Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 03/23/17 ~ Sorot Sumatera

Pemko Payakumbuh Dialog Tata Kelola Masyarakat Dan Pemerintahan Yang Bersih

PAYAKUMBUH,SS-Payokumbuah makin semarak, ikannyo jinak aianyo janiah, payokumbuah dan muspidanyo kompak,Ndak ado karuah nan ndak ka janiah.

Itulah sepenggal pantun yang menggambarkan tata kelola pemerintahan di Kota Payakumbuh. Pantun tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Ir. Benni Warlis, SE, MM, dalam acara Dialog Interaktif “Kurenah Kito” Pro 1 RRI Bukittinggi, Rabu (22/3) siang, bertempat di halaman Balai Kota Payakumbuh.

Acara dialog dengan tema “Tata Kelola Masyarakat dan Pemerintahan yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya” tersebut dipandu penyiar senior Mak Lembang, menghadirkan narasumber, Sekdako Payakumbuh Ir. Benni Warlis, SE, MM, Kapolresta Payakumbuh diwakili Kasubag Hukum AKP Julianson, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh diwakili Kasi Pidsus Andhika Prima Sandi, SH, Inspektur Kota Payakumbuh Drs. Syahrial, Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Elvi Jaya, ST dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Jhon Kenedi, S.Sos.

Dialog interaktif tersebut juga dihadiri oleh Kepala Pro 1 RRI Bukittinggi Samirwan, segenap Kru Kurenah Kito dan pegawai di lingkungan pemerintah Kota Payakumbuh.

Dalam acara yang berlangsung selama satu jam tersebut, Sekda Benni Warlis menyampaikan bahwa pemerintah Kota Payakumbuh memulai menata masyarakat  dengan membangun karakter jajaran pemerintah terlebih dahulu. Pembangunan karakter tersebut meliputi intelektual, emosional dan spiritual, menuju pribadi yang berbuat berdasarkan Adat Bersandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabullah (ABS SBK).

“Penyelenggara pemerintah yang memiliki karakter ABS SBK, yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan mampu mengendalikan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, juga perbuatan yang merugikan Negara”, ungkap Sekda Benni.

Bahwa dalam menata pemerintahan yang bersih dan terpercaya, pemerintah Kota Payakumbuh merangkul Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh dan Polresta Kota Payakumbuh dalam bentuk kerjasama dan koordinasi, sebut Benni.

Hal tersebut dibenarkan Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh. Melalui Kasi Pidsus Andika Prima Sandi, SH, dalam dialog yang berlangsung penuh keakraban tersebut, mengatakan,  Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kejasaan Negeri Payakumbuh telah menjalin MOu di bidang pendampingan dan pendapat hukum, yang dikukuhkan dengan telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua instansi beberapa waktu yang lalu.

“Kejaksaan bukan hanya bertindak sebagai pengacara negara, tetapi kejaksaan juga memiliki kewenangan di bidang pidana, ketertiban umum, perdata dan tata usaha negara. Dengan begitu kejaksaan juga bisa berperan sebagai pendamping hukum bagi siapapun yang memerlukan pendampingan hukum”, pungkas Kasi Pidsus Andika.

Sementara itu, Inspektur Kota Payakumbuh Syahrial, sebagai salah satu narasumber menyampaikan bahwa Inspektorat berfungsi sebagai pengawas internal terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

“Dalam pengawasan ini kami bekerjasama dan saling berkoordinasi dengan pihak kejaksaan dan kepolisian” sebut Inspektur.

Acara yang diselingi lantunan merdu duet Kasubag Hukum Poresta Payakumbuh dengan Kepala Dinas Kominfo Payakumbuh tersebut diakhiri dengan kesimpulan “adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antar seluruh jajaran penyelenggara negara, disertai pengawasan oleh instansi terkait dan masyarakat serta mewujudkan masyarakat dan pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, ” sebut Syahrial. (Bayu Denura)
Share:

SD Kebangsaan Bandar Rengan Johor Malaysia Belajar Ke Payakumbuh

PAYAKUMBUH,SS-Dunia pendidikan Kota Payakumbuh mendapat kunjungan kehormatan dari Malaysia.Tepatnya di SDN 02 Payakumbuh yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Balai nan Duo Kota Payakumbuh. Kepala Sekolah Ideswal bersama majlis guru SDN 02 Payakumbuh, sejak kemaren telah sibuk melaksanakan persiapan penyambutan. Sekitar pukul 8.30 pagi rombongan SD Kebangsaan Bandar Rengam Johor -Malaysia (21/3) lalu yang berjumlah 25 orang melayu ini masuki lokasi SDN 02 Payakumbuh. 

Penyambutan delegasi pendidikan dan kebudayaan Johor Malaysia ini juga ditampilkan berbagai macam budaya minangkabau, seperti tari dan randai serta cerita rakyat yang ditampilkan dalam perkusi. Rombongan juga disuguhi kuliner khas Payakumbuh seperti gelamai, wajik, beras rendang, batiah serta Payakumbuh sebagai tuan rumah juga telah menyiapkan rendang untuk rombongan SD Kebangsaan Rengam Johor Malaysia sebagai buah tangan sebagai saudara seru serumpun.

Setelah menyaksikan beberapa tari ranah minang yang diperankan siswa SDN 02 Payakumbuh, SD Kebangsaan Bandar Rengam Johor-Malaysia juga membalasnya dengan penampilan gamelan yang dimainkan 6 orang siswa SD Malaysia.

Dalam sambutan silaturrahminya, Ketua rombongan atau juru latih (pembina) Cikgu Puan Dewi binti Masri yang juga merupakan keturunan Pitopang Dt. Rajo Malikan kenagarian Koto nan Gadang kec. Payakumbuh Utara, mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan mengenalkan 19 orang cikgu juru latih dan 6 student yang tergabung dalam rombongan ini. Puan Dewi menjabat juru latih pengembangan sekolah yang membawahi 178 SD yang ada di Johor Malaysia.

Puan Dewi yang fasih dialog bahasa melayu dan bahasa minang ini menyampaikan, tujuan pendidikan di Malaysia khususnya di Johor adalah meningkatkan kualifikasi dengan dasar iman dan taqwa secara holistic. "Pola Sister School sangat baik untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi antara 2 lembaga, khususnya di bidang budaya melayu dan minangkabau yang tak bisa dipisah, pada hakikatnya sama walau beda penerapan seperti syair dan pantun, dan kami ingin tengok langsung macam mana penerapannya di Payakumbuh". 

Sementara itu, Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III Iqbal Bermawi menyampaikan apresiasi sekali atas kunjungan antar 2 negara serumpun ini. Iqbal Bermawi juga menyampaikan maaf dari Walikota yang sedang mendampingi kunjungan anggota Legislatif di Surabaya.

Hubungan baik melalui Sister School sangat kita apresiasi dan ini merupakan inovasi yang digagas kepala sekolah SDN 02 Payakumbuh, Ideswal, semoga menjadi motivasi bagi kepsek lain, khususnya SDN di Payakumbuh. Hubungan kerjasama dibidang pendidikan dan budaya ini akan kita lanjutkan dengan pertukaran pelajar mendatang, sambut Iqbal Bermawi. (Bayu Denura)

Share:

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Payakumbuh Gelar Kompetisi Tingkat Sekolah

PAYAKUMBUH,SS-Sebanyak 22 siswa perwakilan dari 11 RA yang ada di Kota Payakumbuh yang langsung didampingi kepala RA masing-masing ikuti lomba mewarnai yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Payakumbuh (21/3) lalu. Lomba lintas sektoral ini dilaksaanakan di halaman kantor tersebut yang dihadiri dan diikuti seluruh TK dan RA se Kota Payakumbuh. Kegiatan ini dibuka langsung Bunda Paud Hj. Henny Riza Falepi didampingi kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Zulinda Kamal.

Bunda Paud Henny Riza Falepi menyampaikan saat ini Indonesia berada diurut 60 di dunia berdasarkan minat baca. Kita lebih hobi membaca informasi di gadget, sementara terkadang kebenarannya belum bisa dipertanggungjawabkan. Dengan adanya lomba ini diharapkan minat baca warga kota meningkat, serta terciptanya generasi yang kreatif dalam memanfaatkan aplikasi e-library yang telah difasilitasi Dinas Perpustakaan dan Arsip. Silahkan manfaatkan dengan maksimal, termasuk untuk iklan produk dan pemasaran. Intinya adalah mengajak warga kota untuk memanfaatkan Pustaka Daerah dengan optimal. Saat ini telah tersebar di 9 kelurahan di Payakumbuh, sambut Henny.



Sementara itu, dalam laporan pembukanya, Zulinda Kamal menyampaikan bahwa tema dari kegiatan ini adalah bertujuan untuk mensosialisasikan minat baca dan mengoptimalkan pemanfaatan pustaka daerah Payakumbuh. Kita melaksanakan kegiatan setiap tahunnya, kali ini kita laksanakan lomba mewarnai tingkat TK/RA, lomba bercerita dengan tema mari membaca dan lomba membuat artikel untuk tingkat SLTP, SLTA, mahasiswa dan umum. Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai hari ini hingga tanggal 23 Maret 2017 yang memperebutkan tropi dan tabanas yang telah disiapkan panitia, sebut Zulinda.

Adapun lomba yang kita selenggarakan hari ini lomba mewarnai tingkat TK/RA bertindak sebagai juri Bunda Paud Hj. Henny Zubir, pengawas TK Erni dan pengawas RA Hj. Olfiarti.

Kesempatan ini juga diserahkan 3 unit komputer dan 3 unit laptop lengkap dari CSR Bill & Melinda Gate untuk pengembangan perpustakaan (Perpussero), untuk 6 kelurahan yang memaksimalkan e-library dengan baik. Salah satu penerimanya adalah Hj. Husna Kepala guru RA Baiturrahman kelurahan Tigo Koto Diateh dan perwakilan kelurahan Padang Tangah Balai nan Duo, jelas Zulinda. (Bayu Denura)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.