Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 04/29/17 ~ Sorot Sumatera

KPK Berikan Pemahaman Tentang Gratifikasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,SS–Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi ST. MT buka acara sosialiasi pencegahan dan pengendalian gratifikasi yang digelar di aula kantor Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik, Jumat pagi (28/4). Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari Sekda, Asisten, Staff Ahli, Kepala dan Sekretaris OPD, Kepala Bagian dan seterusnya tampak hadir menyimak dengan seksama jalannya acara sosialisasi.

Dalam sambutannya Riza merasa berbahagia dengan kehadiran pihak KPK untuk memberikan pemahaman tentang gratifikasi di Payakumbuh. “Kita ingin segala sesuatu berjalan sesuai dengan aturan. Walaupun APBD Kota Payakumbuh tidak besar, namun integritas dan akuntabilitas harus tetap terjaga. Jangan sampai kita terjerumus terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan,” sebut Riza.

Riza mengatakan, ada beberapa titik di pemerintahan yang sangat berpeluang untuk melakukan gratifikasi seperti kantor pelayanan satu pintu, kelurahan, dan seterusnya. Riza bercerita bagaimana ia membuat proses perizinan menjadi singkat, efektif, dan efisien sehingga Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Payakumbuh juara pertama nasional. Lalu ada Investment Award dari pusat karena mengganggap Pemko Payakumbuh punya komitmen yang tinggi dalam mengelola investasi dan perizinan, kata Riza.

“Dengan baiknya perizinan, itu berarti membuka idle capacity yang memicu pertumbuhan ekonomi. Alhamdulillah Payakumbuh menjadi kota yang paling tinggi pertumbuhan ekonominya di Sumatera Barat. Tahun 2012 income per kapita Payakumbuh 2300 USD, sekarang sudah 3400 USD sama dengan rata-rata nasional,” tutur Riza.

Dalam acara sosialisasi tersebut, hadir sebagai narasumber dari KPK, Direktorat Gratifikasi Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Uding Juharudin. Dalam materinya Uding banyak menyelipkan nasihat-nasihat keagamaan karena korupsi maupun gratifikasi sangat efektif diberantas kalau yang bersangkutan merasa diawasi oleh Allah SWT. “Kalau kami sebagai penegak hukum, bisa saja dikibuli. Tapi kalau Allah, tentu tak bisa didustai. Kesadaran selalu diawasi oleh Sang Pencipta perlu terus dibangun. Mari selalu ingat tujuan kita hidup di dunia ini yakni selamat dunia akhirat dan terhindar dari azab neraka,” ujar Uding.

Dalam mencari kekayaan, tidak akan ada habisnya. Gaji akan selalu kurang. Oleh karena itu Uding mengajak mari menauladani Bung Hatta yang selalu hidup dalam kesederhanaan tapi tidak berkurang kemuliaannya. Uding juga mengutip Baharudin Lopa yang mengatakan hadiah/gratifikasi  harusnya untuk orang susah.

Uding mengatakan gratifikasi adalah akar dari korupsi. Dengan diberantasnya gratifikasi maka akan terbangun transparansi, akuntabilitas dan integritas. Pada prinsipnya setiap ASN atau penyelenggara negara harus menolak gratifikasi. Jika sudah terlanjur menerima bisa melapor ke inspektorat, Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), atau ke KPK paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak menerima gratifikasi. Uding memberi contoh Jokowi yang melaporkan menerima gratifikasi berupa Gitar Metalica ketika ia masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Bayu)
Share:

Tabligh Akbar Dan Penggalangan Dana Untuk Palestina Akan Digencarkan Di Bulan Ramadhan

Payakumbuh,SS–Kepedulian dan advokasi yang diberikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi selama ini terhadap korban krisis kemanusiaan di Palestina ternyata mendapatkan apresiasi dari syaikh asal Palestina. Riza yang rutin mendukung tabligh akbar dan penggalangan dana untuk Palestina terutama pada bulan Ramadhan di Payakumbuh mendapatkan kunjungan silaturrahim dari Dr. Ahmad Ali Yusuf Jaradat, seorang syaikh dari Palestina.

 Dalam pertemuan yang digelar di rumah dinas Walikota Payakumbuh,  Kamis malam (27/4), Riza menyampaikan sudah seharusnya rakyat Indonesia membantu korban krisis kemanusiaan di Palestina yang sampai saat ini masih dijajah oleh Israel.

 "Selain Palestina sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, mereka adalah saudara kita sesama Muslim yang wajib kita tolong. Ibarat satu tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan ikut susah tidur atau merasakan demam," ujar Riza.

 Sementara itu Syaikh Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Riza karena telah menerima kehadiran dan menjamunya di Payakumbuh. Insya Allah, Ramadhan yang tak beberapa lama lagi menghampiri, tabligh akbar dan penggalangan dana untuk Palestina akan digencarkan lagi.

 Turut hadir dalam pertemuan tersebut pengurus Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Sumbar seperti Ust. Irsyad Syafar, Ust Arman Husni, Ust. Hamdi Agus, dan Ust. Zul Aidi. (Bayu)


Share:

Payakumbuh, Tinjau Lokasi Longsor BPBD Kerahkan Tim Reaksi Cepat

Payakumbuh,SS–Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Regional Kapalo Koto, Ampangan, Kota Payakumbuh, yang melayani sampah dari daerah Tanah Datar, Bukittinggi, Agam, mengalami longsor, menimbun beberapa petak dan areal pertanian sekitar, Kamis (27/4).

Sekretaris BPBD Kota Payakumbuh, Ir. Hendri Evizal, saat menerima laporan warga, langsung mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Payakumbuh untuk meninjau lokasi dan berkoordinasi dengan intansi lain guna antisipasi longsor susulan dan memberikan bantuan yang diperlukan.

“Dari pengamatan kawan-kawan di lapangan, terlihat beberapa retakan tanah pada bagian atas lokasi TPA dan dikhawatikan bisa menimbulkan longsor susulan. Kita berharap agar warga setempat tetap waspada, ” ujar Hendri.

Berdasarkan informasi terakhir di lapangan, petugas provinsi yang berkompeten menangani dan membawahi operasional TPA sudah melakukan peninjauan serta melakukan penelitian penyebab terjadinya peristiwa ini, sebut Hendri. (Bayu)
Share:

Puluhan Rubicon Berjejer Parkir Di Rumah Dinas Walikota Payakumbuh


Payakumbuh,SS-Walikota Payakumbuh Riza Falepi menggelar silaturrahim bersama puluhan anggota dari komunitas Jeep Adventure Club (JAC) Kota Batam di aula rumah dinas Walikota Payakumbuh, Kamis (27/4).

Dalam silaturrahim tersebut Riza menyampaikan rasa terima kasihnya kepada JAC Batam yang sudah sudi singgah menikmati wisata dan kuliner Kota Payakumbuh. Sebab semakin banyak orang yang berkunjung ke Payakumbuh, maka akan semakin banyak peluang income bagi masyarakat. 

Riza pun bercerita bagaimana pengalamannya pada masa kampanye pilkada 2017 lalu juga sempat memakai mobil Rubicon sebagai sarana transportasi untuk berkampanye. "Tapi itu bukan mobil saya. Tapi dipinjamkan oleh Eri Garuda, juragan ayam di Kota Payakumbuh ini," ujar Riza disambut tawa para hadirin. 

Mewakili  JAC Batam, Nur menyampaikan terima kasih atas jamuan dari Walikota Payakumbuh. Turing merupakan agenda tahunan JAC. Ini merupakan tahun keenam JAC mengadakan kegiatan yang seperti ini. Disamping wisata dan bakti sosial, tentu hal ini akan memberikan pembelajaran kepada anak-anak karena peserta turing ini berangkat bersama keluarganya masing-masing.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut pengurus dan anggota Sinamar Adventure Cub (SAC) dimana Riza Falepi sebagai pembinanya. Selama JAC berwisata dan turing di Luak Limo Puluah, SAC senantiasa menemani dan menjadi guide bagi JAC. (Bayu)


Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.