Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 01/30/18 ~ Sorot Sumatera

Ketua DPRD Agam Tanpung Aspirasi Masarakat Di daerah Pemilihan Saat Reses



Jetnews, Agam — Guna untuk menjemput aspirasi dari masyarakat, Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra. S, Pd. melakukan reses kedaerah pemilihan. Kali ini Ketua DPRD Agam tersebut melakukan reses ke Jorong Banda Gadang Kecamatan Tanjung Mutiara, Sabtu (26/01).
Pada kegiatan itu, Ketua DPRD Agam disambut meriah oleh masyarakat sekitar. Turut hadir pada kesempatan itu, Wali Nagari Tiku Selatan Bagindo Karman, Jorong Banda Gadang Zarman Abadi, Ulama Tanjung Mutiara Tuanku Sidi Kamardi, Palo Mudo Yusuf Suratman serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya.
Dalam sambutannya, Marga Indra Putra, mengatakan kegiatan kali ini dalam rangka silaturahmi dan juga untuk menjemput aspiarasi ke masyarakat di daerah pemilihan.
“Agenda ini sudah diatur dalam undang-undang bahwa anggota DPRD wajib turun ke daerah pemilihan untuk menemui konstituennya (masyarakat). Saya berharap, semua kita yang hadir disini bisa menyampaikan aspirasinya,” ujarnya.
Sementara itu, Wali Nagari Tiku Selatan, Bagindo Karman, meminta kepada Ketua DPRD Agam untuk memperhatikan Jorong Banda Gadang ini seperti jalan, jembatan dan tali banda yang butuh perbaikan.
Sedangkan, Tokoh Masyarakat yang juga sebagai Ulama Tanjung Mutiara, Tuanku Sidi Kamardi meminta kepada Ketua Dprd untuk mengusulkan pengaspalan dari pinggir jalan raya minimal satu kilometer, karena jalan tersebut dipergunakan sebagai jalur evakuasi tsunami.
“Padahal rumah penduduk sangat banyak, mengapa jalan tidak diperhatikan oleh pemerintah dan ini perlu kita sampaikan kepada Ketua DPRD. Kita berharap dalam jangka waktu dekat ini jalan di Jorong Banda Gadang ini sudah diaspal,” ungkapnya.
Selain itu, ia juga menyebut agar jembatan Sungai Tarok yang sudah lama rusak untuk diperbaiki, karena itu merupakan akses utama untuk Pondok Bersalin Desa (Polindes) dan juga jalur evakuasi tsunami. Masyarakat juga mendesak kepada Ketua DPRD Agam untuk mendorong dan keseriusan dari pemerintah daerah untuk Pemekaran Nagari Tiku Selatan.
Ketua DPRD Agam menjelaskan bahwa tahun 2018 ini jalan Jorong Banda Gadang akan diaspal, tapi tidak tahu sebarapa jauh yang diaspal. Mengenai pemekaran nagari, Marga Indra Putra menyebut, hal itu tidak perlu menunggu lama, yang penting tim bisa menyiapkan syarat-syaratnya seperti jumlah penduduk dan luas nagari, jika sudah lengkap, maka bisa dinaikan.
“Mengenai jembatan yang rusak, akan kita tinjau dalam waktu dekat ini bersama Dinas PU. Kita akan lihat seberapa kerusakannya, nanti bisa ditentukan teknis nya oleh Dinas PU apakah masih bisa gunakan atau tidak,” jelas Ketua DPRD Agam tersebut.
Mengenai normalisasi sungai, Marga Indra Putra mengatakan akan dibicarakan kembali, untuk saat ini fokus pada jalan terlebih dahulu. Ia berharap, apa yang menjadi aspirasi masyarakat, bisa teralisasi sesuai yang diharapkan.
Share:

Transmigrasi di Kabupaten Dharmasraya Kian Maju dan Berkembang

Dharmasraya - Masyarakat Nagari Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar memperingati Hari Jadi Transmigrasi Nagari Koto Tinggi ke-38. Peringatan hari jadi transmigrasi ini dikemas dalam bentuk upacara bendera yang dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Nagari Koto Tinggi, Selasa (30/01). Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bertindak sebagai pembina dalam upacara yang diikuti oleh pelajar dan seluruh elemen masyarakat setempat itu.
Dalam sambutannya, bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada Wali Nagari Koto Tinggi bersama Bamus Nagari Koto Tinggi beserta seluruh perangkat nagari dan masyarakat yang telah menyiapkan acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Transmigrasi Nagari Koto Tinggi ke-38, yang sekaligus juga pelaksanaan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Dharmasraya ke 14.
"Semoga rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, khususnya di Nagari Koto Tinggi ini dalam rangka peningkatan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan percepatan pembangunan di berbagai sektor," ujar bupati.
Tidak hanya itu, sebut bupati, kegiatan ini juga telah menceminkan suatu kehidupan yang rukun dan tentram di tengah masyarakat.
"Walaupun warga kita berasal dari beberapa daerah asal, yang mayoritas berasal dari Kabupaten Agam dan Pulau Jawa. Semoga hal ini dapat kita pertahankan selamanya," tukuk bupati.
Sejarah transmigrasi di Kabupaten Dharmasraya, sambung bupati, telah dimulai sejak tahun 1965. Dan hingga saat ini pun, Kabupaten Dharmasraya masih menyelenggarakan program transmigrasi yang merupakan salah satu dari empat kabupaten penerima transmigrasi yang ada di Provinsi Sumatera Barat.
"Penyelenggaraan transmigrasi secara nasional untuk penyebaran penduduk dari tempat yang padat ke tempat yang masih sedikit jumlah penduduknya. Tapi bagi Kabupaten Dharmasraya, penyelenggaraan transmigrasi lebih ditekankan sebagai upaya untuk pengembangan dan membuka daerah-daerah baru sehingga dapat memacu pertumbuhan dan ekonomi masyarakat sekitar," papar bupati.
Berdasarkan data yang ada, lanjut bupati lagi, Kabupaten Dharmasraya sampai saat ini telah menerima penempatan transmigrasi sebanyak 12.714 KK, dengan jumlah jiwa sebanyak 55.847 jiwa, yang telah ditempatkan pada 23 Unit Pelaksana Transmigrasi. Pada kondisi saat ini sebagai besar dari eks UPT tersebut sudah berdiri menjadi nagari-nagari yang telah berkembang dan maju, yang salah satunya adalah Nagari Koto Tinggi.
"Maka dari itu, bersama ini saya mengucapkan selamat Hari Jadi Transmigrasi Nagari Koto Tinggi ke 38. Semoga Nagari Koto Tinggi makin maju dan mandiri, serta masyarakatnya makin sejahtera," pungkas bupati.(***)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.