Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 02/26/17 ~ Sorot Sumatera

Lurah Rawang Minta DPRD Kawal Pembangunan Jalan

PADANG, SOROT SUMATERA-Masalah jalan dan banjir diharapkan tahun depan tidak terjadi lagi. Lurah Rawang Kecamatan Padang Selatan mengharapkan wakil rakyat di DPRD Kota Padang dan DPRD Provinsi Sumbar bisa mengawalnya nanti.

Amril Amin menyampaikan usulan tersebut akan ditindaklanjuti dengan memperhatikan urgensinya. Dia melihat usulan dari RW 09 tidak ada dari Pemerintah Kecamatan Padang Selatan, Amril Amin minta hal ini diusulkan setiap hujan selalu banjir. Masyarakat di minta mengkritisi dan memonitor setiap pembangunan fisik karena berasal dari pajak yang dipungut dari masyarakat.

Jangan terjadi lagi seperti pembanguban jalan masih di kawasan ini sudah berlobang setelah seminggu selesai pembangunan. Jika masyarakat diam maka anggota dewan menganggap tidak ada permasalahan. Namun jika masyarakat kritis maka wakil rakyat yang di Gedung Bundar Sawahan akan mengawasi. Sekcam Padang Selatan, Robert Candra Putra mengatakan dengan anggaran terbatas untuk dialokasikan ke arah pembangunan skala prioritas APBD TA 2017 sekitar Rp. 1,3 Triliun. (ss)
Share:

Walikota Padang Panjang Minta Warga Manfaatkan Sampah

PADANG PANJANG, SS – Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) membuka lapak sembako di Jalan Sudirman, Kompi Markas Secata B, Kelurahan Balai-Balai, yang dapat ditukar dengan sampah daur ulang, Selasa, (21/2).


“Sebanyak 2,65 ton sampah daur ulang telah terkumpul untuk kembali diolah. Untuk pengolahan sampah daur ulang ini, kita koordinasikan dengan bank sampah Kota Padang Panjang untuk ditindaklanjuti,“ ujar walikota Hendri Arnis melalui Kabid Pengelolaan Sampah Dinas PKPLH Kota Padang Panjang, Arkes Refagus.


Dari pantauan Metrans di lokasi pengumpulan sampah, selain Aparatur Sipil Negara (ASN), masyarakat umum terlihat ratusan pelajar di Kota Padang Panjang ikut menukarkan sampah daur untuk ditukarkan dengan sembako. Untuk sampah daur ulang dikategorikan tiga jenis sampah dengan nilai yang berbeda, diantaranya sampah daur ulang jenis plastik, kaleng dan kertas.


Masing masing sampah tersebut memilih harga jual yang berbeda. Namun, dalam penukaran sampah tersebut, tidak menilai dari jenis sampahnya, akan tetapi dibukanya lapak sembako itu untuk memberikan pemahaman sampah dapat dimamfaatkan kembali.


“Dilaksanakannya pengumpulan sampah daur ulang ini salah satu rangkaian gerakan peduli Sampah Nasional. Selain kegiatan penukaran sampah dengan sembako kita juga menggelar gotong royong (goro) membersihkan sungai di batang air bakarek-karek yang muara airnya mengalir kelaut, goro di setiap kelurahan,” sebutnya.


Dijelaskan, sampah pilah yang telah terkumpulkan, selanjutnya diolah serta proses menjadi alat-alat yang bermanfaat dan bernilai jual, untuk itu diharapkan masyarakat, bisa memilah sampah-sampah rumah tangga, khususnya sampah yang tidak bisa terurai kemudian dibawa ke bank sampah dengan demikian penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir sampah bisa berkurang.


“Kita berharap pelajar dan masyarakat untuk bisa mengganti sampah pilahnya di bank sampah, di acara penukaran sampah dengan sembako yang kita lakukan, juga diberikan reward bagi yang memiliki sampah pilah terbanyak,” terangnya.


Sebagai ketua pelaksana kegiatan Arkes juga menambahkan, pengolahan sampah juga sudah bisa dilakukan di masing masing kelurahan, sehingganya masyarakat dapat langsung memberikan sampah sampah yang sudah di diolah ke bang sampah yang telah disediakan.


“Untuk bang sampah sendiri kita tetap memberikan pembinaan-pembinaan berupa peralatan dan bantuan gedung tempat bang sampah sehingga sampah tersebut bisa dijemput dan diantar langsung oleh masyaraat itu sendiri,” jelasnya.


Lanjut Arkes lagi, untuk pengolahan sampah yang berada di tempat pembuangan akhir sampah di sungai andok juga dipilah kembali sehingga baik sampah basah dan kering diurai kembali, sementara itu khusus untuk sampah tanaman juga akan dipilah lagi sehingga nantinya dapat menjadi kompos yang akan di alirkan ke rumah-rumah warga berada di sekitar tempat pembuangan sampah akhir. (Pulkani/Gito – R)


Share:

Polisi Pamong Praja Padang Panjang Adakan Donor Darah

PADANG PANJANG, SS – Dalam rangka Peringati Hari Ulang Tahun ke 67 Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Padang Panjang, Kamis, (23/2), adakan bakti sosial donor darah di kantor dinas tersebut.


Demikian antara lain disampaikan Walikota Hendri Arnis melalui Plt. Kadis Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Dispol PP Damkar) Alber Dwitra, di ruang kerjanya, Rabu, (22/2).


Disebutkan, kepada masyarakat pendonor agar datang, antara pukul 09:00 s/d 13:00. Seperti biasa bagi masyarakat yang telah mendonorkan darahnya, diberikan makanan bervitamin supaya kondisi pendonor segar setelah mendonorkan darah.


Lebih lanjut disebutkan, pada 13 Maret nanti diadakan upacara di Lapangan Anas Karim. Pada saat itu akan diadakan berbagai macam atraksi dan berbagai pertandingan dan lomba. Seperti pertandingan takraw, lomba kebersihan rumah ibadah. Malah juga ada lomba menarik mobil pemadam kebakaran se Sumatera Barat.(Pulkani/Gito – R)

Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.