Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 01/19/18 ~ Sorot Sumatera

Tahun 2017 MA.KMM Kauman Bertabur Prestasi

Padang Panjang,Ss-“Alhamdulillah Tahun 2017 merupakan tahun yang berkah bagi kami MA. KMM Kauman,” sebuah ucap syukur yang di ucapkan Pemimpin MA.KMM Kauman Derliana, MA diruang kerjanya, Kamis (11/1). Bertabur prestasi yang dirasakan oleh MA. KMM Kauman Kota Padang Panjang di tahun kemarin, sebanyak tujuh prestasi beruntun yang diraih oleh MA.KMM Kauman, tidak hanya sekolah, guru bahkan Siswanya berhasil meraih beberapa penghargaan untuk Tingkat Nasional.

“Ya benar kami MA.KMMKauman sudah berhasil meraih tujuh penghargaan di Tingkat Nasional dimulai dari Kepala Sekolah Cemerlang, saya pribadi Alhamdulillah berhasil mendapatkan medali emas dan itu saya dapat pada Bulan April di bandung tahun kemarin,” ucap Deliana.

Bagaikan mimpi yang datang setelah Derliana menerima satu penghargaan Kepala Sekolah Cemerlang, tak lama setelah itu Derliana berhasil menjuarai lomba Olyq, dimana pada lomba ini Derliana berhasil mendapatkan tiga medali Emas untuk perlombaan Prospektur Sekolah, Pidato Bahasa Arab dan Pidato Bahasa Inggris.

 “Tak hanya saya saja yang berhasil dalam perlombaan, tapi anak didik saya yang ikut dalam perlombaan Robotic juga diberikan kemudahan oleh Allah dan berhasil menduduki Juara pertama tingkat Provinsi, dan pada tingkat Nasional yang lawannya juga berat seperti Universitas Indonesia, Politeknik, SMA, SMK dan MA, mereka berhasil meraih juara tiga, dan ini jika kita lihat dari peserta yang ikut lomba anak-anak MA.KMM Kauman sudah termasuk hebat bagi kami pihak Sekolah,” jelas Derliana senang.

Derliana menambahkan, semoga kedepannya MA.KMM Kauman akan lebih menambahkan prestasinya, menambahkan lagi dan lagi anak-anak yang cerdas, dan tak lupa juga semoga MA.KMM Kauman lebih kompak dan bersatu untuk kebaikan. 

“Saya harap Allah akan berikan kemudahan dan jalan lagi untuk kami menambah prestasi, menorehkan nama yang baik di Padang Panjang hingga Mancanegara pun mengenal kami, Insya Allah. Dan tentunya prestasi yang telah kami torehkan ini merupakan kerjasama dan hasil kerja keras kami bersama yang ada disini,” tutup Derliana.(Gito- R)

Share:

Selenggarakan EX-SIST.Com, SMAN Unggul Dharmasraya Diapresiasi

Dharmasraya - EX-SIST.Com (Excellent Science and Interscolastic Competition) yang diselenggarakan oleh SMAN Unggul Dharmasraya mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. Apresiasi ini disampaikan oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melalui Plt Sekda, Leli Arni, saat memberikan kata sambutan dalam acara tersebut, Jum'at (19/01).
Dikatakan Leli Arni, acara EX-SIST.Com yang merupakan program OSIS SMAN Unggul Dharmasraya itu dapat menjadi wadah untuk menuangkan potensi dan talenta siswa.
Saat ini, sebut Leli Arni, kemajuan zaman telah berdampak pada semakin jarangnya remaja mengetahui dan mengasah potensi mereka masing-masing. Karena remaja sekarang mulai terlena dan salah dalam memanfaatkan canggihnya teknologi.
"Namun dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi salah satu langkah bagi siswa untuk mengaktualisasikan potensi dan bakatnya, seperti bidang akademik dan kesenian. Selain dalam bidang akademik dan seni, siswa juga dapat menunjukkan bakatnya dalam bidang keagamaan seperti tahfidz," ujar Leli.
Tidak hanya itu, pameran hasil karya siswa yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif menggali ilmu pengetahuan melalui kegiatan seperti praktikum, observasi, praktek lapangan dan lainnya.
Kedepan, Leli berharap, kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh bagi sekolah yang lain yang ada di Dharmasraya.
"Sehingga dapat menemukan potensi dan bakat dari setiap siswa," pungkasnya.(***)
Share:

SDIT Kota Padang Panjang Berikan Pembelajaran Unik Bagi Siswa

Padang Panjang,Ss–Dibawah binaan Kepala Sekolah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Juara Dalvi, M.Pd yang tak pernah berhenti dalam memberikan semangat dan motivasi kepada siswa- siswanya yang dituntut aktif dalam setiap pembelajaran yang diberikan. Salah satunya dengan pembelajaran luar kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan siswa kelas lima di Terminal Bukit Surungan, Kamis (11/1). 

“Tidak hanya dengan pembelajaran yang bisa mereka pelajari, tetapi keberanian dan disiplin juga bisa mereka dapatkan ”, ujarnya.

Salah seorang guru kelas Emelia Fitri yang membawa siswanya belajar di luar kelas mengatakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak dituntut hanya dikelas saja, tetapi bisa dilakukan di luar kelas. Contohya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema trasportasi " belajar menulis laporan kunjungan".

 "Disini Siswa-Siswi akan melakukan wawancara dengan agen- agen bus dan mencari informasi tentang apa saja yang bisa mereka dapatkan dari pembelajaran ini, dan tentunya pertanyaan yang akan mereka tanyakan telah mereka siapkan" ungkap Emelia.

Emilia menambahkan pembelajaran di luar kelas dilakukan agar memberikan sensasi baru bagi siswa, serta mereka tidak terlalu kaku dan bosan. Dengan belajar praktek di luar ruang kelas bisa menanamkan berbagai nilai pendidikan berbasis karakter kepada siswa. Mulai dari kerja kelompok, mengatasi konflik, hingga disiplin dan keberanian.

"Kita mengharapkan siswa lebih bisa mandiri, melatih rasa percaya diri serta belajar lebih berani hingga bertanya dan berbicara, tidak hanya itu saja, kami akan mengadakan kegiatan ini minimal satu kali dalam seminggu" jelas Emelia.

Apalagi pada saat ini kurikulum pembelajaran yang diterapkan adalah kurikulum 13, yang mana siswa nya dituntut untuk aktif dan mandiri dalam belajar Emelia menyudahi.

Sementara itu Firly Ramadhani yang merupakan siswi SDIT tersebut mengatakan dengan adanya pembelajar diluar kelas saya sangat nenikmati dan banyak pembelajaran yang di dapat, tidak hanya dari pelajaran yang dipelajari saat ini, tapi dari cara kita berinteraksi langsung dengan alam.

 "Kami ingin lebih sering lagi pembelajaran seperti ini, tidak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia saja, tapi mata pelajaran yang lain juga, selain itu dengan adanya pembelajaran diluar Sekolah dapat menambah pengetahuan kami serta kami sangat senang dan tidak terlalu kaku apalagi bosan dalam belajar", harapnya.(Gito- R)

Share:

Portal Sicantik Lebih Memudahkan Pelayanan Masyarakat

Padang Panjang,Ss–Sebanyak 1.308 surat izin yang telah dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Padang Panjang selama Tahun 2017 kemarin. "Ya benar sudah 1.308 surat izin telah kami keluarkan selama tahun 2017 kemarin," ujar Kepala Dinas PMPTSP melalui Kepala Bidang PTSP Arwilia,SH diruang kerjanya Jum'at (12/1).

Arwilia juga mengatakan, dari sebanyak izin yang telah dikeluarkan oleh Dinas PMPTSP kebanyakan perizinan dilakukan oleh masyarakat langsung mendatangi Dinas PMPTSP, padahal masyarakat dapat mempermudah proses perizinan melalui pelayanan Sicantik dengan membuka link padangpanjangkota.Sicantik.layanan.go.id.

"Kebanyakan masyarakat datang kesini langsung, banyak yang tidak menggunakan aplikasi Sicantik, padahal dengan adanya aplikasi Sicantik mereka akan lebih gampang melakukan perizinan kan," Jelas Arwilia.

Namun kemungkinan besar masyarakat yang datang langsung ke Dinas mungkin karena jaraknya dekat, dan mungkin mereka merasa lebih puas mendatangi langsung dari pada melalui aplikasi Sicantik. "Saya rasa masyarakat akan lebih mudah bertanya, berbincang dan menanyakan hal lain apabila mereka datang langsung kesini, tapi alangkah lebih baiknya mereka menggunakan aplikasi Sicantik sebab disana akan lebih mudah melakukan proses perizinan " tegas Arwilia.

"Saat ini kan Dinas PMPTSP tidak memungut biaya apapun untuk proses perizinan kecuali Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan saya harap masyarakat yang akan meminta perizinan untuk IMB ini agar melakukannya lewat aplikasi Sicantik saja dan melakukan setoran tunainya di Bank, supaya tidak ada lagi ungkapan Pungli dalam pelayanan ini,"harap Arwilia.(Gito- R)

Share:

120 Peserta Didik Akan Duduki Kursi MA. KMM Kauman

Padang Panjang,Ss–MA. KMM Kauman Kota Padang Panjang buka pendaftaran untuk peserta didik baru. Pendaftaran akan dilaksanakan dalam dua gelombang dan saat ini sedang berjalan pendaftaran untuk gelombang pertama hingga 23 Februari 2017 mendatang, untuk gelombang kedua akan dibuka pada 5 Maret hingga 27 April 2017. 

“Kami hanya akan menerima murid sebanyak 120 orang dan diutamakan murid yang memiliki kemampuan cepat dalam menghafal Al-Qur’an,” kata Kepala Sekolah MA. KMM Kauman Derliana, MA diruang kerjanya, Kamis (11/1-2018).

Derliana menambahkan, MA. KMM Kauman membuka pendaftaran lebih awal dari sekolah-sekolah lain supaya peserta didiknya cepat bergabung karena perencanaan untuk Tahun ini sudah disiapkan. 

“Kami akan membuka untuk pendaftaran dua gelombang saja serta kami hanya akan menerima peserta didik baru sebanyak 120 orang dan ini jika quota sudah terpenuhi pada saat gelombang pertama, tentu kami tidak akan membuka lagi untuk gelombang kedua,” jelas Derliana.

Para peserta didik yang sudah mendaftar nantinya akan melaksanakan ujian atau tes pada tanggal 24 Februari 2017. 

“Kami tidak akan meminta nilai UN dari anak-anak ini tinggi melainkan melalui tes yang kami adakan, saya harap anak-anak yang akan menjadi murid di MA. KMM Kauman ini dapat mengikuti tes dengan baik dan juga mendapatkan hasil yang terbaik,” tutur Derliana.

“Insya Allah anak-anak yang sudah masuk di MA. KMM Kauman tidak akan kecewa jika belajar disini,” tutup Derliana.(Gito-R) 

Share:

Fraksi Demokkat DPRD Agam Terima Pendapat Bupati Terkait Ranperda Inisiatif

Agam— Fraksi Demokrat DPRD Agam menerima pendapat Bupati Agam mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif DPRD Agam yaitu, ranperda pembinaan dan pengawasan pembangunan nagari, ranperda pedoman pemberian nama jalan, fasilitas umum dan nomor bangunan gedung dan ranperda tanggung jawab sosial dan lingkungan.
Juru bicara Fraksi Demokrat, Feri Adrianto, menyampaikan bahwa fraksi tersebut dapat menerima dan menyetujui saran yang disampaikan oleh Bupati Agam pada rapat sebelumnya agar substansi atau materi muatan pada ranperda pembinaan dan pengawasan pembangunan nagari dapat disempurnakan.
“Selain itu, terhadap ranperda  pedoman pemberian nama jalan, fasilitas umum dan nomor bangunan gedung kami dari Fraksi Demokrat juga dapat menerima dan menyetujui pendapat dan saran dari Bupati Agam,” kata Feri Adrianto pada rapat paripurna, di Aula I DPRD Agam, Kamis (18/01).
Terkait dengan saran dari Bupati Agam agar mempertimbangkan kembali ketentuan mengenai pembiayaan penyelenggaran pemberian nama jalan, fasilitas umum, dan nomor bangunan gedung sebagai sebuah kewajiban bagi pemerintah daerah.
Feri menyebut, Fraksi Demokrat dapat memahaminya dan akan dikaji serta disempurnakan pada proses pembahasan selanjutnya.

Sementara itu, Fraksi Demokrat juga memberikan kesempatan kepada Pemda untuk melakukan  pengkajian dan pendalaman terhadap materi muatan dan ruang lingkup pada ranperda tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan.
Hal itu, karena terkait dengan permintaan Bupati Agam kepada DPRD agar menjadwalkan kembali penyampaian pendapat bupati terhadap ranperda tersebut.(*)
Share:

Bupati Dharmasraya Lantik 30 Penjabat Eselon II Dan III

Pulau Punjung, - Sebanyak delapan pejabat eselon II dan 22 pejabat eselon III di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dilantik Bupati Sutan Riska di Aula Kantor Bupati setempat, Rabu.


Sutan Riska, di Pulau Punjung, Rabu, berharap pejabat yang baru dilantik dapat bekerja lebih optimal dan mengemban tugas dengan amanah untuk kemajuan daerah ke depan.
Saya ingin action di lapangan, bapa ibu diminta sedikit bicara dan banyak bekerja. Sebab banyak hal yang harus laksanakan secara cepat dan tepat. Maka dari itu saya minta kita semua saling berkerjasama dan membangun komunikasi yang baik, katanya.
Ia berpesan pejabat yang baru saja dilantik supaya dapat memenuhi kompetensi jabatan yang dipercayakan, serta mempelajari tugas pokok masing-masing dengan baik.
Karena hanya dengan begitu dapat bekerja sesuai dengan aturan serta memenuhi harapan masyarakat yang beragam dan kompetitif," ujarnya.
Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal yang mendampingi bupati menambahkan, pelantikan 30 pejabat esselon yang dilaksanakan berdasarkan hasil keputusan bersama antara bupati dan wakil bupati.
Tentunya ini sudah melalui berbagai pertimbangan dan evaluasi yang terukur serta kajian yang mendalam," katanya
Menurutnya pejabat yang baru dilantik merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan pimpinan untuk melaksanakan tugas di pemerintahan.
Maka dari itu, syukuri dan jalani dengan baik kepercayaan yang diberikan. Ini juga adalah amanah yang diberikan oleh Allah yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban, jadi jangan dilalaikan, lanjutnya.
Di samping itu, ia mengajak seluruh pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya untuk bersama membangun daerah.
Selamat bertugas dan bekerjalah dengan baik sesuai tupoksi. Saya bersama bupati akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja saudara," tambahnya. (*)
Share:

Fraksi PAN Setujui SAran Bupari SUbjek Hukum Pendataan Gedung Baru Di Bebankan Ke Nagari


Agam — Fraksi PAN DPRD Agam setuju dengan saran Bupati Agam dimana subjek hukum yang dibebankan kewajiban untuk pendataan gedung baru dengan fungsi hunian adalah pemerintah nagari.
Hal tersebut, disampaikan juru bicara Fraksi PAN, Syaflin, pada rapat paripurna penyampaian pandangan fraksi terhadap pendapat bupati mengenai ranperda inisiatif DPRD Agam, di aula I DPRD Agam, Kamis (18/01).
“Terkait dengan saran Bupati Agam agar meninjau kembali ketentuan mengenai pemerintah daerah sebagai subjek hukum yang dibebankan kewajiban untuk melakukan pendataan terhadap bangunan gedung baru dengan fungsi hunian, dimana bupati menyarankan agar subjek hukum yang dibebankan kewajiban adalah pemerintah nagari, kami sependapat dengan hal tersebut,” jelasnya.
Tidak hanya itu, fraksi PAN juga sependapat dengan bupati untuk melakukan pengkajian ulang terkait unsur keanggotaan tim pemberian nama jalan dan fasilitas umum dimana sebaiknya unsur keanggotaan cukup melibatkan perangkat daerah.
“Mengenai saran bupati tentang pembiayaan dan penyelenggaraan pemberian nama jalan, fasilitas umum dan nomor bangunan gedung sebagai sebuah kewajiban bagi pemerintah daerah, memang perlu menjadi pertimbangan bagi kita bersama dan  ini juga perlu dibahas dalam pembahasan selanjutnya,” ungkapnya.
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.