• Posyandu Beringin Indah Wakili Dharmasraya di Tingkat Sumatera Barat

    Dharmasraya- Kader Posyandu Beringan Indah Nagari Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh atas nama Dwi Astuti mewakili Kabupaten Dharmasraya dalam lomba Kader Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Sekaitan dengan itu, Kamis (09/08), tim penilai yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevy Irwan Prayitno, berkunjung ke Nagari Sopan Jaya untuk melakukan penilaian lapangan.

    Kedatangan rombongan tim penilai yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska ini disambut oleh jajaran pemerintah nagari, kader PKK nagari dan segenap komponen masyarakat setempat, di Gedung Posyandu Nagari Sopan Jaya. Turut pula hadir pada kesempatan itu sejumlah Kepala OPD, Camat dan wali nagari se Kecamatan Padang Laweh.

    Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevy Irwan Prayitno, dalam sambutannya menyampaikan, kunjungan lapangan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari hasil Temu Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada Mei lalu.

    Melalui kunjungan lapangan ini, sebut Nevy, tim penilai ingin melihat langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyandu. Kemudian bagaimana pula dukungan dan partisipasi instansi yang tergabung dalam Pokjanal Posyandu dalam membina posyandu yang ada di wilayahnya. Serta ingin mengetahui bagaimana pula dukungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya dalam pengelolaan posyandu.

    "Kalau untuk juara, Kader Posyandu Beringin Indah sebenarnya sudah menjadi juara untuk kategori kabupaten, karena sudah masuk nominasi. Hanya saja, penilaian lapangan ini adalah untuk menentukan siapa yang akan menjadi Juara I, II dan III nya," terang Nevy.

    Ada beberapa aspek yang dinilai dalam penentuan juara ini, kata Nevy. Diantaranya, aspek Pokjanal dan Pokja Posyandu, aspek kesehatan, aspek BKB, aspek PKK, aspek partisipasi masyarakat, aspek penerimaan masyarakat, aspek kelengkapan administrasi dan aspek kegiatan kader posyandu.

    Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska pada kesempatan itu berharap, Dwi Astuti dapat meraih hasil terbaik dan mewakili Dharmasraya hingga ke tingkat nasional.

    "Dan yang terpenting adalah, adanya penilaian ini hendaknya menjadi cambukan semangat bagi kita untuk terus lebih baik dalam penyelenggaraan pelayanan posyandu," pungkas Dewi.(hms/tbs)

    Tidak ada komentar