Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 05/17/17 ~ Sorot Sumatera

Payakumbuh: Pasar Pabukoan Tahun Ini di Halaman Kantor Walikota

Payakumbuh,SS-Pemko Payakumbuh  melalui rapat persiapan memasuki bulan Ramadhan 1438 H di Balaikota Bukik Sibaluik, Jumat (12/5) lalu, Lokasi Pasa Pabukoan tahun ini ditetapkan di halaman kantor Balaikota baru, ex lapangan Poliko Payakumbuh.

Sebelumnya dalam rapat tersebut, Assiten II Amriul Dt.Karayiang mengharapkan, “dengan ditetapkan lokasi pasa pabukoan di halaman Kantor Walikota yang baru itu, akan berjalan dengan baik mudah-mudahan pedagang akan lebih nyaman dan aktifitas lalulintas di pusat pertokoan payakumbuh tidak terganggu,” kata Amriul.


Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh,  H. Dahler, SH, mengatakan, kepada SS di ruang kerjanya, Rabu (17/5), “berbeda dari tahun – tahun sebelumnya Pasa Pabukoan kali ini kita adakan di ex lapangan Poliko Payakumbuh. Hal ini diharapkan tidak akan mengganggu aktifitas di jalan raya dan masyarakat pun nyaman saat berkunjung ke Pasar Pabukoan kota Payakumbuh nantinya,” kata Dahler.


“Mulai dari simpang Kasda, Jalan Sudirman sampai simpang Benteng, baik dari sisi kiri dan kanan tidak diperbolehkan berjualan pabukoan. Dan bagi pedagang dadakan baik siang maupun malam akan ditampung di jalan Soetan Usman,” pungkas Dahler.

Dahler juga mengatakan, “lokasinya strategis dan mudah dijangkau pengunjung dari berbagi sisi. Pemilihan lokasi tersebut sudah dengan pertimbangan beberapa unsur terkait, diantaranya Sekdako Payakumbuh Benni Warlis diwakili Asisten II Amriul Dt. Karayiang, Dishub, Satlantas, TNI, Satpol PP  dan SOPD lainnya, ”tutur Dahler.

Sementara itu, salah seorang pedagang tahu di pasar  Ibuh Payakumbuh, Junedi (26) mengatakan, “pasar Pabukoan ini memang rutin setiap tahunnya di bulan Ramadhan. Pembeli tentu akan puas jika yang dibeli itu ditempat yang nyaman, aman dan bersih. Namun, jika lokasinya tidak menarik dan bersih percuma saja,” sebut Junedi. (Bayu)
Share:

Dr. Silvia Rosja Irwan : Siap Berlaga Tingkat Nasional

Payakumbuh,SS–“Satu kegiatan untuk mencapai tujuan dari Gerakan PKK adalah Program Terpadu Tim Penggerak  PKK dengan Keluarga Berencana dan Kesehatan serta Pemberdayaan Masyarakat yaitu Kesatuan Gerak PKK KKBPK dan Kesehatan yang bertujuan untuk peningkatan peranan wanita dalam pembangunan dengan upaya mengembangkan dan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, dan bahagia,” kata Ketua TP - PKK Kelurahan Payobasung Dr. Silvia Rosja Irwan, disela kesibukkannya mempersiapkan kelurahan binaannya menyambut Penilaian Tingkat Nasional, di kantor lurah setempat, Senin (15/5).


Mendampingi, Lurah Irwan, Silvi mengatakan, untuk tahun ini Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, kota Payakumbuh terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk berlaga di tingkat nasional.”Besok, Selasa (hari ini,Red), kita akan dikunjungi oleh Tim Penilai Tingkat Nasional. Karenanya kita mempersiapkan segala sesuatunya  dengan sebaik mungkin,” Silvi menambahkan.

Ada tiga program unggulan yang ditampilkan Kelurahan Payobasung, yakni KB, Posyandu, dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Seperti untuk hasil capaian Peserta KB Baru dan Peserta KB Aktif. Untuk Posyandu, kegiatan yang telah dilakukan adalah memantapkan kualitas dan kuantitas melalui penyelenggaraan  kegiatan setiap Minggu II. Selain menimbang bayi dan balita, bersama bidan dan paramedis juga melayani pengobatan sederhana. Di samping memberikan makanan tambahan  bagi bayi dan balita yang sumbernya berasal dari swadaya masyarakat dan donatur. Sementara itu, untuk PHBS telah dilaksanakan kegiatan Senam jantung Sehat setiap Rabu yang dihadiri lansia, PKK RW, PKK RT dan kelompok Dasawisma, sebut Silvi.


“Berkat kerjasama semua pihak, khususnya bimbingan dari TP PKK Kota Payakumbuh dan Badan Penyantun PKK, kami telah dapat meningkatkan derajat kesehatan, menunjang perbaikan dan taraf ekonomi masyarakat Kelurahan Payobasung. Kita siap berlaga di tingkat nasional,” pungkas Silvi. (Bayu)

Share:

Payakumbuh: DPM – PTSP Terobos Aplikasi Cerdas Layanan Publik

Payakumbuh,SS–Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) kota Payakumbuh meluncurkan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan untuk Publik “Si Cantik”.
Acara peluncuran dilaksanakan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Benni Warlis, Rabu (10/5) lalu, di halaman kantor DPM PTSP Kota Payakumbuh. Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Suparman, Kapolres AKBP Kuswoto, Kajari Hasbih, Perwakilan Kodim 0306/50 Kota Hariadi, Pimpinan BUMD dan Perbankan, pimpinan organisasi perangkat daerah, Camat, tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekdako Benni Warlis menyampaikan bahwa pelayanan pemerintahan Kota Payakumbuh sedang menuju penerapan sistem yang terintegrasi.
“Saat ini, sejumlah aplikasi masih berjalan sendiri-sendiri, dan inilah yang akan kita satukan secara terintegrasi. Kita berharap melalui Dinas Kominfo, Insyaallah ini akan terwujud dan tertangani secara professional," ungkap Sekda Benni.
Sekda juga mengharapkan agar seluruh masalah perizinan yang ada di OPD segera diserahkan ke Pelayanan Satu Pintu. "Kedepan kita berharap seluruh  bentuk pelayanan perizinan benar-benar berada di satu tempat, terpadu dan terintegrasi pelayanannya," harap Sekdako Benni.

Sementara itu Kepala DPM PTSP, Harmayunis, dalam laporannya menyampaikan bahwa “Si Cantik” adalah salah satu wujud dari kominten DPM PTSP dalam meningkatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat.
"Dan juga merupakan langkah nyata DPM PTSP dalam mendukung kebijakan pemerintah.

Serta merupakan upaya DPM PTSP dalam menjalankan komitmen bersama Komisi Pemberantasan Korupsi dalam pertemuan di Sidoarjo, 2016 lalu.
Dimana seluruh pelayanan harus memakai aplikasi yang dapat diakses secara online, serta upaya dalam mendukung Rencana Aksi Daerah dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi," pungkas Harmayunis.

Di penghujung acara peluncuran aplikasi tersebut, Kasubid Perizinan Bidang ekonomi, Wenti Zahrati, disaksikan Sekda Benni beserta seluruh undangan, mensimulasikan proses pengurusan izin melalui “Si Cantik” yang dapat diakses melalui website dpmptsp.payakumbuhkota. go.id.

Saat ini dari 75 perizinan yang sudah didelegasikan ke DPM PTSP, baru 6 (enam) perizinan yang telah bisa diurus melalui aplikasi “Si Cantik”, yaitu Izin Gangguan (HO), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Industri (TDI) dan Tanda Daftar Gudang (TDG). Sementara untuk perizinan yang lain akan segera menyusul seiring pengembangan aplikasi yang akan terus dilakukan oleh DPM PTSP.

Dengan hadirnya Si Cantik yang akan terus dipercantik, maka pengurusan izin di Kota Payakumbuh menjadi semudah me-klik, karena  dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, selagi pemohon terhubung ke jaringan internet. (Bayu)
Share:

Payakumbuh: TP – PKK Berjuang Rahi Yang Terbaik

Payakumbuh,SS-TP - PKK kota Payakumbuh tengah berjuang menjadi yang terbaik dalam lomba gerak PKK tingkat Propinsi mendapat kunjungan dari Tim Penilai propinsi Sumatera Barat, Selasa (17/5). Tim penilai yang langsung dipimpin oleh Ketua TP-PKK Propinsi Sumatera Barat, Hj. Nevi Zuairina bersama rombongan mengunjungi lima titik penilaian yang tersebar di sejumlah kelurahan pada lima kecamatan di kota Payakumbuh.
Sementara itu Ketua TP PKK Propinsi Sumbar Hj. Nevi Zuairina berkunjung ke Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Payakumbuh Selatan, kelurahan ini dinilai dalam bidang administrasi PKK

Ketua TP PKK Hj. Nevi Zuairina dalam sambutannya mengatakan, Lomba Gerak PKK tahun 2017 tingkat Propinsi Sumatera Barat adalah dalam rangka pembinaan program kegiatan yang dilaksanakan oleh TP-PKK kabupaten dan kota.
“Terkait dengan penilaian lomba bidang administarsi PKK, tim akan menilai sejauh mana program kegiatan yang dilaksanakan tersebut dicatat dengan baik. Karena administrasi yang tercatat dengan baik dan rapi adalah sebagai bukti bahwa kegiatan tersebut benar-benar dilaksanakan," sebut Nevi Zuairina.

Selanjutnya Ketua TP PKK Provinsi Nevi Zuairina mengharapkan Payakumbuh berhasil menjadi yang terbaik di tahun ini. "Kita berharap dari hasil penilaian nanti Payakumbuh mampu menjadi yang terbaik di 2017 dan mewakili provinsi Sumbar di pentas Nasional dalam lomba Gerak PKK di tahun berikutnya," harap Nevi.
Diakatakan Nevi keberhasilan dari setiap program kegiatan yang dilakukan oleh TP- PKK di kelurahan juga ditentukan oleh dukungan dari semua pihak.
"Setiap keberhasilan perlu dukungan dari semua pihak, termasuk juga TP-PKK keluarahan," pungkas Nevi Zuairina.

Sementara itu Ketua TP-PKK kota Payakumbuh, Ny. Hj. Henny Yusnita mengatakan, Lomba Gerak PKK tahun 2017 tingkat propinsi Sumatera Barat, Payakumbuh diwakili oleh 5 (lima) kelurahan yang memiliki keunggulan di masing-masing bidang lomba.

"Kelima kelurahan tersebut adalah Sawah Padang Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, bidang administrasi, Kelurahan Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur bidang kesehatan yaitu pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asesat (IVA) test,  kemudian Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) diwakili Kelurahan Tigo Koto Diate, Kec. Payakumbuh Utara.

Selanjutnya bidang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK diwakili oleh Kelurahan Koto Tangah, Kec. Payakumbuh Barat dan kelurahan Kelurahan Koto Panjang Padang, Kec. Lamposi Tigo Nagari pada bidang Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK,” jelas Hj. Henny. (Bayu)
Share:

Payakumbuh: Pemko Fokus Tingkatkan Pendidikan Kepariwisataan

Payakumbuh,SS-Setelah berhasil diklat tahun 2016, pemko Payakumbuh bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid, Jakarta kembali menggelar diklat kepariwisataan. Kedua belah pihak sepakat untuk kembali melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan di bidang manajemen perhotelan dan pariwisata dalam program beasiswa pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan SDM. Setelah sebelumnya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua STP Sahid Jakarta Ir. Kusmayadi, MM menandatangani MoU pada bulan Februari yang lalu.

Untuk tahun ini, sebanyak 30 orang siswa akan mengikuti pelatihan bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Jakarta selama 85 hari. Pelatihan ini dimulai secara simbolis oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Ruslayetti bersama Direktur Training STP Sahid Nicko G Saputra dan Dosen Senior Bambang MP di Aula SMK N 3 Payakumbuh, Selasa (9/5) lalu.


Dikatakan Ruslayetti, “pelatihan angkatan ke II ini merupakan buah keberhasilan diklat yang telah dilakukan tahun 2016 yang lalu. Terbukti dengan telah dikirimnya peserta diklat ke Malaysia, Thailand dan Jakarta untuk melakukan magang. Untuk angkatan ke II ini, kita telah menyeleksi para peserta yang mendaftar ke dinas Tenaga Kerja dan Industri. Ada 30 orang yang dinyatakan lolos dan akan mengikuti diklat selama 83 hari ke depan” ungkap Kusmayadi.

Sebagai informasi, sebanyak 14 (empat belas) orang telah diberangkatkan untuk mengikuti magang ke negeri jiran Malaysia selama 6 bulan. Menurut jadwal dari pihak STP Sahid, untuk gelombang pertama diberangkatkan 6 (enam) orang peserta pada  22 Februari yang lalu.

“Pemko memang fokus untuk meningkatkan pendidikan dibidang kepariwisataan. Terlebih lagi dengan telah diberangkatkannya para peserta diklat yang telah memenuhi persyaratan untuk magang ke negara-negara ASEAN. Semoga, dengan diklat ini, bisa memberikan lapangan kerja baru bagi yang ingin berkarir dibidang pariwisata dan perhotelan,” ujar Ruslayetti. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.