Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 01/29/18 ~ Sorot Sumatera

Masyarakat Sambut Hangat Ketua DPRD Agam Saat Reses

Agam  — Memanfaatkan masa reses awal tahun 2018, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra lakukan serangkaian kunjungan ke berbagai jorong dan pelosok nagari untuk menyaksikan secara langsung aktivitas masyarakat termasuk menghimpun berbagai masukan terkait dengan aspirasi membangun langsung dari masyarakat.

Seperti halnya, Minggu, (28/1) di jorong Kampuang Darek, nagari Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara, Marga Indra Putra yang juga ketua DPD Demokrat Agam itu, langsung beraudiensi dengan berbagai kalangan masyarakat, termasuk menggelar silaturrahmi wujud kedekatannya dengan masyarakat.
Dalam kunjungan kerja ke wilayah pemilihan tersebut, Marga Indra Putra yang didampingi wali nagari Bagindo Karman, wali jorong Ali Namat dan beberapa tokoh masyarakat juga lakukan peninjauan di berbagai sarana penting yang dibutuhkan masyarakat.
Di jorong Kampuang Darek, ketua DPRD Agam itu meminta masukan dari masyarakat tentang berbagai hal terkait dengan sarana prasarana penting yang dibutuhkan masyarakat yang sasarannya untuk mendorong pengembangan potensi ekonomi warga setempat.
Dalam kunjungannya Minggu,(28/1) di Kampuang Darek, salah seorang tokoh masyarakat Intan Duri, menyampai – kan aspirasi terkait dengan pengaspalan ruas jalan Simpang Tapai- Padang Laweh, jorong Cacang Tinggi di nagari Tiku Utara sepanjang 1 km, “ ruas jalan yang memadai, sangat dibutuhkan masyarakat, “sebut Intan Duri.
Disisi lain, wali jorong Kampuang Darek Ali Namat, mengharapkan ketua DPRD Agam membantu pembangunan dan perbaikan MCK dan halaman masjid Kampuang Darek, serta pencoran batu bronjong di samping masjid untuk mengantisipasi ambruknya halaman masjid
Selain dua aspirasi itu, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra juga menerima berbagai masukan dan aspirasi masyarakat terkait dengan berbagai persoalan yang muncul dalam masyarakat termasuk agenda penting kemajuan dalam mendorong pengembangan potensi genrasimuda di wilayah itu.
Menyikapi beragam aspirasi tersebut, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, mengungkap terimakasih atas masukan dan silaturrahmi yang dijalin pihaknya dengan berbagai elemen masyarakat di Kampung Darek. Kunjungannya ke Kampuang Darek, Minggu,(28/1) sepenuhnya untuk saling berkomunikasi dan bersilaturrahmi dengan masyarakat dalam upaya mendorong kemajuan nagari.
Khusus aspirasi masyarakat di Kampuang Darek, Marga Indra Putra menyebut, sudah mencatat hal itu, dan akan memperjuangkannya dalam program pembangunan tahun 2019 mendatang, “ kita tampung berbagai aspirasi dan akan diusulkan dalam program tahun 2019 mendatang,”ulasnya.
Dalam diskusi dengan masyarakat tersebut, Marga Indra Putra berharap, masyarakat memaksimalkan berbagai agenda pembangunan yang dirancang daerah bersama pemerintah nagari, masyarakat diharapkan menjaga silaturrahmi dan selalu berperan dalam berbagai kegiatan nagari sehingga berbagai kegiatan yang dirancang bisa mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat nagari, “ silaturrahmi adalah kunci kemajuan, dan aspirasi masyarakat akan kita bahas bersama, “sebut Marga Indra Putra lagi.
Share:

Pemko Padang Panjang Adakan Bimtek Renja dan Renstra Untuk OPD

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Walikota Padang Panjang, H. Hendri Arnis, BSBA melalui Kepala BAPPEDA (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah), Sonny Budaya Putra, membuka secara resmi acara Orientasi / Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, di salah satu tempat, di Bukittinggi, Kamis, (18/1).

Acara ini berlangsung selama dua hari (Kamis - Jum'at), (18-19/1-2018), diikuti Sekretaris, Kasubag Keuangan dan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan masing masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Dikatakan, Penguasaan isu-isu strategis serta kemampuan membuat target pencapaian kinerja yang terukur sudah semestinya dipahami oleh setiap OPD. Karena itu, dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) OPD, perlu adanya pemahaman, program apa yang memang layak untuk dilaksanakan oleh setiap instansi.

Menurutnya, pembangunan harus dilakukan berkesinambungan, demi membawa dampak positif kepada masyarakat. Renstra OPD merupakan dokumen perencanaan OPD untuk periode lima tahun yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan progam dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai tugas dan fungsi OPD.

Lebih lanjut disebutkan, tujuan bimtek pembuatan Renja dan Renstra OPD ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman bagaimana tahapanan, dan tata cara dalam penyusunan Renja dan Renstra, sehingga kedepannya para OPD di lingkungan Kota Padang Panjang dapat membuat Renja dan Renstra sesuai dengan rumusan dan pedoman yang berlaku.

"Saat ini pedomannya adalah berdasarkan Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tatacara evaluasi rancangan tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah," katanya.

Dalam hal ini BAPPEDA menghadirkan nara sumber Ir. Suprayitno, MA Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah I Dirjen Bina Pembangunan Daerah dan Dodi Afrianto Tenaga Ahli Perumus Permendagri Nomor 54/2010 dan Permendagri Nomor 86/2017 Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri.(Pul – R)

Share:

Keberhasilan dan Prestasi Kota Padang Panjang Sepanjang Tahun 2017

PARIWARA KOTA PADANG PANJANG

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Tahun 2017 yang telah berlalu merupakan tahun gemilang untuk Pemerintah Kota Padangpanjang yang berada dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota H. Hendri Arnis BSBA dan dr. Mawardi Samah. Bagaimana tidak, selama tahun 2017 kemarin, belasan prestasi telah di raih Kota Padangpanjang yang berjuluk Kota Serambi Mekkah ini, mulai dari penghargaan di tingkat provinsi hingga ke tingkat Nasional. Penghargaan yang diraih dan membawa harum nama Kota Padangpanjang juga bervariasi, ada mengenai pendidikan, pemuda, olah raga, kesehatan, kebersihan, budaya dan berbagai bidang lainnya.

Walikota Padangpanjang H. Hendri Arnis BSBA, Kamis (11/1) mengatakan, prestasi dan penghargaan yang diterima Kota Padangpanjang harus dipertahankan, dan prestasi ini juga harus ditingkatkan ditahun-tahun berikutnya. “Ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada kita semua dalam  menjalankan roda pemerintah di Kota Padangpanjang, dan ini perlu kita pertahankan dan tingkatkan, semoga prestasi ini dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya,” jelas Hendri Arnis.

Hendri Arnis menambahkan, penghargaan Swastisaba Wistara atau Kota Sehat merupakan penghargaan terakhir yang didapat selama tahun 2017, yang diterima di Jakarta pada Selasa 28 November 2017 lalu. Dan penghargaan ini merupakan yang keempat diterima Kota Padangpanjang sejak tahun 2011. “Kota sehat merupakan suatu kondisi dari sebuah kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni oleh penduduk disekitarnya. Dan Kota Padangpanjang adalah salah satu Kota yang berhasil menciptakan suasana tersebut. Dan ini kali keempat Padangpanjang mendapatkan penghargaan tertinggi sebagai Kota sehat, semoga kedepannya Kota Padangpanjang lebih sehat dan lebih maju lagi dari ini,” papar Hendri Arnis.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Nuryanuwar mengatakan Kota Padangpanjang telah mengadopsi program kota sehat sebagai program yang diharapkan dapat memadukan berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui OPD, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

“Kota Padangpanjang pada tahun 2009 juga menerima penghargaan Swastisaba Wiwerda, dan pada tahun 2011, 2013, 2015, dan 2017 ini Kota Padangpanjang menerima penghargaan Kota Sehat dengan kategori Swastisaba Wistara atau penghargaan tertinggi,” terang Nuryanuwar.

Selam tahun 2017, Kota Padangpanjang berhasil meraih penghargaan sebanyak 16 penghargaan, dan beberapa penghargaan tersebut langsung diterima oleh Walikota Padangpanjang. Beberapa penghargaan yang langsung diterima Walikota Padangpanjang Hendri Arnis diantaranya : 
1. Wahana Tata Nugraha (WTN) pada Selasa 31 Januari 2017 di Jakarta.
2. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Jumat 3 Juni 2017 di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Barat di Kota Padang.
3. Kota Layak Anak pada Sabtu 22 Juli 2017 di Ballroom Hotel Swiss – Bel Pekanbaru, Riau.
4. Piala Adipura pada Rabu 2 Agustus 2017 di Auditorium Menggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
5. Rumah Sakit Paripurna pada Rabu 1 November 2017 di Sekretariat Komisioner KARS, Epi Sentrum Tower Kuningan, Jakarta.
6. Daerah Tertib Ukur pada Senin 4 November 2017 di Bandung.
7. Swastisaba Wistara pada Selasa 28 November 2017 di Jakarta.

Dan beberapa penghargaan lainnya yang diterima Kota Padangpanjang selama tahun 2017, diantaranya :
1. Lomba Oliq Tingkat Nasional pada Januari 2017 di Bandung, diterima oleh Derliana, MA.
2. Pastika Prama pada Rabu 12 Juli 2017 di Hotel Alana Convention Centre, Yogyakarta, diterima oleh Drs. Nuryanuwar,M.Kes (Kepala  Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang).
3. Pemuda Pelopor Bidang Seni, Budaya dan Pariwisata Tingkat Nasional pada Oktober 2017 di Jakarta, diterima oleh Yuliza Zein.
4. BKKBN Pusat pada Senin 23 Oktober 2017 di Gedung Hoeridjah Adam ISI Padangpanjang, diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Indra Gusnady.
5. Pekan Olah Raga dan Seni Antar Madrasah Tingkat Sumbar pada Rabu 25 Oktober 2017 di Bukittinggi, yang diterima oleh Eri Katik Majo Endah.
6. Putri GenRe Jalur Masyarakat pada Kamis 26 Oktober 2017 di Gedung Hoeridjah Adam ISI Padangpanjang, diterima oleh Zikril Husna.
7. Kihajar pada Kamis 16 November 2017 di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta, diterima oleh Prof. DR. Desmon, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Padangpanjang).
8. Robotik Tingkat Nasional pada Sabtu 18 November 2017 di Politeknik Negeri Padang, diterima oleh MA KMM Kauman.
9. Rekor MURI Cangkuak pada Minggu 26 November 2017 di Jalan Sudirman depan Kompi Markas Secata B Padangpanjang, diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Indra Gusnady.

Hendri Arnis menambahkan, semua penghargaan yang di peroleh ini semata-mata karena kerja keras seluruh OPD dan dukungan dari masyarakat Padangpanjang dalam membnagun dan memajukan kota yang berhawa sejuk ini, semoga tahun ini puluhan penghargaan juga bisa diraih kembali untuk kota yang kita cintai ini.(Pul ).




Share:

Pemkab Dharmasraya Rencanakan Pembangunan Dermaga dan Pasar Terapung

Dharmasrya - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berniat membangun dermaga dan pasar terapung di Kabupaten Dharmasraya. Senin (29/01), Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, bersama dengan salah seorang pejabat dari Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat melakukan peninjauan ke Bendungan Batu Bakawik Kecamatan Pulau Punjung, yang menjadi rencana lokasi pembangunan dermaga dan pasar terapung dimaksud.
Pada kesempatan itu, wabup juga didampingi oleh pejabat dari Dinas Perhubungan dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskumperdag) setempat.
Rencana pembangunan dermaga dan pasar terapung ini, sebut wabup, ditujukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Dharmasraya.
"Di lokasi ini juga nantinya, akan kita hadirkan objek-objek wisata yang akan memberikan nilai tambah untuk pengembangan wisata lokal," tukuk wabup.
Maka dari itu, wabup berharap kepada OPD terkait, seperti diantaranya Diskumperdag, Dinas Pariwisata dan Budaya, dan Dinas PU agar dapat mencari akses ke pemerintah provinsi ataupun pemerintah pusat, untuk menyokong rencana pembangunan dermaga dan pasar terapung ini.(***)
Share:

Program KB Harus Digalakkan


Program KB Harus Digalakkan

Pulau Punjung- Program Keluarga Berencana (KB) harus digalakkan. Itu komitmen yang disampaikan oleh Ketua TP-PKK Kab.Dharmasraya, Ny.Dewi Sutan Riska pada pertemuan singkat dengan Penyuluh KB (PKB) dan PetugasLapangan KB (PLKB) Kecamatan Pulau Punjung,senin(29/1) di rumah dinas Bupati Dharmasraya.
Ny.Dewi Sutan Riska lebih lanjut menyatakan,guna mensukseskan Program KB, TP-PKK telah melaksanakan dukungan terhadap Program KB dengan memberikan pelayanan KB Gratis bagi Keluarga Pra-sejahtera di Kabupaten Dharmasraya pada moment HKG PKK KB-Kes di tiap kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya.Dukungan pelayanan KB Gratis pada moment Bhakti IBI KB-Kes dan Bhakti TNI KB-Kes.Selain itu juga dukungan terhadap Program Generasi Berencana (GenRe) dengan promosi TRIAD KRR dalam mewujudkan remaja Dharmasraya Tegar terhadap resiko seksualitas, napza,HIV dan AIDS.Pemberian akses yang lebih besar kepada remaja untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya, dan menunda usia menikah.
Hal tersebut dibenarkan oleh Penyuluh KB Kecamatan Pulau Punjung,Lili Susanti,S.Sos,M.I.Kom. Menurutnya, motivasi dan dukungan terhadap Program KB sangat penting dalam mensukseskan Program KB di Kabupaten Dharmasraya.Apalagi Kabupaten Dharmasraya merupakan Kabupaten dengan Laju Pertumbuhan Penduduknya tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. PKB/PLKB sebagai ujung tombak program KB di lapangan demi tercapainya norma keluarga kecil bahagia sejahtera di Kabupaten Dharmasraya.
Share:

Ketua DPRD Agam Kunjungi Plosok Nagari Tampung Aspirasi Masyarakat

Agam  — Memanfaatkan masa reses awal tahun 2018, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra lakukan serangkaian kunjungan ke berbagai jorong dan pelosok nagari untuk menyaksikan secara langsung aktivitas masyarakat termasuk menghimpun berbagai masukan terkait dengan aspirasi membangun langsung dari masyarakat.

Seperti halnya, Minggu, (28/1) di jorong Kampuang Darek, nagari Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara, Marga Indra Putra yang juga ketua DPD Demokrat Agam itu, langsung beraudiensi dengan berbagai kalangan masyarakat, termasuk menggelar silaturrahmi wujud kedekatannya dengan masyarakat.
Dalam kunjungan kerja ke wilayah pemilihan tersebut, Marga Indra Putra yang didampingi wali nagari Bagindo Karman, wali jorong Ali Namat dan beberapa tokoh masyarakat juga lakukan peninjauan di berbagai sarana penting yang dibutuhkan masyarakat.
Di jorong Kampuang Darek, ketua DPRD Agam itu meminta masukan dari masyarakat tentang berbagai hal terkait dengan sarana prasarana penting yang dibutuhkan masyarakat yang sasarannya untuk mendorong pengembangan potensi ekonomi warga setempat.
Dalam kunjungannya Minggu,(28/1) di Kampuang Darek, salah seorang tokoh masyarakat Intan Duri, menyampai – kan aspirasi terkait dengan pengaspalan ruas jalan Simpang Tapai- Padang Laweh, jorong Cacang Tinggi di nagari Tiku Utara sepanjang 1 km, “ ruas jalan yang memadai, sangat dibutuhkan masyarakat, “sebut Intan Duri.
Disisi lain, wali jorong Kampuang Darek Ali Namat, mengharapkan ketua DPRD Agam membantu pembangunan dan perbaikan MCK dan halaman masjid Kampuang Darek, serta pencoran batu bronjong di samping masjid untuk mengantisipasi ambruknya halaman masjid
Selain dua aspirasi itu, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra juga menerima berbagai masukan dan aspirasi masyarakat terkait dengan berbagai persoalan yang muncul dalam masyarakat termasuk agenda penting kemajuan dalam mendorong pengembangan potensi genrasimuda di wilayah itu.
Menyikapi beragam aspirasi tersebut, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, mengungkap terimakasih atas masukan dan silaturrahmi yang dijalin pihaknya dengan berbagai elemen masyarakat di Kampung Darek. Kunjungannya ke Kampuang Darek, Minggu,(28/1) sepenuhnya untuk saling berkomunikasi dan bersilaturrahmi dengan masyarakat dalam upaya mendorong kemajuan nagari.
Khusus aspirasi masyarakat di Kampuang Darek, Marga Indra Putra menyebut, sudah mencatat hal itu, dan akan memperjuangkannya dalam program pembangunan tahun 2019 mendatang, “ kita tampung berbagai aspirasi dan akan diusulkan dalam program tahun 2019 mendatang,”ulasnya.
Dalam diskusi dengan masyarakat tersebut, Marga Indra Putra berharap, masyarakat memaksimalkan berbagai agenda pembangunan yang dirancang daerah bersama pemerintah nagari, masyarakat diharapkan menjaga silaturrahmi dan selalu berperan dalam berbagai kegiatan nagari sehingga berbagai kegiatan yang dirancang bisa mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat nagari, “ silaturrahmi adalah kunci kemajuan, dan aspirasi masyarakat akan kita bahas bersama, “sebut Marga Indra Putra lagi.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.