupaten Agam, pokir dikawal mulai dari tingkat nagari, kecamatan dan Forum OPD. Dalam tahapan perencanaan telah diatur dalam Peraturan Bupati No 65 tahun 2017 tentang kalender pokok pemerintah daerah tahun 2018,” jelasnya.
Wakil Ketua DPRD Kampar, Ir. H. Sahidin, menyampaikan rasa puasnya dengan informasi yang dipaparkan oleh Kabag Umum Sekretariat DPRD Agam, Kabag Hukum dan persidangan serta Kabag Anggaran, karena telah memberikan informasi yang jelas tentang pelaksanaan pokok-pokok pikiran.
“Kami merasa cukup puas dengan infomasi yang disampaikan, sudah terjawab rasanya apa yang selama ini menjadi keraguan bagi Anggota DPRD Kampar, ”ungkap Wakil Ketua DPRD Kampar tersebut.


Ia juga mengatakan keraguan bagi anggota DPRD Kampar saat ini adalah tentang pelaksanaan dan prosedur pokir, karena di kabupaten tersebut pengawalan pokir belum sampai ke forum OPD.
Share:

Anggota DPRD Agam Arman J. Piliang, apresiasi pelantikan kepala SMPN 1 Canduang


 Lubukbasung, —  Anggota DPRD Agam Arman J. Piliang, apresiasi pelantikan kepala SMPN 1 Canduang, Sabtu, (23/2).
Bahkan, Arman J. Piliang menaruh harapan, sosok kepala SMPN 1 Canduang yang baru bisa memacu prestasi sekolah tersebut.
Hal itu disebutkan AJP, panggilan akrab Arman, saat serah terima jabatan kepala SMPN 1 Canduang dari plt.kepala sekolah Jainil Agusmentri.SPd kepada pejabat definitif yang dihadiri Dinas Pendidikan Kebudayaan kabupaten Agam Aslim S.Pd M.Pd

AJP yang hadir sebagai tokoh masyarakat itu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pejabat lama semoga upaya yang sudah dilakukan selama ini dapat ditingkatkan oleh pejabat yang baru terutama sekali didalam bidan pendidikan.
AJP, juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada pimpinan yang baru dimana SMPN 1 Canduang disebutkan sebagai SMP terdepan dan berprestasi di Kabupaten Agam dan berpotensi besar dalam memajukan dan mencerdaskan prestasi didik kedepan.
AJP berharap kedepan harus ada peningkatan terhadap keterbatasan sarana yang ada saat ini seperti ruang kelas baru, dan sarana komputer sehingga dalam pelaksanaan UNBK tidak menumpang lagi ke SMA Ampek Angkek.
” Kami memberi dukungan penuh untuk kemajuan dan prestasi siswa SMPN 1 Canduang karena sekolah tersebut sudah menjadi bagian penting dalam berbagai aktivitas masyarakat, ” sebut Arman J. Piliang.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.