Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 05/09/17 ~ Sorot Sumatera

Mobil Truk Terperosok Lobang Jembatan Jorong Sopan

Lima Puluh Kota,SS-Dua hari bertutut, Jum’at-Sabtu (5-6/5), 2 unit mobil terperosok di lobang jembatan Kayu Jorong Sopan, Nagari Koto Bangun, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota. Kedua mobil itu yakni truk Hino bermuatan pupuk terpelosok Jum’at sekitar pukul 21.00 WIB.


Hanya berselang beberapa jam, sekitar Pukul 4.00 Wib dinihari, Sabtu (6/5) giliran kenderaan L.300. Akibatnya, arus lalulintas ikut terhambat dan tidak bisa dilalui sama sekali. Beruntung, masyarakat Nagari setempat bersama-sama membantu truk Hino dan L.300 keluar. Dengan diangkat bagian ban yang terperosok, akhirnya kedua kenderaan itu berhasil diselamatkan.


“Ada dua kenderaan roda empat yang terperosok akibat kayu jembatan sudah lapuk. Jadi, dibantu masyarakat dua mobil itu berhasil dikelaurkan. Kemudian, Sabtunya, kita melakukan Goro bersama-sama untuk memperbaiki mana yang betul-betul menganga dan tidak ada penutup,” sebut Camat Kapur IX, Andri Yasmen, Sabtu (6/5) disela-sela Goro bersama muspika, Pemerintahan Nagari dan pengguna jalan.


Kondisi jembatan milik Pemerintah Propinsi Sumatera Barat itu betul-betul sangat memprihatinkan. Semua kayu jembatan sudah berusia tua dan mulai lapuk. Bahkan, sebahagian terbukti tidak mampu lagi menahan beban kenderaan dan patah. Namun, sebahagian memang masih bisa tahan, tetapi diperkirakan tidak akan lama mengingat kondisinya juga sudah lunak dimakan usia.


Bahkan pengguna jalan baik motor ataupun mobil bila tidak hati-hati memilih tempat berpijak untuk menyeberang maka, tidak mustahil akan ikut terperosok lobang jembatan. Bahkan sebahagian penginderaan harus menurunkan timbangannya terlebih dahulu sekita lewat jembatan kayu sepanjang 20 meter itu guna menghindari jatuh.


“Kondisinya memang buruk. Jadi pengguna jalan harus betul-betul melihat mana kayu jembatan yang masih kuat. Kalau tidak ya ikut terperosok. Bahkan sebahagian penumpang motor memilih turun dan berjalan untuk menyeberangi jembatan karena takut jatuh,” tutur Camat.

Pasca terperosoknya dua kenderaan itu, Camat dibantu Danramil, Kapolsek, Pemerintah Nagari bersama-sama masyarakat setempat melakukan gotong royong untuk memperbaiki jembatan yang berlobang.

“Kita perbaiki bersama, karena mobil ambulance dan kenderaan masyarakat sangat banyak lewat di jembatan itu. Jadi kita mencoba mengurangi resiko, mudah-mudahan sedikit bermanfaat,” harap Camat.


Camat berharap, agar jembatan satu-satunya penghubung masyarakat dapat menjadi prioritas dalam pengerjaan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Barat. Bila tidak bisa dipastikan kayu jembatan satu-satunya akan lapuk dan masuk dalam aliran sungai.“Bisa membuat beberapa Nagari terisolasi, karena ini jalan satu-satunya untuk keluar. Jadi kita berharap segera diperbaiki agar masyarakat sedikit aman saat lewat jembatan ini,” harapnya.


Disamping kondisi kayu jembatan yang sudah lapuk, pengendera yang melintas pada malam hari diminta untuk hati-hati mengingat dilokasi jembatan juga tidak ada lampu penerangan jalan.Sebelumnya juga pernah diberitakan, jika jembatan kayu milik Propinsi di Kapur IX, kondisinya memprihatinkan. Namun, hingga dua kenderaan terperosok tidak ada tanggapan apa-apa dari Pemerintah Propinsi.


“Mudah-mudahan dengan kejadian ini, semua dinas terkait tersentak nuraninya, utamanya Pemerintah Propinsi sedikit tanggap dan peduli dengan derita masyarakatnya, “pinta Camat. (Bayu)
Share:

Polres Payakumbuh dan Dishub Gelar Operasi Patuh 2017

Payakumbuh,SS–Menjelang bulan Ramadhan 1438 H, Polres Payakumbuh dan dinas Perhubungan gelar Operasi Patuh 2017. Sebelum operasi patuh tersebut dilaksanakan, diawali dengan Gelar Pasukan Ops Patuh 2017  di lapangan apel Polres setempat, Selasa (2/5).

Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, kemarin, mengatakan, gelar Pasukan Ops Patuh 2017 dalam rangka revitalisasi penerapan kawasan tertib lantas, guna mencipatakan lokasi penggal jalan yang tertib marka, rambu parkir serta pengguna jalan untuk mencipatakan kamseltibcar lantas.

Operasi Patuh 2017 ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sebagai upaya menciptakan situasi lalu lintas yang kondusif.

Ditekankan Kapolres, untuk menghadapi Operasi Patuh 2017 yang secara resmi akan dimulai tanggal 9 Mei 2017 ini, masyarakat diminta untuk mematuhi aturan berlalulintas. Selain diminta untuk melengkapi surat-surat kendaraannya.

Kendaraan yang dibawa juga harus syarat layak seperti memiliki kaca spion, lampu sain dan menghidupakn lampu siang hari bagi kendaraan roda dua. Sehingga semua masyarakat patuh berlalulintas, tentu akan mengurangi terjadi pelanggaran lalulintas dan aman dalam berkendara.

“Bagi pelanggar aturan lalulintas yang terjaring dalam Operasi Patuh seperti tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraannya dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) serta tidak memakai helm, akan dikenakan sanksi tilang,”tegas Kapolres.

Terpisah, Kadis Perhubungan Payakumbuh Adrian didampingi Kabid Lalu Lintas Joni Parlin, mengatakan, dalam operasi patuh 2017 ini akan diadakan survei penumpang angkutan umum. Keselamatan dan kenyamanan angkutan umum mutlak dicapai sebagai sarana mewujudkan kualitas layanan masyarakat yang baik.

Razia ini terfokus pada pemeriksaan perizinan dan kelayakan jalan bagi angkutan penumpang umum dan disertai pemeriksaan perizinan untuk angkutan barang. Diharapkan dengan adanya razia ini, sopir dan armada angkutan umum akan lebih bertanggung jawab atas keselamatan penumpangnya  

“Persiapan menghadapi operasi patuh 2017 itu sudah dilaksanakan dengan memasang 2 buah tenda di kawan jalan raya di Pakan Senayan Payakumbuh Barat. Kita harapkan selama operasi dilaksanakan berjalan dengan baik, “tambah Parlin. (Bayu)
Share:

Tim Peduli Kemanusiaan IASMA Gelar Sunatan Masal di Kapur IX

Limapuluh Kota-Pemerintah Kecamatan Kapur IX dan Puskesmas Sialang, bekerjasama dengan Tim peduli kemanusiaan Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas (IASMA) Satu Landbouw Bukittinggi, sukses menggelar Sunatan Masal terhadap puluhan anak korban bencana dan kurang mampu, Sabtu (6/5).


Ketua Pelaksana Sunatan Masal IASMA 1 Landbouw Bukittinggi, Ulya Maksum melalui koordinator Humas Yudi Prama Agustino, mengatakan, kegiatan sosial ini menurunkan 10 orang tim kesehatan dari Bukittinggi, 10 orang dari IASMA muda, 1 orang Dokter umum, 1 orang Dokter spesialis bedah umum serta dibantu 6 petugas dari Puskesmas Sialang, Kecamatan Kapur IX.


“Tim peduli kemanusiaan IASMA 1 memilih melakukan aksi peduli ini setelah melihat lansung kondisi daerah Kapur IX ketika banjir lalu. Dari sanalah kami berfikir perlu dilakukan aksi peduli khusus untuk sunatan masal bagi anak-anak korban banjir dan kurang mampu,”jelas Yudi.


Aksi peduli sesama memang sudah sering kali dilakukan alumni IASMA. Tetapi sebut pria ramah itu, aksi sebelumnya berupa operasi katarak dan qurban. Namun untuk kali ini dilakukan Sunatan Masal yang rencananya akan dilakukan di dua tempat, pertama di Kapur IX dan Agam.


Usai disunat, masing-masing anak akan mendapatkan bingkisan spesial dari alumsi IASMA Bukittinggi. Tentu saja, harap Yudi dapat memberikan kegembiraan bagi peserta Sunatan Masal. “Semuanya gratis. Ini betul-betul aksi peduli terhadap sesama yang kita lakukan,” katanya.


Camat Kapur IX, Andri Yasmen didampingi Danramil, Mayor  Arm Luud Guntono, dan Wakapolsek Iptu Muchri Sawir, serta Kepala Puskesmas Sialang Syamsu, SKM, menyebut jika aksi peduli Sunatan Masal terhadap anak Kapur IX, telah memberi arti penting bagi kehidupan anak-anak korban bencana dan kurang mampu.


“Kami atas nama muspika mengucapkan terimakasih kepada alumni IASMA 1 Landbauow Bukittinggi. Ini jelas telah meringankan beban anak-anak korban banjir dan kurang mampu di daerah kami ini, semoga ini juga memberi arti penting bagi kehidupan anak-anak kelak,” harap Camat. (Bayu) 
Share:

Kegiatan Rutin Bersihkan Pandam Pekuburan Jelanag Ramadhan Tiba

Payakumbuh,SS–Budaya gotong royong membersihkan pandam pekuburan, menjelang bulan ramadhan, merupakan kegiatan rutin masyarakat Payakumbuh setiap tahunnya, utamanya warga kelurahan Bulakan Balai Kandi, kecamatan Payakumbuh Barat.


“Membersihkan pandam pekuburan di kelurahan Bulakan Balai Kandi, terdapat di beberapa titik, diantaranya di RT 02/02 dan RT 03/01. Usai aksi gotong royong diselenggarakan sebelum bulan puasa itu, dilakukan lagi makan bajamba di mesjib Ash. Shoidiyah,”kata ketua KPJ (Kesatuan Penyelenggara Jenazah) Aziz disela-sela kesibukannya membersihkan pandam perkuburan yang berada disamping mesjid tersebut.
  

Kemudian, lanjut Aziz KPJ Bulakan Balai Kandi ini tetap eksis setiap tahunnya. Setelah gotong royong, membersihkan pandam pekuburan dan semak-semak di kawan tersebut, kaum muslimin dan muslimat melakukan shalawat di dalam mesjid  untuk arwah warga yang telah terdahulu meninggal dunia.


Mengenai KPJ, bagi masyarakat kelurahan Bulakan Balai Kandi diwajibkan membayar uang KPJ sebanyak Rp150 ribu/tahun dan bagi yang tidak melakukan pembayaran, akan membayar denda 10 kali lipat dari penyelenggaraan jenazah. “KPJ ini dibayar dari pertama kali mendaftar menjadi anggota, “jelas Aziz.


Sementara itu, salah seorang warga setempat Wulan Denura, yang diamanah warga sebagai penyambung lidah masyarakat Bulakan Balai Kandi, khususnya dan warga kecamatan Payakumbuh Barat umumnya, menyebutkan, kegiatan gotong royong menjelang bulan puasa ini, memang merupakan budaya warga Koto nan Ampek yang harus dipertahankan.


Melihat semakin ramainya warga berbondong-bondong melaksanakan gotong royong, diyakini budaya ini terus membudaya. Buktinya, yang ikut ke lapangan tidak hanya kaum bapak-bapak dan induak-induak, juga nan ketek-ketekpun ikut ambil bagian, dengan mengayunkan cangkul, sabit dan menyampu seluruh pekarangan hingga bersih.


“Dalam suasana gotong-royong, juga banyak warga menyampaikan aspirasinya yang dapat di tampung. Berbicara terhadap aspirasi tentu saja akan saya sikapi dan ditindak lanjuti. Selama menjadi anggota DPRD, dalam kurun waktu 2 tahun, alhamdulillah pembangunan di kelurahan Bulakan Balai Kandi sudah meningkat dan terus ditingkatkan,”ujar Wulan. (Bayu)

Share:

Payakumbuh, Suparman Perlu Bidang Perencanaan Ditubuh Koni

Payakumbuh,SS-Pasca Musyawarah Kota Luar Biasa (Musorkotlub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Payakumbuh, bertempat di aula hotel Mangkuto, Kamis (4/5) sukses, dan mengantarkan Yusra Maiza dari cabang olahraga IPSI.sebagai ketua dengan memperoleh 16 suara dari 30 suara.


Sedangkan mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh dari cabor PSSI (politii Partai Keadilan Sejahrera) periode 2009-2014, Tri Venindra, kalah tipis yakni maraup 14 suara pada putaran kedua dan sebelumnya pada putaran pertama Yusra Maiza-Tri Venindra sama-sama memperoleh 11 suara. H. Tito Idroes 9 suara. 


“Awalnya, banyak para olahragawan dan simpatisan cabang olahraga (Cabor) memprediksi jabatan ketua akan dipegang Tri Venindra, karena jauh sebelumnya Tri sudah melakukan lobi-lobi dengan beberapa cabor yang mempunyai hak suara. Begitu juga sebaliknya, beberapa pejabat Pemko yang menjabat menjadi ketua Cabor diinformasikan akan mengasihkan suaranya kepada Tri Venindra,”ujar ketua tekniksi tinju Suparman (64) kepada sejumlah wartawan usai Musorkotlub..


Ternyata dalam Musorkotlub ini, Tri Venindra dari Cabor PSSI itu dapat dilumpuhkan rivalnya Yusra Maiza panggilan Sura pada putaran kedua, setelah Sura mengantongi suara sebanyak 16 suara, sedang Tri memperoleh 14 suara, 1 suara dari Cabor panjat tebing absen. 


Musorkotlub yang penuh dramatis ini, diacungkan jempol oleh banyak pihak dengan terlaksananya dua putaran dengan hak suara sebanyak 31. Pada putaran pertama, menampilkan 3 kandidat yakni H. Tito Idroes memperoleh 9 suara, Tri dan Sura sama-sama mengantongi 11 suara. Oleh sebab itulah dilakukan dua putaran. Al hasil dimenangkan Yusra Maiza yang akrap disapa Sura.


Buah kesuksesan Musorkotlub KONI Payakumbuh, dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dan sambutan dari ketua KONI Propinsi Sumatera Barat Syaiful itu, diharapkan benar-benar membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Kemudian juga diharapkan dalam strukturnya ditambah lagi bidangnya yakni bidang perencanaan dan data. Karena tanpa perencanaan dan data organisasi sulit untuk maju.


“Karena Musorkotlub KONI sudah berakhir, tentunya tidak ada lagi pro dan kontra, semuanya harus pro dan legowo menerima kemenangan Sura. Kalah maupun tumbang dalam Musorkotlub, itu hal biasa. Khusus Cabor tinju mengucapkan selamat kepada Sura dan terima kasih kepada Tito dan Tri yang telah berpartisipasi untuk maju sebagai kandidat KONI,”ujar peraih banyak medali cabor tinju itu.


Sementara itu, ketua terpilih Yusra Maiza mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, dan pengurus cabang olahraga yang telah memberikan amanah kepadanya, untuk memimpin KONI Payakumbuh.


“Pada intinya, saya sangat berkomitmen untuk memajukan prestasi olahraga kota Batiah, “Saya bertekad akan mengangkat derajat dan prestasi olahraga yang pernah jaya mengharumkan nama kota Payakumbuh. Terhadap saran, ditambah struktur perencanaan akan saya pertimbangkan dengan pengurus, perencanaan tentunya sangat dibutuhkan, “tegas Sura.


Wakil ketua KONI Sumbar, Aldi Yunaidi memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus KONI Payakumbuh dan cabang olahraga yang telah berhasil melaksanakan Musorkotlub dengan sukses dan berjalan tertib.


“Kami harapkan KONI Payakumbuh mampu meningkatkan prestasi olahraga yang lebih baik untuk mengharumkan nama daerah. Ia juga mengingatkan di dalam olahraga jangan ada kepentingan politik dan membuat pengurus jadi terkotak. Untuk itu, mari dukung ketua umum terpilih dalam melaksanakan tugasnya serta memberikan nama baik dalam dunia olahraga, “harap Aldi. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.