Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 04/13/17 ~ Sorot Sumatera

Satuan Polisi Pamong Praja Payakumbuh Kembali Melakukan Patroli Rutin

Payakumbuh,SS–Satuan Polisi Pamong Praja Payakumbuh kembali melakukan Patroli rutin pada selasa malam jam 10.00 WIB (11/4), patroli ini dipimpin langsung Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran, Devitra S.Sos ke sejumlah titik yang rawan gangguan ketertiban umum dan tranmas. 


Patroli malam tersebut menyisir mulai dari pasar padang kaduduak, sepanjang jalan lingkar Utara dan selatan, gelanggang kubu gadang, depan gerbang unand kampus 2, selanjutnya pada jalan baru di tepi batang Agam sungai panago serta ngalau indah.


Di sepanjang jalan lingkar gelanggang kubu gadang, petugas akhirnya mengamankan 8 orang anak muda remaja yang terdiri atas 6 laki-laki dan 2 perempuan. Para remaja yang diamankan tersebut kedapatan sedang berpacaran dan sebagiannya sedang meminum minuman keras berupa tuak. 


Terkait upaya dalam pengamanan ini, lebih lanjut Devitra menjelaskan bahwa petugas selanjutnya memproses dengan memanggil keluarga, serta kepala jorong tempat mereka berasal, diminta membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi, dan seandainya masih kedapatan akan diproses oleh penyidik PPNS.


Sebagian besar dari mereka yang ditangkap berasal dari Nagari Batu Payung Gadut Kabupaten 50 kota. Ikut dipanggil pada saat itu wali jorong koto melintang batu payuang, Hermantoni.Surat pernyataan mereka diketahui oleh kepala jorong, dan keluarga yang bersangkutan, selanjutnya Hermantoni juga menyetujui untuk menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik seandainya mereka kembali kedapatan melanggar peraturan Daerah tentang ketertiban umum dan Perda tentang penyakit masyarakat yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Payakumbuh. (Bayu)


Share:

RSUD Adnan WD Payakumbuh Berikan Pelayanan Terbaik Pada Masyarakat

Payakumbuh,SS–Dibuktikan pada bulan Desember 2016 lalu mulai dioperasionalkan layanan High Care Unit (HCU), sebut Dr Efriza Naldi, SPOG, Direktur Utama RSUD saat ini.Layanan HCU ini merupakan layanan perawatan intensif pada penderita penyakit dalam, jantung dan penyakit resiko tinggi lainnya. 


Sebelum adanya HCU, perawatan pasien dengan penanganan dan pengawasan ekstra masih bercampur antara pasien dengan kondisi stabil, yang sadar dengan pasien yang konsisi tidak stabil atau tidak sadar. Sekarang penanganan pasien dengan pengamatan khusus dengan kondisi stabil sudah terpilah dalam ruangan tersendiri yaitu di ruangan HCU, pasien dengan kondisi tidak stabil yang butuh perhatian khusus tetap dirawat di ruangan ICU atau Intensif Care Unit (ICU), jelas Efriza. 


Efriza juga menambahkan kalau ruang Operasi Khusus (OK)  yang dibangun 4 lantai, ruang NICU (neonatal intensif care unit) dan PICU (perinatal intensif care unit) juga akan dioperasikan pada tahun 2017 ini, masyarakat diharapkan bersabar, kami sedang mengupayakan layanan terbaik demi kenyamanan pasien di rumah sakit ini, sambung Efriza penuh semangat. 


Selanjutnya, untuk membantu antrian berobat di rumah sakit, sedang disiapkan layanan SMS Center pendaftaran pasien, saat ini masih dalam tahap pengembangan dan ujicoba, harapannya di pertengahan tahun ini sudah bisa kita gunakan secara luas, kata Efriza. 


Sementara itu, dr Yanti, MPH, direktur pelayanan dan penunjang megatakan, layanan HCU ini berada di gedung Cempaka di lantai 2, saat ini tersedia tujuh tempat tidur yang jarang sekali kosong dari pasien. Masing-masing tempat tidur dilengkap dengan alat monitor jantung, monitor tekanan darah dan set lengkap alat bantuan pernafasan, layanan terbaik dengan fasilitas yang cukup mutlak harus kita siapkan di ruangan intensif ini. (Bayu)



Share:

F-Win Akan Menjadi Energi Baru Dalam Membangun Kota Payakumbuh

Payakumbuh,SS–Tahapan  Pilkada Payakumbuh 2017  usai sudah. KPU Payakumbuh pun menetapkan Riza Falepi-Erwin Yunaz sebagai kepala daerah terpilih. Senin lalu (10/04) DPRD Kota Payakumbuh juga telah menggelar Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilkada Payakumbuh 2017 dan Pengumuman Akhir Masa Jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2012-2017. Berita acara dan risalah rapat dibawa ke Gubernur Sumbar untuk diserahkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


Terkait dengan waktu pelantikan, Mendagri Tjahjo Kumolo akan melakukan pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2017 setelah pelantikan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) masa jabatan 2017-2022. “Pelantikan kepala daerah menunggu KPU yang baru dipilih oleh DPR. Presiden rencananya tanggal 12 April melantik anggota KPU periode 2017-2022,” ujar Tjahjo ketika membuka acara Musrenbang Provinsi Banten di Tangerang, Senin (10/4) lalu.


Mendagri merencanakan nantinya pelantikan kepala daerah kemungkinan dilaksanakan bertahap. Untuk gubernur dan wakil gubernur akan dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Sedangkan untuk bupati dan walikota di provinsi masing-masing.“Saya kira ada dua tahap, karena apakah (pelantikan) keserentakannya ini mengikuti masa jabatan atau tidak, nanti menunggu KPU. Saya kira dua bulan lagi sudah bisa kok,” ungkap Tjahjo.


Masa Jabatan Walikota/Wakil Walikota Payakumbuh periode 2012-2017 Riza Falepi dan Suwandel Muchtar sebagaimana yang diumumkan DPRD berakhir pada 23 September 2017. Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono mengatakan, pelantikan kepala daerah diamanatkan serentak.


“Dalam aturan peralihan memungkinkan serentak bertahap untuk Pilkada 2017 dan 2018. Jadi, tidak harus di ujung akhir jabatan,” ungkapnya. Ia mengatakan, efektivitas pemerintahan menjadi alasan pelantikan dilakukan bertahap. Sebab, apabila menunggu waktu terakhir masa jabatan, dikhawatirkan jalannya pemerintahan daerah terganggu.


Meskipun Walikota Payakumbuh Riza Falepi adalah petahana namun pada periode kedua ia akan didampingi oleh wakil yang baru yakni Erwin Yunaz. Erwin Yunaz dianggap beberapa pihak akan menjadi energi baru untuk mendampingi Riza dalam memimpin pembangunan Kota Payakumbuh di periode selanjutnya. 


Erwin Yunaz ketika dihubungi via selulernya, Rabu pagi (12/04), mengatakan, agar semua lapisan masyarakat untuk kembali berbenah dan berkarya setelah tahapan pilkada usai. Ketika ditanya apa kegiatannya sambil menunggu jadwal pelantikan, Erwin menjawab sedang mempersiapkan kegiatan ekonomi untuk dimplementasikan di daerah.


Sedangkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi lebih memilih fokus bekerja untuk mengurus masyarakat Payakumbuh. Bahkan ketika proses persidangan di MK berlangsung, Riza tak pernah hadir. Riza lebih memilih masuk kantor di Payakumbuh demi mengurus rakyatnya, ketimbang hadir ke Jakarta. “Banyak kerjaan yang harus diselesaikan. Biarlah, sidang di MK, diurus pengacara saja,” ujar Riza Falepi. 


Riza sadar bahwa besar harapan masyarakat Payakumbuh kepada dirinya sebagai kepala daerah apalagi di periode kedua nanti. Seolah tak mau menunggu waktu, Riza terus maksimal bekerja. "Ini adalah amanah yang harus dituntaskan sebaik-baiknya. Banyak harapan yang ditompangkan kepada seorang kepala daerah. Rakyat menunggu apa yang akan dibuat,” ujar Riza Falepi. (Bayu)

Share:

BPBD Kota Payakumbuh Kembali Menggelar Aksi Pengurangan Resiko Bencana

Payakumbuh,SS–Sebelumnya BPBD telah melakukan aksi yang sama pada hari Kamis (6/4) lalu di Kelurahan Kota Panjang Padang dan dihari Senin (10/4)lalu di Kelurahan Pakan Sinayan. BPBD Kota Payakumbuh Kembali menggelar Aksi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Kelurahan Balai Kandi, Rabu (12/4).


Kepala Pelaksana BPBD Kota Payakumbuh Ir. Yufnani Away, MM, mengatakan, aksi yang digelar merupakan kegiatan dari BPBD berupa aksi pengurangan resiko bencana dalam wujud membantu masyarakat dalam mengurangi resiko dampak bencana yang diakibatkan angin puting beliung atau tumbangnyo pohon dengan sendirinya. Aksi PRB ini melakukan penebangan terhadap pohon-pohon yang dinilai berpotensi menimbulkan dampak bencana angin puting beliung, namun objek atau pohon-pohon yang ditebang tidak asal tebang tapi pohon-pohon tersebut sudah melalui pendataan oleh Tim Survey Objek Potensi Bencana.


Lanjut, berdasarkan hasil pendataan itulah aksi PRB dilaksanakan. Namun tentunya tidak mutlak semua objek harus ditebang. BPBD prinsipnya membantu dan perlu ditekankan BPBD bukanlah instansi tukang tebang pohon, jelas Yufnani Away.Sementara itu, Kasi Pencegahan Ares Aneka Putra, ST, mengatakan, kegiatan kita ini telah melalui pendataan dan telah koordinasi dengan pihak pemko, untuk dilapangan kita dibantu kelurahan dan masyarakat setempat. 


Pada tahun 2017 kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua tahap di 9 (Sembilan) Kelurahan, tahap pertama dilakukan di 5 (lima) kelurahan yakni Kelurahan Koto Panjang Padang, Pakan Sinayan, Bulakan Balai Kandi, Tigo Koto Dibalai, dan Koto Baru Payobasun, sebut Ares. (Bayu) 
Share:

Ketua LKAAM, Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo : Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Membangun Payakumbuh

Payakumbuh,SS–Kondisi masyarakat Payakumbuh yang sempat terbagi dukungannya dalam Pilkada Payakumbuh 2017 tampaknya mendapat perhatian dari berbagai pihak. Walaupun secara umum suasana kampanye dan tahapan pilkada berjalan kondusif dan aman, himbauan untuk kembali bersatu dan membangun Payakumbuh tetap berdengung.



Salah satunya dari Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Payakumbuh Wirianto Datuak Paduko Bosa Marajo. Ketua LKAAM mengajak agar masyarakat Payakumbuh kembali bersatu membangun Payakumbuh setelah pilkada berakhir. Semua pihak harus siap menerima hasil Pilkada terutama setelah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu yang lalu. Pepatah Biduak Lalu Kiambang Batauik tetap menjadi komitmen sebagaimana saat deklarasi sebelum masa kampanye dulu.



"Mulai sekarang jangan ada lagi ini pendukung atau relawan pasangan nomor satu, dua, dan tiga. Semuanya masyarakat Payakumbuh, dan mari bersatu membangun daerah sesuai dengan posisi dan tupoksi masing. Bagi yang kalah terima kekalahan dengan lapang dada, dan pihak yang menang terima kemenangan dengan rendah hati. Mulai saat ini mari kembali bersatu,” ujar Dt. Paduko Bosa Marajo.


Hal senada juga dikatakan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilkada Payakumbuh 2017 dan Pengumuman Akhir Masa Jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2012-2017 yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Senin (10/04) mengatakan bahwa menang kalah adalah suatu hal yang biasa. Yang lalu biarlah berlalu. Biduak lalu kiambang batauik. Mari kita satukan hati untuk membangun Payakumbuh bersama-sama.


Terkait dukungan berupa perolehan suara dari masyarakat Payakumbuh di Pilkada 2017 lalu, Riza menyampaikan bahwa itu adalah bekal untuk semangat dan menjadi senjata dalam membangun Payakumbuh ke depan. “Ini adalah amanah yang harus dituntaskan sebaik-baiknya. Banyak harapan yang ditompangkan kepada seorang kepala daerah. Rakyat menunggu apa yang akan dibuat,” sebut Riza. 


Riza mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi agar pesta demokrasi berjalan aman dan lancar.“Terakhir, marilah kita memohon kepada Allah agar senantiasa memberikan kita perlindungan dan semoga kita selalu diberikan keberkahan dalam bekerja,” kata Riza Falepi. 



Sementara itu calon Wakil Walikota Payakumbuh terpilih, Erwin Yunaz ketika dihubungi Rabu pagi (12/04) mengajak semua lapisan masyarakat untuk kembali berbenah dan berkarya setelah tahapan pilkada usai. Ketika ditanya kegiatannya sambil menunggu jadwal pelantikan, Erwin menjawab sedang mempersiapkan kegiatan ekonomi untuk dimplementasikan di daerah. (Bayu)
Share:

Pengrajin Tenun Payakumbuh Pelatihan Dengan Metode ATBM

Payakumbuh,SS-Sebanyak 15 orang pengrajin tenun Kota Payakumbuh mendapatkan pelatihan tenun metode Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian kota Payakumbuh.


Pelatihan akan berlangsung selama 8 (delapan ) hari tersebut secara resmi dibuka Kepala Dinas Perindustrian Propinsi Sumatera Barat Asben Hendri di Rumah Produksi dan Galeri Tenun, Jalan Tangah Padang Indah kelurahan Balai Panjang, Payakumbuh Selatan, Senin (10/4).


Acara yang dihadiri oleh Ketua Dekranasda kota Payakumbuh, DR. Hj. Henny Yusnita, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Depi Sastra, Kabid Perindustrian M. Faizal, Kasi Industri Sandang dan Kerajinan Hayatil Mardiyah, Ketua kelompok perajin Rumah Tenun Balai Panjang Efendi, serta peserta pelatihan.


Ketua Dekranasda kota Payakumbuh DR. Hj. Henny Yusnita mengatakan, peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. Apalagi pelatihan ini akan dipandu oleh pakar dan pelaku yang telah menggeluti bidang ini secara bertahun-tahun.


“Kami mengharapkan para peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini. Apalagi yang akan memberikan materi adalah ahli dibidang tenun ini selama bertahun-tahun”, sebut Henny.
Henny mengharapkan dukungan yang lebih kepada para pengrajin dan produksi hasil tenun Payakumbuh kepada pemerintah propinsi melalui Dinas Perindustriuan dan perdagangan Propinsi Sumatera Barat.


“Dan juga, kami sangat berharap kepada pemerintah propinsi untuk terus memberikan perhatian  serta dukungan dari segala aspek dalam upaya peningkatan kualitas diantaranya, peralatan tenun, pelatihan dari segi SDM dan pengembangan teknis lainnya”, harap Henny.
Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Asben Hendri, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa pemerintah propinsi Sumatera Barat akan selalu memberikan bantuan berupa pembinaan baik itu sumber daya manusianya maupun teknis pengembangan desain.


“Pemerintah Propinsi selalu akan men-support kepada setiap kabupaten dan kota yang tengah berusaha untuk mengembangkan hasil industrinya. Dukungan tersebut bisa berupa pelatihan sumber daya manusia maupun pelatihan teknis lainnya”, ujar Asben Hendri.


Dan kepada peserta untuk semangat dan selalu memotivasi diri dalam menimba ilmu, apalagi hal ini berguna dalam peningkatan kualitas hasil produksi tenun itu nanti, sebut Asben.“Semangatlah dan selalu memotivasi diri untuk terus meningkatkan kualitas pengetahuan agar hasil tenun Bapak dan Ibu nanti lebih memiliki daya saing tinggi “, kata Asben. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.