Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Pelajar Dharmasraya ikuti kemah budaya ~ Sorot Sumatera

Pelajar Dharmasraya ikuti kemah budaya


Pulau Punjung,- Sebanyak 80 pelajar SMA Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mengikuti kemah budaya sebagai upaya mengenalkan cagar budaya kepada siswa. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Sutan Henri, di Pulau Punjung, Minggu, menyebutkan sosialisasi cagar budaya melalui kemah budaya bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar. 

Kemah budaya dilaksanakan di Komplek Candi Padang Roco, Nagari (Desa Adat) Siguntur, Kecamatan Sitiung. Sosialisasi cagar budaya melalui kemah budaya dilaksanakan dari 17 sampai 19 Februari diikuti peserta dari Kwarcab Pramuka 18 Dharmasraya. 

"Kegiatan ini sudah dimulai sejak Sabtu (17/2), berlangsung sampai besok. Kita harapkan para siswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik," ujarnya. 

Sementara, Kepala BPCB Batusangkar, Nurmantias menjelaskan sosialisasi cagar budaya sebagai proses belajar dalam mengenalkan kebudayaan kepada pelajar agar lebih dikenal dan dipahami masyarakat luas. 

Ia berharap sosialisasi melalui kemah budaya dapat meningkatkan pemahaman tentang pelestarian cagar budaya oleh masyarakat secara berkelanjutan. 

"Dalam kegiatan ini kita melibatkan pramuka, karena mereka mempunyai kemampuan yang sudah terlatih melalui pendidikan non formal. Ke depan adik-adik pramuka ini nantinya yang akan menyampaikan dan menyebarluaskan pemahaman kepada masyarakat tentang cagar budaya yang ada di Dharmasraya ini," katanya. 

Ia menerangkan cagar budaya adalah warisan budaya bersifat benda berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya. 

"Melalui kegiatan ini cagar budaya yang ada di Dharmasraya dapat dilestarikan serta diketahui masyarakat umum. Sebab memiliki nilai untuk ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama. Apalagi Dharmasraya merupakan kerajaan besar pada zaman dahulunya," katanya. 

Selain sosialisasi, tambah dia, BPCB dan peserta juga menggelar aksi gotong royong atau bersih-bersih di lokasi cagar budaya yang ada Dharmasraya, yakni di Candi Pulau Sawah dan Candi Padang Roco. (*)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.