Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, IPTU Muhammad Sugindo, S.I.K, Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilu Forum Pemuka Nagari ~ Sorot Sumatera

Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, IPTU Muhammad Sugindo, S.I.K, Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilu Forum Pemuka Nagari

sorotsumatera.com

Solok- Kapolsek IX Koto Sungai Lasi IPTU Muhammad Sugindo.S.I.K, mengadiri sosialisasi  pengawasan pemilu forum pemuka Nagari berbasis kekeluargaan bertempat di ruangan pertemuan kantor Camat IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (7/11-2018). Jam 09.45 Wib.

“ Ini bagus, Karna inisiatif datang dari masyarakat dan tokoh adat, untuk ikut andil aktif mengawasi dan mengawal pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan beradab. Kita dari forkopimcam menampung dan memfasilitasi sampai terlaksananya kegiatan tersebut. Semoga pemilu 2019 di Kec. IX Koto Sungai Lasi dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah kita sama-sama deklarasikan,” kata Muhammad Sugindo pada media ini lewat WhatsApp pendeknya. 

Partisipasi masyarakat di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok sangat tinggi, dalam pengawasan pemilu 2019 nanti,  yang melibatkan masyarakat secara luas dalam mengawasi jalannya tahapan pemilu.


Adanya partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu adalah bentuk dari penggunaan hak warga negara untuk mengawal hak pilihnya. Menurut UU No 7 Tahun 2017, partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu diperlukan dalam rangka melakukan pencegahan pelangggaran pemilu dan pencegahan sengketa proses pemilu. Dengan demikian pengawasan partisipatif masyarakat dijamin dan diatur dalam undang-undang.
  
Sosialisasi pengawasan pemilu forum pemuka Nagari Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, yang berbasis kekeluargaan dalam rangka persiapan Pengawasan Kampanye pada Pemilhan DPR RI, DPD, DPRD Prov. DPRD Kab/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2019 dibuka secara resmi oleh ketua Panwaslu Kecamatan Sungai Lasi Sakti Primadona M.Pd.


Dalam acara sosialsi itu, Camat IX Koto Sungai Lasi Reflidon.S.Pd, menyampaikan  terkait Peran Pemirintah dalam tahapan Pemilu tahun 2019. Pemeritah adalah suatu Organisasi yang memiliki kekuasaan untuk mebuat  dan menerapkan Hukum serta undang undang diwilayah tertentu. Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat, untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Kab/Kota, Presiden dan Wakil Presiden, yang dilaksanakan secara langsung, umum,bebas,rahasia , jujur dan adil dalam NKRI.  Berdasarkan Panca Sila dan UUD 1945. Pemerintah wajib  memfasilitasi KPU dan Bawaslu, urai Camat.
  
 Kapolsek IX Koto Sungai Lasi IPTU Muhammad Sugindo. S.I.K menambahkan. Dalam pemilihan nanti masyarakat agar menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani masing masing pemilih. TNI, Polri dan ASN agar menjaga netralitas dalam meghadapi tahun pemilu 2019 nati. 

“Diharapkan unsur Ninik mamak sama-sama ikut menjaga situasi kamtibmas dalam menghadapi tahun pemilu, guna terciptanya pemilu damai. Jangan gunakan sarana Pemerintah sebagai alat untuk kampanye. Apabila ada pelaggaran Pemilu agar masyarakat berani untuk segera lapor ke banwaslu,” tambah Sugindo.

Acara Sosialisasi pemilu damai tersebut dihadiri, Camat IX Koto Sungai Lasi, Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, Danramil Sungai Lasi, Ketua BMN Sekecamatan Sungai lasi, Para Walinagari se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Ketua KAN Sekecamatan IX Koto Sungai Lasi, Unsur ninik mamak, Ketua LKAAM Kec. IX Koto Sungai lasi, BMN, Bundo Kanduang, Ketua DPRD Kab.Solok diwakili Septrismen dan lainnya. (**)

Editor; Ariel Wartawan Madya
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.