Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 01/28/18 ~ Sorot Sumatera

Selain Kota Wisata Padang Panjang Kota Yang Hijau

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Tidak salah lagi jika Kota Padang Panjang dikenal sebagai Kota hijau dengan udaranya yang sejuk, terbukti dengan adanya taman- taman baru yang bisa dinikmati masyarakat Kota Padang Panjang sebagai tempat area untuk bermain bagi anak- anak dan masyarakat yang ingin bersantai, begitulah kira-kira ucapan santai dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Kasi Pertamanan dan Pemakaman Arni Jayatri, ST diruangannya , Rabu (10/1). 

Jayatri mengatakan setiap taman yang dikerjakan ini memiliki fungsi yang berbeda. Tujuan dibuatnya taman ini sebagai area bermain bagi anak-anak dan masyarakat terutama masyarakat yang ada di Kota Padang Panjang.

“Tidak hanya untuk masyarakat Kota Padang Panjang saja yang bisa menikmati taman yang ada, tetapi pengendara yang melintasi Kota Padang Panjang juga bisa menikmati taman kota sebagai tempat beristirahat sejenak seperti taman yang ada di Taman Mini Secata-B, Rest Area dan Bukit Berbunga yang ada di Silaing Bawah”, tambah Jayatri

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke taman – taman, sekarang sudah ada taman baru yang telah disediakan Pemerintahan Kota Padang Panjang diantaranya taman yang ada di depan Gedung M. Syafei, Taman Tugu Tanah Hitam dan Taman Lembuti yang ada di Depan Polres, tutur Jayatri.

“Mari kita jaga dan rawat semua taman yang ada di Kota Padang Panjang ini, bagi pengunjung jangan sampai merusaknya dan pakailah semua fasilitas sesuai dengan umur jangan sampai ada orang dewasa yang naik”, harap Jayatri.

Untuk kedepannya tidak hanya setiap Kelurahan saja memiliki Taman tetapi kalau bisa setiap perumahan mempunyai taman area bermain tambah Jayatri.

Sementara itu menurut salah seorang pengunjung taman Vitri Yenita menambahkan untuk keasrian tamannya lebih dijaga dan dirawat lagi. Begitu juga dengan Fasilitas bermain yang disediakan agar diperbanyak lagi dan bisa digunakan masyarakat, jangan ada arena yang dikunci.

“Saya harap taman ini lebih ditambahkan pohon-pohonnya, agar tidak gersang dan masyarakat yang mengunjunginya pun bisa menikmati hawa sejuknya dan kita saling menjaga taman ini”, tutur Vitri Yenita.

Vitri Yenita juga menambahkan, dari sekian banyak taman yang telah dikunjunginya, ada sebuah taman yang sangat menarik untuk membawa anak-anaknya, yaitu Taman Lembuti, karena taman lembuti sangat pas fungsinya untuk anak-anak. “Taman Lembuti pas sekali untuk mengajak anak-anak kesini, arena bermainnya banyak hawanya pun dan pemandangannya pun bagus”, tutup Vitri Yenita.

Sedangkan Umi Kurniasih salah seorang masyarakat yang suka membawa anaknya ke taman mengatakan dari sekian banyak taman yang ada di Kota Padang Panjang semua sangat bagus dan mempunyai fasilitas yang berbeda- beda. Contoh nya saja Taman Lembuti yang ada di depan Polres, itu sangat bagus dan nyaman terus area bermainnya juga banyak, begitu juga taman-taman yang lainnya meskipun masih ada kekurangannya.

“Harapan saya untuk selanjutnya taman ini bisa ditambah lagi dan wahana bermain untuk anak- anak juga lebih banyak”, kata Umi Kurniasih.(Pul - R)

Share:

MA KMM Kauman Dapat Bantuan Dari Kanwil Sumbar

PadangPanjang,SorotSumatera–"Alhamdulillah, rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat yang memberikan bantuan kepada MA KMM Kauman Kota Padang Panjang" rasa syukur Kepala MA KMM Kauman Derliana, MA di via facebooknya, Jum'at kemarin (12/1).

Bantuan yang diberikan Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri, S. Ag M.Pd sebanyak Sepuluh Juta Rupiah ini langsung diterima oleh Kepala MA KMM Kauman Derliana, MA ini di Kota Padang. "Sepuluh Juta, itu tidak sedikit nilainya, suatu kebanggaan bagi saya atas kepercayaan yang diberikan Kepala Kanwil atas apresiasi yang disampaikan terhadap prestasi yang telah kami raih", Ujar Derliana.

Derliana mengatakan meski terbilang baru beliau menjabat di Kanwil, tapi beliau telah menunjukkan betapa sangat penting diperhatikannya pendidikan di Sumbar ini. "Ini merupakan stimulus untuk kami bisa melanjutkan pembangunan lokal belajar di lantai dua serta semoga semakin memicu semangat kami untuk terus berkarya", harap Derliana.

Terimaksih juga untuk pihak yang telah mengajakMA KMM Kauman bersilaturrahim dengan Kakanwil, tutupnya.(Pul-R)

Share:

Liburan Akhir Pekan "Ya" di Dinas Perpustakaan Saja

 Padang Panjang,Sorot Sumatera–Untuk mengisi akhir pekan anak- anak dan masyarakat se-Kota Padang Panjang bisa mengikuti beberapa kelas sastra yang dibuka secara gratis oleh Pemerintah Kota melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Perputakaan dan Kearsipan melalui Kepala Bidang Perpustakaan Joni Aldo, A.md, kepada Kominfo via telegram Minggu (14/1). "Benar sekali, sejak minggu yang lalu kami telah membuka beberapa kelas untuk mengisi waktu liburan anak-anak dan masyarakat Kota Padang Panjang," kata Joni Aldo.

Joni Aldo menambahkan, bagi siswa kelas lima sekolah dasar sampai perguruan tinggi serta masyarakat umum dapat mengikutinya. "Sebanyak empat kelas yang kita buka di Tahun 2018 ini , diantaranya kelas storytelling, Teater, Bercerita serta Kelas Menulis dan tentunya ini dipandu oleh guru yang profesional dibidangnya" jelas Joni Aldo.

Kegiatan yang sudah dilakukan sejak dua minggu terakhir mendapat respon positif, tidak hanya dari masyarakat tetapi juga dari siswa- siswa yang ada di Kota Padang Panjang. "Dengan adanya empat kelas ini, banyak masyarakat yang memberikan saran agar dibuka lagi kelas matematika", kata Joni Aldo.

Joni Aldo berharap agar kegiatan ini nantinya dapat menghasilkan regenerasi yang mempunyai Intelektual dikemudian harinya.(Pul-R)

Share:

Kunjungan Wisatawan di Kota Padang Panjang Meningkat

Padang Panjang,Sorot Sumatera-"Tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Padang Panjang meningkat dari tahun ke tahun," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Drs. Dalius diruang kerjanya Rabu kemarin (17/1).

Kunjungan wisata yang datang ke Kota Serambi Mekkah ini meningkat pesat, ini dibuktikan dengan banyaknya hotel-hotel yang ada di Kota Padang Panjang dan jumlah yang menginap lebih banyak dibandingkan tahun 2016 lalu.

"Alhamdulillah jumlah pengunjung dari tahun 2016 ke tahun 2017 meningkat, dimana pada tahun 2016 pengunjung yang datang berjumlah 418 ribu, dan di tahun 2017 sekitar 528 ribu yang datang ke sini," ucap Dalius.

"Untuk tahun 2018 ini kami akan berusaha meningkatkan lebih lagi dari tahun 2017, tentunya kami juga sudah menyiapkan berbagai hal agar terciptanya hal tersebut " tutup Dalius.(Pul- R)

Share:

KPU Adakan Rakor Dengan Forkopimda

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Untuk mempersiapkan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum gelar Rapat Koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta instansi terkait lainnya, Kamis kemarin (4/1) di ruang rapat Kantor KPU Kota Padang Panjang.

Ketua KPU Jafri Edi Putra dalam memimpin rakor tersebut berharap pemilihan kepala daerah tahun ini dapat berjalan lancar dan semua unsur yang terlibat juga mendukung dan ikut mensukseskannya. “Mari kita sukseskan Pemilihan Kepala Daerah di Kota Padang panjang ini,” kata Jafri.

Jafri menambahkan, koordinasi dengan unsur terkait sangat dibutuhkan, karena pesta demokrasi Pilkada akan menguras tenaga dan pikiran dari pihak penyelenggara.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Panjang Novi Hendri juga mengharapkan Pilkada Kota Padang Panjang dapat berjalan lancar. “Saya minta kepada Aparatur Sipil selama Pilkada berlangsung agar menjaga netralitas supaya terhindar dari permasalahan hukum, aturannya kan sudah ada” harap Novi.Hendri.(Pul - R)

Share:

Hari Khusus Bagi Wanita di Lubuk Mata Kucing

Padang Panjang,Sorot Sumatera"Untuk hari Rabu dan Jum'at khusus perempuan saja yang mandi di Pemandian Lubuk Mata Kucing", ujar Kepala Dinas Pariwisata melalui Sekretaris Dinas Pariwisata Drs. Dalius diruang kerjanya, Rabu kemarin (17/1).

Dalius mengatakan Pemandian Lubuk Mata Kucing merupakan salah satu objek wisata yang sangat banyak dikunjungi oleh masyarakat baik yang berada di Kota Padang Panjang maupun diluar Daerah. Nuansanya yang alami dan udara sejuknya membuat pengunjung sangat menikmati berenang di pemandian itu. "Dari tahun ke tahun kami telah melakukan perbaikan dan perubahan supaya pemandian Lubuk Mata Kucing ini selalu ramai didatangi pengunjung", ungkap Dalius.

Selain itu, Dalius juga mengutarakan demi kenyamanan pengunjung dan masyarakat saat menikmati pemandian ini, Dinas Pariwisata mencoba menerapkan setiap dua kali dalam seminggu akan ada pemandian khusus untuk kaum wanita. "Ya, benar setiap hari Rabu dan Jum'at kita akan khususkan untuk kaum wanita, supaya mereka bisa menikmati pemandian tanpa khawatir bergabung dengan kaum lelaki", tegas Dalius.

"Lain hal dengan pengunjung dari luar daerah yang datang berkunjung bersama keluarganya pada hari itu, bukan berarti kaum lelaki tidak bisa mandi, mereka tetap bisa mandi, hanya saja kami akan memisahkannya", ujar Dalius.
“Kebijakan itu sudah diterapkan sejak November 2017 kemarin, mengingat Padang Panjang ini merupakan Kota Serambi Mekah”, tutupnya.(Pul - R)

Share:

Hari Amal Bakti ke –72 Kemenag Tebarkan Kedamaian

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke - 72 tahun ini mengusung tema “Tebarkan Kedamaian”. Kementrian Agama Republik Indonesia memilih tema tersebut karena pada hakikatnya agama berfungsi untuk menebar kebaikan dan kedamaian.

Dalam kegiatan tahunan itu, seluruh kantor wiliyah dari tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia meyelenggarakan upacara Hari Amal Bhakti,tak terkecuali di Kota Padang Panjang. Di kota Serambi Mekah tersebut, upacara digelar di Lapangan Anas Karim, rabu (3/1) dengan dihadiri oleh para ASN serta para pelajar tingkat SLTA se Kota Padang Padang Panjang.

Upacara berlangsung khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Pengadilan Negeri Kota Padang Panjang Supardi. Tampak Hadir, Kepala Kemenag Kota Padang Panjang Gusman Piliang,Kapolres Padang Panjang AKBP Cepi Noval SIK , Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintah Emir Emil El Maulid, serta para pejabat dan undangan lainnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam amanat yang disampaikan oleh Kepala Pengadilan Negeri Supardi menyatakan bahwa kedamian adalah pesan universal. “Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. dan, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih saying Tuhan yang hakiki,” Katanya.

Sementara amanat Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang juga turut dibacakan, menyatakan bahwa, Tema "Tebarkan Kedamaian" memiliki makna tidak ada tempat di dalam Islam bagi kekerasan dan kebencian. “Tebar kedamaian akan melahirkan cinta dan kasih sayang, sekaligus membuang jauh-jauh rasa kebencian dan permusuhan. Untuk itu, kita semua mesti bersikap pro aktif dalam gerakan menebarkan kedamaian dan menyuarakan secara lantang bahwa Islam itu penuh kedamaian”katanya. (Pul - R)

Share:

FPL Kota Padang Panjang Kejar Gelar Kota Literasi

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Forum Pegiat Literasi (FPL) adakan Kegiatan lapak baca di MAN Gunung Kota Padang Panjang, Selasa, (9/1). Kegiatan ini merupakan kali pertama yang dilakukan diawal Tahun 2018.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Kepala Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Joni Aldo, A.Md mengatakan Kegiatan lapak baca ini diusut untuk menumbuhkan minat baca Siswa-Siswi di Sekolah terutama Sekolah yang ada di Kota Padang Panjang. ”Tidak hanya untuk Siswa-Siswi di Sekolah saja kita adakan Lapak Baca ini, tetapi kita juga mengadakan untuk tingkat Kelurahan yang kita adakan pada hari Sabtu dan Minggu dan ini telah kita laksanakan dari Tahun kemarin, sekarang untuk tingkat Sekolah baru kita laksanakan” jelas Joni Aldo.

Sementara itu Ketua Forum Pegiat Literasi Muhammad Subhan menambahkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung Kota Padang Panjang sebagai Kota Literasi. Dimana untuk mendapatka gelar Literasi ini FPL dan Pemko akan melaksanakan kegiatan lapak baca ditingkat kelurahan dan di tingkat sekolah. “Kita akan mengejar gelar Kota Literasi yang ke dua, dimana sebelumnya hanya Kota Surabaya yang berani mencanangkan bahwa mereka Kota Literasi,” ungkap Subhan.

Subhan mengatakan untuk FPL sendiri sudah melaksanakan kegiatan pra pencanangan Kota Padang Panjang sebagai Kota Literasi di bulan Desember kemarin. “Untuk pencanangannya sendiri kita akan lakukan pada bulan Mei Tahun 2018 bersamaan dengan Temu Panyair se-Asia Tenggara di Kota Padang Panjang yang akan dihadiri oleh 300 penyair” tutur nya.

Lain hal dengan Guru Mata Pelajaran Akidah Laina mengatakan beliau sangat bangga dan senang sekali dengan adanya lapak baca ini, terlebih lagi lapak baca ini membawa anggota FPL yang memiliki kehebatan dalam bidang sastra. “Dengan adanya FPL ini otomatis mereka dapat memberikan motivasi dan semangat kepada siswa siswi dalam menambah ilmu pengetahuan, tidak hanya dalam membaca saja melainkan masih banyak yang dapat mereka pelajari dari anggota FPL,” ungkap Laina.

Laina menambahkan jangan sekali ini saja diadakan Lapak Baca ini, adakan lagi acara seperti ini disini. “Kami sangat berterimakasih pada Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan serta FPL dengan adanya lapak baca ini kami berharap untuk kedepannya lapak baca ini diadakan tidak hanya hari ini saja, kalau bisa diadakan minimal tiga kali seminggu disini”, harap Laina.(Pu -R)

Share:

Dinas PMPTSP Punya RUPM Untuk Menarik Investor

Padang Panjang,Sorot Sumatera-Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) telah menyiapakan Rancangan Umum Penanaman Modal (RUPM) untuk menarik investor agar berinvestasi di Kota Padang Panjang. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Subeki, SE di ruang kerjanya, Senin (15/1).

Subeki mengatakan Rancangan yang telah disiapkan untuk Tahun 2017-2025 berisi tentang apa saja potensi yang ada di Kota Padang Panjang. Beberapa potensi yang bisa di investasikan di Padang Panjang, diantaranya Bidang Pendidikan, Pariwisata,Pertanian dan Bidang Industri. "Potensi yang dimiliki inilah yang akan kami angkat dan kami ceritakan kepada investor agar mereka mau melirik dan berinvestasi di Kota Padang Panjang", jelas Subeki.

Disamping itu, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Penanaman Modal Lusia Dona, S.Sos menyampaikan keempat potensi ini dirinci sesuai dengan bidangnya. Untuk Bidang Pendidikan, Padang Panjang sendiri telah memiliki potensi pendidikan yang sangat luar biasa. "Kami telah mendata Sekolah- sekolah yang ada di Padang Panjang, nah nanti ketika kami mengadakan pameran diluar, disanalah kami akan menceritakan tentang pendidikan yang ada di Padang Panjang", ujar Lusia Dona

Sedangkan Bidang Pariwisata sendiri Padang Panjang sudah memiliki objek wisata menarik yang bisa dikembangkan. Contohnya saja pada Sungai yang ada di belakang Kantor Walikota, jelas Lusia Dona.

"Kita bisa memanfaatkan sungai tersebut untuk wisata Arung Jeram, tenaga mikrohidro, budidaya ikan, dan pembangkit listrik", tambahnya.

Terakhir, untuk bidang Pertanian dan Industri investor bisa berinvestasi pada produk, pertokoan, tambang batu kapur dan lainnya.

"Kami berharap untuk kedepannya apa yang telah kita rancang ini bisa terlaksana dengan baik dan mendapatkan suport yang positif demi peningkatan potensi di Padang Panjang serta lebih banyak investor yang mau berinvestasi di Kota Padang Panjang ini", tutupnya.(Pul - R).


Share:

Ketua DPRD Agam Himpun Aspirasi Masarakat Saat Reses


Agam — Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra maksimalkan masa reses awal tahun 2018 untuk berdiskusi dan bersilaturrahmi langsung dengan masyarakat konstituennya. Berbagai hal dibahas bersama masyarakat, termasuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat terkait dengan pembangunan sarana-prasarana di wilayah pemilihannya.
Agenda reses ke wilayah pemilihan yang menjadi agenda rutin seluruh anggota DPRD Agam itu, disebutkan Marga Indra Putra sebagai bagian dari tugas dan tanggungjawab anggota DPRD Agam dalam merealisasikan tuntutan sebagai penyambung suara dan aspirasi masyarakat dalam pembangunan.
Marga Indra Putra yang dua hari terakhir menggelar kunjungan ke wilayah Tanjung Mutiara, terutama di nagari Tiku Selatan, Sabtu-Minggu,(27-28/1) sudah menghimpun berbagai aspirasi masyarakat terkait harapan dan prioritas program yang harus didorong bersama dan bisa bermanfaat optimal bagi masyarakat.
Dilain pihak, sehingga meminta masukan, dan aspirasi pembangunan dari masyarakat, ketua DPRD Agam itu menegaskan, pihaknya justru memprioritaskan bersilaturrahmi dengan masyarakat pemilihnya, karena hal itu penting sebagai bagian dari amanah yang diembannya dari masyarakat sebagai anggota legislative di DPRD Agam, “ intinya bersilaturrahmi dengan masyarakat, dan itu hal penting yang selalu saya jaga dan pelihara, “ tegas Marga Indra Putra lagi.
Ketua DPRD Agam yang juga putra Tanjung Mutiara itu, justru menitikberatkan silaturrahmi dan diskusi dengan masyarakat, karena hal itu penting sebagai kerangka dasar kemajuan daerah, “ dengan silaturrahmi, apapun bentuk rencana, termasuk beratnya tantangan yang dihadang, akan bisa terselesaikan dengan baik, “ tegas Marga Indra Putra lagi.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.