Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 01/05/18 ~ Sorot Sumatera

Tim Distan Terbaik pada Pawai HUT Dharmasraya XIV

Pulau Punjung, -- Tim Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Dharmasraya menjadi yang terbaik dalam lomba pawai kategori pembangunan yang berlangsung di Pulau Punjung, ibu kota Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Jumat (5/1).
Pawai tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharmasraya XIV. Selain pawai pembangunan yang diikuti oleh seluruh OPD dan instansi vertikal se-Dharmasraya, juga digelar pawai budaya dan alegoris yang diikuti oleh sekolah, mulai dari jenjang PAUD sampai SLTA, serta utusan Pemerintahan Nagari.
Menurut panitia pawai, Hastho Kuncoro, M.Pd di ruang kerjanya (8/1) bahwa untuk meningkatkan motivasi peserta, maka dilakukan penilaian dalam kegiatan pawai itu. Penilaian dibedakan atas beberapa kategori, yaitu kelompok alegoris PAUD, budaya/alegoris SD, SMP, dan SLTA. Kategori lainnya yaitu kelompok budaya utusan Nagari dan kelompok pawai pembangunan utusan OPD dan organisasi vertikal se Dharmasraya.
Hastho menjelaskan, tim Distan Dharmasraya yang mengangkat tema "Petani Jaman Now" berhasil meraih juara I pada kegiatan tersebut. Tim yang dikomandoi oleh Darisman, S.Sn, MM itu memang tampil totalitas dengan penuh kreasi. Posisi kedua dan ketiga diraih oleh Inspektorat dan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (kumperdag) Kabupaten Dharmasraya.
Untuk kelompok alegoris PAUD, juara I diraih oleh TK Aisyiah Bustanul Athfal Pulau Punjung, juara II TK Pembina Pulau Punjung dan juara III diraih TK Bundo Kandung Sikabau. Selanjutnya kelompok SD, juara I diperoleh SDN 08 Pulau Punjung, juara II oleh SDN 06 Pulau Punjung dan juara III SDN 03 Pulau Punjung.
Sementara pada kelompok SMP, tim SMPN 01 Pulau Punjung masih terbaik di kelasnya. Disusul dengan SMPN Unggul Dharmasraya dan SMPN 02 Koto Baru untuk posisi kedua dan ketiga. Keberhasilan SMPN 01 Pulau Punjung diikuti pula oleh SMA Negeri 01 Pulau Punjung yang keluar sebagai tim terbaik pada kelompok SLTA. Disusul oleh SMA Negeri 02 Pulau Punjung dan SMKN 01 Pulau Punjung pada posisi II dan III.
Pada kelompok budaya Nagari, juara I diraih oleh Nagari Koto Salak. Posisi II dan III masing-masing diraih oleh Sopan jaya dan IV Koto Pulau Punjung.
Ditambahkan oleh Hastho, ada beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan dalam memeriahkan HUT Dharmasraya tahun ini, antara lain jalan santai, senam massal dan pasar murah (bazar) yang diprakarsai oleh Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya. Seluruh rangkaian kegiatan itu akan ditutup dengan acara malam resepsi di sport centre Dharmasraya, Koto Padang Kecamatan Koto Baru pada Minggu (7/1)
Share:

Anggota DPRD Kota Padang Azirwan Pentingnya Transparansi

Padang,Sorot Sumatera-Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan peraturan presiden (Perpres) yang akan mengatur transparansi sistem keuangan daerah. Payung hukum ini untuk menghindari penyalahgunaan anggaran dan praktik korupsi.

Perpres yang dimaksud terkait dengan penggunaan Sistem e-Planning (perencanaan elektronik), e-Budgeting (perencanaan penganggaran elektronik) dan e-Procurement( perencanaan pengadaan elektronik) ini diharapkan bisa mengurangi operasi tangkap tangan (OTT) yang gencar dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap kepala daerah nakal.

Dalam menyikapi Perpres yang akan dikeluarkan itu, seluruh anggota DPRD Kota se-Indonesia laksanakan Rapat Kerja Teknis IV ADEKSI (Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia) dengan tema “Menuju Pemerintahan Daerah Yang Efektif dan Bebas Korupsi Melalui Pelaksanaan Sistem e-Planning (perencanaan elektronik), e-Budgeting (perencanaan penganggaran elektronik) dan e-Procurement( perencanaan pengadaan elektronik) bertempat di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, 6 hingga 8 Desember 2017. Rakernis IV ADEKSI ini turut di ikuti oleh sejumlah anggota DPRD Kota Padang.

Anggota DPRD Kota Padang Azirwan dari Fraksi NasDem menyampaikan, memang sangat pentingnya transparansi disertai inovasi dalam sistem perencanaan berbasis big data diawali dari Musrenbang ( Musyawarah Perencanaan Pembangunan) dan diakhiri dengan Monev (Monitoring dan Evaluasi). Kesemua  proses tersebut melibatkan eksekutif dan legislatif dalam pengambilan kebijakan daerah.

"Dalam Rakernis IV ADEKSI ini, seluruh peserta para legislatif se Indonesia untuk juga turut mewacanakan dan membentuk Smart DPRD di setiap kota masing-masing guna menjadikan fungsi-fungsi legislatif menjadi lebih terfokus dalam sistem digital dan lebih bersinergi dengan pihak eksekutif,"  ujar Azirwan saat dihubungi melalui selulernya 

Lebihlanjut disampaikan dengan adanya perpres nanti tentang sistem e- planning, e- budgeting dan e-procurement ini semoga semua daerah setelah memakai sistim ini akan terhindar dari korupsi. Ini sangat bagus sekali, sehingga tidak ada lagi celah untuk bermain main pada anggaran dan diharapkan bisa mengurangi operasi tangkap tangan (OTT) yang gencar dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap kepala daerah nakal. Kalau sistem ini berjalan, tidak ada yang namanya OTT, " katanya.(*)
Share:

DPRD Agam Terus Tingkatkan Kualitas Kerja

Agam  — Sepanjang tahun 2017, eksistensi DPRD Agam semakin terlihat dengan berbagai program dan kegiatan baik secara internal maupun eskternal. Berbagai kegiatan internal baik dengan memaksimalkan tim kerja di komisi-komisi, maupun kerjasama dengan berbagai pihak sudah semakin intens dilakukan.
Tak hanya itu, penataan dan pembangunan sarana pendukung kegiatan dewan sudah semakin terlihat, sehingga mampu mendorong optimalnya aktivitas kerja baik sekretariat dewan maupun anggota DPRD Agam secara kelembagaan.
Program penataan itu, untuk tahun 2018 sesuai dengan perencanaan yang disusun, akan terus dimaksimalkan menyesuaikan kondisi keuangan daerah, yang sasarannya untuk memacu pelayanan terhadap kegiatan anggota dewan dan masyarakat secara umum.
Sekretaris DPRD Agam IndraDt.Baradai melalui Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Agam Hasneril menyebutkan, sepanjang tahun 2017, sangat banyak kegiatan dewan yang dirancang ditahun 2016 lalu, sudah bisa diselesaikan sampai menjelang akhir Desember 2017.
Bahkan, menjelang tutup masa sidang 2017 dan pembukaan masa sidang 2018, tanggal 28 Desember 2017 , pihaknya sudah merangkum seluruh agenda yang sudah diselesaikan sepanjang tahun 2017 ini.
Tak hanya kegiatan persidangan DPRD Agam, tapi juga berbagai keputusan yang sudah dilahirkan bersama sesuai dengan keputusan paripurna DPRD Agam, termasuk berbagai kerjasama yang dirilis bersama pihak lain yang sasarannya untuk mendorong profesionalisme dan memaksimalkan kinerja dewan secara umum, sesuai dengan regulasi yang ada. (*)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.