• LKPD Dharmasraya Mulai Diperiksa Secara Rinci oleh BPK-RI

    Dharmasraya, -  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Dharmasraya tahun Anggaran 2017 mulai diperiksa secara rinci oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Barat. Kamis (05/04), tim dari BPK yang dipimpin oleh Indra Syzinia, sudah berada di Kabupaten Dharmasraya untuk melakukan pemeriksaan dimaksud selama 35 hari kedepan. Ini merupakan tindak lanjut dari pemeriksaan interim yang dilakukan sebelumnya.

    Kedatangan tim dari BPK yang berjumlah 5 orang itu disambut langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Plt Sekda, Leli Arni, Asisten dan segenap Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, di Aula Kantor Bupati. Kegiatan diawali dengan temu ramah dan kemudian dilanjutkan dengan dialog antara tim BPK dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, khususnya yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan di masing-masing OPD.

    Bupati dalam kesempatan itu menekankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk menindaklanjuti setiap konfirmasi dan klarifikasi yang dibutuhkan oleh tim pemeriksa. "Dan tidak boleh diwakilkan kepada bawahan," tegas bupati.

    Kemudian, lanjut bupati, Perangkat Daerah agar mempersiapkan bahan administrasi secara lengkap dan benar.

    "Apabila ditemukan keraguan atau kendala, agar berkoordinasi langsung dengan inspektorat sebagai fasilitator pemeriksa dan partner BPK," ujar bupati menekankan.

    Kepada Inspektorat, bupati juga menegaskan agar memfasilitasi selama BPK berada di Kabupaten Dharmasraya dan melakukan pendampingan pada saat diperlukan peninjauan lapangan.

    "Untuk itu, inspektorat tidak boleh dinas luar selama pemeriksaan oleh BPK dilakukan," tegas bupati lagi.

    Bupati berharap, predikat WTP yang sudah dua kali dicapai dapat kembali diraih untuk ketiga kalinya.

    "Mempertahankan apa yang telah dicapai itu sulit. Maka dari itu, ini butuh upaya kita bersama, dengan usaha yang serius dan diiringi dengan do'a. Semoga Allah meridhoi dan mengabulkan do'a kita," pungkas bupati.

    Sementara itu, Ketua Tim Pemeriksa, Indra Syzinia, dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

    "Saya bangga dengan kinerja Pemkab Dharmasraya yang terus melejit, dan mampu mempertahankan WTP selama dua tahun belakangan ini," tukas Nia.

    Nia juga berharap, agar selama pemeriksaan, seluruh pihak terkait untuk dapat menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran pemeriksaan atas LKPD Dharmasraya.

    Tidak ada komentar