• Wabup Hadiri Prosesi Batagak Rumah Gadang Dt Rajo Mangkuto

    Dharmasraya- Pasca runtuh beberapa tahun lalu karena dimakan usia, Rumah Gadang Dt Rajo Mangkuto Suku Tigo Nini yang berada di Nagari Sikabau akhirnya kembali dibangun. Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, turut hadir dalam prosesi Batagak Rumah Gadang Dt Rajo Mangkuto yang dilaksanakan di Jorong Koto Tangah Nagari Sikabau, Kamis (23/08).

    Menurut Panghulu Suku Tigo Nini Nagari Sikabau, M. Yasin Dt Rajo Mangkuto, rumah gadang yang dibangun hari ini adalah rumah gadang ketiga untuk Suku Tigo Nini, sejak 500 tahun lalu. Sebelumnya, bangunan pertama rumah gadang ini juga pernah terbakar.

    Untuk pembangunannya, kaum Suku Tigo Nini sepakat untuk menjual sebagian lahan Rumah Gadang kepada pihak koperasi dan mendapat imbalan senilai Rp 150 juta.

    "Dari dana inilah kami membangun Rumah Gadang Suku Tigo Nini, ditambah dengan sejumlah dana dari para donatur," paparnya.

    Sementara itu, wabup dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membangun kembali Rumah Gadang Dt Rajo Mangkuto. Apalagi rumah gadang ini dibangun secara bergotong royong seluruh lapisan masyarakat yang menunjukkan bentuk partisipasi dari masyarakat dalam membangun nilai-nilai budaya nagari.

    "Setiap suku itu memang sudah semestinya memiliki rumah gadang sebagai salah satu identitasnya. Tidak hanya itu, keberadaan Rumah Gadang juga sangat penting sebagai tempat untuk bermusyawarah antar masyarakat dalam pemecahan permasalahan nagari, adat istiadat nagari dan pembangunan nagari," tukuk wabup.

    Adapun, Batagak Rumah Gadang ini ditandai dengan pemasangan kain punco dan kumandang adzan. Rumah Gadang ini terdiri dari 30 tiang dan 3 gonjong.

    Usai prosesi, acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama di lokasi.(hms/tbs)

    Tidak ada komentar