Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 09/29/17 ~ Sorot Sumatera

DPRD dan Pemkab Agam Tanda Tangani APBD-P 2017

PARIWARA DPRD KABUPATEN AGAM 
AGAM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rapat Paripurna Pendapat akhir fraksi dan kesepakatan Bersama atas Ranperda tentang  APBD-P Tahun 2017 pada hari Kamis 28 September 2017 jam 11.00 wib di aula Bappeda Agam. Rapat paripurna dipimpin oleh ketua DPRD Agam Marga Indra Putra S.Pd.,hadir wakil ketua Suharman dan seluruh anggota DPRD Agam.serta  sekretaris dprd Ir.H.Jetson beserta jajarannya.

Di Acara Paripurna tersebut turut hadir dari Pemerintah daerah dihadiri  wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria,Sekda Drra Pariprna tersebut seluruh perwakilan fraksi menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi dan Kesepakatan Bersama atas Ranperda tentang APBD-P tahun 2017 yang s.H.Martias Wanto, asisten II Isman Imran,dan kepala-kepala OPD ,BUMN,BUMD dan Insan Pers / wartawan.

Dalamacadisampaikan oleh Fauzi dari  fraksi Demokrat ,dari fraksi Golkar/PBB disampaikan Anton.SH.,dari fraksi PKS disampaikan Syafruddin.SS.,dari fraksi disampaikan  Partai PAN,dari fraksi PPP  disampaikan Zulham Efendi,dari fraksi Hanura Nasdem disampaikan oleh Tos Helmadi dan dari fraksi Gerindra disampaikan Gusdanur Dt Itam hingga akhir acara Paripurna Tersebut Berjalan Lancar.

Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, mendukung pencanangan gerakan nagari madani yang dilakukan pemerintah setempat dalam mewujudkan kehidupan beragama dan beradat pada 82 nagari di daerah itu.

"Dengan pencanangan itu maka kemadanian itu telah diaktifkan mulai dari tingkat nagari," katanya di Lubukbasung.Dengan telah dicanangkan nagari madani, maka nagari madani itu akan terbetuk secara otomatis.
Karena dalam menghidupkan aura madani harus dilakukan dari tingkat nagari dan selama ini program madani hanya secara global di tingkat kabupaten.Untuk itu, seluruh komponen mulai dari tokoh adat, tokoh agama, wali nagari, bundo kanduang dan generasi muda mendukung ini agar nagari madani itu hadir ditengah masyarakat.

Sementara Walinagari Koto Malintang, Naziruddin, siap mendukung agar gerakan nagari madani itu terwujud.Selama ini, tambahnya, Pemerintah Nagari Koto Malintang telah melakukan program subuh berjamaah.

Dalam mewujudkan program itu, jemaah yang hadir saat Shalat Subuh itu diberi bantuan satu bibit pohon alpokat, mangga dan lainnya."Untuk tingkat pelajar kita beri uang sebesar Rp10 ribu per anak. Ini untuk menyukseskan kegiatan itu," katanya. (*)
 





Share:

DPRD Agam Jadi Contoh DPRD Ngawi Buat Perda Pariwisata

Lubukbasung, sorotsumatera.com - DPRD Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, belajar membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang rencana induk pembangunan pariwisata daerah dan kawasan peruntukan industri ke Agam, Sumatera Barat.

Ketua Pansus III DPRD Ngawi, Siswanto di Lubukbasung, Selasa menyebutkan, kedatangan rombongan yang berjumlah 27 orang tersebut dalam rangka mempelajari tentang rencana induk pembangunan pariwisata daerah dan kawasan peruntukan industri di Agam.

"Salah satu jadi pertimbangan kami memilih Agam, karena sama-sama daerah agraris yang sebagian besar daerah pertanian dan Ngawi mencoba untuk mengembangkan pariwisata," katanya.

Dari sisi pariwisata, Ngawi juga memiliki Waduk Pondok dan Waduk Sanggiran. Sementara di Agam juga memiliki Danau Maninjau.

Saat ini, Agam sudah memiliki Perda tentang pengelolaan pariwisata. Untuk itu, sebutnya DPRD Ngawi melakukan studi banding ke Agam dalam menyusun perda tersebut.

Selama ini, perhatian pemerintah hanya pada bidang pertanian. Setelah dilihat, potensi pariwisata bisa di kembangkan di Ngawi dan bisa menjadi pendapatan asli daerah (PAD).

Dengan adanya perda tersebut, bisa menambah PAD Ngawi karena selama ini PAD dari pariwisata hanya sekitar 20 persen dari total PAD sebesar Rp316 miliar, ujarnya.

"Pada tahun ini APBD Ngawi sekitar Rp2,4 triliun," kata anggota fraksi PKS.
Sementara itu, Sekretaris DPRD Agam, Jetson yang menyambut kunjungan tersebut menyebutkan dalam mengembangkan pariwisata harus memberdayakan potensi masyarakat lokal, karena mereka yang lebih mengerti dalam mengelola pariwisata di daerah mereka dari pada pemerintah kabupaten.

"Berikan kewenangan kepada kepala desa karena mereka yang mengerti tentang potensi wilayah mereka," ujarnya.

Dalam pengembangan wisata tidak begitu sulit, apabila dikembalikan kepada desa atau nagari karena mereka memiliki dana desa dalam membangun pariwisata, tambahnya.

Sementara kabupaten hanya mengawasi dan mengendalikan kalau ada hal-hal sifatnya yang lebih luas efeknya. Nagari boleh membuang peraturan nagari tentang tarif masuk ke objek wisata itu, tetapi daerah harus memberikan batasan.

Boleh saja mereka berkreasi, tapi tetap dalam koridor yang ada mengingat setiap nagari memiliki aturan tersendiri," katanya. (*)
Share:

DPRD Kabupaten Agam Sepakati APBD-P 2017


AGAM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rapat Paripurna Pendapat akhir fraksi dan kesepakatan Bersama atas Ranperda tentang  APBD-P Tahun 2017 pada hari Kamis 28 September 2017 jam 11.00 wib di aula Bappeda Agam. Rapat paripurna dipimpin oleh ketua DPRD Agam Marga Indra Putra S.Pd.,hadir wakil ketua Suharman dan seluruh anggota dprd Agam.serta sekretaris dprd Ir.H.Jetson beserta jajarannya.
Di Acara Paripurna tersebut turut hadir dari Pemerintah daerah dihadiri  wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria,Sekda Drs.H.Martias Wanto, asisten II Isman Imran,dan kepala-kepala OPD ,BUMN,BUMD dan Insan Pers / wartawan.

Dalam acara Pariprna tersebut seluruh perwakilan fraksi menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi dan 
Kesepakatan Bersama atas Ranperda tentang APBD-P tahun 2017 yang disampaikan oleh Fauzi dari  fraksi Demokrat ,dari fraksi Golkar/PBB disampaikan Anton.SH.,dari fraksi PKS disampaikan Syafruddin.SS.,dari fraksi disampaikan  Partai PAN,dari fraksi PPP  disampaikan Zulham Efendi,dari fraksi Hanura Nasdem disampaikan oleh Tos Helmadi dan dari fraksi Gerindra disampaikan Gusdanur Dt Itam hingga akhir acara Paripurna Tersebut Berjalan Lancar.(hms/ril/nanang)

Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.