Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 03/22/17 ~ Sorot Sumatera

Diskominfo Gelar Sosialisasi Dan Pemantapan Pejabat Informasi Daerah (PPID)

PAYAKUMBUH,SS-Sesuai dengan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Payakumbuh, maka PPID yang sebelumnya berada di bawah Bagian Humas, kini bernaung di bawah Dinas Kominfo Kota Payakumbuh. “Dan dalam keterbukaan saat ini, informasi adalah hal yang utama. Di sinilah peran penting Kominfo untuk dapat memilih dan memilah, apa saja informasi yang dapat dibuka dan tidak. Sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, ada informasi yang bisa dibagi ke publik, tetapi ada juga yang tidak. Seperti beberapa informasi yang berkaitan dengan hukum, perdagangan usaha, dan lain-lain,” kata Yoherman, SH, S.Sos Asisten Pemerintahan mewakili Walikota Payakumbuh Riza Falepi ST. MT, saat menyampaikan sambutannya di Aula Balaikota, Senin (20/3).
 

Sementara itu, Elvi Jaya, ST Kadis Kominfo Kota Payakumbuh, keterbukaan informasi adalah suatu keharusan. Sebagai OPD baru, untuk kegiatan penyebarluasan informasi kepada masyarakat, Dinas Kominfo saat ini telah memiliki aplikasi seperti ‘e-kliping’ dan ’ siwarta’. Untuk ‘siwarta’, barangkali di sini OPD dapat berperan sebagai pemasok informasi untuk disebarluaskan ke publik ke media.
 

Untuk itu, kami berharap agar anggota PPID dapat menjadi pemasok informasi di OPD masing-masing.”Kita berkeinginan, setiap kegiatan dan agenda OPD untuk bisa disampaikan melalui sistim yang telah dibuat oleh Kominfo,” harap Elvi.
 

Ditambahkan Kabid Kehumasan Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Hendri Waluyo, SKM, M.Kes yang juga tampil sebagai narasumber, menyampaikan beberapa hal teknis menyangkut PPID dan penggunaan internet secara umum. Dengan tema ‘Mari Kita Sukseskan Pelaksanaan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Kota Payakumbuh. (Bayu Denur
Share:

DPRD Kota Padang: Paripurnakan Perda Lembaga Kemasyarakatan dan Pengelola Barang Milik Daerah

PADANG,SS-Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Penyampaian secara resmi  Rancangan Peraturan Daerah  oleh Wakil Walikota Padang, Emzalmi tentang Rancangan Peraturan Daerah Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah.Banyak barang milik Daerah yang belum jelas kepemilikannya. Akibatnya banyak barang milik daerah yang berada pada pihak lain. Selain itu Pemda harus merumuskan kembali supaya pengelolaan barang milik daerah supaya lebih baik. Tertib administrasi pengelolaannya baik yang telah ada maupun yang akan diadakan.
 

Tentang pemberian otonomi seluasnya kepada daerah mencerminkan entitas daerah tersebut. Untuk optimalnya layanan kepada masyarakat harus difungsikan lembaga kemasyarakatan dengan melibatkan semua unsur dalam masyarakat kelurahan guna mendorong swakarsa masyarakat. Menurut Erisman rapat paripurna  penyampaian ranperda ini  dihadiri oleh 28 orang anggota dewan dan ditunggu kehadirannya 23 orang.
 

Maidestal menginterupsi rapat paripurna menyampaikan saran pendapat telah masuk surat dari PPP sejak 26 Desember 2016 meminta pimpinan DPRD untuk melewakan struktur fraksi PPP dengan balasan surat dari pimpinan DPRD yang sah menurut hukum sesuai SK Menkumham. Setelah konsultasi ke Kemendagri, Mahkamah Agung dan Kemenkumham. Hanya PPP versi Yan Farid saja yang dikonfirmasi. Pihak kami dari PPP versi Romahurmuzi tidak dilibatkan. Maidestal Hari Mahesa juga menyinggung soal anggaran yang dihabiskan Rp.150 juta, namun hasil jawabannya tidak ada sampai saat ini, tandas Esa.
Jika ingin mengkonfirm cukup ke Gubernur dan KPU saja. Esa menilai sudah terlalu jauh mengintervensi terhadap PPP.
 

Erisman selaku Ketua DPRD Kota Padang menyampaikan bahwa jawabannya sudah ada.
Wismar Panjaitan selaku Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa menyampaikan etnis Tionghoa sudah terbelah dua sehubungan dengan beroperasinya  krematorium HBT hari ini. Mereka mendapatkan izin dari Pemko Padang, Wismar ingin tahu izin tersebut, peruntukan lahan harus melihat kepadatan penduduk dan keselarasan lingkungan hidup karena sudah diatur dalam peraturan pemerintah.

Beberapa waktu lalu kegiatan tersebut sudah disegel. Erisman menjawab akan ditindaklanjuti pada pembahasan  di Komisi I. Aprianto dari fraksi yang sama, perlu ketegasan dari Pemko Padang pada hari ini guna melakukan aksi. Emzalmi menjawab diserahkan pembahasan di komisi. Akibat dari izin dikeluarkan akan didengar dari hasil pembahasan di Komisi I. Persyaratan berarti sudah terpenuhi jika izin sudah keluar.(ss)
Share:

DPRD Kota Padang Bentuk Panitia Khusus I, II dan III

PADANG,SS-Rapat Paripurna DPRD Kota Padang tentang  Pembentukan Panitia Khusus  I, II dan III dalam rangka pembahasan  Rancangan Peraturan Daerah Kota Padang tentang Tata Tertib, Lembaga Kemasyatakatan Kelurahan dan Barang Milik Daerah Tahun 2017 dipimpin oleh  Wahyu Iramana Putra.
 

Hasil rapat internal Pansus I tentangRevisi Tata Tertib DPRD Kota Padang Nomor 01 Tahun 2015 disepakati Masrul Rajo Intan sebagai Ketua, Miswar Jambak sebagai Wakil Ketua dan Yulisman sebagai Sekretaris.Sementara Pansus II tentang Kemasyarakatan Kelurahan disepakati Muharlion sebagai Ketua, Dewi Susanti sebagai Wakil Ketua dan Azirwan sebagai Sekretaris.
 

Sedangkan Pansus III tentang Barang Milik Daerah disepakati Jumadi sebagai Ketua, Faisal Nasir sebagai Wakil Ketua dan Elly Thrisyanti sebagai Sekretaris. Dasar pembentukan pansus_pansus tersebut untuk mensinkronisasikan aturan yang lebih tinggi terhadap perubahan perubahan mitra kerja komisi dengan nomenklatur organisasi perangkat daerah yang baru dan beberapa istilah yang tidak sejalan lagi dengan perkembangan peraturan perundang_undangan.(ss)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.