Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 04/23/17 ~ Sorot Sumatera

Puskesmas Padang Karambia Inovasi Layanan Klinik Berhenti Merokok

Payakumbuh,SS–Kemajuan sebuah pemerintahan sebagai aparat layanan masyarakat, salah satunya dapat diukur dengan lahirnya inovasi-inovasi yang berlian dalam layanan publik. Hal ini kembali ditunjukkan oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dalam ajang Lomba Inovasi Layanan Publik yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RI) di Jakarta. 


Giliran Puskesmas Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan unjuk gigi di antara lebih dari 3054 institusi layanan yang ikut dalam ajang inovasi layanan publik tingkat Nasional ini. Penilaian sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu dengan diawali kunjungan Tim Penilai dari biro Organisasi Gubernur Sumbar, tim Oombudsman, dan PWI yang ditunjuk oleh Menpan RI.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman saat dihubungi SS via selulernya, inovasi layanan publik yang diusung Puskesmas Padang Karambia ke tingkat Nasional adalah layanan Klinik Berhenti Merokok (KBM). Terbilang sudah 16 orang di tahun 2017 ini yang telah berhasil berhenti dari kecanduan akibat rokok. Klinik ini buka setiap hari Selasa dan Kamis pada jam pelayanan puskesmas, sebutnya. 


Dan Alhamdullillah, upaya ini membuahkan hasil positif, dari 3054 proposal unit pelayanan daerah yang dikirim oleh masing-masing Kabupaten/Kota se-Indonesia, layanan Klinik Berhenti Merokok Puskesmas Padang Karambia masuk dalam TOP 99 unit terpilih yang diunggulkan bertarung di tingkat Nasional, sesuai dengan Keputusan Menpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 tahun 2017, jelas Elzadaswarman. 


Dijadwalkan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, didampingi Dinas Kesehatan, Elzadaswarman, SKM.MPPM, dan Kepala Puskesmas Padang Karambia, Liza Hanafiah, SKM akan melakukan expose di hadapan tim penilai Nasional Inovasi Layanan Publik pada 2 Mei 2017 di Gedung Kemenpan RI, Jl Sudirman sekitar area Blok M Jakarta. 


Dijelaskan Elzadaswarman, layanan Klinik Berhenti Merokok di Puskesmas Padang Karambia ini sudah mulai berjalan sejak tahun 2015 yang lalu, klinik ini juga tersedia di 7 Puskesmas lain di Payakumbuh. Giliran puskesmas ini yang akan mewakili puskesmas se-Payakumbuh sekaligus mewakili Sumatera Barat di ajang tingkat Nasional ini. "Semoga saja layanan inovatif Kota Payakumbuh ini dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat pula bagi puskesmas lainnya di Indonesia,” sebutnya.


" Klinik Berhenti Merokok, akan menjadi alternatif solusi yang terbaik bagi para ahli  hisap olahan tembakau yang sulit berhenti. Kuncinya hanya kemauan keras dari perokok untuk berhenti,” pungkas Elzadaswarman. 


Liza Hanafiah, kepala Puskesmas Padang Karambia saat dihubungi juga menyampaikan bahwa " layanan KBM ini syarat dengan kunjungan pasien, layanan yang dikelola oleh Marsiswati, AmD Keb, salah seorang bidan puskesmas ini buka setiap hari Selasa dan Kamis dengan sistem kunjungan rujukan dari Klinik PTM (Penyakit Tidak Menular),” pungkasnya. (Bayu) 
Share:

Payakumbuh, Ambulance Gratis Antar Jemput Puskesmas Lamapsi

Payakumbuh,SS–Perempuan memiliki hak mendapat layanan persalinan berkualitas dan layak diperjuangkan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada perempuan, bertepatan dengan Hari Kartini, dr Harika Putra, Kepala Puskesmas Lampasi launching program baru yang diberi nama "ANJALI" di halaman Puskesmas, Sungai Durian Lamposi Tigo Nagari, Jumat, (21/4).

ANJALI adalah layanan antar jemput persalinan yang disiapkan Puskesmas Lampasi untuk memudahkan akses masyarakat terutama para ibu yang akan melahirkan untuk mendapatkan layanan tanggap bersalin oleh petugas. Puskesmas Lampasi menyiapkan siaga Ambulance yang akan menjemput ibu bersalin langsung ke rumahnya, jelas Harika Putra. 

Untuk mendapatkan layanan ini, cukup menghubungi HP Call Center Puskesmas Lampasi, 0852 6571 2515 yang akan siaga selama 24 jam. Layanan ANJALI diberikan untuk masyarakat secara cuma-cuma, alias gratis, sebut Harika. 

Bukan hanya penjemputan dari rumah pasien saja, namun setelah persalinan selesai, ANJALI juga siaga untuk mengantar pasien bersama buah hatinya kembali ke rumah tinggal mereka. "Mudah-mudahan program baru ini bisa memberikan semangat baru bagi kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat", harap dr Harika.

Sementara itu, Sefni (42) warga Sungai Durian mengatakan, “semoga program Anjali benar – benar difungsikan sebagai layanan antar jemput persalinan dan jangan sampai masyarakat dikecewakan,” simpulnya. (Bayu)  
Share:

GSB Payakumbuh Kali Ini Diisi Dengan Taklim Qur’an

Payakumbuh,SS-Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) telah diprogramkan pemerintah kota Payakumbuh masih berjalan dengan baik. Buktinya tim 1 yang dipimpin Walikota Payakumbuh bersama kepala Kankemenag, Jum’at (21/4) kunjungi Masjid Al Makmur Kelurahan Nunang Daya Bangun Kec. Payakumbuh Barat. 

Berbeda dari biasanya, usai sholat Subuh berjamaah, biasanya dilaksanakan tausiyah oleh tim GSB, namun pagi ini agak berbeda, karena diisi dengan taklim Qur’an. Hal ini karena tim GSB mengikuti jadwal rutin masjid setempat yang telah tersusun rapi.

Tampak hadir dalam kegiatan di Shubuh itu, Walikota Payakumbuh diwakili staf ahli Advidel Arda, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mediar Indra, Kepala Bagian Protokoler dan Dokumentasi, Firdaus, unsur kementerian agama serta jamaah masjid.

Taklim yang dipimpin seorang jamaah yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang di pasar Payakumbuh, yaitu H. Parwin yang mengambil tema Persiapan Jelang Ramadhan dengan Peningkatan iman dan taqwa.

"Taklim ini telah berjalan selama satu bulan belakangan dan kita mengkaji ayat per ayat dari kita suci ini (Al Quran- red). Dan sedangkan jadwalnya tergantung kesepakatan jamaah yang ada di masjid iji", ungkap Parwin di depan Walikota dan jamaah pagi itu.


“Allah menilai syirik sebagai dosa besar yang tempatnya neraka jahanam, kelak. Hindari jimat-jimat. Berbakti kepada kedua orangtua walaupun mereka sudah meninggal dunia, jasa orangtua tidak bisa terbalas oleh anak. Dan celakalah seorang anak yang durhaka kepada kedua orangtuanya. Allah Maha pemberi rezeki, jadi jangan kwatir takut miskin kalau melahirkan keturunan, karena itu adalah amanah Allah," terang H. Parwin. 

Edvidel Arda yang pagi itu didaulat mewakili Walikota Payakumbuh menyambut baik dan apresiasi kegiatan rutin yang dilaksanakan jamaah Masjid Al Makmur.

“Sejak tahun 2016 hingga saat ini, Tim Gerakan Subuh Berjamaah yang didalamnya sudah kami siapkan pentausiyah dari kankemenag, baru kali ini kunjungan kami disuguhi Taklim Quran, membedah isi dan makna ayat Al quran secara mendalam, ”kata Edvidel. 

Menyaksikan kegiatan positif ini, disamping shalat subuh berjamaah, kita juga mendapatkan peningkatan pemahaman ilmu Quran. Pertahankan dan kita lestarikan kegiatan ini”, kata Edvidel dalam sambutannya. (Bayu) 

Share:

Wulan Denura : Dukungan Moral Anis-Sandi Berbuah Sukses

Payakumbuh,SS-Dukungan moral dan loyalitas anggota DPRD kota Payakumbuh, khususnya dari Partai Gerindra terhadap pasangan Gubernur DKI Anis Rasyid-Sandiaga Salahudin Uno nomor urut 3, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu (19/4) kemarin, tidak sia-sia.

Salah seorang anggota DPRD kota Payakumbuh dari Partai Gerindra Wulan Denura, S.ST kepada sejumlah wartawan di Payakumbuh, Sabtu (22/4), mengatakan, pasangan Anis-Sandi didukung oleh beberapa elit partai diantaranya Partai Gerindra. Kemenangan yang diraup pasangan Anis-Sandi untuk 5 tahun ke depan Insya Allah akan memberikan harapan baru untuk warga DKI.
  
Kedatangan seluruh anggota DPRD dari Partai Gerindra ke Jakarta, yang berjumlah lebih kurang 2000 orang, dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan ikut berpartisipasi dalam bentuk mengajak warga minang untuk memilih pasangan Anis-Sandi, Alhamdulillah sukses, akhirnya warga DKI memiliki pemimpin baru dengan semangat baru.

Dijelaskan bendaharawa DPC Partai Gerindra kota Payakumbuh itu, sebagai kader partai kita harus loyal kepada aturan dan perintah partai, makanya seluruh anggota DPRD kota/kabupaten dan propinsi kompak memadati ibu kota Indonesia sebelum hari H dan sesudah Pilkada.

Berbicara soal Pilkada DKI, tentu ada kaitannya dengan kota Payakumbuh, salah satu contoh, program yang diusung pasangan Anis-Sandi yakni masalah pembiayaan perumahan rakyat. Persoalan tersebut perlu kita jadikan cermin. Jika program tersebut sukses, tentunya perlu pula kita terapkan di Payakumbuh dan banyak lagi program-program Anis-Sandi yang dapat ditiru warga Payakumbuh.

Selama proses Pilkada, dari awal hingga penghitungan suara, kami melihat kerja keras ketua umum Partai Gerindra, bapak Prabowo Subianto bersama tim pemenangannya terus meningkat hingga ke tingkat puncak, dengan membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Ternyata pasangan yang diusung Gerindra bersama koalisinya menang.
                                                            
“Untuk itu, kami dari Partai Gerindra kota Payakumbuh mengucapkan selamat kepada pasangan Anis-Sandi dan terima kasih kepada warga minang yang berada di DKI yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan Pilkada DKI, “ujar Wulan.

Terpisah, ketua DPC Partai Gerindra H. Nusirwan yang juga ikut berpartisipasi memberikan dukungan moral kapada pasangan Anis-Sandi ke Jakarta, kepada sejumlah wartawan via telepon genggamnya, Sabtu (22/4), mengatakan, buah kesuksesan yang dipetik pasangan Anis-Sandi dalam Pilkada DKI merupakan motivasi bagi anggota DPRD kota Payakumbuh, utamanya dari partai Gerindra.

“Harapan kita kepada anggota DPRD kota Payakumbuh dari partai Gerindra untuk terus meningkatkan kinerjanya, memperjuangkan nasib rakyat dan terus menyikapi aspirasi masyarakat, “harapnya. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.