Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 05/23/17 ~ Sorot Sumatera

BNN Persempit Ruang Gerak Narkoba Di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,SS-BNN kota Payakumbuh sosialisasikan sinergitas pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh, khususnya pekerja bidang pasar, di aula hotel Flamboyan Payakumbuh, Kamis (18/5).


Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh, H. Dahler, SH, mengapresiasi kegiatan ini, “terima kasih terhadap BNN kota Payakumbuh beserta jajarannya yang telah menggelar P4GN pada petugas pasar, mungkin juga kita sudah mendapatkan informasi setiap hari dari medsos dan media media lainnya mengenai narkoba yang sudah benar – benar merasuk ke Indonesia khususnya kota Payakumbuh. Karena kota Payakumbuh mendekati peringkat kedua di Sumatera Barat. Seperti kemaren kiriman beberapa kilogram ganja ke kota Payakumbuh yang berasal dari Aceh.


“Untuk itu pada momen yang baik ini, kami minta apa yang disampaikan oleh BNN benar – benar dipahami oleh petugas di bidang pasar khususnya Trantib Pasar. kalau tidak mengerti tolong ditanyakan, termasuk akibat hukum dari pemakai narkoba ini. Perlu saya tegaskan tidak ada ampun, kalau sudah terlibat narkoba dan seandainya menyangkut dengan tugas akan langsung diberhentikan secara tidak hormat. Ini perlu digaris bawahi, jangan sekali – kali main – main dengan narkoba, apalagi mendekatinya, ” pungkas Dahler.


Sementara itu, Kepala BNN kota Payakumbuh, AKBP. Firdaus ZN, S.Pd, M.Si, saat mempresentasikan P4GN, “perlu kita tekankan peran Trantib Pasar agar program P4GN ini sukses di kota Payakumbuh, minimal untuk diri sendiri dan di lingkungan pasar disamping menertibkan dan mengelola kawasan pasar, ” kata Firdaus.(Bayu)
Share:

Irfendi Arbi : Lima Puluh Kota Kedepan Tampil Lebih Religius

LIMA PULUH KOTA,SS-Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengapresiasi tindakan Satpol PP dalam menegakkan peraturan daerah (Perda) dan memerangi penyakit masyarakat (Pekat), serta memerangi bahaya Narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba), terhadap generasi penerus dan lingkungannya, kenyamanan masyarakat perlu kita lindungi.

“Tindakan Satpol PP dalam memerangi Pekat, seperti menangkap PSK beberapa hari lalu di jalan raya Ulua Aia, kecamatan Harau dan sebagainya. Yang terpenting bagaimana daerah ini nyaman dan aman. Kita berharap daerah ini bebas dari Pekat dan tampil menjadi daerah yang lebih religius. Apalagi tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan,” ujar bupati Irfendi Arbi kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Lebih lanjut Irfendi mengajak komitmen berbagai elemen masyarakat untuk memberantas Pekat hingga ke akar-akarnya. Ia meminta Satpol PP terus memantau tempat-tempat yang diduga melakukan praktek maksiat dan jika kedapatan harus dilakukan tindakan tegas.

“Tidak saja Satpol PP dan aparat keamanan lainnya, kita mengajak seluruh masyarakat agar mau menjadi mitra aparat dalam mewujudkan masyarakat yang bebas dari penyakit masyarakat,” ulang Irfendi.

"Seperti kita ketahui, Narkoba sudah menjadi ancaman serius bagi Negara, dia ada dimana-mana. Untuk itu, marilah kita bersama-sama membrantas dan membasmi penyakit ini, demi menjaga generasi-generasi kita," sebut Bupati.

Menjauhi hal-hal itu, menurutnya perlu dilakukan perencanaan yang matang didalam keluarga salah satunya dengan program kampung Keluarga Berencana yang telah dicanangkan Dinas Pengendalian Penduduk Keluaraga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), beberapa hari di nagari Andiang, kecamatan Suliki.

"Marilah kita bersama-sama melakukan hal-hal yang positif mewujudkan program-program nawa cita pemerintah. "Manfaatkan dana di masing-masing OPD sebaik-baiknya, buatlah program-program yang menyentuh kepada masyarakat, termasuk pembinaan terhadap perempuan dan anak,"papar Bupati

Selain itu, Bupati juga meminta walinagari yang ada menjalankan anggarannya menyentuh masyarakat, apalagi anggaran dana nagari yang ditrerima saat ini sudah cukup banyak, sehingga permasalahan dinagari bisa langsung ditangani oleh nagari.
.
Terpisah, Kasat Pol PP kabupaten Lima Puluh Kota Iriyanis kepada sejumlah watawan di ruang kerjanya, kemarin, mengatakan, pihaknya seiap melaksanakan tugas sesuai dengan aturan. Apalagi, dalam rangka menyambut bulan puasa, lokasi-lokasi yang sering menjadi sorotan masyarakat sudah kami pantau, dan akan menangkapnya dalam beberapa hari ini, tegasnya. (Bayu)
Share:

Kurangi Resiko Bencana, BPBD Bakal Luncurkan Inovasi Baru

Lima Puluh Kota,SS-Nyaris setiap tahun, tingginya curah hujan tak hanya merendam pemukiman warga dan meluapnya sungai, terbanya jalan, tidak hanya itu, tebing dan perbukitan longsor. Tragisnya, sampai menelan korban jiwa dan gedung sekolah tak luput terendam air.

“Tak ingin menanggung risiko lebih banyak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lima Puluh Kota, mulai mempersiapkan anak-anak tanggap bencana sejak dini dan luncurkan Sekolah Tangguh Bencana (STB), “ujar kepala pelaksana (Kalak) BPBD Lima Puluh Kota Nasriyanto kepada sejumlah wartawan di ruang piket BPBD, Sabtu (20/5).

Dijelaskan Nasriyanto, STB yang dirancang BPBD ini sudah dilakukan uji coba beberapa hari lalu, tepatnya di SMPN 4 Ampalu. Berikutnya, beberapa sekolah pun telah dipersiapkan menjadi STB dalam menghadapi risiko perubahan iklim dan bencana alam, termasuk banjir.

STB ini merupakan inovasi baru di jajaran BPBD. Tujuan STB ini untuk memberikan perlindungan kepada siswa, guru dan warga sekolah. Sebagai langkah awal untuk merealisasikan program ini, BPBD menggelar prasimulasi bencana di SMPN 4 dan akan dilanjutkan ke seluruh sekolah-sekolah, mulai dari tingkat SLTP dan SLTA. Kegiatan inipun merupakan kerjasama antara BPBD bersama dinas Pendidikan.

Tergeraknya, untuk mencitpakan inovasi baru beruapa STB ini, karena Lima Puluh Kota memiliki topografi wilayah yang berbukit ditunjang pembangunan pemukiman yang tidak sesuai peruntukan, mengakibatkan wilayah ini rawan bencana.

Bukan itu saja, perambahan kawasan konservasi menjadi pemukiman turut menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan, yang berdampak pada bencana banjir dan tanah longsor. Sebagai upaya mengurangi resiko bencana itulah, maka BPBD Lima Puluh Kota membentuk STB.

”Bencana banjir dan tanah longsor di awal bulan Maret tahun 2017 kemaren, membuat kami berupaya untuk menanggulanggi resiko bencana, salah satunya adalah dengan membentuk STB. Untuk itu, koordinasi intensif terus dibangun pihaknya dengan seluruh sekolah tingkat SLTP dan SLTA, terlebih sekolah yang sering terkena dampak banjir dan tanah longsor.

”Mitigasi bencana harus diberikan kepada para siswa sekolah, apalagi di sekolah yang dijadikan pilot project yang ketika hujan selalu terkena dampak banjir maupun longsor. Dari masing-masing sekolah, akan dipilih 100 siswa untuk dilatih tentang penanggulangan resiko bencana, baik melalui teori maupun praktek hingga simulasi, “tegas Nasriyanto.

Nantinya para siswa akan dilatih tim dari Basarnas, TNI dan Polri, Tagana, BMKG, dan BPBD, terkait bagaimana upaya penanggulangan benacana. Selain menerapkan latihan yang diterimanya di sekolah, para siswa juga diharapkan mampu tampil dalam masyarakat karena memiliki dasar tentang mitigasi bencana.

Mengingat, selama ini mitigasi bencana hanya diberikan kepada orang dewasa atau relawan yang dibentuk pada tiap kecamatan. Untuk materi pelatihan, ketika terjadi bencana para siswa dapat mengetahui bagaimana upaya penanggulangan yang dimulai dari proses evakuasi, menolong sampai dengan mengobati siswa lain.

Langkah ini, tambahnya, sebagai upaya untuk menyiapkan para siswa sejak dini, guna mengatasi bencana. ”Kita targetkan bulan Juni mendatang relawan siaga bencana ini sudah dibentuk dan diberdayakan di beberapa sekolah yang ditunjuk,”terang Nasriyanto.

Terpisah, Kepala dinas Pendidikan kabupaten Lima Puluh Kota, Radimas ketika hal ini dikonfirmasikan, dia menyebutkan, apresiasi untuk BPBD, selama ini sudah terpikir bagi kami, ternyata, niat dan harapan kami terwujud juga. Dengan berdirinya STB tingkat SLTP dan SLTA, tentunya menjadi harapan baru dan inovasi baru bagi kita semua.

Menurutnya, dengan program tersebut diharapkan dapat membangun budaya siaga aman dan pengurangan resiko banjir. “Kita harapkan kedepan ketika terjadi bencana, para siswa dapat mengetahui bagaimana upaya penanggulangan yang dimulai dari proses evakuasi, menolong sampai mengobati siswa lain saat bencana terjadi. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat mampu tampil dimasyarakat karena memiliki skil tambahan tentang penanggulangan bencana,”terangnya.


Mudah-mudahan niat baik BPBD untuk mendirikan STB ini didukung oleh semua pihak. Yang jelas, bagi dinas Pendidikan menyambut degan baik, semoga STB ini berjalan dengan baik dan cepat. Sebaliknya kepada pihak sekolah, mulai dari tingkat SLTP dan SLTA agar kiranya memfasilitasi pihak BPBD sebaik-baiknya.

Sebelum pihak BPBD melaunching STB ini, Radimas meminta seluruh pihak untuk peduli terhadap lingkungan, dan meminta agar anak-anak sejak dini menjaga lingkungan. “Mari kita tanam pohon dan perangi sampah sejak dini. pepohonan yang ditanam memiliki peran penting dalam kehidupan.

“Selain dapat mengurangi resiko bencana banjir, pohon-pohon ini memiliki peran penting. Pohon dapat mengeluarkan oksigen yang kita hirup setiap saat. Jadi jaga lingkungan dan alam kita, jangan pernah dirusak,”ujarnya. (Bayu)
Share:

Payakumbuh: RTLH Peroleh Bantuan Perumahan Swadaya

Payakumbuh,SS-317 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Payakumbuh, mendapatkan program bantuan perumahan swadaya dari pemerintah. Pemberian bantuan yang diserahkan Walikota Riza Falepi secara simbolis di Aula Kantor Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Sabtu (20/5).

Dalam sambutannya Walikota Riza Falepi mengapresiasi atas kinerja Dinas PRKP dan bersyukur atas terwujudnya acara penyerahan bantuan. “Kami sangat apresiasi atas program dari Dinas PRKP dan bersyukur akhirnya penyerahan bantuan dapat terlaksana untuk saat ini,” kata Riza.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama dari kalangan ekonomi lemah sangat diutamakan, banyak program yang telah dan sedang kita laksanakan, salah satunya adalah  bantuan peningkatan kualitas hunian masyarakat. Karena masih banyak rumah yang belum masuk kategori layak, dan berkualitas. Perlunya pembenahan dan perbaikan dari berbagai sisi, baik itu konstruksi atau lantainya, dinding, langit-langit, atap, dan sebagainya. Dan kita akan berusaha untuk menurunkan secara signifikan jumlah RTLH dalam beberapa tahun mendatang,” terang Riza.

Diakhir sambutannya Walikota menghimbau supaya pemanfaatan bantuan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya. “Mari kita manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya agar rumah dan hunian kita menjadi baik dan berkuliatas,” harap Riza.

Sementara itu Kadis PRKP Marta Minanda didampingi Kabid Perumahan Tegra S, menginformasikan, Payakumbuh adalah salah satu dari 5 (lima) daerah yang mendapatkan bantuan rumah swadaya di propinsi Sumatera Barat dari pemerintah pusat.

“Sumatera Barat hanya 5 (lima) Kabupaten dan Kota yang mendapatkan bantuan, antara lain Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Solok, Kota Pariaman dan Payakumbuh sendiri,” ungkap Marta.

Ditambahkan Marta, keberhasilan Payakumbuh mendapatkan bantuan ini dikarenakan adanya faktor keseriusan pemerintah daerah dalam menangani permasalahan pengentasan kemiskinan dari segi kelayakan hunian masyarakatnya. “Dan program ini merupakan stimulus kepada masyarakat untuk bersama-sama secara gotong royong untuk meningkatkan kualitas huniannya,” sebut Marta.

Selanjutnya Marta mengatakan, di Payakumbuh masih terdapat kurang lebih 2660 unit rumah tidak layak huni atau sebesar 9,3% dari total 28.436 unit rumah yang ada.

“Berkat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah, 317 RTLH yang tersebar di Payakumbuh mendapatkan bantuan peningkatan kualitas fisik rumah dan hunian masyarakat. Ke 317 unit rumah tersebut tersebar di 3 (tiga) kecamatan yaitu, Latina mendapatkan 89 unit, Kecamatan Payakumbuh Timur 98 unit dan 130 unit di kecamatan Payakumbuh Selatan,” jelas Marta Minanda. (Bayu)

Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.