Header Ads

  • Breaking News

    Pemkab Dharmasrya Alokasikan Dana Untuk Mobil Pembuatan KTP-E Keliling

    Pulau Punjung,- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya,  pada 2018 mengalokasikan anggaran Rp1,3 miliar untuk pengadaan mobil keliling pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) sebagai upaya mempermudah dan mempercepat pelayan kepada masyarakat.


    "Ini juga untuk menjangkau pelayanan administrasi kependudukan di wilayah pinggiran," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dharmasraya, Netty Helma di Pulau Punjung, Rabu.
    Ia mengatakan dana pengadaan mobil layanan KTP-E bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dharmasraya 2018.
    Mobil layanan KTP-E keliling dijadwalkan mulai dioperasionalkan pada April 2018, kata dia.
    "Saat ini dalam tahap proses pemberkasan lelang, selanjutnya akan dilakukan tender," ujarnya.
    Fokus layanan mobil KTP-E keliling lebih pada penanganan masyarakat di nagari (desa adat) yang selama ini kesulitan mengakses kantor Disdukcapil yang berlokasi di pusat ibu kota.
    Ia menilai selama ini persoalan tersebut masih menjadi kendala bagi masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.
    "Kalau ada nagari yang jauh, kami dapat bawa mobil ke sana dan melaksanakan pelayanan sampai dengan pencetakan, artinya pelayanan dapat langsung diselesaikan di mobil keliling tanpa harus ke kantor," ujarnya.
    Ia menambahkan Disdukcapil terus menyosialisasikan tentang pentingnya data kependudukan dan proses pengurusan administrasi juga dipermudah sehingga partisipasi masyarakat meningkat.
    "Sosialisasi terus kami laksanakan ke daerah yang berbeda, bahkan dengan peralatan seadanya kami sudah menerapkan layanan keliling. Dan juga pelayan satu hari selesai," ujarnya. (*)
    Teks Foto : Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Dharmasraya, Netty Helma. ANTARSUMBAR/Ilka Jensen.

    Tidak ada komentar

    OLAHRAGA

    Post Bottom Ad

    ad728