Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 04/26/17 ~ Sorot Sumatera

Menghadapi Ancaman Bencana Longsor dan Banjir BNPB Gelar Rapat Persiapan Kontinjensi

Limapuluh Kota,SS-Perhatian semua pihak, utamanya pemerintah pusat, terhadap kabupaten Lima Puluh Kota dalam menghadapi penanggulangan bencana melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) cukup tinggi.


“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat melalui BNPB yang telah memberi kepercayaan dan mendampingi kami dalam tanggap darurat bencana banjir dan longsor, awal bulan maret 2017 kemaren,”ujar Bupati Lima Puluh Kota diwakili Sekdakab H. Yendri Tomas ketika pembukaan rapat prersiapan penyusunan rencana kontinjensi menghadapi ancaman bencana banjir dan longsor Lima Puluh Kota, di aula dinas Kesehatan, Selasa (25/4).


Dijelaskan H. Yendri Tomas, perhatian pemerintah pusat kepada Lima Puluh Kota pada momen ini, kami menyadari, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,  BPBD adalah Garda terdepan dalam penggulangan bencana. 


Ditambah lagi, kondisi geografis kabupaten Lima Puluh Kota, terdiri dari bukit dan lembah yang rentan terhadap bencana banjir, longsor dan angin puting beliung.



UU Nomor 24 tahun 2007, tentang penanggulangan bencana, telah mengamanatkan, bahwa pemerintah, baik pusat maupun daerah, memegang tanggung jawab utama penyediaan bantuan kemanusiaan kepada orang yang membutuhkan, di dukung oleh masyarakat nasional dan internasional.


Kontijensi, suatu proses sama pentingnya dengan rencana, karna hasil dari kontinjensi yang berfaedah itu datang dari proses. Proses perencanaan yang baik akan menghasilkan rencana yang baik.


Perencanaan kontijensi harus mencakup proses pengaturan awal, sehingga bisa membuat strategi dan prosedur dalam menanggapi potensi krisis kedaruratan yang akan terjadi adalah skenario, tanggung jawab, data,  informasi, pengaturan dan kebutuhan.


Dalam kesiapsiagaan perlu perencanaan kontijensi untuk setiap jenis bencana, berpedoman pada bencana yang ada di kabupaten Lima Puluh Kota, maka kontijensi bencana dan bahaya yang mengancam seperti banjir dan longsor.


Pentingnya kontijensi adalah untuk meminimalisir dambak bencana dan sebagai acuan dalam mengambil keputusan. Sehingga dalam keadaan darurat, tindakan cepat dan efektif dapat terwujud apabila sudah tersedia sebelum bencana terjadi secara terkoordinasi dan berkelanjutan untuk kedaruratan.


“Harapan kami semoga rencana kontijensi di kabupaten Lima Puluh Kota bersama unsur terkait, baik vertical-horizontal dan lintas sektoral dapat terlaksana dengan baik dan lancar sebagaimana dalam tindakan dan pengambilan keputusan untuk Lima Puluh Kota masa yang akan datang, “ujar Yendri Tomas yang juga selaku kepala BPBD Lima Puluh Kota.


Pada kesempatan yang sama kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lima Puluh Kota, Nasriyanto, mengatakan, rapat ini merupakan kegiatan dari BNPB yang dilaksanakan di kabupaten Lima Puluh Kota, dengan mengikutsertakan beberapa OPD terkait, Polres Lima Puluh Kota, Kodim 0306 dan dengan nara sumber dari pihak BMKG diwakili Kasi Obeservasi BMKG Staklim Padang Pariaman  Rody Yunus.


Sedangkan unsur pengarah dari pihak BNPB dihadiri Dr. Fuad Darwis. MPH, fasilitator kebencanaan direktorat kesiapsiagaan BNPB Nanag Suharto dan staf direktorat kesiapsiagaan BNPB dihadiri Kastelia Medina.


Kegiatan yang digelar secara bersama-sama  dengan OPD dan lembaga terkait, serta Ormas ini, salah satu instrumen perencanaan untuk memastikan masa depan yang lebih baik, dalam menghadapi berbagai risiko bencana apa yang disebut dengan perencanaan kontinjensi (contingency planning).


Berbagai ahli yang bergerak dalam isu perubahan iklim, memprediksikan, dengan adanya fenomena perubahan iklim risiko terjadinya bencana akan semakin meningkat ke depannya. Perencanaan pada hakikatnya adalah alat yang digunakan untuk memastikan masa depan yang lebih baik.


“Masa depan yang lebih baik, dicirikan dengan kesiapan untuk menghadapi bencana, kemampuan untuk meminimalisir dampak bencana, dan kemampuan pulih dengan baik, baik itu bagi entitas sosial atau pun sebuah sistem. Semoga rapat ini membuahkan hasil maksimal, “harap Nasriyanto. (Bayu) 

Share:

Dinas Koperasi UMKM Payakumbuh Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Dan KUD

Payakumbuh,SS–Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Payakumbuh Hj. Dahler. SH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini di gelar selama tiga hari, dimulai Selasa 25-04-2017 sampai Jumat 28-04-2017. Penyelengaraan pelatihan manajemen koperasi merupakan prinsip yang penting dalam meningkatkan kemampuan, memperluas wawasan anggota dan memperkuat solidaritas dalam mewujudkan tujuan koperasi, kata Dahler.

“Pelatihan ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya, yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan pengurus atau pengelola koperasi dalam mengelola koperasi, dapat menjalankan koperasi dengan baik, dapat meningkatkan kemampuan administrasi dengan tertib dan dapat membuat laporan pertanggung jawaban setiap tahunnya sehingga RAT dapat dilaksanakan tepat waktu," jelas Dahler.

Sementara itu, Kabid Koperasi Ezi Elfiwaty, mengatakan, “pelatihan manajemen pengelolaan koperasi serta KUD menjadi salah satu faktor utama dalam pembinaan dan pengembangan koperasi, karena keberhasilan atau kegagalan koperasi banyak bergantung pada tingkat pendidikan yang dampaknya akan meningkatkan kesadaran dan partisipasi anggota,” sebutnya.

“Karena itu pelatihan ini sangat diperlukan untuk memberikan bekal yang memadai kepada anggota agar anggota dapat berperan secara aktif dan dinamis, ” kata Ezi.  

Doni Ubany SE. MM selaku narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat, mengatakan, untuk hari ini kita jelaskan mengenai usaha simpan pinjam, karena koperasi pada umumnya bergerak di usaha simpan pinjam, usaha simpan pinjam koperasi harus memperoleh izin usaha dari pemerintah. Dan untuk memperoleh izin usaha simpan pinjam, koperasi simpan pinjam harus memenuhi persyaratan tertentu, sebut Doni.

Kegiatan usaha pinjam koperasi meliputi penghimpun dana, pemberian pinjaman anggota, calon anggota, koperasi lain dan anggotanya. Koperasi simpan pinjam dilarang melakukan investasi usaha pada sektor rill, jelas Doni.  (Bayu)
Share:

Riza Falepi Silaturahim Dengan Perantau Minang YMBI

Payakumbuh,SS-Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST. MT gelar silaturahim bersama perantau yang tergabung dalam Yayasan Minang Bandung Indonesia (YMBI) di pandopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, Senin (24/4). Dalam suasana yang penuh keakraban dan kekeluargaan itu, Riza bersama puluhan pengurus dan anggota YMBI nampak bernyanyi dan bergembira bersama. 



Ketua YMBI Hendry Harmen mengatakan, YMBI awalnya adalah sekumpulan alumni minang yang dulu kuliah di Bandung. Sebagian besar adalah alumni ITB. Aktifitas YMBI meliputi pemberian bea siswa, bantuan bencana, hingga promosi wisata Sumbar. Terakhir YMBI bekerjasama dengan Pemprov Sumbar menggelar Minangpreneur Festival 2017 untuk mencari 13 orang calon pengusaha muda asal Minangkabau untuk dicarikan investor demi mengembangkan usaha mereka.



"Riza Falepi adalah salah satu warga kebanggaan MB (Minang Bandung). Sudah banyak bukti dan prestasi yang telah ditorehkan.  Kami dukung terus pak Riza untuk bekerja memberikan yang terbaik bagi Payakumbuh," ujar Hendry Harmen. 



Dalam sambutannya Riza mengaku selama ini merasa sangat terbantu oleh jejaring Alumni ITB  yang berada posisi-posisi strategis kementerian. "Jadi bagus juga Alumni ITB banyak menjabat di pemerintahan dan menjadi kepala daerah. Karena kita sudah terbiasa dengan spirit dan etos kerja yang menurut kita biasa dan sudah menjadi standar kita, namun bagi bawahan dan masyarakat itu sudah begitu luar biasa," ujar Riza. 



Terakhir, Riza Falepi menyampaikan terima kasih terhadap dukungan moril rekan-rekan YMBI yang sudah sudi hadir di Payakumbuh. "Ini tentu menjadi dukungan moril bagi kami untuk berbuat yang terbaik untuk negeri kita. Semoga kedepan kita bisa bersinergi. Doakan saya agar selalu diberkahi Allah dalam bekerja," pungkas Riza. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.