Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 02/14/18 ~ Sorot Sumatera

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra Reses ke Nanggalo

Suara Parlemen,Sorotsumatera.com-Memasuki Reses Masa Sidang I Tahun 2018 para anggota DPRD Kota Padang turun ke daerah pemilihannya untuk menjemput aspirasi masyarakat. Reses masa sidang I tahun ini terhitung sesuai jadwal badan musyawarah mulai tanggal 7 sampai 11 Februari 2018.

Wakil Ketua DPRD Padang Kota Padang, Wahyu Iramana Putra dari Daerah Pemilihan (Dapil)  Kecamatan Nanggalo, Padang Utara dan Kecamatan Padang Barat, dalam reses ini menjemput aspirasi ditengah masyarakat yang dilaksanakan di RT 05 RW 3 Tanjung Berok Kampung Pulau Batam, Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Rabu, 7 Februari 2018.

Terlihat antusias dari kehadiran ratusan masyarakat Tanjung Berok Kampung Pulau Batam, Kelurahan Kurao Pagang dalam kegiatan reses itu.


Kegiatan reses yang dilaksanakan Wakil Ketua DPRD Padang ini terlebih dahulu dilaksanakan dengan acara makan bajamba di teras Masjid Ansharullah bersama tokoh masyarakat, Ketua RT, RW, LPM, majelis taklim,  pemuda dan warga setempat.

Turut hadir dalam kegiatan reses tersebut Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi serta tokoh masyarakat sekaligus Calon Wakil Wali Kota Padang, Desri Ayunda.

Selain digelarnya acara makan bajamba, kegiatan reses I Wahyu Iramana Putra ini juga diiringi hiburan live musik Kim dengan berbagai hadiah menarik, yang dilaksanakan di samping Masjid Ansharullah.

Tokoh masyarakat setempat sekaligus Ketua RT 05, H.Syahrial dalam kesempatan itu mengatakan bahwa masyarakat di Tanjung Berok Kampung Pulau Batam, Kelurahan Kurao Pagang ini lebih banyak berkehidupan ekonomi menengah ke bawah. Masyarakat disini lebih banyak bekerja serabutan.



Lebih lanjut disampaikan, dalam kesempatan Gotong Royong yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Bapak Wahyu Iramana Putra berjanji akan membantu pembangunan Masjid Ansharullah serta Gapura jalan masuk ke kampung ini. "Untuk itu kami warga setempat tidak ingin nantinya hanya janji tinggal janji saja, " katanya

Terkait pembangunan lantai dua Masjid Ansharullah ini disebabkan anak mengaji TQA dan TPQ ada sebanyak150 orang, sehingga  pembagunan lantai II ini mendesak untuk tempat mengaji. Selain itu disini untuk belajar mengaji anak - anak tak dipungut bayaran, gratis.

"Ia juga menyampaikan,  untuk gaji guru disini yang sebelumnya Rp 200 ribu sudah naik menjadi Rp.400 ribu yang  dicarikan dari donatur. Sementara untuk keamanan disini aman, keamanan ketertiban bisa dijaga bersama- sama oleh warga," tutupnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra menyampaikan bahwa tahun lalu untuk kegiatan reses ini dia tak sempat ke Nanggalo tapi ke Padang Utara. Namun untuk kali ini saya laksanakan masa reses I ini di sini, dimana disini ada sebanyak 650 KK di RT 05 RW 3 Tanjung Berok Kampung Pulau Batam  Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo ini, "katanya.

Rasa kebersamaan warga di sini dan  semangat gotong royongnya sangat luar biasa dan  kita apresiasi sekali untuk itu. Disini termasuk kawasan kantong kemiskinan masyarakatnya banyak yang tergolong ekonomi lemah atau miskin dengan pekerjaan serabutan. Daerah ini juga diketahui adalah daerah rawan banjir,  ini harus jadi perhatian kita bersama.

Dalam kesempatan itu Wahyu juga menyampaikan bahwa melalui pokok-pokok pikiran (Pokir) nya selaku Wakil Ketua DPRD Padang ingin menyelesaikan pembangunan lantai dua Masjid Ansharullah ini untuk sarana bagi anak-anak kita dalam belajar ilmu agama.

Tidak ada orang yang jadi miskin jika dia rajin memberikan bantuan terhadap sesama, berbuat untuk kebaikan dan kita akan melakukan yang terbaik.

Kita harapkan bagaimana anak -anak disini bisa menjadi generasi yang beriman dan bertaqwa dibekali ilmu agama. "Saya minta agar diadakan anak-anak yang bisa hafiz Qur'an mulai dari 1, 2, 3 hingga 4 Juz dan seterusnya," harapnya.(*)
Share:

Enam Fraksi Setujui Ranperda Pengelolaan Zakat dan Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin


Enam Fraksi Setujui Ranperda Pengelolaan Zakat dan Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin

Dharmasraya - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan Zakat dan Bantuan Hukum untuk Mayarakat Miskin yang diinisiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya kembali dirapatkan di Ruang Rapat Utama Sekretariat DPRD, Rabu (14/02).
Pembahasan dua Ranperda tersebut saat ini sudah sampai pada tahap Pandangan Fraksi DPRD atas tanggapan yang diberikan oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di hari sebelumnya.
Setidaknya, ada enam fraksi yang menyampaikan pandangannya dalam Rapat Paripurna DPRD yang dihadiri oleh Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan itu. Yakni, Fraksi Golkar, Fraksi PDI-P, Fraksi Demokrat, Fraksi Hati Nurani Kebangsaan, Fraksi Gerindra Sejahtera dan Fraksi Nasdem.
Dalam penyampaian pandangan fraksi tersebut, semua pada prinsipnya menyetujui rencana peraturan daerah tentang Pengelolaan Zakat dan Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin ini.
Namun tentu, Ranperda ini perlu pengkajian dan pembahasan secara lebih mendalam antara Pemerintah Daerah dan DPRD.(***)
Share:

Bupati Hadiri hari jadi Nagari Muara Timpeh VI ke-25


Ranah Palabi Peringati Hari Jadi ke 25
Dharmasraya - Nagari Muara Timpeh VI (Ranah Palabi) memperingati Hari Jadi ke 25. Peringatan hari jadi ini dilakukan dengan menggelar kegiatan bersih desa dan turnamen bola voli, yang puncaknya dilaksanakan pada Selasa (13/02) malam.
Kegiatan tasyakuran yang juga digelar sebagai rangkaian acara puncak pada malam itu turut dihadiri oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Pada kesempatan itu, bupati juga didapuk untuk membuka secara resmi turnamen bola voli yang dilaksanakan.
Dalam sambutannya, bupati mengapresiasi kegiatan bersih desa dan turnamen bola volli yang diadakan untuk peringatan hari ulang tahun Nagari Ranah Palabi.
"Melalui momen ini, diharapkan kebersamaan masyarakat semakin terekat kuat," ujar bupati.
Tidak hanya itu, bupati juga mengapresiasi kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat tanpa harus memandang asal suku dan nagari. Semua terlihat saling bahu membahu.
"Ini adalah modal besar untuk membangun Kabupaten Dharmasraya yang kita cintai ini," tandas bupati.(***)
Share:

Anggota DPRD Agam ikut Partisipasi Acara Musrenbang Di Kecamatan Canduang


Agam  — Anggota DPRD Agam menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, Kecamatan Candung, di Gedung Serbaguna Nagari Bukik Batabuah, Rabu (14/02).
Musrenbang itu juga dihadiri anggota DPRD Sumbar, Murdani, SE, MM yang putra Kecamatan Canduang.
Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, menyampaikan bahwa yang belum tertampung dalam musrenbang tersebut akan masuk ke Pokir anggota DPRD dan Rencana Kerja OPD.

“Kita berharap seluruh anggota DPRD Agam yang hadir pada musrenbang ini dapat menjadikan ini sebagai representasi dari aspirasi seluruh masyarakat. Meski beda partai, namun visi dan misi tetap sama yaitu untuk memajukan masyarakat kabupaten Agam sesuai dengan visi misi kabupaten Agam,” jelasnya.
Ditambahkan, seluruh perencanaan ini akan bermuara dan menjadi bahan pembahasan di DPRD Agam. Untuk anggota DPRD Sumbar, Suharman berharap, agar bersama-sama membangun sinergitas dalam memajukan pembangunan kabupaten Agam yang luas ini.
Sementara itu, anggota DPRD Sumbar, Murdani, SE, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, musrenbang artinya bicara tentang prioritas dan kewenangan.
“Saat ini, secara fisik pembangunan di kecamatan Canduang sudah hampir rampung dan mungkin tidak seberapa lagi. Hal ini terbukti dengan hampir meratanya pembangunan sarana dan prasarana di tiap-tiap nagari,” ujarnya.
Ia menyebut, saat ini yang penting adalah peningkatan ekonomi kerakyatan dan pembangunan SDM. Karena, ekonomi kerakyatan yang diharapkan tentu berbasis pada potensi lokal nagari. Namun, masih banyak potensi-potensi di kecamatan Canduang yang belum terolah maksimal.
“Dalam merumuskan hasil musranbang, kita akan memilah dan memilih apa yang akan menjadi kewenangan kabupaten dan nagari, dan mana yang tidak mampu diakomodir oleh kabupaten akan menjadi pokir DPRD provinsi nantinya,” ungkap Murdani.
Ketua tim fasilitator Musrenbang Agam. Drs. Welfizar, M. Si menyampaikan bahwa saat ini Agam telah menerapkan e-Planning dalam perencanaan pembangunan. Secara tahapan hampir sama dengan yang lalu, namun untuk yang sekarang ini harus memperhatikan batas waktu dalam menginput usulan-usulan pembangunan.
Musrenbang ini juga dihadiri sekretaris DPRD Agam, Indra S.Sos, MAP, kepala OPD Pemkab Agam, Forkopimda Plus, Walinagari, Ketua Bamus, Ketua KAN, kepala sekolah, tokoh masyarakat dan stakeholders lainnya.
Share:

Anggota DPRD Agam Kawal acara Musrenbang Di Palupuah


Agam— Anggota DPRD Agam soroti secara khusus berbagai program yang dirancang dalam musrenbang 2019 di kecamatan Palupuah, Rabu,(14/2).
Sorotan anggota dewan diarahkan, untuk program-program strategis yang berpihak pada kepentingan masyarakat luas.
Beberapa poin yang dibedah khusus dalam musrenbang 2019 kecamatan Palupuah, oleh Novi Irwan dan Djasli anggota DPRD Agam, terutama berkaitan dengan kesejahteraan guru honor, dimana harapan, pemerintah sudah harus mempertimbangkan kenaikan, dari hanya Rp.200.000 per bulan, menjadi Rp.450.000 per bulan.
Novi Irwan dan Djasli yang menyampaikan sambutan dalam musrenbang itu, juga minta kegiatan rehab pasar rakyat dan pembenahan sarana wisata di kecamatan Palupuah bisa menjadi prioritas pemerintah dalam pembangunan 2019 mendatang, mengingat hal itu penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat dan kegiatan ekonomi.
Disisilain, dua anggota DPRD Agam tersebut, juga berharap, pemerintah dan unsure terkait segera menuntaskan dan mevalidasi data warga miskin, sehingga kegiatan dan arah kebijakan kesejahteraan sosial masa datang bisa lebih terarah.
Musrenbang 2019 kecamatan Palupuah yang dihadiri asisten II Sekab Agam H.Isman Imran ,didampingikepalaBadanKesbangpolpolAgamYunilson, kepala BKD AgamHendri, G dan Kabag.Hukum-Persidangan DPRD Agam Desnawati,SH, di aula kantor camat Palupuah, juga hangat dengan diskusi berbagai materi yang berkaitan dengan program dan terobosan pembangunan yang mesti dilakukan di Palupuah.
Share:

M.Abrar dan Nofrizal Anas Bagi Aspirasi Pada Saat Musrenbang

Agam  — Anggota DPRD Agam dari Dapil VI ( Matur –Tanjung Raya ) akan mengawal secara khusus berbagai aspirasi yang sudah dituangkan dalam rencana pembangunan yang kini dibedah dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) 2019.
Pasalnya, berbagai aspirasi masyarakat yang dituangkan dalam rencana pembangunan tersebut sepenuhnya berorientasi pada target peningkatan kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah yang sesuai dengan visi-misi daerah.
Sepertihalnya pernyataan M.Abrar dan Nofrizal Anas, dua anggota DPRD Agam yang hadir dalam musrenbang 2019 di aula UDKP Matur, Selasa,(14/2) dipimpin ketua tim fasilitator Rahmat Lasmono didampingi Boy Vetris, SH dari secretariat DPRD Agam dan dihadiri camat Matur Tedy TRD.
Dalam sambutannya M.Abrar, menyebut berbagai rencana yang sudah dituangkan dalam berbagai tahapan, menjadi bagian tak terpisahkan dalam memacu pertumbuhan pembangunan daerah dalam berbagai aspek.
Sasarannya, kesejahteraan masyarakat yang dilandasi visi madani, merupakan hal mutlak yang akan dikawal khusus DPRD Agam, “ keberadaan anggota dewan, sepenuhnya untuk masyarakat, “ sebut M.Abrar lagi.
Sementara dalam sesi diskusi, berbagai hal dibedah tim fasilitator musrenbang melibatkan seluruh walinagari dan unsure terkait kecamatan, termasuk penerapan aplikasi e-planning yang diharapkan bisa maksimal, dalam upaya melahirkan program- program pembangunan yang bernas, terbuka dan bisa dipahami oleh semua elemen masyarakat, sebagai agenda prioritas yang diarahkan untuk mendorong kemajuan pembangunan di kecamatanMatur.
Untuk wilayah Matur, harapan terealisasinya pembangunan sarana dan infra struktur yang sangat dibutuhkan masyarakat masih sangat dominan, terutama untuk mendukung kegiatan ekonomi, perkebunan, pertanian dan mendorong optimalnya potensi wisata di wilayah kecamatan Matur yang dikenal luar biasa.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.