Pemkab Dharmasraya Diskusi dengan Akademisi Unand Bahas Penguatan Ekonomi Masyarakat


Pemkab Dharmasraya Diskusi dengan Akademisi Unand Bahas Penguatan Ekonomi Masyarakat

Dharmasraya -- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang dipimpin langsung oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Klub GOSIP (Gowes Sip) yang terdiri dari guru besar, dosen dan staf Univeritas Andalas beserta masyarakat melaksanakan diskusi di komplek Candi Padang Roco, Nagari Siguntur, Sabtu (17/03).
Diskusi semi formal yang diawali dengan kegiatan bersepeda santai dari Kantor Bupati Dharmasraya menuju Candi Padang Roco ini membahas tentang Pengembangan Potensi Daerah dengan Dasar Penguatan Ekonomi Masyarakat.
Setidaknya, ada beberapa materi yang disampaikan oleh guru besar dan dosen Unand, yang kemudian menjadi pengantar dalam diskusi yang dimoderatori oleh Assisten II, Adlisman, itu. Yakni tentang Penguatan Kapasitas BumNag dengan pemateri Prof. Helmi, Mitigasi Bencana oleh Prof.Hakam, dan Capacity Building oleh Prof. Nusirwan Efendi.
Mendengar sejumlah pemaparan yang cukup mendalam dari para profesor Unand dalam kesempatan itu, Bupati Sutan Riska, menyampaikan terimakasih banyak atas terlaksananya diskusi tersebut. Menurutnya, dari diskusi ini sangat banyak masukan, saran serta ilmu yang bisa dikembangkan di Kabupaten Dharmasraya, untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Bupati berharap, ada tindak lanjut yang dilakukan dari hasil diskusi tersebut. Pada kesempatan itu, Bupati meminta pihak Unand bersedia untuk memberikan pembinaan bagi nagari-nagari di Dharmasraya untuk mengangkat potensi-potensi yang ada guna mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.
"Saya ingin ada tindak lanjut dari kegiatan diskusi ini, Prof. Saya harap Unand bersedia memberikan pembinaan kepada nagari-nagari di Dharmasraya untuk bagaimana perekonomian masyarakat bisa tumbuh lebih cepat dengan potensi-potensi daerah yang dimiliki. Apa yang harus dilakukan setelah ini dan apa yang harus kami persiapkan untuk itu. Jika perlu kita lakukan MoU dengan pemerintah nagari untuk itu," pungkas bupati di hadapan guru besar dan dosen Unand serta seluruh peserta diskusi yang hadir.(***)