Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 03/05/17 ~ Sorot Sumatera

Kunjungan Direksi Bank Nagari Edrizanov Ke Lubuk Gadang Disambut Oleh Wabup Solok Selatan

SOLOK SELATAN-  Direksi Bank Nagari, Edrizanov  berkunjung ke Solok Selatan, Sumatera Barat Kamis (2/3/2017) lalu. Kunjungan kerjanya kali ini sekaligus memperkenalkan Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Gadang yang baru, Oktra Firdaus yang menggantikan pimpinan sebelumnya Zilfa Efrizon.

Kedatangan petinggi Bank Nagari ini di sambut Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman di ruang kerjanya.Pada pertemuan itu, Abdul rahman mengatakan, dirinya memgaku kaget atas pindah tugas pimpinan yang lama Zilfa Efrizon. Informasi kepindahan ini baru saja di ketahui saat kunjungan direksi Solok Selatan.

“Padahal saat pertemuan sebelum ini yang bersangkutan tidak pernah memberitahukan atas kepindahan ini,” katanya.Dalam pandangan Abdul Rahman, sosok Zilfa merupakan pribadi yang dekat dengan siapa saja dan juga dengan unsur-unsur pimpinan daerah di Solok Selatan.“Saya sangat apresiasi dengan sosok beliau yang selalu hadir dalam setiap kegiatan pemerintah daerah,” kata dia.

Dia menambahkan, semoga di tempat yang baru lebih meningkat dan diberikan posisi yang baik.“Kita juga berikan apresiasi kepada Bank Nagari atas partisipasi dan perhatian terhadap kabupaten ini,” katanya.

Diharapkan, sebut ia lagi, perhatian ini terus diberikan pihak Bank Nagari ke Solok Selatan. Apalagi saat ini, Pemda Solok Selatan sedang fokus dalam peningkatan inkam masyatakat melalui pariwisata, perkebunan, peternakan, perikanan dan pertanian.

Sementara itu, Direksi Bank Nagari, Edrizanov mengatakan, kepindahan Zilfa Efrizon ini memang sedikit agak dadakan. Namun, beliau dipromosikan menjadi Kabag Grup Pengembangan SDM Kantor Bank Nagari Pusat. Sedangkan pimpinan yang baru, Oktra Firdaus sebelumnya juga pernah bertugas di Bank Nagari Muara Labuh.

“Kita juga memberitahukan ke pihak Pemda Solok Selatan atas pembukaan kantor cabang baru yang akan dibuka di Lubuk Malako,” katanya. Sumber Redaksi Sumbar. (*)
Share:

Wawako Apresiasi Lomba Debat Politik Mahasiswa

PADANG- Untuk ke IV kalinya pada 2017 ini, kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Andalas (HMJ-IP FISIP UA) mengadakan acara  Pekan Politik yang diadakan pada 27 Februari hingga 3 Maret 2017 bertempat di Kampus Universitas Andalas.


Wendy Romadhona Ketua Hima Ilmu Pol Unand menyampaikan sebelumnya kami sudah melaksanakan serangkaian acara yakni kegiatan acara Lomba Debat Politik Tingkat SMA / Sederajat Se - Sumatera Barat ( Ruang Seminar Gedung F,  pada 28 Februari 2017 dengan tema  "Konsulidasi Keberagaman Dalam Upaya Pendewasaan Demokrasi Indonesia."


Kemudian Olimpiade Politik Kebangsaan Tingkat SMA / Sederajat Se - Sumatera Barat ( Ruang Seminar E Lantai, sengam tema, “Meningkatkan Pemahaman Tentang Kebebasan Sebagai Perwujudan Demokrasi Yang Bermoral”.


Pada 1 Maret 2017 kegiatan Mimbar Bebas lokasi di parkiran E dengan tema“Roadmap Pendewasaan Demokrasi Indonesia” dan pada 2 Maret 2017 kami melaksanakan perlombaan Debat Politik Antar Mahasiswa Nasional, dengan tema “Meningkatkan Kontribusi dan Partisipasi Pelajaran Sebagai Suksesor Pendewasaan Demokrasi”, yang diwakili oleh 14 delegasi dari Universitas se Indonesia. Kemudian Pekan Olahraga 4-5 Maret 2017, di lapangan futsal Unand.

Wendy mengatakan, saat ini kami beserta mahasiswa dari delegasi yang mengikuti perlombaan Debat Politik Mahasiswa Nasional dijamu makan malam oleh Wakil Walikota Padang dirumah dinasnya Jalan A.Yani. Sekaligus akan dilakukan penyampaian pemenang untuk Debat Politik Mahasiswa Nasional ini, "ujarnya, Jum'at (3/3/2017) malam.


Pada perlombaan Debat Politik Mahasiswa Nasional ini di ikuti
antara lain dari Universitas - universitas besar se Indonesia, antaralain, Universitas Airlangga, Universitas Gajah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, IPB, Universitas Negeri Surabaya, Sriwijaya, Universitas Bali dan lainnya.

"Wakil Walikota Padang Emzalmi  menyampaikan, atas nama Pemko Padang, apresiasi dengan kegiatan secara kontinue terkait Pekan Debat Politik Mahasiswa Nasional ke IV tahun 2017 yang di inisiator oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Andalas (HMJ-IP FISIP UA) ini, " ujar Emzalmi.


Kita cukup bangga dengan kegiatan ini. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Minangkabau piawai dalam berpolitik, agama serta banyak yang menjadi tokoh nasional, seperti Buya Hamka, St Syahrir. Kedepannya kita berharap tumbuh generasi muda pengganti mereka.


"Pemko sangat mendukung kegiatan ini ,berharap tetap berkelanjutan. Ini juga adalah salah satu cara Unand mempromosikan Kota Padang, Sumbar keluar daerah. Dengan delegasi dari 14 perguruan tinggi yang merupakan mahasiswa pilihan pastinya mereka juga mengamati tentang Kota Padang sebagai kota pendidikan, pariwisata dan perdagangan. Kegiatan ini yang perlu kita coba dorong terus, apalagi skala nasional," ujarnya.

Dalam politik sebutnya, diharapkan perlu juga dipakai ilmu raso jo pareso, raso dibaok naik pareso dibaok turun,lamak diawak katuju di urang ( rasa periksa, rasa dibawakan naik, periksa dibawa turun, enak sama kita setuju oleh orang lain, red).Namun biasanya dalam politik bagaimana cara akan dilakukan demi tujuannya tercapai.Kita berharap agar hal demikian bisa berubah.

"Kedepannya kata Wawako, hubungan silahturahmi mahasiswa makin lebih baik lagi dalam rangka membangun bangsa dan negara. Semoga mahasiswa  hadir disini bisa menjadi calon - calon pemimpin yang baik, " ungkapnya.


Sementara Wakil Dekan I Dr. Aidinil Zetra, MA, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas mengatakan, tujuan utama kegiatan ini bagaimana mahasiswa berpikir kritis, mengasah kepekaan mereka terhadap permasalahan - permasalahan sosial dan politik yang dihadapi bangsa dan negara ini.


Kemudian memperkuat pendirian, keberpihakan mereka, sehingga ketika mereka nanti tampil jadi pemimpin, mereka sudah punya kesiapan. Diharapkan ada jaringan mahasiswa yang kuat, sehingga mereka bisa mengontrol kehidupan sosial politik di negeri ini, "pungkasnya.


Dalam acara silahturahmi, jemu makan malam di kediaman Wawako tersebut , langsung diumumkan pemenang debat politik mahasiswa. Pada debat politik IV ini Juara III diraih oleh Tim Kontra Universitas Andalas A. Juara II diraih oleh Tim Pro Universitas Airlangga dan untuk Juara I diraih oleh  Tim Kontra dari Universitas Gajah Mada. Sementara sebagai pemenang Best Speaker ( pembicara terbaik,red) oleh Riko Pahlawan dari Universitas Airlangga. (*)
Share:

Bencana Alam Limapuluh Kota, 6 Orang Meninggal 2 Orang Luka Berat

LIMAPULUH KOTA, SS- Akibat bencana alam, melanda daerah kabupaten Lima Puluh Kota, Jum’at (3/3) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari, 6 tewas, 2 luka berat, 8 unit mobil berbagai jenis masuk jurang, tepatnya di nagari Koto Alam, kecamatan Pangkalan.


Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kabupaten Lima Puluh Kota Nasriyanto, di posko induk, Sabtu (4/3) malam, mengatakan, berdasarkan evakuasi yang dilakukan tim di lapangan, 5 orang telah ditemukan dalam jurang. 3 orang diantaranya telah menghembuskan nafas terakhirnya, sebelum dibawa ke RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh, sedangkan 2 orang mengalami luka berat.


Sekira pukul 18.00 WIB, dikabarkan tim evakuasi BPBD bernama M. Rinaldi Yulianto yang sengaja bergegas datang ke posko induk di halaman kantor BPBD, dia menyebutkan, ada 1 orang korban lagi yang belum ditemukan dalam jurang, korban tersebut bernama Roni (24), mahasiswa STIE kabupaten Pariaman.


Informasi itu didapatnya dari orang tua korban yang menyebutkan, anaknya bernama Roni salah seorang penumpang Cold Diesel yang masuk jurang bersama anaknya belum ditemukan. Sedangkan orang tua korban mengaku, dia selamat dari bencana banjir yang menerjangnya itu.


Dugaan adanya belum ditemukan korban Roni itu, maka jumlah korban yang meninggal dunia bertambah menjadi 6 orang yakni Doni Fernandes (31) warga Gasan Gadang Padang Pariaman, Teja (19). Yogi Saputra (23), keduanya merupakan warga nagari Tigo Jangko Lintau Buo, kabupaten Tanah Datar, Mukhlis (45) warga Pangkalan dan Karudin (25) warga Sungai Beringin, kecamatan payakumbuh Lima Puluh Kota.


Sedangkan yang mengalamai luka berta bernama Syamsul Bahri (22), warga Gasan Gadang Pariaman dan Chandra (42) warga Sungai Geringging Padang Pariaman, korban Doni sudah dijemput pihak keluarganya dari RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh.


 “Evakuasi terhadap pencarian korban akan dilanjutkan hari ini Minggu (5/3). Kemudian evakuasi bencana  ini dimulai pukul 06.00 Wib hingga pukul 17.00 WIB dan akan dilakukan selama 1 minggu terhitung 3-9 Maret, “jelas Nasriyanto. (Bayu Denura)

Share:

Bupati: Bencana Alam Limapuluh Kota Berskala Nasional

LIMAPULUH KOTA,SS- Pasca longsor dan banjir yang terjadi di 8 kecamatan dari 13 kecamatan, kabupaten Lima Puluh Kota, Sabtu (4/3) sekitar pukul 13.30 WIB, diinformasikan warga sudah mulai reda. Jalan raya Sarilamak hingga ke Pangkalan dikabarkan sudah mulai lancar, meskipun untuk menempuh ke Pekanbaru belum dapat ditempuh karena jalan raya, tepatnya di Sibunbun putus total.

Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi dalam rapat koordinasi, didampingi ketua DPRD setempat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kajari Payakumbuh Hasbi, Kasat Intel Polres Lima Puluh Kota AKP Amrizal, Kasdim 0306 Lima Puluh Kota, Wadanyon Braja Sakti 131 Mayor Widi dan Dandenzipur Mayor Damai, menyebutkan, longsor atau terban dan banjir yang terjadi Jum’at (3/3) dini hari, benar bencana alam, bahkan berskala nasional.

Dijelaskan Bupati Irfendi Arbi, karena ini merupakan nyawa manusia, Diminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertindak tegas, cepat dan tanggap, utamanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk dapat berkoordinasi dengan semua OPD, kemudian berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri dan kelompok-kelompok masyarakat yang bertugas dalam kebencanaan.

“Agar petugas lapangan senantiasa melaksanakan tugas, perlu dibentuk pembagian tugas. Dalam hal ini, bagian dapur umum saya tunjuk staf ahli Desri sebagai penanggung jawab dapur umum, bekerja sama dengan dinas Sosial, BPBD, TNI dan dinas maupun lembaga lainnya. Penanggung jawab Posko induk dipercayakan kepada Asisten II Setdakab M. Yunus dan penganggaranya ditunjuk Plt dinas Damkar Irwandi, “tegas Bupati Irfendi Arbi.

Usai rapat koordinasi, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD kabupaten Lima Puluh Kota Nasriyanto, di posko induk, Sabtu (4/3) dini hari, mengatakan, longsor dan banjir yang terjadi di bulan Maret 2017 ini, berdasarkan laporan masyarakat dan setelah tim turun lapangan, terjadi di 8 kecamatan 12 nagari.

Delapan kecamatan yang dilanda bencana itu, diantaranya di kecamatan Pangkalan, terjadi longsor yang menyebabkan jalan raya nasional Sumbar-Riau putus total. Kemudian juga terjadi banjir di nagari Tanjung Balik Gunung Malintang.

Kecamatan Bukik Barisan, tepatnya di nagari Maek dan Sungai Naniang. Terdapat 3 titik, juga longsor dan banjir. Akibatnya 5 haktar sawah tertimbun tanah longsor. Kecamatan Harau, nagari Sarilamak, tepatnya di jorong Buluh Kasok banjir menelan sawah dan perkebunan masyarakat, akibatnya, sawah, kebun dan kolam ikan masyarakat sekitar 285 haktar dihadang banjir.

Lahan pertanian di Kecamatan Mungka di nagari Talang Sungai Antuan, Simpang Kapuak, juga ditelan banjir, sekitar 565 haktar sawah dan 22,5 haktar kebun dihajar banjir, Banjir yang terjadi di nagari Andaleh, kecamatan Luak, juga menghajar lahar pertanian dan perikanan serta kebun masyarakat. Dinagari tersebut diperikrakan 45 haktar sawah dan 1,7 haktar kebun terkena banjir.

Sedangkan di nagari Subarang Aia, Batu Payung, Balai Panjang, kecamatan Lareh Sago Halaban, juga ditelan banjir. Akibantnya 30 haktar sawah dan 20 haktar kebun masyarakat digenangi air. Dikecamatan Kapur IX, tepat di nagari Koto bangun Durian Tinggi, akses jalan terganggu, karena tebing runtuh dan sejumlah pohon tumbang. Dan di kecamatan Suliki di nagari Limbanang juga dihajar banjir.

‘Dengan kerjasama yang baik diciptakan semua dinas Instansi, TNI/Polri, kelompok-kelompok masyarakat dan para wartawan meliput berita di lapangan, Alhamdulillah evakuasi yang dilakukan tim berjalan sesuai dengan harapan, longsor dan bajir dapat diatasi dengan baik, meskipun saat ini tim gabungan masih bekerja di lapangan, “ujar Nasriyanto. (Bayu Denura)

Share:

Gubenur Sumbar Serahkan Bantuan Diterima Bupati Irfendi Arbi

LIMAPULUH KOTA,SS- Setelah acara dengan Dirjen Peternakan Kesehatan dan Hewan di
Silaping Pasaman Barat, Gubenur Sumbar Irwan Prayitno langsung meluncur ke Payakumbuh untuk meninjau lokasi bencana dan menyalurkan bantuan. Tiba di posko BPBD Kabupaten 50 Kota Sabtu sore (04/03), Irwan menyerahkan bantuan untuk korban banjir kepada Bupati 50 Kota Irfendi Arbi senilai 750 juta. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar 100 juta, rendang 200 kg, dan mie instan. Bantuan berasal dari lembaga-lembaga sosial dan donatur yang mengirimkan bantuan secara mandiri terkoordinasi dengan BPPD Sumbar.



Melihat situasi tersebut Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno langsung bertindak cepat. Irwan bersama tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumbar langsung bekerja full team dengan tambahan tenaga bantuan dari stakeholder mitigasi dan evakuasi bencana lainnya.


Usai menyerahkan bantuan di posko yang berlokasi di eks kantor Bupati 50 Kota, Iwan Prayitno langsung bertolak ke lokasi bencana di Pangkalan. Untuk meninjau lokasi longsor.Jika disinyalir ada penambangan liar yang mengakibatkan tanah perbukitan mudah longsor, maka ia meminta aparat yang berwenang untuk menindak hal tersebut. Selanjutnya Irwan melanjutkan perjalanan sampai ke Masjid Raya Pangkalan. Ditemani Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro, Irwan berdiskusi dengan warga korban banjir.


Sebelumnya, Jumat siang (03/03) pintu bendungan dibuka secara perlahan sehingga banjir surut dan luas area bencana tidak melebar. Pemulihan jalan longsor langsung diupayakan sehingga Sabtu (04/03) jalan Payakumbuh-Pangkalan sudah bisa kembali diakses.


Kapolda Sumbar yang turut hadir di posko BPBD Kab 50 Kota, Brigjen Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum menyampaikan ada 64 titik longsor di sepanjang jalan Sumbar-Riau. Dimana di salah satu titik sudah menelan korban jiwa sebanyak 5 orang tewas dan 2 orang luka berat. Kapolda menghimbau agar masyarakat agar tidak melewati jalur ini dulu karena masih banyak tebing yang rawan dan masih ada tanah yang amblas di KM 139. (Bayu Denura)


Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.