Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 08/12/17 ~ Sorot Sumatera

DPRD Agam Dukung Beli Alkes RSUD Lubuk Basung


Lubukbasung, - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Agam, mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung, untuk membeli alat kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kepada pasien yang berobat.

"Kita mendukung RSUD Lubukbasung untuk membeli alat kesehatan karena laporan yang kami dapat alat kesehatan di rumah sakit itu sudah berusia sekitar 30 tahun," kata anggota DPRD Agam Fauzi di Lubukbasung.

Dengan kondisi alat seperti ini, maka pasien tidak terlayani dengan maksimal sehingga mereka dirujuk ke rumah sakit lain.

Namun apabila alat kesehatan dilengkapi dan diperbaharui, maka tidak ada lagi pasien yang dirujuk.

Sementara anggota DPRD lainnya, Noveri Edios menambahkan, dengan lengkapnya alat kesehatan maka dapat menambah pendapatan rumah sakit itu.

"Pemerintah harus mencarikan dana untuk pengadaan alat kesehatan ini dan setelah alat ini lengkap baru membangun fisiknya," tambahnya.

Direktur RSUD Lubukbasung, Nurmalis, mengakui bahwa alat kesehatan di rumah sakit sudah berusia 30 tahun dan ada yang rusak.

"Alat kesehatan ini dibeli semenjak RSUD itu didirikan dan tidak ada peremajaan," katanya.

Untuk membeli alat kesehatan ini, RSUD Lubukbasung membutuhkan dana sebesar Rp54 miliar yang akan digunakan untuk pengadaan alat ronsen, Ultrasonografi (USG), alat operasi mata, alat pencuci darah, telingga dan lainnya.

Pada anggaran perubahan 2017, RSUD Lubukbasung menganggarkan dana sekitar Rp1,7 miliar untuk pengadaan alat ronsen dan USG pada anggaran perubahan RSUD Lubukbasung 2017, karena sistim keuangan RSUD tersebut berupa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga bisa melakukan pengadaan alat kesehatan sesuai kebutuhan, setelah mendapat izin dari kepala daerah.

"Pengadaan ini akan kita lakukan menjelang akhir 2017 dan berharap beberapa tahun kedepan seluruh alat kesehatan sudah lenkap dengan kondisi baru," katanya.

Saat ini, RSUD Lubukbasung memiliki dokter spesialis sebanyak 21 orang, dokter umum sebanyak sembilan orang, bidan sebanyak 25 orang dan perawat sebanyak 96 orang. (*)
Share:

Asisten III Didi Aryadi, "Resmikan Seminar dan Workshop Rumah Aman Gempa,"

Padang-Seminar dan workshop teknologi PPBM untuk konstruksi rumah aman gempa bagi masyarakat jasa konstruksi di Sumatera Barat.Asisiten IIII, Didi Aryadi mewakili Walikota Padang meresmikan seminar dan workshop, tentang rumah aman gempa bagi masyarakat, Kamis (10/8). di Gedung pertemuan Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang.

Didi katakan Padang kota besar yang padat penduduknya tentu bagaimana cara kita dapat memberikan  keyakinan, tingkatkan kewaspadaan untuk menghadapi berbagai bencana alam, baik Gempa Bumi, Banjir, tanah longsor dan sebagainya.Apalagi Kota Padang salah satu kota terletak di daerah yang rawan bencana gempa bumi, jelas di sini kita minta seluruh warga selalu siaga dan waspada,  terutama kali warga  yang akan buat bangunan sudah bisa di rencanakan menggunakan teknologi PPBM, ujar Didi.

Semoga teknologi PPBM yang di seminarkan ini dapat membantu membuat konstruksi rumah aman gempa bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau dan murah.Selanjut Ketua Pelaksana seminar dan Workshop Alber menjelaskan bahwa terjadi gempa bumi selama ini banyak korban berjatuhan di sebabkan bangunan  di buat sebagian besar kontruksinya tak tahan getaran gempa.

Alber dalam wawancara langsung dengan pers katakan saat ini kita sangat perlu memviralkan serta memseminarkan teknologi PPBM untuk konstruksi rumah ramah gempa bagi masyarakat  jasa konstruksi di Sumatera Barat, ujarnya.

Jadi, kami siap memberikan pelayanan pada masyarakat untuk mendisain bangunan yang akan di bangun warga nantinya khususnya Kota Padang dan Sumbar pada umumnya.

Peserta yang mengikuti seminar dan workshop terdiri dari perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan dari unsur pemerintah, ujar Alber. (tf/ril).
Share:

BPOM Musnahkan Makanan dan Obat Ilegal Senilai Rp. 1,8 Milyar Lebih di Padang

Padang-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pemusnahan obat dan makanan ilegal senilai lebih dari Rp. 1,8 milyar di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, Jumat (11/8/2017). Pemusnahan tersebut didahului dengan pembakaran secara simbolis oleh Kepala BPOM RI Penny Kusumastuti Lukito bersama Walikota Padang diwakili Sekda Asnel serta perwakilan lembaga terkait lainnya.

Kepala BPOM menyebut, produk yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengawasan BB POM di Padang.  Produk tersebut terdiri dari 860 item jenis obat, 50 item pangan, 745 item kosmetik, 519 item obat tradisional serta barang bukti titipan Kejaksaan yang sudah berkekuatan hukum.

"Seluruh barang bukti yang dimusnahkan sudah mendapatkan ketetapan pemusnahan dari Pengadilan Negeri setempat," kata Penny.

Dalam upaya pemberantasan peredaran produk ilegal tersebut, menurut Penny, BPOM bersama BB POM terus melakukan pengawasan secara komprehensif. Pengawasan meliputi 'pre-market' evaluation dan 'past-market control' secara rutin di seluruh Indonesia.

"Selain pengawasan, BPOM juga meningkatkan edukasi kepada masyarakat pelaku UMKM agar memperoleh izin edar (MD) dari BPOM," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Padang Asnel mengatakan, Pemko Padang selaku memberikan dukungan terhadap BPOM dan BB POM dalam pengawasan dan pemberantasan penyalahgunaan obat dan keberadaan produk ilegal.

"Pemko Padang terus mendukung BPOM dan BBPOM dalam pengawasan dan pemberantasan (produk ilegal) di Padang," kata Asnel.

Pada kesempatan ini Kepala BB POM Padang Zulkifli  menyebutkan, sepanjang tahun 2016 telah dilakukan penindakan secara pro-justitia atas 24 perkara pelanggaran di bidang obat dan makanan melalui beberapakali operasi. Semua perkara tersebut terdiri atas 11 perkara terkait obat ilegal, 7 perkara terkait obat tradisional ilegal dan 5 perkara terkait kosmetik ilegal serta 1 perkara terkait pangan ilegal.

"Kita telah melakukan operasi dan penindakan. Dari 2016 ada 24 perkara terkait obat dan makanan ilegal," tukasnya.(tf/du/ril)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.