• Museum Rekor Dunia Indonesia terpecahkan dalam tari Gemu Famire terbanyak, Kodim 0319/ Mentawai menyumbangkan 1.350 orang

    Pemecahan rekor Muri Tari Gemu Famire melibatkan 300.000 orang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73. Di Mentawai, Kodim 0319 Mentawai menyumbangkan sebanyak 1.350 peserta dari awalnya ditargetkan sebanyak 1000 orang.

    “Pada pelaksanaannya melebihi dari yang ditargetkan. Tentunya itu karena antusias masyarakat dari berbagai kalangan untuk berpartisipasi serta dukungan pemerintah daerah,” kata Dandim 0319 Mentawai, Letkol. Didid Kusnadi di Tugu Sikerei km.9 Tuapeijat, Selasa (4/9).

    Ia mengatakan, kegiatan pemecahan rekor MURI tari Gemu Famire itu merupakan prakarsa dari panglima TNI, “Ini dilaksanakan secara bersamaan di seluruh Indonesia. Pada prinsipnya, gaungnya seluruh nusantara yang berlandaskan pada budaya kita di Indonesia sebagai pemersatu bangsa,” ucapnya.

    Dalam konteks pertahanan, kata Didid Kusnadi, kegiatan itu sebagai bentuk melanjutkan warisan budaya luhur agar tidak bias dari pengaruh budaya luar. Tolak ukur kegiatan itu menjadi inspirasi untuk mengedepankan atau menonjolkan aspek lokal. Apalagi, budaya Mentawai perlu dieksplorasi lagi untuk melestarikannya hingga ke penjuru nusantara.


    Sementara, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet memberikan ucapan terima kasih kepada TNI yang telah menggagas kegiatan itu sehingga berjalan sukses dengan banyaknya masyarakat ikut berpartisipasi. Ke depan, ia berharap hubungan intansi vertikal dengan pemkab lebih dipererat lagi.

    Pelaksanaan kegiatan, kata Yudas, telah berjalan dengan baik disertai dengan pengamanan TNI Polri. Diharapkan sinergi itu selalu terjaga dengan baik dalam melaksanakan kegiatan, baik di instansi vertikal maupun di Pemkab Mentawai. (ry)

    Tidak ada komentar