Header Ads

  • Breaking News

    Dinkes Dharmasraya Sebutkan Imunisasi Campak Dan Runbela Dilaksanakan Agus- September 2018

    Pulau Punjung,  - Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengatakan pelaksanaan kampanye imunisasi campak dan rubella atau Measles Rubella akan dilaksanakan serentak pada Agustus sampai September 2018.

    Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Punjung, Selasa (23/1), mengatakan, kampanye imunisasi campak dan Measles Rubella serentak dilangsungkan di beberapa daerah, seperti Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. 
    "Dharmasraya tahun ini sudah mulai memberikan imunisasi campak dan rubella," kata dia. Ia menjelaskan pelaksanaan imunisasi rubella sebelumnya baru dilaksanakan di beberapa daerah di Pulau Jawa.
    Sasaran dari pemberian vaksin rubella, kata dia diberikan untuk anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun karena 89 persen kasus rubella terjadi pada anak usia itu.
    Campak dan rubella merupakan infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.
    "Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian," tambahnya.
    Ketika seseorang terserang penyakit campak, ciri-cirinya yakni gejala demam tinggi, bercak kemerahan atau ruam pada kulit yang biasanya di bagian telinga belakang yang disertai dengan pilek dan batuk.
    Rubella jika menyerang seseorang pada umumnya menimbulkan gejala ringan, tetapi jika wanita hamil terserang rubella, wanita tersebut berpotensi mengalami keguguran atau melahirkan bayi yang memiliki kelainan pada jantung, mata, pendengaran, dan pada sistem saraf pusat.

    Tidak ada komentar

    OLAHRAGA

    Post Bottom Ad

    ad728