Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 11/22/17 ~ Sorot Sumatera

Untuk Mudahkan Kebutuhan Masyarakat DPRD Agam Hasilkan 6 Ranperda Inisiatif


                                                               

Lubukbasung, SorotSumatera.com — Enam ranperda inisiatif DPRD Agam telah disepakati dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun anggaran 2018.
Keenam renperda tersebut tersebut yaitunya, ranperda tentang ketertiban umum dan bamus nagari yang diinisiasi Komisi 1 DPRD. Kemudian ranperda tentang pokok-pokok keuangan nagari merupakan inisiatif dari Komisi II DPRD Agam.
Serta ranperda tentang jasa penerangan lampu umum (JPU) dari Komisi III DPRD. Lalu ranperda tentang pelestarian seni dan budaya di salingka ranah Agam dan renperda pengelolaan pariwisata oleh pemerintah dan swasta inisiatif dari Komisi IV DPRD Agam.
Ketua Bapemperda DPRD Agam Irfawaldi mengatakan, ranperda inisiatif dari masing-masing komisi tersebut sebelumnya telah diusulkan dalam rapat kerja bersama badan pembentukan perda (Bapemperda) dengan pemerintahan pada 17-19 November 2017.
Serta telah melalui rapat kerja dengan tim ahli dari Kanwil Hukum dan HAM provinsi Sumbar.
“Sebelumnya ada 8 ranperda inisiatif yang diusulkan DPRD, tiga ranperda inisiatif Komisi I, satu dari komisi II, dua dari komisi III dan dua dari komisi IV.
Namun setelah dilakukan pembahasan oleh Bapemperda disepakati ada enam yang akan dibahas pada 2018 mendatang,” ujarnya.
Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra berharap agar ranperda inisiatif Komisi tersebut dapat menjawab kebutuhan masyarakat.
“Ranperda inisiatif memang kita lihat dari kebutuhan masyarakat dan daerah. Jadi kita berharap ranperda itulah yang nanti sebagai pengaturan dan menjawab terhadap kebutuhan masyarakat dan daerah,” ujarnya pada  usai menutup rapat paripurna di aula sidang DPRD Agam, Selasa (21/11).
Dalam rapat paripurna tersebut terdapat 18 rancangan peraturan daerah yang disepakati dalam propemperda tahun 2018 mendatang. Enam ranperda inisiatif DPRD, tujuh ranperda lanjutan pembahasan pada tahun 2017 dan lima ranperda dari Pemkab. Agam.(hms)
Share:

Penyisihan Bintang Vokalis Qasidah


sorotsumatera.com, Padang ~ Cabang lomba 'Bintang Vokalis' Festival Seni Qasidah di Lapangan Imam Bonjol Padang hampir menyelesaikan babak penyisihan, Rabu (22/11/2017). Lomba untuk kategori anak-anak, remaja dan dewasa akan memasuki babak semi final, besok (Kamis, 23/11/2017).
Sejauh ini, antusias peserta dan penonton cukup tinggi. Peserta menunjukkan semangat lomba yang luar biasa dengan menunjukkan penampilan terbaik. Sedangkan para pendukung dari 32 provinsi semakin 'menggila' dengan sorakan riuh disertai gerak tubuh mengikuti irama.
Lomba di cabang bintang vokalis ini akan dituntaskan hingga malam nanti. Semua peserta, praktis agak berdebar menunggu keputusan dewan juri. (*)
Share:

PATBM Sebagai Gerakan Perlindungan Terhadap Anak


Sorotsumatera.com, Padang ~ Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang membentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di setiap kelurahan di Kota Padang.
Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemko Padang, Afrizal Khaidir, pada rapat pembentukan PATBM di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang, Rabu (22/11/2017), mengatakan, PATMB merupakan sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak.
“Setiap gerakan perlindungan anak harus terkoodinir dengan baik dengan melibatkan semua unsur masyarakat,” terang Afrizal.
Afrizal menjelaskan, melalui PATBM persoalan kekerasan terhadap anak bisa dihilangkan serta berkurangnya faktor-faktor penyebab permasalahan dan resiko-resiko kekerasan terhadap anak yang telah atau mungkin terjadi, baik pada anak, keluarga, dan masyarakat.
Ditambahkannya, kegiatan ini telah mendapat dukungan dari banyak kalangan di Kota Padang, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan,dan tokoh penggiat aktivis anak dan keluarga yang ada di sekitar lingkungan kelurahan PTAMB.
“Pemkot Padang berharap, PATBM bisa mengedukasi masyarakat dalam menurunkan angka kekerasan pada anak, dengan cara mengubah norma sosial dan praktik budaya yang menerima, membenarkan atau mengabaikan kekerasan. Serta, membangun sistem pada tingkat komunitas dan keluarga dalam mencegah kekerasan,” tambahnya lagi.
Rapat PATBM tersebut diikuti Camat dan Lurah se-Kota Padang, Fasilitator PATBM, dan Ketua LPM Kelurahan se-Kota Padang. (*)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.