Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 05/29/17 ~ Sorot Sumatera

Bupati Irfendi Arbi Berikan Paket Sembako

Limapuluh Kota,SS–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota, membagikan paket sembako kepada Mustahik yang ada di 8 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota. Pembagian paket sembako ini dilakukan di aula rumah dinas Bupati, Labuah Basilang, Kota Payakumbuh, Kamis (25/5) pagi.

Hadir Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Ketua PKK, Monalisa, Kepala Bagian Kesejahtaraan Rakyat Sekretariat Daerah, Arwital, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah, Armen, pengurus Baznas setempat, beserta ratusan Mustahik di Delapan Kecamatan.

Ketua Baznas Limapuluh Kota, Desembri Caniago dalam kesempatan itu, mengatakan, Penerima Baznas ini terdiri dari 5 orang dari masing-masing Nagari yang tersebar di 8 kecamatan. Delapan Kecamatan itu, yakni, Kecamatan Payakumbuh, Kecamatan Luak,Lareh Sago Halaban, Mungka, Harau, Akabiluru, Situjuah Limo Nagari, dan Kecamatan Guguak.

"Kali ini, kita memberikan sedikitnya ratusan paket sembako untuk 400 orang warga di Limapuluh Kota. Mudah-mudahan dengan adanya pemberian paket sembako ini dapat membantu warga untuk mencukupi keperluan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Sebelumnya, kita juga sudah memberikan bantuan sembako kepada Lima Kecamatan di Kabupaten ini," sebutnya.

Dikatakannya, masing-masing penerima sembako, mendapatkan 10 Kg Beras, 2 Kg Minyak, 2 Kg Gula, dan 2 Kardus telur beserta uang transportasi. " Total bantuan sembako ini secara keseluruhan mecapai 100 Juta Rupiah, ditambah dengan uang transport sebanyak 20 Juta," ungkapnya.

Selain pemberian paket sembako, pihaknya juga telah menyiapkan Paket Ramadhan dan paket Pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa kurang mampu, yang sedang membutuhkan biaya Pendidikan.

"Untuk itu, kami dari Baznas Limapuluh Kota meminta kepada masing-masing Nagari untuk mengirimkan Lima orang Mustahiknya untuk mendapatkan bantuan. Selain itu,untuk pengembangan dakwah di Limapuluh Kota Baznaz juga memberikan bantuan senilai 500 ribu kepada Majelis Ulama di Kabupaten ini" sebutnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya bantuan dari pihak Baznas ini sangat membantu masyarakat penerima bantuan. Untuk itu, selaku pemerintah daerah pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pengurus Baznas Kabupaten Limapuluh Kota.

"Selaku pemerintah daerah saya mengucapkan terimakasih kepada Baznas yang telah melakukan hal yang baik untuk masyarakat Limapuluh Kota," ujarnya.

Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada perangkat Nagari dan masyarakat untuk memperhatikan lingkungan tempat tinggalnya agar melihat dan meninjau kembali masyarakat yang membutuhkan bantuan yang masih belum tersentuh oleh Baznas untuk segera didata.

"Jika masih ada masyarakat yang benar-benar memerlukan bantuan, silahkan lapor ke Nagari dan Baznas, mudah-mudahan dengan laporan itu masyarakat penerima bantuan terbantu melalui badan amil Zakat ini,"ulas bupati Irfendi Arbi. (Bayu)
Share:

Wali Nagari Diminta Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Limapuluh Kota,SS–Walinagari se kabupaten Limapuluh Kota, gelar Rapat Kerja (Raker), dengan tema pembahasan Identifikasi dan Inventarisasi kewenangan Nagari, bertempat di ruang sidang 3 Politani, Tanjuang Pati. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Selasa-Rabu, (23-24/5) kemarin.

Pada Kesempatan itu, ikut hadir bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N), Kasman Kasim, seluruh Camat setempat, Tim Kelompok kerja penyusunan Perbub tentang kewenangan Nagari dan tenaga ahli pemberdayaan masyarakat kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah khasanah wawasan, pengetahuan dan pengalaman perangkat nagari untuk diaplikasikan pada dunia kerja.

"Diharapkan dapat menfasilitasi salah satu aspek dalam  peningkatan wawasan bagi Wali Nagari dan Camat dalam mensinergikan seluruh pelaksanaan tugas pokok, yakni untuk menyelenggarakan seluruh tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang menjadi tanggung jawab," sebut Bupati.

Menurutnya, dengan kewanangan ini diyakini akan menjadi penyangga bagi kemandirian Nagari, yaitu Nagari yang berdaulat dan bertanggung jawab penuh atas aset-aset yang dimilikinya untuk memenuhi hak-hak dasar dan penghidupan nagari secara berkelanjutan. "Untuk itu, Nagari harus mengembangkan kelembagaan dan pelembagaan perencanaan nagari yang inklusif, berkualitas dan tegas," ujarnya.

Peraturan Perundang-undangan yang bersifat pokok dan serta peraturan pelaksanaanya yang mengatur tentang Nagari maupun pemerintahan Nagari termasuk dengan kegiatan pengadministrasian dan keuangan Nagari, khususnya dalam penetapan kewenangan nagari perlu segera dirumuskan dan diundangkan.

Untuk itu, Bupati meminta hal ini dipahami dan dilaksanakan secara tertib, karena peraturan perundang-undangan tersebut yang akan membantu dalam menyelenggarakan pemerintahan Nagari.

"Apabila dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan nagari tidak sesuai dengan peraturan, maka dapat dikatakan kita tidak patuh pada peraturan, dan disisi lainnya kita juga telah tidak tertib asas pemerintahan, akibatnya yang mengalami kerugian tidak saja kita selaku penyelenggara pemerintah, akan tetapi masyarakat Nagari juga mengalami krisis kepercayaan terhadap pemerintah. Akibatnya, adanya penilaian negatif dari masyarakat terhadap kita yang tidak patuh dan melanggar peraturan," sebutnya.

Guna menghindari hal itu, Bupati meminta Wali Nagari dalam menyelenggarakan pemerintahan dan menyusun anggaran Nagari mengembangkan sikap terbuka dan transparansi baik kepada masyarakat maupun kepada Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari.

"Karena pada setiap akhir tahun wali Nagari berkewajiban menyampaikan LKPJ kepada bamus. Untuk itu, saya harap mulai sekarang anggaran dan pendapatan belanja Nagari Harus mulai disusun dan dilaksanakan secara tertib. Apabila masuk akhir tahun anggaran, laporan keterangan pertanggung jawaban Wali Nagari juga sudah mulai disusun dan dilaksanakan dalam bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat,"jelasnya.

Sementara itu, hasil pembahasan raker yang disampaikan Kepala DPMD/N, Kasman Kasim melalui Kabid Pemerintahan Nagari, Anharme,n mengatakan, diperlukannya komitmen dan kepemimpinan kepala daerah agar alur pengakuan dan kewenangan Nagari di tingkat Kabupaten berjalan lancar.

Selain itu,diperlukannya penetapan Peraturan Bupati (Perbub) tentang kewenangan Nagari, hal ini harus menjadi perioritas Kepala Daerah agar segera ada kepastian hukum dan kejelasan kewenangan kabupaten dan dan Nagari dalam mengurus urusan nagari.

"Keberadaan Perbub ini memberikan landasan hukum bagi Nagari untuk menyusun kebijakan Nagari, perencanaan program, kegiatan dan penganggaran Nagari. Hirarki regulasi tentang kewenangan Nagari yang konsisten dan harmonis dari tingkat pusat sampai Nagari, kan memberikan kepastian dan kejelasan hukum bagi nagari untuk mengatur dan mengurus nagari,"ujarnya. (Bayu)
Share:

Ribuan Pelajar Antusias Sambut Pesantren Ramadhan

Payakumbuh,SS–Apel akbar Pesentren Ramadhan tahun 2017, dimeriahkan dengan pelepasan balon oleh Sekda Kota Payakumbuh Beni Warlis, sebagai tanda Pesantren Ramadhan dibuka secara resmi. Ribuan pelajar pun antusias sambut pesantren Ramadhan dan mengerumuni pelepasan balon sambil bersorak-sorai gembira. Marhaban Ya Ramadhan!

“Tahun 2017 ini, kita akan mendengar kembali lantunan ayat suci Al-Quran di berbagai penjuru kota, dan ramainya masjid dipenuhi pelajar di bulan Ramadhan, bakal menyemarakkan kembali kota Payakumbuh,” ujar Beni Warlis ketika membuka pesantren ramadhan di lapangan Kubu Gadang, Rabu (24/5).

Apel akbar juga dihadiri Asisten, Staff Ahli, Kepala Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan, Dewan Pembina Pesantren Ramadhan, Kepala SD dan SMP se Kota Payakumbuh serta ribuan siswa-siswi SD dan SMP sebagai peserta program Pesantren Ramadhan. 

Dalam sambutannya Beni Warlis menyampaikan melalui program pesantren Ramadhan diharapkan dapat meningkatkan keyakinan dan kecintaan para pelajar kepada Allah SWT. Benni Warlis berharap pesantren Ramadhan dapat menjadi sarana untuk menanamkan tauhid di kalangan pelajar sehingga mampu menjadi embrio menuju masyarakat Payakumbuh yang relijius.

Menyampaikan pesan Walikota Riza Falepi, Beni mengucapkan selamat menunaikan ibadah Ramadhan kepada seluruh masyarakat Payakumbuh. "Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan sebaik mungkin. Semoga kita maksimal beramal kita  bulan Ramadhan sehingga berbuah manis bagi kita,"ujar Beni. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan, A. H. Agustion, menyampaikan, pesantren Ramadhan merupakan pengalihan proses belajar mengajar dari sekolah ke masjid. Ada 76 masjid se Kota Payakumbuh yang akan menjadi lokasi pelaksanaan pesantren Ramadhan berdasarkan kelurahan sebelum penggabungan.

Pesantren Ramadhan berlangsung selama 10 hari mulai 11 Juni sampai 20 Juni 2017, diikuti oleh siswa SD dan SMP. Instruktur tetap memberdayakan guru-guru agama baik dari SD maupun SMP. "Semoga syiar Islam tetap jaya di Kota kita ini apalagi di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan pelaksanaan program pesantren Ramadhan dapat lebih meningkat dari tahun ke tahun," ujar Agustion. (Bayu)
Share:

Perantau Dukung Penuh Pacu Kuda Lebaran Cup

Payakumbuh,SS–Perantau Luak Limopuluah (Payakumbuh-Lima Puluh Kota) yang berada di Bandung, Manado, Kalimantan, Jakarta, Bogor, Pekanbaru, Batam dan lain sebagainya, diyakini bakal mensukseskan dan meramaikan pacu kuda Lebaran Cup, Minggu-Senin (2-3/7) mendatang.

Demikian dikatakan ketua pelaksana pacu kuda Lebaran Cup Arif Malano, sekretaris Wal Asri, bendahara W. Dt. Rajo Muntiko Alam, anggota Yon Alnis, dan Aspon Dedi di Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah, ketika jumpa Pers, Kamis (25/5).

Sukses alek pacu kuda di kota Payakumbuh setiap tahunnya, anak nagari Koto nan Gadang Payakumbuh Utara dan anak nagari Tiakar, kecamatan Payakumbuh Timur, mendapat tantangan dari Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, untuk dilaksanakan kembali usai lebaran.


Dijelaskan Arif Malano, rencana pacu kuda Lebaran Cup ini, Insya Allah akan digelar Minggu-Senen (2-3) bulan Juli mendatang. Kepanitian Lebaran Cup ini, tidak hanya semata dilaksanakan anak nagari Koto nan gadang dan Tiakar, akan tetapi melibatkan anak nagari lainnya, termasuk juga membawa ikut serta para pewarta daerah ini.


“Sehubungan pacu kuda Lebaran Cup ini, sudah mendapat dukungan penuh dari dua kepala daerah. Ternyata pihak Pordasi Sumbar dan Pordasi Payakumbuh lebih merespon lagi dan memberi motivasi yang sangat tinggi kepada kami,” ujar putra asli Koto nan Gadang itu.


Harapan dari kedua kepala daerah dan Pordasi, dalam areal (gelanggang.Red) pacu kuda dilarang keras kepada para penggalas untuk tidak berjualan. Karena dengan banyaknya para pedagang yang berjualan dan memasang tenda serta payung ditengah lapangan, tentunya merusak pemandangan para penonton.  


“Sebetulnya, apa yang diharapkan oleh Walikota dan Bupati itu, sangat terasa sekali bagi kita bersama. Kita tidak akan mengusur pedagang, akan tetapi. akan menyuburkannya dengan solusi berjualan disepanjang pinggir lapangan. Dalam penertiban pedagang ini, panitia sudah menyiapkan 150 orang anggota,” jelas Arif.

Sementara itu, sekretaris panitia pacu kuda Lebaran Cup, Wal Asri, menyebutkan, harapan dari dua kepala daerah itu tidak hanya menertibkan pedagang, akan tetapi, juga dilarang keras berjudi, karena pacu kuda zaman sekarang tidak lagi identeik dengan judi, akan tetapi merupakan hiburan rakyat.

Disamping hiburan rakyat, juga dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan, utamanya para pedagang dan tukang parkir. Selama ini, kita melihat setiap pacu kuda dihelat, jelas saja masyarakat yang datang berbondong-bondong menghabiskan uang digelanggang. Itupun mereka datang bersama keluarga.

“Berkat bantuan dan dukungan semua pihak, mudah-mudahan pacu kuda Lebaran Cup ini sukses, dan bembawa arti bagi selruh lapisan masyarakat, kita yakin para perantau akan antusias berkunjung ke gelanggang pacuan kuda, kebanggan warga Luak Limopuluah ini,” harap Wal Asri.

Disisi lain, salah seorang wartawan senior Ali Rahman yang kini menulis di SKM Rakyat Sumbar, berharap kepada panitia, agar pacu kuda Lebaran Cup ini, diselinggi dengan acara hiburan lainnya, seperti talempong, para layang dan lainnya. Lebih bernuansa lagi tentu lebih meriah, harapnya. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.