Penilaian LAKIP Tahun 2017, Dharmasraya Bertekad Raih Predikat BB


Penilaian LAKIP Tahun 2017, Dharmasraya Bertekad Raih Predikat BB

Dharmasraya -- Setelah mendapat predikat B dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) tahun 2016 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bertekad untuk menaikkan peringkat LAKIP ini menjadi BB untuk penilaian tahun 2017. Tekad ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan komitmen bersama antara Perangkat Daerah dengan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (26/02).
"Tahun 2016 kita dapat predikat B. Untuk LAKIP tahun 2017 harus lebih baik lagi, minimal BB," tegas bupati didampingi Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, usai penandatangan komitmen bersama dalam upaya mencapai nilai LAKIP yang lebih baik untuk tahun 2017.
Maka dari itu, bupati menekankan kepada seluruh OPD untuk komit dengan pernyataan komitmen yang telah dibuat. "Kepala perangkat daerah beserta jajaran agar melakukan pembenahan LAKIP, karena kepala perangkat daerah harus siap untuk mempresentasikan di depan Tim Penilai LAKIP dari MENPAN-RB," imbuh bupati menekankan.
Selain itu, sebagai upaya untuk mewujudkan tekad dalam peningkatan nilai LAKIP ini, dalam kesempatan yang sama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Bagian Organisasi juga melaksanakan sosialisasi tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh bupati ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat beserta seluruh pejabat/staf yang menangani akuntabilitas kinerja di masing-masing perangkat daerah.
Ada dua materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini, yakni tentang penyelarasan sasaran dan indikator kinerja perangkat daerah oleh Tim SAKIP Kabupaten Dharmasraya, serta tentang penyusunan perjanjian kinerja dan cascading oleh Tim SAKIP Kabupaten Dharmasraya.
"Selain sebagai upaya untuk mendapatkan laporan kinerja instansi pemerintah yang lebih baik, sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk persiapan coaching clinic dan penyusunan cascading dengan MENPAN-RP yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018 mendatang," ujar Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Endang Purwaningsih.
Untuk itu, tim penyusun laporan kinerja di masing-masing instansi diminta agar melakukan penyempurnaan LAKIP tahun 2017 dan diselesaikan sesuai schedule serta tahapan-tahapan yang telah dibuat.(***)